fbpx
daftar orang terkaya di indonesia 2015 forbes

Inspirasi Dari Orang Terkaya Di Indonesia Versi Forbes

Setiap tahunnya, majalah Forbes mengeluarkan daftar orang terkaya di dunia. Kalau majalah Forbes Indonesia tentunya mengeluarkan 50 orang terkaya di Indonesia. Daftar ini diterbitkan kemarin. Pernah baca gak daftar orang terkaya ini? Apa yang biasanya kalian cari dari daftar orang terkaya ini?

daftar orang terkaya di indonesia 2015 forbes
Daftar Orang Terkaya Di Indonesia 2015

Saya sendiri sih biasanya membaca daftar orang terkaya di Indonesia ataupun di dunia ini dan kemudian sudah. Gak ada apa-apa lagi sih. Hehehe. Makanya saya penasaran kalau kalian membaca daftar seperti ini, apa yang dicari lagi?

Daftar Orang Terkaya Di Indonesia Versi Forbes Indonesia

Tentunya daftar ini saya dapatkan dari website majalah Forbes ya. Dan yang saya tampilkan di sini hanyalah 5 besar saja ya, banyak sih kalau semuanya. Kita cek 5 besarnya yukkk…

#1. Keluarga Hartono

Keluarga Hartono menduduki ranking nomor 1 dalam daftar orang terkaya di Indonesia tahun 2015 ini. Total kekayaan keluarga ini adalah US$15.4 Billion (saya langsung pusing menerjemahkannya dalam rupiah).

Sumber kekayaan keluarga ini terutama berasal dari usaha rokok yang dijalankannya, yaitu Djarum. Mungkin ya ditambah dengan beberapa diversifikasi usaha mereka belakangan, seperti BCA.

Baca juga: PIN ATM BCA Terblokir? Ingat Ini…

Tahun 2015 ini adalah peringkat nomor 1 ketujuh keluarga yang kini dikelola oleh anak-anak dari almarhum Hartono. Masing-masing anak tersebut juga melakukan investasi dalam beberapa usaha lainnya seperti yang dilakukan Michael Hartono yang berinvestasi dalam Kincir.com.

Tahukah kamu kalau Keluarga Hartono ini juga di peringkat ke 12 keluarga terkaya di Asia.

#2. Susilo Wonowidjojo

Di peringkat ke-2 dari 50 orang terkaya di Indonesia versi Forbes Indonesia adalah Susilo Wonowidjojo. Ada yang kenal? Saya gak dong. Kekayaan Susilo Wonowidjojo dan keluarga yang merupakan pemilik Gudang Garam, di tahun 2015 ini adalah US$5.5 billion. Walaupun tahun ini mereka kehilangan $2.5 billion, mereka tetap berada di posisi kedua.

#3. Anthoni Salim & Keluarga

Berikutnya dalam daftar orang terkaya di Indonesia 2015 adalah Anthoni Salim dan keluarga. Yup, Salim Group, grup taipan keturunan yang mirip dengan tokoh dalam buku Tereliye. 😀 Jumlah kekayaan mereka di tahun 2015 ini adalah US$ 5.4 billion dengan bidang usaha yang bervariasi, mulai dari telekomunikasi, retail, properti dan perbankan.

Baca juga: Review Buku Tereliye Negeri Para Bedebah

#4. Eka Tjipta Widjaja & Keluarga

Di peringkat berikutnya adalah Eka Tjipta Widjaja dan keluarga dengan total kekayaan US$5.3 billion. Keluarga ini memiliki beberapa lini usaha juga seperti yang lainnya, tapi sebagian besar kekayaan mereka berasal dari industri Kelapa Sawit mereka.

#5. Chairul Tanjung

Kenaikan 1 peringkat dibandingkan tahun 2014, di tahun 2015 ini, Chairul Tanjung menduduki peringkat ke 5 dalam daftar orang terkaya di Indonesia versi Forbes. Melalui CT Group, dia memiliki kekayaan sebesar US$ 4.7 billion.

Dengan bergerak di bidang usaha media, perbankan, lifestyle (seperti Baskin & Robbins dan juga coffee shop Coffee Bean juga restoran fast food Wendys). Saya malah baru tahu kalau ada juga bermain di kelapa sawit.

Baca Daftar Lengkap 50 Orang Terkaya di Indonesia Forbes Indonesia

Belajar Apa Dari Orang Terkaya Di Indonesia ini?

Belajar atau inspirasi apa yang bisa kita dapatkan dari daftar orang terkaya di Indonesia versi Forbes ini? Harusnya sih banyak ya… saya coba tuliskan beberapa aja ya yang saya tangkap dari mereka ini:

inspirasi pembelajaran dari daftar 50 orang terkaya di indonesia 2015 forbes

Menggapai Kesuksesan Membutuhkan Waktu

Dari total 50 orang terkaya di Indonesia 2015 Forbes Indonesia ini, yang termuda adalah berumur 39 tahun, Ciliandra Fangiono di peringkat ke 21 dan Iwan Lukminto di peringkat 45. Sisanya di kisaran usia 50 tahun ke atas. Satu yang saya bisa tarik dari sini adalah bahwa waktu pada akhirnya akan berbicara.

Umur mungkin bisa mengatakan pada kita bahwa untuk menggapai kekayaan seperti mereka itu membutuhkan waktu. Alias bukanlah kerja instant melainkan kerja keras untuk menggapai kesuksesan seperti mereka. Jadi jangan menyerah *notes buat diri sendiri*

Baca juga: Tidak ada yang instant di dunia ini

Fokus Itu Perlu Tapi Penyebaran Juga

Dari 50 orang terkaya di Indonesia 2015 itu, banyak yang bergerak di beberapa bidang usaha – beda industri usaha bahkan. Ini menandakan, untuk menggapai kesuksesan, kita harus bisa memperluas wawasan kita sendiri – menyebar bidang kita.

Tapi kalau kita lihat lagi, tidak sedikit yang sukses juga dengan bidang usaha tertentu atau setidaknya di antara sekian banyak industri yang digeluti, mereka memiliki satu bidang usaha yang utama. Mereka fokus pada bidang usaha yang menjadi fokus tersebut.

Begitu juga kita dalam hidup, memperluas wawasan, jaringan itu sangatlah baik dan perlu kita lakukan, tapi di sisi lain…. Menjaga titik fokus pada satu hal juga membuat kita hebat. Misalnya saja dalam blogging, walaupun menulis blog gado gado, kita pun harus menemukan fokus dari blog gado-gado itu. Tidak hanya sembarang.

Baca juga: Menentukan Jenis Blog

Kesuksesan Tidak Melihat Gender

Walaupun dari total 50 orang terkaya di Indonesia itu hanya ada 1 (satu) wanita saja, tapi bukan berarti tidak ada kesempatan untuk para wanita berjaya. Saya yakin, jika kita perpanjang daftar tersebut menjadi 100, jumlah wanita sukses akan muncul lebih banyak.

Bahkan, kalau tidak salah, dalam daftar orang terkaya di dunia Forbes, banyak pengusaha wanita yang muncul dalam daftar tersebut. Sebut saja yang paling menginspirasi saya adalah Oprah Winfrey.

Jadi, jangan pernah merasa minder dan merasa tidak mampu hanya karena dirimu adalah seorang wanita. Saya justru yakin, peranan wanita dan jumlah wanita sukses akan banyak bermunculan ke depannya.

Baca juga: Inspirasi dari Ollie Salsabella

Menjadi Jajaran Orang Terkaya

Well, apapun yang bisa kita petik dari daftar orang terkaya di Indonesia 2015 ini mungkin lebih dari 3 yang saya sebutkan di atas. Masih banyak lagi kalau kita teliti satu per satu perjuangan mereka, seperti Salim Group.

Saya pernah membaca biografi Om Liem yang mendirikan grup tersebut. Dia memulai dari usaha kredit keliling – seperti kredit keliling yang sering kita lihat itu loh. Dan dia melakukannya sendiri hingga akhirnya bisa membangun kerajaan tersebut.

Kalau kamu, seperti yang saya tanyakan di awal, saat membaca daftar orang terkaya di Indonesia 2015 versi Forbes ini, apa yang terlintas dalam pikiran. Apa yang dicari dari daftar ini?

8 Comments

  1. Gara 11 Desember 2015
    • Febriyan 11 Desember 2015
  2. winnymarlina 9 Desember 2015
    • Febriyan 9 Desember 2015
      • winnymarlina 10 Desember 2015
      • Febriyan 10 Desember 2015
  3. zilko 9 Desember 2015

Leave a Reply