fbpx
Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

[Update 2018] Cara Membuat Visa Korea – Siapkan Dokumen, Bayar, Dapatkan Visa Stamp Lalu Pengajuan

7 min read

cara membuat visa korea terbaru

Cara membuat Visa Korea ini sudah diupdate dengan informasi terbaru. Yang merupakan update akan ditandai dengan [Update] di awalnya. Semoga bermanfaat.

Buat penggemar K-Pop atau Drakor, pasti deh ingin ke Korea kan – atau ya terpanggil untuk ke sana? Nah syarat ke sana kan satu ya, selain punya pasport yang pernah saya post cara membuat paspor Indonesia sendiri dengan mudah di blog ini, harus dapat VISA KOREA. Apa saja syarat dan bagaimana Cara Membuat Visa Korea akan saya tuliskan berdasarkan pengalaman saya dan kakak saya di sini.

Jadi awal bulan lalu dia berencana untuk jalan-jalan ke Korea bersama teman-teman onlinenya. Pasport sudah ada, tapi visa belum ada. Awalnya agak bingung sih membuat Visa Korea itu seperti apa tapi setelah baca dan praktekkan langsung, akhirnya berhasil juga mendapatkan Visa Korea itu. Beberapa sih menganjurkan kakak saya untuk pakai agen untuk membuat visa Korea ini, tapi demi pengalaman, kita bikin sendiri.

cara membuat visa korea terbaru
Cara Membuat Visa Korea berdasarkan pengalaman pribadi

Cara Membuat Visa Korea Sendiri dengan Mudah (Gak Pake Ribet)

Kalau ingin membuat visa Korea sendiri dengan mudah, ya kita haruslah siap dengan aplikasi dan memenuhi semua persyaratan yang diminta. Dokumen yang dibutuhkan untuk permohonan Visa Korea ini pun juga harus lengkap. Di bawah ini akan saya bahas satu per satu yang diperlukan.

Dokumen yang Dibutuhkan untuk Membuat Visa Korea – Harus Disiapkan & Disusun Sebagai Berikut:

  1. Formulir Aplikasi Visa. Formulir ini bisa diunduh dari website resmi kedutaan Korea.
  2. Paspor Asli dan Fotokopi Identitas Pasport.
  3. Surat Keterangan Kerja atau Surat Keterangan Mahasiswa
  4. Dokumen Keuangan – Rekening Koran, Bukti Potong Pembayaran Pajak (SPT) atau Slip Gaji
  5. Fotokopi Kartu Keluarga
  6. Jika ada Undangan untuk ke Korea, harus melampirkan Surat Undangan, Fotokopi SIUP Perusahaan Pengundang, Surat Jaminan dan Fotokopi Identitas Pengundang
  7. Jika ke Korea untuk belajar, harus lampirkan Certificate of Admission
  8. Jika ke Koreanya lebih dari 90 hari, maka harus lampirkan Certificate of Health dari Rumah Sakit yang ditunjuk Kedubes Korea.

cara membuat visa korea terbaru
Persyaratan dalam membuat visa Korea – di website kedutaan

Setidaknya itu sih 8 dokumen utama yang wajib disiapkan kalau ingin membuat visa Korea (susunannya juga jangan lupa ya… pas dateng ke loket sudah seperti itu). Nah, terkait masing-masing dokumen di atas, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dengan lebih nih:

1. Formulir Aplikasi Visa

Sekali lagi, kamu bisa download formulir aplikasi visa Korea ini di website resmi kedutaan Korea ya. Cari di bagian bawah, kotak seperti dalam gambar. Klik yang aplikasi, nanti kita akan diarahkan ke file pdf nya.

Nah terus jangan lupa untuk mengisi formulir dengan lengkap dan benar. Serta foto yang diminta langsung ditempel di formulir ya.

cara membuat visa korea - panduan lengkap terbaru
Cari bagian ini di situs Kedubes Korea ya… klik Formulir Permohonan Visa untuk membuat visa korea

2. Paspor Asli dan Fotokopi Identitas

Untuk yang pernah ke Amerika atau negara OECD – wajib untuk melampirkan fotokopi visa dari negara-negara tersebut. Buat yang di luar itu, gak perlu. Negara OECD itu seperti Australia, Austria, Belgia, Kanada, dan lainnya (bisa cek di sini ya lengkapnya).

3. Surat Keterangan Kerja atau Surat Keterangan Mahasiswa

Dokumen ini untuk menunjukkan status pemohon, kalau dia bekerja atau masih kuliah. Jadi sifatnya WAJIB ada dengan detailnya sebagai berikut:

  • Mahasiswa: Wajib melampirkan surat keterangan mahasiswa resmi dari kampus dalam bahasa Inggris
  • Karyawan: Wajib melampirkan surat keterangan kerja dari perusahaan dalam bahasa Inggris
  • Wirausaha: Wajib melampirkan Fotokopi SIUP

4. Dokumen Keuangan

Dokumen keuangan ini fungsinya untuk melihat uang yang dimiliki oleh pemohon dan juga aliran uang mereka. Untuk membuat visa korea ini, dokumen keuangan yang HARUS disiapkan (bukan pilihan ya) adalah:

  • Rekening Koran 3 bulan terakhir
    • Pelajar/Mahasiswa wajib melampirkan rekening koran orang tua
    • Ibu rumah tangga atau orang yang tidak bekerja wajib melampirkan rekening korang suami/istri
  • Bukti Potong Laporan Pembayaran Pajak (SPT)
  • Slip Gaji

Terkait dokumen keuangan wajib dalam membuat visa Korea ini, perhatikan juga masalah SPT – bukti Laporan Pembayaran Pajaknya.

[Update 2016] Aturan baru per 17 Oktober 2016, dokumen Pajak berupa Form 1721 HARUS dilampirkan. Jadi selain rekening koran 3 bulan terakhir dan Bank Recommendation harus lampirkan bukti pajak tahunan itu. Kalau tidak punya 1721, harus membuat pernyataan di atas materai.

Jika tidak punya, harus menyertakan surat keterangan tidak mempunyai SPT. Kalian bisa download contoh surat keterangannya di sini.

Untuk dokumen yang perlu disiapkan saat permohonan visa kayaknya sih sudah jelas kan ya. Jadi tidak saya rincikan kembali di sini.

Terus dokumen sudah siap nih… setelah itu apa dong? O iya… ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat pengajuan dokumen-dokumen ini.

Pengajuan Dokumen Aplikasi Permohonan Visa Korea

Setelah semua dokumen dilengkapi, kita diminta untuk datang ke Kedutaan Besar Korea di Jakarta. Pastikan ya yang satu ini:

Selain itu susunan dokumen dalam membuat visa Korea di atas jangan dirubah. Urutkan sesuai yang di atas ya. Kalau sudah siap, kita tinggal datang dan mengajukan permohonan ke Kedubes Korea yang ada di Jakarta. Nah, ternyata… ada update lagi per April 2018 ini.

[Update 2018] Untuk Membuat Visa Korea, Harus Bayar Dulu di Hana Bank

Kemarin itu, teman saya ada yang mengurus Visa Korea dia, nah ternyata per 9 April 2018 ada perubahan tata cara pembayaran Visa Korea. Jadi, dia gak dikasih masuk ke dalam kedubes kalau belum mendapat Visa Stamp dari Hana Bank.

Untuk bisa dapat Visa Stamp ini, kita hanya perlu membayar besarnya Visa Korea yang kita ajukan (lihat biaya visa Korea di bawah ya nanti), di Hana Bank yang ada di depan Kedubes. Kata teman saya, lebih enak sih… bisa bayarnya dengan sistem transfer. Gak harus tunai.

cara membuat visa korea - panduan lengkap terbaru
Kantor Kedubes Korea di Jakarta – tempat untuk membuat visa korea

Lokasi Kedutaan Besar Korea di Jakarta (dan juga Hana Bank)

  • Alamat: Jalan Jenderal Gatot Subroto Kav. 57 Jakarta Selatan 12950
  • E-mail
  • No. Kontak
    • (TEL) 62-21-2967-2555
    • (FAX) 62-21-2967-2556/2557
    • Konsulat (TEL) 62-21-2967-2580, (Fax) 62-21-2967-2581
    • (No. Tel. Darurat) 62-811-852-446
    • Jika Anda memerlukan informasi atau ingin menyampaikan saran, dipersilakan untuk menghubungi nomor sebagaimana tertera di atas.

Jika kamu naik TransJakarta atau Busway, turunnya di halte Tegal Parang saja. Jalan dikit sih. Nah kalau sudah sampai depan Kedubes Korea ini, kamu jalan lurus lagi ke gedung di sebelahnya.

Pengajuan dokumen aplikasi Visa Korea ini adalah di Gedung Konsulat Korea, yang bisa diakses dari sebelahnya. Jadi masuk aja terus nanti ketemu gardu satpam. Kalau datang kepagian, tidak akan dilayani. πŸ˜€

Jam Layanan Kedubes Korea untuk Pengajuan & Pengambilan Visa Korea

Untuk jam layanan di Kedubes Korea ini kamu harus perhatikan ya jamnya, jangan sampai telat datang.

  • Pengajuan Visa Korea: Jam 09:00 – 11:30 WIB
  • Pengambilan Visa Korea: Jam 13:30 – 16:30 WIB

Jadi kalau baru mau mengajukan dengan bawa dokumen, jangan datang di atas jam 1 siang – kamu akan diminta untuk datang lagi nantinya deh.

Setiba di Kedubes, petugas akan mengecek apakah Visa Stamp sudah ada apa belum. Kalau belum, kita tidak diperkenankan masuk. Makanya, harus bayar dulu di Hana Bank itu.

Update Terbaru Harga Visa Korea 2018:

cara membuat visa korea - panduan lengkap terbaru
Untuk membuat visa korea, kita harus bayar dulu – di Hana Bank

Kalau dulu, dokumen akan dicek dulu (ini pas saya bikin visa Korea kakak – 2015an). Seakarang, harus bayar dulu baru bisa masuk mengajukan dokumennya. Bayarnya pun sekarang di Hana Bank gak di loket Kedubes. Adapun harga atau biaya Visa Korea terbaru adalah:

  • Single Visa (Visa kunjungan dibawah 90 hari) : Rp 544.000
  • Single Visa (Visa kunjungan diatas 90 hari) : Rp 816.000
  • Double Visa (2 kali masuk dan Berlaku untuk 6 bulan) : Rp 952.000
  • Multiple Visa (Berlaku untuk 5 tahun) : Rp 1.224.000
  • Biaya visa tidak dapat dikembalikan apabila dibatalkan proses pengajuannya atau visa ditolak oleh pihak Kedubes Korea

Update 2018: Pembayaran sekarang gak bisa di loket pengajuan visa Korea tapi di KEB Hana Bank Cabang Korea Center. Nanti setelah bayar, kita akan diberikan perangko atau VISA STAMP. Nah perangko ini harus ditempelkan pada dokumen pengajuan dan diserahkan ke loket.

cara membuat visa korea - panduan lengkap terbaru
Seperti ini nih Visa Stamp kalau sudah bayar Visa nya… setelah dapat ini, ditempel di dokumen persyaratan membuat visa korea deh…

 

Mengecek Status Pengajuan Visa Korea

Jika semua sudah beres, petugas akan memberikan tanda bukti dokumen ke kita dan kita diinfokan kapan bisa mengambil Visa Korea kita.

Biasanya sih memakan waktu seminggu, namun ada baiknya kita menelpon dulu apakah memang sudah selesai atau belum, lumayan kan kalau bolak balik. πŸ˜€

Sekarang, kita bisa mengeceknya secara online di website kedubes Korea. Masuk ke situs, cari gambar di bawah ini – posisinya agak di bawah. Nah, klik aja yang Cek Status Permohonan.

cara membuat visa korea - panduan lengkap
Cara Mengeccek Status Permohonan Aplikasi Visa Korea

Cara Mengecek Status Permohonan Visa Korea secara Online:

  1. Buka situs Kedubes Korea (idn.mofa.go.kr)
  2. Cari gambar di atas dan klik Cek Status Permohonan
  3. Pilih Cek Status Permohonan & Print
  4. Pilih Type of Application yang Diplomatic Office
  5. Pada kolom Select, ganti ke Passport No.
  6. Masukkan nomor Passport kamu, tanggal lahir dan nama lengkap – klik search

Eh iya, untuk yang nomor 6, perhatikan ini ya:

Nama lengkap adalah Nama Belakang lalu Nama Depan, misalnya nih kayak saya, jadi nama lengkapnya itu bukan Febriyan Lukito tapi Lukito Febriyan.

Untuk tanggal lahir, menggunakan format: YYYY-MM-YY

Kalau sudah cek dan dapat kapan jadwalnya, kamu tinggal datang ke lokasi di tanggal yang tertera di status permohonan.

Nah untuk pengambilan, tinggal taruh tanda bukti yang diberikan ke kita ke loket pengambilan (loket yang sama dengan loket penyerahan dokumen). Nanti kita akan dipanggil satu per satu. That’s it.

Gak ribet kan ya? Cuma perhatikan yang saya tulis miring di atas tuh, kalau ditolak ataupun membatalkan proses Visa Korea, uang tidak dikembalikan.

Kenapa Pengajuan Visa Korea Ditolak?

Saya sempat sih bertanya, biasanya apakah setiap pengajuan Visa Korea ini selalu lolos atau adakah pengajuan Visa Korea ditolak.

Ada beberapa alasan visa Korea ditolak, menurut petugas sana:

  1. Dokumen tidak lengkap
  2. Surat Sponsor tidak disertakan padahal kita ke Korea karena ada yang sponsorin.
  3. Rekening Koran tidak disiapkan untuk 3 bulan terakhir
  4. Dana di rekening tidaklah cukup untuk memenuhi kebutuhan kita selama di sana.

Itu sih biasanya yang terjadi, tapi bukan berarti hanya karena itu aja ya alasan pengajuan visa Korea kita bisa ditolak.

Setahu saya sendiri, pengajuan Visa Korea memang sekarang lebih mudah karena pemerintah Korea sedang giat-giatnya menggalakkan kerjasama dengan Indonesia dalam berbagai bidang dan juga sedang giat menaikkan industri pariwisata mereka.

cara membuat visa korea mudah
menjejak kaki di Korea

[Update] Yang Sering Ditanyakan oleh Pembaca dalam hal Membuat Visa Korea

Nah, bagian ini saya tambahkan karena ada beberapa hal yang sering ditanyakan, dan menurut saya perlu diketahui sih.

1. Ada jumlah minimal gak di rekening agar visanya lolos?

Saran saya sih selalu siapkan jumlah yang setidaknya menutup biaya hidup selama di Korea sana. Jika kamu berencana ke Korea untuk 5 hari, siapkan dana untuk 5 hari itu. Biaya hidup di Korea per hari kira-kira sekitar Rp1.000.000 hingga Rp1.500.000. Jadi tinggal dikalikan aja ya.

2. Surat Keterangan Tidak Punya SPT Wajib Gak?

Wajib untuk yang tidak punya SPT. Harus sebutkan juga alasannya kenapa tidak punya SPT, apakah baru punya NPWP jadi belum lapor pajak. Surat ini harus dalam bahasa Inggris dan bermaterai.

3. Surat Sponsor

Isi surat sponsor pada prinsipnya ada menyebut siapa yang jadi sponsor, siapa yang disponsori dan jumlah besaran sponsornya. Surat ini dalam bahasa Inggris ya. Sertakan juga rekening koran si sponsor jika uang sponsornya tidak ditransfer ke rekening kita sebagai pemohon.

4. Kapan Baiknya Saya Membuat Visa Korea?

Saran saya selalu siapkan waktu untuk yang terburuk – yaitu kalau-kalau visa Korea kita ditolak. Setidaknya sebulan sebelum keberangkatan kita sudah mengajukan permohonan ini. Jangan dadakan.

5. Bisa Diwakilkan Gak untuk Membuat Visa Korea ini?

Lah ini kan pengalaman saya saat mewakili kakak saya… jadi ya jawabannya BISA banget.

6. Mas, Pasti Diterima Gak ya Pengajuan Visa Saya?

Untuk pertanyaan ini, saya agak bengong sih… Karena pada akhirnya ya kembali ke masing-masing. Kalau dokumen yang kalian lampirkan ada kurang aja… bisa jadi ditolak. Tapi kalau persyaratan dokumen di atas diikuti, harusnya sih gak masalah.

Sebenarnya…

Membuat visa Korea itu mudah dan cepat kok, pastikan saja dokumen lengkap dan juga gak punya masalah hukum, hehehehe. Kalau memang ingin membuat visa korea dengan bantuan agen, banyak juga yang bisa urus. Pas saya urus ini, banyak agen yang urus.

Terus, kalau visa korea ditolak, jangan langsung patah hati. Coba tanya dulu, apa masalahnya sampai ditolak. Rapikan. Terus ulang deh membuat visa korea nya. Ayoo, siapa yang suka drama korea dan pengan ke negeri Gingseng ini? Adakah yang punya pengalaman membuat Visa Korea ini? Share pengalaman di sini yukkkk.

Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

705 Replies to “[Update 2018] Cara Membuat Visa Korea – Siapkan Dokumen, Bayar, Dapatkan Visa…”

  1. Hi.. Mas Febri
    Saya mo ikutan tanya-tanya soal visa Korea πŸ™‚
    Saya masih aga bingung soal SPT Tahunan. Saya dah terima Bukti Potong 1721 A1 dari kantor, dan udah 3 tahun terkahir ini saya selalu lapor SPT tahunan online (setelah lapor ada email masuk dari ditjen pajak yg isinya tanda terima sdh lapor SPT Tahunan). Berarti yg saya lampirkan apa cukup Bukpot 1721A itu atau ttp harus bikin SPT tahunan secara manual? Atau cukup dengan bukti tanda terima by email dr ditjen pajak itu ya? Thanks before

  2. Assalamualaikum,saya mau nanya
    Saya mahasiswa sy ingin pergi ke korea dgn biaya sendiri,dan orang tua sy tdk mempunyai bank krna investasi nya di β€œtanah dan sawah” itu bagaimana ya mas? terimakasih

    1. Halo mbak Siska,

      Jadi untuk biayanya nanti uangnya di mana? Tunaikah?
      Kalau bisa sih disimpan di rekening bank. Misalnya pinjam ke saudara yang punya rekening bank. Kemudian buat surat sponsor dari saudara mbak itu bahwa untuk biaya hidup di Korea nanti uangnya ada di rekening dia dan siap untuk dipakai.

  3. Pagi mau tanya untuk format sponsor dari ortu itu bagaimana yah?

    Dan saya juga akan resign akhir bulan ini, kbrngkatan oktober… itu utk SPT nya bagaimana yah? apakah ttp ikut ortu andaikata sy blum bkrja jg?

    terima kasih

    1. Halo mbak Meri, maaf baru balas.

      Untuk format surat sponsor ortu bentuknya surat biasa aja, kayak pernyataan bahwa ortu mbak menjadi sponsor untuk semua biaya selama di Korea dan uang ditransfer ke rekening Mbak.

      Utk SPT bisa lampirkan yang th 2017 punya mbak.

  4. kak mau nanya, saya kan sudah lulus sma taun lalu dan taun ini baru mau daftar kuliah, jadi tidak punya surat keterangan mahasiswa/bekerja, lalu sebagai gantinya harus ada surat apa ya? terima kasih sebelumnya

    1. halo aku jg di posisi yg sama nih, aku mau dong sharing masalah ini kalo boleh bisa kontak aku di wa: 087855363184

  5. Halo pak febriyan,

    Saya rencana backpacker ke korea tahun ini di bulan Juli 2018 selama 5D7N.
    Nah sempet tanya2 agen buat bikin Visa katany minimal tabungan saldo harus 50juta ya? Tetapi teman saya aplly Visa sendiri ke Kedutaan, saldo tabungan hanya belasan juta saja sudah lolos.
    Mohon infonya sebaiknya bagaimana?
    Karena setau saya yg penting ada nominal yg cukup untuk pulang dan balik ke Indonesia.

    Makasih

    1. Halo mbak SEI (mudah2an gak salah), untuk tabungan saldonya lebih ke yang mbak bilang. nominal cukup selama di sana dan untuk balik. mungkin agen yang mbak pakai menyatakan 50juta agar pasti diterima karena melebihi yg dibutuhkan.

  6. Hallo Mas Febriyan,
    Mau tanya sepupu saya mau ke Korea beserta anak-anaknya yg masih dibawah umur (umur 3 thn), yg mau saya tanyakan apakah untuk pembuatan visa anak-anak persyaratan yg harus dilampirkan sama dengan org dewasa (harus melampirkan surat2 pernyataan dan surat sponsor) atau cukup dari orangtuanya saja??
    terima kasih

    1. Hi Mbak Mega,

      Maaf baru balas.

      Untuk anak di bawah umur, biasanya ikut ke orang tua mbak. kec kalau sudah sekolah ya, harus ada surat keterangan dari sekolah/kampus.

  7. Hallo Mas Febriyan.
    Saya mau tanya nih.
    Saya rencana ke korea bulan maret 2018 dan nanti bulan agustus 2018 ke jepang.
    Tapi saya br mau perpanjang passport bulan desember 2017 atau bulan january 2018.
    Kira” waktunya terlalu sempit gak ya?

    Saya juga mau tanya persyaratan pengajuan visa kalau suami saya org korea yg bekerja di indonesia. Jenis visa apa yg harus diajukan.

    Please advice

    1. Halo mbak Gea, mnrt saya sih terlalu sempit mbak, ada baiknya perpanjang lebih cepat. Untuk masalah suami, harusnya dia gak pakai visa kan? Dia masih warga negara sana kah atau sudah WNI?

      1. Halo mas febriyan. Saya seorang irt dan bulan feb 2018 nanti akan ke korea (sdh beli tiket pesawat dan book hostel) desember ini saya rencana akan ajukan visa ke kedubes. Yg mau saya tanyakan adalah, saya kan pergi sama teman2 saya dan tanpa suami, saya punya npwp tapi hilang, apakah saya lebih baik membuat surat pernyataan tidak mempunyai spt? Mengingat kalaupun saya mengurus npwp saya yg hilang, saya hanya irt dan tidak memiliki pengahsilan mas. Pertanyaan kedua, apakah dari pihak suami juga harus menyertakan spt, dan surat bukti kepegawaian dari perusahaannya bekerja? Atau hanya butuh bukti rekening korang bank dan surat sponsor serta surat ijin bepergian dari suami? Terima kasih telah membaca dan membalas pertanyaan saya. Salam..

      2. Halo mbak Nurul,

        Maaf ya baru baca dan balas.

        1. Iya, sebaiknya pakai surat pernyataan saja. Penghasil dan yg nanggung biaya itu suami kan?
        2. Siapkan surat sponsorship dari suami ke mbak. Kemudian lampirkan rek koran dan spt suami aja. Sama surat ijin bolehlah dilampirkan juga.
        Moga lancar dan selamat bersenang-senang ya mbak.

      3. halo mas mau nanya kira2 januari 2018 saya ada rencana ke korsel tapi persyaratan buat bikin visa yang kurang cuma spt pph21 orang tua, soalnya orang tua saya gapunya spt pph21, apa benar bisa pakai bukti pembayaran pbb? terimakasih^^

  8. hallo mas febriyan, saya rencana akan ke korea bulan januari tahun depan dan mau buat visa bulan november tahun ini. yang mau saya tanyakan kalau saya apply tanpa ada fc tiket pesawat pp bisa kan ya?karena dari embassy korea tidak menuliskan harus ada dokumen tersebut. terima kasih

      1. halo mas misalnya sponsor perjalanan saya ke korea itu saudara saya apa bisa mencantumkan rekening koran dan spt dia? saya kebetulan masih pelajar dan orang tua juga wirauswasta jadi tidak punya npwp dan spt21 apa bisa dengan melampirkan surat keteragan tidak punya spt21?

      2. mas, kalau sponsor itu haruskah yang 1 KK dengan kita?kalau temen saya yang jadi sponsor saya utk apply visa wisata bisa nggak ya?kira2 syarat yg harus dia serahkan cukup surat sponsor dan rekening koran dia?atau ada yg lain?

  9. Halo mas,saya mau tanya. Saya rencananya bulan Desember ini mau ke korea dengan kakak saya. Kebetulan saya belum bekerja tp kakak saya sudah bekerja. Jadi nanti yg akan jadi sponsor saya kakak saya. Untuk rek koran 3 bulan trkhir,surat referensi bank kakak saya apakah harus dibuat rangkap 2 untuk kakak saya dan saya atu cukup 1 saja ya? Jadi saya hanya tinggal melengkapi dokumen yg lain termasuk surat sponsor. Terima kasih sebelumnya.

  10. halo mas febri saya mau ikutan tanya tanya boleh
    jadi gini rencana november mau ke korea itu kita menggajukan visa h-10 sebelum keberangkatan apakah bisa? oh iya kalo soal SPT tempat saya kerja udah keluarin 1721 namun saya belum lapor pajak itu apa solusinya? tiket pesawat pp korea penting ga buat pengajuan visa

    1. Wahh… gak dilaporkan ya 1721 nya?

      Bikin surat pernyataan tidak ada SPT aja mas saran saya sih. Penting mas, tiket itu untuk memudahkan sih bahwa mas memang sudah niat ke sana.
      Kalau bisa jangan H-10 mas.

  11. halo kak mau tanya
    saya kan mahasiswa disponsorin ayah saya. ayah saya cuma punya NPWP dan PBB tp ga punya SPT21. apa harus buat keterangan tidak punya SPT jg atau gimana ya kak? kalo memang harus buat keterangan alasannya sebaiknya gimana?
    makasih sebelumnya

    1. Iya mas Fadly. Saran saya sih bikin surat itu. Sponsor dari ayah itu dari penghasilan apa ya mas? Kalau alasan gak punya NPWP sih sbnrnya lbh masuk akal

      1. mau tanya.kalau suamiku orang malaysia.aq ikut visa suami malysia.ibu rumahtangga.mohon visanya gmana.apa mau rekening suami juga ya

  12. Mas febri saya mau tanya kan saya punya npwp dan ada spt 1721 nya tapi saya belum melapor ke pihak pajak setempat apa kah pengajuan visa ke korea saya akan di tolak

  13. Hallo mas, mo ikutan tanya boleh ya.
    Saya dalam waktu dekat mau ke korea, Nah sponsor saya adalah orang tua (Pensiunan) yang mentransfer biaya nya ke rekening saya. Sedangkan saya tidak bekerja namun memiliki NPWP (entah aktif atau tidak) dan bentuknya masih berupa kertas yang dilaminating. Pertanyaannya :
    1. Apakah saya perlu menyertakan rekening koran dan referensi rekening orang tua saya sebagai sponsor, walaupun dana nya sudah di transfer ke rekening pribadi saya ? atau cukup dengan rekening koran dan referensi rekening saya saja ?

    2. Surat keterangan SPT pakai nama saya atau orang tua saya mas, karena dana sudah di transfer ke rekening saya dan 2 2 nya tidak memiliki SPT.

    Sebelumnya terimakasih ya mas, Blog nya berguna banget πŸ™‚

    1. Halo mbak Irma, maaf baru balas.

      1. Kalau sudah ditransfer, cukup mutasi rekening pribadi aja mbak.
      Surat sponsor jangan lupa, di dalam suratnya menyatakan kalau dana sponsor sudah ditransfer ke rekening mbak.
      2. siapkan saja surat pernyataan tidak punya spt nya dengan alasannya masih belum punya NPWP.

      1. Halo mas… saya mahasiswa dan di sponsori orang tua saya, ayah yg sponsorin. Nah yg jadi masalah ayah saya tidak punya SPT 21 tapi punya NPWP. Terus punya surat PBB. Jadi apakah buat keterangan tidak punya SPT atau bagaimana ya mas baiknya? Dan dengan alasan apa kalo memang tidak punya SPT tp punya NPWP. Makasih mas ^^

  14. halo mas, mau tanya kalo saya masih mahasiswa lalu apakah perlu melampirkan surat keterangan bekerja orangtua pada saat apply visa? terima kasih atas informasinya πŸ™‚

    1. Dear Erin,

      maaf baru balas. kamu berangkat disponsori oleh ortu atau gimana? Kalau disponsori, lebih baik lampirkan saja surat sponsor dari orang tua plus rekening.

  15. Halo mas febri saya ingin bertanya,
    Kebetulan sya mau ke korea akhir September ini dan sekarang masih proses pengurusan visa. Disalah satu syarat pengajuan kita harus melampirkan SPT pph21 terakhir, kebetulan sya baru lulus kuliah dan bekerja diperusahaan sya belum ada setahun sehingga surat spt sya dari perusahaan untuk nominal pemotongan pajak 0 rupiah. Nah waktu di perusahaan ada kolektif pendaftaran akun lapor pajak online nama sya lupa tidak terdaftarkan sehingga smpek sekarang sy masih belum punya akun efin untuk lapor pajak secara online. Masalahnya adalah sampai sekarang sya belum lapor pajak tp sy punya form SPT dari perusahaan apakah nanti akan berpengaruh pada approval visa ya?? Apa karna pajak belum lapor secara online bisa saja visa ditolak ya??
    Terimakasih mohon bantuannya

    1. Dear mbak Ana,

      mbak lampirkan surat pernyataan baru bekerja aja.
      eh tapi dana ke sananya ini dari mana ya mbak? kan sbnrnya laporan spt itu lebih utk mengetahui sumber dana itu. kl misalnya dari ortu, sertakan saja sponsor dari ortu.

      1. Dear mas febri
        Kalau dana dari saya sendiri, sudah dilampirkan surat keterangan bekerja. Jadi sy kerja itu mulai juli 2016 dan waktu pembagian surat SpT sy masih kerja 9 bulan(Maret 2017), nah kata bu admin saya dan tmn2 kerja kalau memang belum setahun kerja belum dipotong pajak jadi di SpT keterangan pemotongan pajak masih 0Rp.

  16. Halo mas Febriyan, mau tanya saya berencana ke korea oktober tanggal 10 status saya skrg masih mahasiswa, sudah mulai kerja sebagai freelance 3D Artist dan junior architect (tapi kebetulan masih tanpa kontrak kerja) .
    rencananya saya itu mau apply visa dengan rekening sendiri dan referensi surat bank sendiri, disini saya pakai jasa travel mas cuman saya agak panik gitu pas dibilang HARUS menyertakan rekening koran orang tua saya kebetulan papah wiraswasta, papah ga punya npwp maupun spt rekening pun udah ga aktif
    sebelumnya saya baca komen dari mbak nila kebetulan kasusnya sedikit mirip
    1)
    jadi sekiranya yang saya bisa lampirkan adalah:
    – paspor dan fotokopinya
    – fotokopi kk
    – fotokopi ktp sendiri & fotokopi ktp ortu
    – foto 3,5 x 4,5 bg putih
    – surat keterangan mahasiswa
    – rekening koran sendiri 3 bulan terakhir
    – surat referensi bank sendiri
    – letter permission ortu
    – surat sponsor bertanda tangan papah yang menyatakan kalo all cost saya selama disana atas tanggung jawab papah di rekening saya
    – tiket pesawat
    – itinerary
    – bukti booking penginapan

    2)
    atau apakah lebih baik jika saya menyertakan surat sponsor namun dari ibu teman saya? beliau dengan baik hati mau mencover biaya saya disana jika tidak cukup, tapi ada yang sedikit terpikirkan karena teman saya juga di sponsori oleh ibunya apa nanti biaya tangungannya akan jadi 2x lipat dengan sya? Saya takut juga jika saldo di rkening ibu teman saya tidak mencukupi kalau sekiranya dianggap tanggungan ibu teman saya jdi 2x lipat tapi disini saya dan teman saya masih melampirkan juga rekening masing2

    Jadi lebih baik saya memilih untuk yang no 1 apa yang no 2 ya mas?? Atau ada solusi lain kalau sekiranya memang 22nya tidak cukup menjanjikan(?) gitu mas
    Saya bingung juga panic karena sudah mepet wktu keberangkatannya

    mohon sekali bantuan jawabannya yaa mas, mohon maaf kalau banyak pertanyaannya dan membingungkan :”))))))
    …

    1. Dear mbak Karmelia, mhn maaf baru balas.

      untuk masalah dana, saya cm bisa sarankan utk yang bs menutupi biaya. setidaknya kl dicek dana di rekening mencerminkan itu mbak. Bisa aja di bbrp rekening, spt misalnya di rek mbak dan juga di rek papa mbak.

  17. mas klo status visanya pasport retured gimana itu maz terus bisa nga berubah jadi aproved atau di setuji mohon pencerehanya

      1. Mas mau tanya kalo kop surat perusahaan harus bahasa inggris atau original dari kantor aja ? Kebetulan saya bekerja di institusi pemerintah yang kop suratnya sudah baku dari sananya.
        Maaf kalo komen disini krna gak nemu kolom komen

  18. Halo mas,
    saya mau tanya minimal rekening koran selama 3 bulan terakhir itu berapa ya supaya pengajuan visa bisa diterima? Apakah bisa diterima jika rekening koran saya selama 3bulan terakhir kurang lebih 20juta? Terimakasih.

    1. Rekening itu diharapkan bisa menutup biaya hidup selama di Korea.

      Kisaran biaya per hari itu 2-2,5 juta, berarti dikalikan dengan jumlah hari di sana.

  19. Halo mas Febri, saya mau bertanya beberapa pertanyaan nih,

    Rencananya saya ingin berlibur ke Korea dengan istri di bulan Maret 2018, tapi berhubung mencari tiket yang sedikit murah saya mau beli tiketnya di bulan september 2017, cuma saya masih ragu akan visanya nih mas, takutnya saya sudah beli tiket dan hotel tapi visanya gak di approved. (hangus deh tiket dan hotelnya)

    1.apakah ada nilai minimal dalam tabungan 3 bulan terakhir untuk bisa melancarkan visa? klo ada baiknya minimalnya berapa ya?

    2. Apakah dengan sudah adanya tiket pergi pulang + book hotel selama berada di korea akan juga dapat memudahkan visa korea?

    3. kebetulan saya bekerja di kantor perusahaan korea, dengan sponsorship dari kantor yg ownernya orang korea apakah akan memudahkan saya untuk dapat visa korea?

    4. atau ada saran khusus dan mujarab dari mas febri supaya visa saya dilancarkan oleh kedubes korea?

    terima kasih banyak, semoga cepat dibalas pertanyaan saya.. hehehe

    1. Mas, maaf baru balas.

      1. Setidaknya menutup biaya hidup selama di Korea. Jika per hari biaya kisaran di 2juta, artinya mas kalikan dengan jumlah hari di sana. kalau berangkat berdua, jadi harus tambahkan lagi.
      2. Iya. bisa jadi faktor juga
      3. Bisa banget jika memang kantor siap menyiapkan surat sponsor itu.
      4. Lengkapi dokumen selengkap mungkin mas.

  20. Halo kak, saya rencana mau pergi ke Korea sama teman” tapi di bulan Mei 2018,
    rencana pergi sendiri(tanpa tur).
    Pertanyaan saya:
    1. Lebih baik membuat visa jarak berapa lama sebelum kepergian?
    2. Jika status saya sudah lulus dari akademi tetapi skrg bekerja hanya sebagai freelance atau bisa dibilang penghasilannya kadang” aja bagaimana ya dengan surat” yg harus di kumpulkan?
    3. Untuk sponsor jika diluar dari orangtua, seperti dari tante atau om saya apakah bisa?

    Thanks kak,
    Olivia

    1. Halo mbak Olivia,
      Maaf saya baru balas, komen mbak masuk dalam folder spam di blog.

      1. Ada baiknya sih cadangkan waktu dalam membuat mbak. sebulan sebelum keberangkatan itu sudah cukup bikin deg2an sih menurut saya.
      2. untuk penghasilan dari freelance, apakah mbak ada lapor pajak alias punya SPTnya? Kalau ada, lampirkan itu juga di samping dokumen persyaratan lainnya – gak beda dari yang lain kok. kecuali kalau mbak mengakui tidak punya pekerjaan dan penghasilan sendiri.
      3. Sponsor bisa dari mana saja mbak. Siapkan saja Surat Sponsor dari mereka dan juga bukti sponsor itu (rekening).

      1. kak mau nanya, dari statement ini
        “Sponsor bisa dari mana saja mbak. Siapkan saja Surat Sponsor dari mereka dan juga bukti sponsor itu (rekening)”

        tapi dari yang saya denger, kalo talo tante atau om yang sponsori itu nama kita harus ada di KK nya ? apa emang iya?
        soalnya saya rencana mau ke korea sama spupu, dan tante saya. nah disini tante saya yang jadi sponsor nya, tapi disisi lain saya juga sponsor pribadi. itu mungkin ke approved gak ya kak??

        makasih
        :nana:

      2. Halo Mbak, maaf baru balas – komen mbak masuk ke spam
        Untuk sponsor, memang biasanya dilakukan oleh keluarga – makanya ada yang bilang masuk KK.
        Namun, di sisi lain, ada juga sponsor dari pihak lain, misalnya saja dari perusahaan. Hal ini boleh dan bisa terjadi. Surat sponsor resmi diperlukan.
        Untuk sponsor dari Tante, ada baiknya melampirkan bukti keuangan sponsor itu langsung. tujuannya ya biar mereka yakin kalau selama di Korea, mbak akan terjamin.

  21. Dear mas Febri,
    Saya mau tanya apakah kalau statusnya saya cuma pedagang online shop, ortu pun juga sudah tidak bekerja lagi.
    * Ini untuk membuat surat pernyataan no SPT.nya harus alasan apa ya?
    * Dan apakah surat ini cukup kuat?
    * Kira2 sudah berapa banyak yang berhasil mas dr semua yg kasusnya sama seperti ini?
    * Ada yang gagal kah? Alsannya karena apa?
    Mohon pencerahannya mas. Terima kasih

    1. Dear Mbak Novia, mohon maaf, komentar mbak masuk dalam folder spam di blog ini. Saya coba menjawab ya:

      1. Dalam surat, sebutkan saja kalau masih blm punya NPWP – sedang dalam proses.
      2. Surat ini hanyalah surat pernyataan saja mbak. Kiranya sih lbh ke pendukung saja, utk mengecek penghasilan itu.
      Untuk yang berhasil atau gagal, mbak bisa cek komen2 di bawah, ada bbrp yg berhasil dan ada yang blm.

  22. hi mas surat pernyataan seorang istri tidak punya npwp dan SPT gmn ya? karena yang pnya suami. bisa tolong di emailkan? (black_purple94@yahoo.com) terimakasih.

      1. Hallo pak Ryan.
        Saya mau tanya perihal spt. Sy blm atau tdk memiliki SPT, sy bekerja di Rmh Makan dan jg memiliki online shop. Bagaimana cara sy menjelaskan hal tersebut terkait syarat visa updatean trakhir wajib lampirkan SPT pph 21. Dan kalo sy menggunakan sponsor kakak saya, apakah sy hrs menyertakan surat ket bhw sy tdk memiliki SPT? Rencana Desember sy ke Korea. Dan skrg mau urus berkas visa. Mohon bantuan. Terimakasih banyak pak Ryan..

      2. Dear Findy,

        Untuk yang tidak punya SPT, siapkan surat pernyataan tidak punya SPT itu aja – kasih saja alasan belum punya NPWP.
        Kalau pakai sponsor, maka siapkan surat sponsornya dan juga lampirkan SPT dari si sponsor kalau bisa.

  23. Mas, mau tanya jika saya punya npwp, tp blm punya bukti spt tahunan bagaimana? krn saya br mulai bekerja akhir bulan des 2016 , dan br memiliki NPWP padabulan maret 2017, dan tgl keberangkatan saya bulan sept 2017 , spt tahunan saya kan br akan di cetak bulan maret 2018 , mohon advice nya…

    regards
    Erik

    1. Halo mas Erik,
      Untuk pengajuan, bisa melampikran surat pernyataan tidak punya SPT sekarang ini – jelaskan saja baru dibuat per Maret.

  24. Hai mas Febri,

    Saya mau nanya, surat pernyataan tidak punya SPT diatas kan ada dua. Yang satu dgn alasan dan satu nya tanpa alasan. Apakah kedua-Nya perlu dilampirkan? Atau hanya satu surat pernyataan dgn alasan?

      1. Oke mas.
        Oh iya mas, saya mau menanyakan masalah nama gelar. Di surat referensi bank, rekening koran dan KTP saya ada nama gelar akademik dibelakang. Sedangkan paspor dan Surat keterangan kerja lainnya tidak memakai nama gelar. Apakah itu tidak dimasalahkan nanti?

      2. Thankyou mas Febri infonya. Alhamdulillah visa Korea saya diterima tanpa spt tahunan dan melampirkan surat pernyataan tidak punya spt. ?

    1. Halo mbak Vina, utk saldo minimun ini tidak pernah disebutkan sih. Tapi setidaknya menutup biaya hidup selama di sana. Nah kalau multiple, itu mbak akan ke sana kapan saja dan berapa lama – coba dihitung saja mbak.

  25. Mas saya mau tanya, Surat keterangan dan copy kartu membership golf dan Surat keterangan dan copy kartu membership hotel bintang 5 maksudnya bagaimana ya?? Saya baru mau mengurus visa untuk pertama kali tapi belum terlalu paham untuk dua persyaratan ini. Bagaimana jika persyaratan tersebut tidak diikutsertakan apakah kemungkinan visa saya ditolak??
    Boleh dibalas di email saya mas? Terimakasih

    1. Dear Mbak Dewi,

      Maaf baru balas. Untuk itu hanya salah satu saja. Jika mbak kebetulan menjadi anggota Golf atau Hotel bintang 5, mbak bisa pakai itu sebagai bukti. Saran saya sih lampirkan Rekening Koran 3 bln terakhir.

  26. Halo Mas Febri,
    Maaf mau tanya, untuk sponsorship apa bisa personal tapi selain keluarga? Saya berencana akan ke Korea di bulan september ini. Tapi saya ingin masukkan nama tunangan saya di kolom Sponsorship di form pembuatan visa. Apakah bisa? (FYI, sponsor saya adalah warga negara korea). Kalau bisa kira2 dokumen apa saja ya yang dibutuhkan untuk lampirannya? Apakah cukup hanya rekening koran 3 bulan terakhir si sponsor?
    Terima kasih Mas Febri :))

    Regards,
    Yoan

    1. Seharusnya sih bisa ya untuk sponsor personal. Siapkan saja surat sponsor dari tunangannya dan juga siapkan lampiran rekening koran dia.

  27. Sore mas
    Saya udah pernah minta tolong sama jasa pembuatan visa eh malah ga di ladenin. Terus udah capek juga cari di google syarat pembuatan visanya tp ga ngebanntu:'( tp mas kek nya bisanih ngebantu. Tolong dh mas ada nomor yg bisa dihubungi gt? Ato whatsapp biar aku bisa nanya sedetail mungkin. Terima kasih mas:)

      1. Assalamualikum mas febri,maaf mau nanya,saya rencana bulan 8 mau ke korea,di sponsori oleh bos suami saya bekerja,syarat sponsor semua udh lengkap,tp aku ibu rumah tangga gak punya npwp atau spt,suami jg gak disana gak punya, gimana ya solusi nya,,
        Makasih wassalamualaikum

  28. Halo mas,
    saya may apply visa ke korea nih buat tanggal 18-28 july 2017. saya mau apply tel 3 july kira2 keburu gak ya?
    saya masih mahasiswa tapi saya sekolah di luar negri jadi susat minta surat keterangan kalo saya bersekolah disana.
    ada saran ngga mas kira2? saya bingung juga takut ditolak.. sisi positifnya sih saya udah ada student visa UK, visa US, Aussie dan Schengen. Jadi ada kemungkinan diterima…

    1. Wah mepet banget ya.
      Kalau bisa semua persyaratan dilengkapi semua – biar gak ada masalah pas pengajuan. Kl boleh tahu tujuan ke sana itu utk apa ya?
      untuk surat keterangan – mksdnya surat keterangan sekolah di Korea? atau gimana?

      1. tujuan coma buat travelling sih mas.
        KTP asli perl gak ya? KTP saya hilan adanya fotokopian dona sama ada surat dari lurah kalau saya lago ngurus E-KTP.

        surat keterangan mahasiswa mas

      2. Kalau KTP hilang sih, lampirkan surat keterangan hilang itu aja.

        Oooo… boleha ja utk surat keterangan mahasiswa nya. lama tak mendapatkannya?

  29. Halo mas mau bertanya terkait surat keterangan tidak memiliki spt 21, itu berarti data nama, nomor telepon atas nama ibu saya kan ya mas? (Saya disponsori oleh ibu). Tapi data nomor passport itu nomor passport saya?

  30. Berapa waktu minimal pengajuan visa korea yah mas Febri?
    saya berencana ke korea tgl 1 Agustus, tapi skrg masih proses melengkapi dokumen.
    kira2 waktunya cukup gak ya?

  31. Halo mas febri, saya mau bertanya mas. Jadi kepergian saya ke korea tidak disponsori oleh orang tua, namun oom saya. Apakah bisa ya mas? Maksud saya apakah berarti saya harus membuat surat pernyataan tertentu? Lalu apakah berarti spt21 yang dilampirkan milik oom saya tersebut? Terima kasih mas:)

  32. Assalamualaikum, mas saya mau tanya. ayah saya PNS, tapi saya di sponsori ibu saya (ibu rumah tangga) & saya pakai rekening koran ibu saya, apa saya harus melampirkan SPT ayah saya atau saya buat surat pernyataan tidak punya SPT utk ibu saya?

  33. Halo mas Febri… Mau bertanya beberapa pertanyaan mas.
    1. Saya mahasiswa dan ditanggung oleh orang tua, lalu apakah surat izin tidak memilik spt21 diisi oleh saya? Atau ayah saya? Dan apakah jika ayah saya tidak memiliki passpor bagaimana ya mas? Sedangkan ada kolom nomor passport?
    2. Rekening orang tua 3 bulan terahir itu apakah harus selalu berisi pemasukan ya mas? Jika selama 3 bulan terakhir rekening tidak diisi bagaimana ya mas? Apakah akan lgsg ditolak?
    Terima kasih mas mohon pencerahannya:’)

    1. Dear mbak Tiwi (mudah2an gak salah),

      1. Yang menjadi sponsor siapa mbak? Surat keterangan tidak punya SPT itu diisi atas nama yg jadi sponsor. Kolom passport itu utk yang mengajukan visa mbak. Kalau dalam hal ini mbak, berarti nomor passport mbak.
      2. sebenarnya yg dilihat itu saldonya mbak. apakah saldo mencukupi atau tidak utk biaya hidup di sana.

      1. Oh baiklah mas. Terkait pertanyaan nomor 1, berarti nama dan nomor telepon tetap data orang tua saya kan ya mas?

  34. Halo mas Fberi, mau bertanya. maksud dari surat sponsor orang tua itu apa ya mas? bisa dijelaskan? saya cari penjelasan di atas tapi ndak nemu:( jika memang ada tolong beritahu di bagian mana ya mas.. dan satu lagi, orang tua saya tidak memiliki spt21, apakah membuat surat pernyataan nya harus yang menggunakan alasan? atau apakah dengan form yang tidak menggunakan lasan sudah dapat diterima? dan disitu tertera kolom no passport sedangkan ayah saya tidak memiliki passport, bagaimana ya mas? itu yg mengisi orang tua saya kan ya?
    terima kasih mas febri, sehat selalu:)

    1. Halo mbak Yuli,

      Surat sponsor itu lebih untuk menyatakan bahwa dirimu selama di Korea itu ditanggung oleh siapa. ini biasanya digunakan kl mbak masih kuliah atau sekolah – alias tidak ada penghasilan.

      Yang pergi ke sana itu siapa mbak? Kalau dalam form aplikasi itu yg diisi adalah no pasport yg pergi.

      Untuk tidak punya spt21 sih, ada baiknya siapkan surat pernyataan tidak punya SPT dengan alasannya.

      1. Surat sponsor orang tua itu diketik sendiri kah mas? Oohhh yg pergi kebetulan saya mas, bukan orang tua. Berarti itu yg mengisi saya sendiri ya maas.. terima kasih mas:)

  35. Mau tanya Pak Febrian, saya ada rencana ke Korea sekitar bulan Juli Akhir/ Agustus awal dengan tur. Kami ada surat lengkap semua namun kami belum bekerja, karena baru aja lulus. Kalau sudah buat surat sponsor dari orang tua apa perlu melampirkan surat tidak punya SPT juga? Dan untuk saya pribadi, nama di KK dan Akte saya ada perbedaan dengan paspor saya saat ini. Apa saya harus melampirkan surat tambahan?

  36. Terima kasih infonya kak! Ngomong2, saya punya beberapa pertanyaan:

    1. Jadi nama asli di KTP saya 4 kata, tapi di halaman pertama paspor saya hanya tercantum dua kata awal nama saya, sedangkan dua kata terakhir baru ada di halaman 4, di halaman penambahan nama. Contohnya begini:
    ((Misal nama asli: Miranda Kendall Kerr Jenner))
    Nama di halaman pertama: Miranda Kendall
    Di halaman 4 baru ada nama panjangnya: Miranda Kendall Kerr Jenner.

    Nah saya mau tanya, untuk pengisian di given name dan family name-nya mengikuti halaman pertama paspor (jadi cuma Miranda Kendall aja), atau diikutkan saja semuanya (Miranda Kendall Kerr Jenner)?

    2. Saya akan ikut summer school dan tempat tinggal sudah diakomodasi oleh univnya. Tapi segala biaya tiket, makan, jalan, dll yang menanggung tetap orang tua. Mau memastikan, jadi univ tersebut tidak perlu dicantumkan dalam kolom sponsor kan ya, hanya sebagai alamat tinggal di sana saja? Jadi sponsor saya tetap orang tua, begitu?

    Terima kasih banyak kak, mohon bantuannya πŸ™‚

    1. Halo Tasya,

      1. Ada baiknya diikutkan semua. Saat nanti km kasih form, coba jelaskan juga kepada petugasnya.
      2. kalau memang gitu, saya sarankan sih spt ini: surat sponsor dari ortu dan surat undangan dari univ sana.

      1. Saya mau tanya mas. Saya kan baru bikin NPWP sekitar awal thn ini. Dan saya ga melakukan laporan pajaknya thn ini. Kalau saya mengajukan visa menggunakan surat keterangan tidak memiliki SPT yg terlampir di blog mas ini apakah ada kemungkinan visa saya ditolak ? Walau rekening koran dll sudah kumplit. Saya takut ditolak karena sayang tiket pesawatnya saya sudah beli jauh2 hari. Hehehe
        Trimakasih mas ?

      2. Halo mbak,

        Sebenarnya masalah diterima gaknya saya juga susah ya mbak. Kadang ada yang lengkap semua tp ditolak. kemudian ada yang gak lengkap malah diterima.

        Tapi masalah SPT itu sih memang disiapkan saja mbak. Seharusnya gak ada masalah.

  37. Hai mas,
    Saya rencana pergi ke korea bersama 5 anggota keluarga saya awal juli 2017 tapi baru apply visa juni 2017 … saya menggunakan jasa travel dalam pengurusan ini. Tapi travel saya bilang syarat saldo tabungan yang disertakan harus per anggota minimal 50 juta.. sedangkan saya sendiri saldo tabungan saya belum mencapai 50 juta.. apakah benar mas? Apa nanti visanya ditolak? Trims ^^

    1. untuk minimum saldo, sebenarnya dari pihak sana gak pernah disebut jumlahnya berapa mbak. namun, diharapkan saldo yang ada itu cukup utk biaya hidup selama di sana.

      Misalnya, mbak kan ber 6. biaya hidup utk 6 orang itu. Asumsi misalnya per hari per orangnya perlu 2juta, artinya setidaknya butuh 12juta per hari. dikalikan lagi lama stay di sana. Untuk berapa biaya hidup di korea sendiri saya krg paham sekarang.

      Mungkin itu yang jadi pertimbangan dari agent travel mbak.

      fyi, kakak saya pas berangkat siapkan 30jt selama 5 hari utk dia sendiri.

  38. Mas mau tanya,,
    Kalau sponsor dr org tua kira2 data penting apa saja yg dilampirkan??jika org tua wirausaha apakah perlu melampirkan SITU SIUP??
    Saat ini status sy tdk bekerja dan tdk memiliki npwp,,apakah bs sy menggunakan npwp org tua??tq

    1. Yang pasti adalah surat sponsor dari orang tua itu. Kemudian kalau utk biaya hidup ditransfer ke rekening kamu, lampirkan rekening korannya kamu.
      Surat pernyataan NPWP disiapkan aja kalau memang gak ada.

  39. Mau tanya,,
    Kira2 berkas apa saja yg diperlukan utk pembuatan visa korea??berhubung sy disponsori oleh papa saya,,
    Jika org tua wirausaha apakah perlu dilampirkan SITU SIUP??dan berhubung sy tdk bekerja dan tdk memiliki npwp,,apakah bs menggunakan npwp org tua??tq

  40. selamat siang pak, saya ingin bertanya…
    rencananya Juli ini saya akan ke korea untuk summer school, untuk persyaratan visa sudah saya siapkan. status saya mahasiswa pak.
    di persyaratan visa, untuk rek koran saya menggunakan rek koran ayah saya, dan saya juga sudah membuat surat sponsor orang tua, dan untuk spt, ayah saya tidak memiliki spt pak, jadi saya berniat untuk membuat surat pernyataan tidak memiliki spt, pertanyaan saya, dalam surat pernyataan ini nama yang saya tulis adalah nama saya sendiri atau nama ayah saya? karena rek koran saya pakai punya ayah saya. terimakasih sebelumnya pak

  41. mas saya mau tanya,
    kalau saya di sponsori ibu saya (Rumah Tangga)
    – Rek koran sudah
    – Surat referensi bank sudah
    – Surat izin dan sponsor orang tua sudah
    tapi ibu saya tidak ada SPT21 dan NPWP bagaimana ya?
    terimakasih πŸ™‚

  42. Mas Febri, kalau sudah buat SPT melalui e-filing, kita harus melampirkan apa-nya ya untuk apply visa…… Tanda terima yg dikirim via e-mail kah (print screen) ? atau print dr arsip djp online ? Terima Kasih

      1. paling bisa-nya klik kanan, trus print, itu valid ga ya mas febri ?
        Kalau yg ak baca-baca dr pengalaman org sih ktnya form potongan yg dari kantor pun ( yg 1 lembar ) itu pun bisa ,.. tp sy jd takut salah juga jdnya…. hehehe

      2. Mas mau tanya,untuk rekening koran ny kita harus memiliki jumlah saldo minimal brp ya ?
        Untuk pengajian visa korea selatan…..makasih

  43. Hai mas febri, sy akan apply visa Korea sbntar lagi, sy akan pergi brsama adik kandung sy, yg nantinya juga akan sy wakilkan ke KeduBes-nya, nah sy mau tanya apabila sy jd sponsor adik, apakah surat ref. bank, rek. koran yang diminta harus dicetak 2 kali ( meskipun apply visa-nya bersamaan) utk dokumen saya & dokumen adik saya atau tidak perlu ( cetak 1 saja ) dengan surat keterangan sponsorship & Kartu Keluarga ?

    Apakah kalau punya hubungan keluarga bisa di gabung dalam satu map dokumen2nya ??

    Mohon wejangannya ya, Terima Kasih.

    1. Dear Mbak Elin,

      Setahu saya setiap pengajuan harus dilengkapi dokumen yang dipersyaratkan itu. Bisa diajukan dalam satu map sih setahu saya.

  44. Dear Pak Febriyan,

    Pak, saya mau nanya. Saya akan pergi ke korea bersama dengan adik saya (saya masih berkuliah dan adik saya masih sekolah) saya sudah meminta surat izin orangtua dan seluruh keuangan untuk pengeluaran akan ditanggung oleh orangtua. Untuk persyaratan wajib melampirkan SPT 21 (laporan pajak pribadi) otomatis SPT ayah saya kan? Nah, kalau SPT yang saya lampirkan adalah SPT tahun 2013 apakah bisa mendukung? Tetapi saya juga melampirkan surat setoran pajak (SSP) tahun 2015, karna yang saya lihat laporan pajak untuk tahun 2016 ini seperti nya tidak ada. Dan saya juga melampirkan surat keterangan tidak memiliki SPT terbaru yaitu SPT tahun 2016. Apakah kira-kira visa bisa di approve? Semua dokumen sudah lengkap terkecuali SPT ini.

  45. Mas mau tanya nih, kalau ngurus visa itu harus datang ke kdutaan besarnya langsung di jakarta ya?? Atau bisa juga berkas berkasnya di kirim?? Soalnya saya kan tinggalnya di jogja, jadi apa harus datang langsung ke kedutaan bsr di jkt

    1. Halo mbak Putry,

      harus datang langsung mbak. Kalau misalnya mau dikuasakan sih bisa spt kakak saya kmrn kan dikuasakan ke saya. siapkan surat kuasa.

  46. Salam kenal Mas Febri. Saya Shofiy, seorang mahasiswa, berencana akan pergi ke Korea pada bulan Agustus 2017. Semua biaya ditanggung oleh Ibu saya, tetapi Ibu saya tidak ikut pergi ke Korea. Ibu saya seorang Kepala Sekolah / PNS. Di dalam persyaratan harus menyertakan SPT Tahunan. Berarti yang saya sertakan adalah SPT Tahunan milik Ibu saya kan? Kalau Ibu tidak memiliki dokumen fisik SPT Tahunannya karena Ibu saya melaporkan SPT-nya via e-filling, saya harus bagaimana ya, Mas? Yang Ibu saya punya hanya Bukti Penerimaan Elektronik setelah melaporkan SPT secara online. Apakah saya melampirkan BPE itu saja sebagai pengganti dokumen fisik SPT? Atau perlukah saya membuat surat keterangan orang tua tidak memiliki dokumen SPT? Namun alasannya apa ya, yang tepat? Karena di Kartu Keluarga jelas tertera pekerjaan Ibu saya PNS.
    Mohon bantuannya, Mas Febri. Terima kasih.

    1. Halo, maaf baru jawab.
      Untuk SPT tahunan itu sebenarnya adalah SPT yg berangkat. kalau disponspori memang jadi SPT yg sponsor. Nah kalau memang e-filling, kan bisa dicetak SPTNya juga.

  47. Halo mas febriyan, mau nanya nih saya kan seorang mahasiswa cuman udh mulai kerja sebagai freelance graphic designer dan frontend developer gitu (ada kontrak kerjanya) . nah rencananya saya itu mau ke korea dengan rekening sendiri dan referensi surat bank sendiri, cuman saya agak panik karena dibilang HARUS ada fotokopi rekening orang tua saya karena orang tua saya sedang di luar kota… , padahal kan saya mau dengan biaya sendiri mas….

    1)
    jadi jika sekiranya yang saya lampirkan adalah:
    – paspor dan fotokopinya
    – fotokopi kk
    – fotokopi ktp sendiri & fotokopi ktp ortu
    – foto 3,5 x 4,5 bg putih
    – surat keterangan mahasiswa
    – rekening koran sendiri 3 bulan terakhir
    – surat referensi bank sendiri
    bisa diterima tidak yaa mas?

    2)
    atau apakah lebih baik jika saya menyertakan surat sponsor namun dari ibu teman saya? beliau dengan baik hati mau mencover biaya saya disana jika tidak cukup… baiknya bagaimana yaa mas saya bingung sekali :”(

    3)
    saya juga bingung terkait surat izin ortu bagaimana yaa mas? soalnya ortu saya sedang di luar kota… :”(

    mohon sekali bantuan jawabannya yaa mas, mohon maaf banyak pertanyaannya…

    1. Dear Mbak Nila,

      Moga saya bisa membantu dalam hal ini ya:

      1. Untuk dokumen, apakah ada keberatan dalam melampirkan rekening koran ortu? Alasan dimintakan itu sebelumnya apa ya? Untuk yang mbak sebut sebenarnya sih sudah cukup.
      2. Kalau memang mbak mendapat sponsor, ada baiknya dilampirkan mbak dan juga lampirkan rekening sponsor ini – kecuali kl sponsor mentransfer ke rek mbak. Nah… kalau dg sponsor spt ini, seharusnya rekening ortu dah gak diperlukan lagi.
      3. kalau memang nomor 2 di atas bisa mbak dapatkan, saya rasa gak diperlukan lagi mbak.

      1. Mas Febriyan saya sungguh berterima kasih atas fast respond dari mas, sekali lagi terima kasih banyak.

        perihal rekening ortu sendiri kenapa saya agak kesulitan untuk menyertakannya sikarenakan buku rekeningnya dibawa pula oleh orang tua saya keluar kota sedangkan saya jadwal kepergiannya tanggal 5 juni sehingga takut riskan kalau menunggu orang tua pulang pada akhir mei…

        berarti asalkan saya melampirkan rekening ibu teman saya dan surat pernyataan sponsor dari ibu teman saya maka tidak lagi diperlukan yaa pak surat izin orang tua?

        terima kasih banyak ya mas febriyan πŸ™‚

      2. Seharusnya sih demikian mbak Nila. karena kl yg diminta rekening koran biasanya masalah sponsornya mbak. moga bs menolong mbak. kabari hasilnya ya mbak.

      3. Selamat Pagi mas febrian, alhamdulillah applikasi visa saya di terima mas, berikut list dokumen akhir yang saya ajukan:
        – paspor dan fotokopinya
        – fotokopi kk
        – fotokopi ktp sendiri & fotokopi ktp ortu
        – foto 3,5 x 4,5 bg putih
        – surat keterangan mahasiswa
        – rekening koran sendiri 3 bulan terakhir
        – surat referensi bank sendiri
        – surat sponsor dari ibu teman saya
        – rekening koran ibu teman saya 3 bulan terakhir

  48. Hai Mas, mau nanya dong, aku ada rencana jj ke korea nih dengan ibu. yang mau saya tanyakan
    1. saya sendiri gak punya spt dan gak punya npwp ( bisa pakai keterangan tanpa spt ? )
    – untuk visa ibu
    1. apakah perlu lampiran surat nikah ? soalnya gak punya mas.
    2. trus untuk pengajuan visa ibu, kalau saya sebagai sponsornya bisa gak ? memakai surat keterangan bekerja yang menyatakan saya dan ibu jj. Apa perlu memakai rekening koran dan referensi bank dari ibu ? atau perlu surat keterangan lain dari ayah? soalnya ayah ada npwp serta spt tapi tidak ada rekening tabungan.
    Mohon pencerahannya mas. sebelum dan sesudahnya terima kasih

    1. Dear Mbak Melanie,

      Mohon maaf baru bales.
      1. Bikin surat keterangan tidak punya SPT saja.
      2. Gak wajib sih.
      3. Boleh saja. Siapkan surat sponsor dari Mbak saja – uang disiapkan ke rekening mbak aja semuanya.

      1. Hello Mas, thanks untuk info yang diatas. Mas tahun depan sy Dan teman2 rencana mau ke Korea, yg jadi masalah sy adalah sy masih di luar negri Dan balik ke Indonesia tgl 20 December 2017. Sy takut tidak bisa dapat visa padahal sudah bayar. Yg mau sy tanya adalah,
        1 . Cukup tidak satu Minggu untuk urus visa ke Korea, di mana sebelum tgl 8 January passport sy sudah harus ditangan kembali, Karena sy butuh passport untuk pergi ke Thailand.
        2, Sy sudah punya NPWP, tapi tidak punya SPT, bisa tidak sy buat Surat pernyataan tidak memiliki SPT.

        Mas mohon dibalas dan terimakasih.?

      2. Halo mbak, maaf baru balas:
        1. Biasa sih memang 1 minggu mbak – namun saya kurang tahu juga kalau bisa lebih dari itu.
        2. Lebih baik buat surat pernyataan tidak punya SPT itu mbak.

  49. selamat siang
    mohon maaf mas mau tanya apakah SIUP dari tempat kerja harus ada? kalau surat keterangan kerja saja tidak cukup ya mas? T_T
    karena posisinya saat apply visa (mei), saya masih bekerja dan setelah itu (juni) saya sudah tidak bekerja lagi di kantor..

    terima kasih banyak atas bantuannya

  50. Halo Mas Febriyan.
    Rencananya sy akhir Juni sampe awal Juli mau ke Korea. Mau nanya donk:
    1. Kantor sy tidak memotong pajak penghasilan, jadi sy nda punya SPT 1721. Setiap tahun saya lapor dgn formulir pajak 1770, apakah bisa pakai ini?
    Terima kasih

    1. Dear mas Indra, mohon maaf baru baca dan balas. Bisa mas. SPT itu ya yang 1770 mas itu. bukan yang dari kantor (yg dari kantor itu namanya bukti potong mas).

  51. Hallo pak
    Saya mau tanya
    Saya ada rencana untuk pergi ke korea untuk winter 2018
    Tapi dari yang saya dengar dr teman saya yang baru saja ke korea untuk membuat surat referensi bank butuh dana minimal 50 juta di bank bca
    Apa itu benar?
    Dan jika saya menggunakan sponsor,seperti saudara /pacar saya
    Apakah bisa?dan apa saja persyaratan untuk sponsor?mohon bantuannya ,terimakasih pak

    1. Dear Kactrin,

      untuk jumlah uang di rekening itu sbnrnya tidak ada batasan – tapi harus menutupi biaya hidup selama di sana.
      Sponsor bisa saja – nanti dibuatkan saja surat sponsor dan bukti sponsornya itu (biasa dalam bentuk uang ditransfer ke rekening)

  52. Halo mas, ada beberapa hal yang mau saya tanyakan:
    1. Dulu saya sempat kerja dan punya npwp serta spt, tapi di tempat saya yang baru ini masih terhitung usaha kecil jadinya tidak ada pemberlakuan pajak seperti itu. Malahan setiap lapor pajak tahunan pun saya bingung. Kalo kayak gini, sebaiknya gimana ya solusinya untuk dokumen pajak tsb?
    2. Sekarang saya kuliah sambil kerja, menurut mas apa saya juga lebih baik mengajukan dokumen surat keterangan kerja dan surat keterangan mahasiswa bersamaan ya? atau salah satu aja?
    3. Perlukah saya bikin surat keterangan sponsor/jaminan dari orang tua, untuk mendukung agar visa diapprove? (takut-takut karena ga ada dokumen kelengkapan pajak tsb)

    Terima kasih mas. Mohon pencerahan. hehehehe

    1. Dear mas Tian,

      Mohon maaf baru baca dan balas. Berikut jawaban saya ya mas:
      1. Jadi setelah mas pindah kerja, tidak pernah lapor pajak tahunan? Kalau mas ada lapor, lampirkan yang terakhir.
      2. Kalau menurut saya salah satu saja mas. Surat keterangan kerja mas.
      3. kalau memang mau dpt sponsor alias uang dari orang tua untuk ke Korea sana, saran saya sih lampirkan surat sponsor saja mas.

  53. Hallo kak mau tanya tp ada beberapa pertanyaan hehe
    1. Aku udah issued ticket ke korea buat januari 2018 beserta guesthouse sampe booked wifi portable XD *masih lama emang XD* baiknya ngurus visa nya kapan ya kak ? soalnya katanya kalo amit2 di tolak apply nya minimal 3 bln stlah apply pertama
    2. Aku kan kerja di puskesmas, di form 1721 ku itu status ku sbg pegawai puskesmas kecamatan, sedangkan aku tugasnya di puskesmas kelurahan. Sebaik nya surat keterangan bekerja ku di ttd kepala puskes kecamatan atau kelurahan aja cukup ya ? sama di form apply visa itu kan ada tempat kerja baik nya aku ngisi kecamatan apa kelurahan gitu? hehe maaf pertanyaannya ribet
    3. Soal biaya selama disana, rencananya memang aku mau pake uangku sendiiri tp aku mau melampirkan rekening koran orang tua ku sbg sponsor kebutuhan ku disana bisa ? biar lebih kuat gitu bukti ke mereka kalo aku gak akan kehabisan uang selama disana hehe
    4. Trus pasporku masih kosong melompong cuma kepake sekali ke singapore itu ngaruh gak ya kak ? kebetulan paspor ku e paspor baru ganti krna udah expired yg lama.
    tolong di jawab ya j\kak terima kasih sebelumnya

    1. Halo mbak Wione, maaf br balas.
      1. Ini agak rumit, karena visa yang dikeluarkan pun gak akan bisa lebih dari 3 bln mbak. jgn sampai ditolak sih, tp mbak gak mungkin mengajukan 3 bln sblm keberangkatan.
      2. kecamatan kalau memang mbak terdaftarnya di sana.
      3. kalau gitu, perlu surat sponsorship dari orang tua mbak.
      4. di yg lama udah pernah terisi?

      1. Dear mas Ujang,

        Mohon maaf baru baca dan balas. Untuk hal ini saya sebenarnya kurang tahu pastinya. Tapi pernah dengar ada yang bilang setelah 3 bln baru bisa ajukan ulang.

  54. Halo Mas mau tanya
    Saya mau apply visa korea tapi ketika saya ke bank untuk minta surat referensi dan rekening koran, CSnya bilang hanya bisa print rekening koran 2 bulan terakhir… Karena saya butuhnya 3 bulan terakhir akhirnya cs-nya kasih solusi fotocopy buku rekening 3 bln terakhir + dilegalisir… apakah bisa demikian? saya jadi cemas :'(
    Makasih sebelumnya ^^

    1. Dear mbak Dewi,

      Kmrn itu juga hanya lampirkan rekening koran 3 bulan terakhir aja sih. Kalau memang mereka siap legalisir sih gpp mbak, legalisir itu kan bukti keaslian dari bank.

    2. tidak menyertakan ref bank jg gapa2 asal rek tabungan nya lampirkan yg print out langsung dari bank
      jng lampirkan yg foto copy dari buku tabungan, cuma 2bln terakhir jg gapa2 yg penting print out langsung dr bank nya.

  55. Salam kenal pak febriyan,
    Ada beberapa hal yanh ingin Saya tanyakan terkait visa korea:
    1. Surat pernyataan tidak memiliki spt dan npwp apakah harus terpisah atau bisa dijadikan dalam 1 surat pernyataan?
    2. Alasan saya tidak memiliki npwp dan spt adalah dikarenakan saya merupakan karyawan kontrak peruaahaan yang gajinya masih dibawah batas minimum wajib bayar pajak(<4,5jt), kira bhs inggris yang tepat untuk menuliskan alasan tersebut di surat pernyataan bagaimana ya pak?
    3. Saya domisili jawa timur, rencananya akan membuat visa secara mandiri, nah Karna waktu selesainya visa sekitar 5 hari kerja dan tidak memungkinkan bagi saya menginap selama itu di jakarta, apakah boleh pengambilan visa nya di wakilkan kepada teman saya yang tinggal di jakarta ya pak? Kalau seperti itu diperbolehkan apa harus membuat surat kuasa dari saya di atas materai gitu?
    Terima kasih pak Mohon balasannya

    1. Dear mbak Ismi, mhn maaf baru balas.

      1. Saran saya sih dipisahkan.
      2. Saran saya sih kasihnya alasan sedang proses NPWP mbak.
      3. Biasanya memang perlu surat kuasa utk pengambilan mbak, seperti saya kmrn itu juga pakai surat kuasa.

  56. Mau tanya nih mas Febriyan..
    Saya bulan september ini mau ke korea..tapi masih bingung untuk pengurusan visa..
    1. Saya sempat tanya ke travel agent berapa saldo mengendap supaya visa approve jawabannya saldo mengendap minimal 50jt..apakah benar saldo mengendap harus minimal 50jt?
    2. Saya sudah pakai eKTP tapi eKTP tanggal berlaku sudah lewat (expired) pernah mau urus perpanjangan tapi dari pihak RW bilang eKTP tidak perlu diperpanjang karena sudah berlaku seumur hidup. Apakah hal ini akan berpengaruh ke approve atau tidaknya visa? Apa ada dokumen pendukung yg harus saya sertakan untuk case eKTP saya?
    3. Kalau saya berangkat tanggal 14 september..sebaiknya kapan saya mulai mengajukan permohonan visa..agar kalau ada kekurangan dokumen masih bisa kekejar untuk mendapatkan visa tsb?
    4. Kalau kita bekerja apakah membutuhkan surat keterangan kerja dan surat rekomendasi dari perusahaan?
    Mohon pencerahannya ya…
    Terima kasih

    1. Dear Mbak Feby,

      Maaf baru balas, saya coba jawab sepengetahuan saya ya:
      1. Jumlah saldo ini disebut hanya utk menutup biaya hidup selama di sana. Untuk perhitungannya, mbak kalikan saja jumlah hari di korea dengan biaya hidup per harinya.
      2. Utk ektp ini, bisa mendapatkan surat keterangan dari kelurahan mengenai hal ini gak mbak? kalau bisa lampirkan saja itu.
      3. saya selalu sarankan sebulan sebelum keberangkatan.
      4. iya mbak. lbh baik lampirkan surat itu.

  57. Saya ingin bertanya tntng visa korea 2017

    saya ingin berlibur di korea selatan perkiraan bulan febuari 2018 dan saya juga belum membuat paspor.

    saya diberitahu oleh teman saya bahwa untuk mengurus visa korea yang sekarang di butuhkan cap kedatangan di negara lain kecuali korea apakah benar ? karena saya belum punya paspor jg

    1. Dear Mas Heri,

      Untuk cap kedatangan di negara lain itu sbnrnya hanya memudahkan saja. Tanda kalau mas sudah sering ke luar negeri dan paham mengenai apa saja yang perlu diperhatikan mas selama di sana.

  58. Numpang tanya mas Febriyan, kalau saya tidak punya SPT pph 21 (ini potongan pajak yang bekerja dan biasa diberikan kantor kan ya) tapi saya punya NPWP dan punya SPT final yang 1770 ini bisa sebagai syarat pengganti SPT pph 21 tidak ya mas?
    Terimakasih dan ditunggu info baliknya..

    1. Dear Mas/Mbak,

      Untuk 1770 itu biasanya muncul kalau mas/mbak lapor SPT. Itu yang diminta justru. Tapi saya krg paham dalam hal 1770 finalnya.
      pph21 yg dipotong oleh perusahaan itu adalah bukti potong 1721a1 yg dijadikan lampiran spt

      1. Mas febri tanya dong.. Minimal saldo supaya visa di approve untuk 2 orang (adult dan children) brp ya?
        39jt kira2 diapprove gak mas?

  59. Mas Febri mau tanya, SPT 21 yang dimaksud itu bukti potongnya yang dari perusahaan atau bukti penerimaan yang setelah kita lapor pajak tahunan kita ya?saya kurang paham mengenai pajak soalnya. ada contohnyakah?

  60. Hi Mas, mau tanya,
    1. Kira-kira saldo yang aman untuk pembuatan visa berapa ya mas? lalu apakah suami juga perlu cantumkan surat sponsor atau rekening koran (padahal suami tidak ikut pergi)?
    2. Saya nanti berangkat bulan oktober, tapi agen travel saya bilang pengurusan paspor bulan Agustus-September, mereka bilang masa berlaku visa korea sekarang 3 bulan. Apakah itu benar? karena setau saya masa berlaku visa 90 hari sejak visa diterbitkan.

    Mohon bantuannya ya..makasih πŸ™‚

    1. Halo mbak Nita,

      1. Saldo itu setidaknya menutup biaya hidup selama di sana mbak. Kira2 sehari bisa habis 1,5juta – dilebihin aja ya – terus dikalikan lama mbak di sana.
      2. iya mbak. 3 bulan. Makanya sebulan sebelum itu sudah ok juga.

  61. mas , saya masukan berkas untuk pembutan visa korea tgl 13 maret 2017 untuk keberangkatan tgl 4 april , nah skrg sudah tgl 22 maret 2017 tapi kenapa ya samoe saat ini belum ada kabar untuk pengambilan visanya , pdhl kalo sy baca dr google proses +_ 5 hari krja , tp kenapa bisa lewat ya soalnya sy mau apply lg visa taiwan .

      1. mas saya sudah cek hasil diweb , seperti ini hasilnya :
        Application number Date of application 20170314

        Purpose of Entry Application Status Passport Returned

        maksdnya ini apa y mas ? mohon penjelasannya mas

      2. Dear mbak Dini,

        saya sendiri kurang paham sih itu maksudnya apa. Apakah passportnya sudah mbak terima? atau mungkin sudah dikembalikan ke tempat pengajuan kemarin.

    1. Terimakasih atas sharing nya Mas.
      Sy jga mo apply dlm wkt dekat n kendala di SPT nya. Sy gk tau mo urus SPT kmn. Sy brgkt seoul nya dlm rangka diundang sbg plenary speaker utk conference di bidang Neuro. Sma ditanggung pihak conference. Jd sy kelabakan mikirin spt skg. Brgkt nya bulan may sih. Kira dgn surat pernyataan itu aman gk y mas?
      Mohon balasannya.
      Trmksh

      1. Kalau diundang dan dapat surat sponsor di sana, sepertinya sih akan jauh lebih aman untuk pengajuan pak Yoffie. Surat pernyataan bisa utk mendukung.

  62. Halo kak febriyan, terima kasih informasinya sangat membantu πŸ™‚
    Ada beberapa pertanyaan yang saya msh butuh penjelasan :
    1. Apakah surat rekomendasi bank wajib diberikan? Setahu saya ada saldo minimal untuk pembuatan surat rekomendasi bank. Jika saldo tidak mencukupi dan tdk bs dapat surat rekomendasi, apakah ada surat lain yang bisa menggantikan?
    2. Adik saya sudah bekerja tapi tidak punya spt dan kantornya tidak biasa pakai slip gaji. Awalnya saya berencana pakai surat sponsor dr orang tua untuk adik saya (rekening tetap pakai rekening pribadi adik), tetapi orang tua saya sudah pensiun, jadi sepertinya orang tua saya tidak ada lagi SPT. Sarannya bagaimana kak? Apakah bisa pakai surat sponsor orang tua + surat pernyataan tidak ada spt dr org tua krn sdh pensiun + rekening adik saya? (Surat keterangan kerja tetap dilampirkan)
    3. Jika surat keterangan kerja sudah ada, apakah SIUP tempat kerja juga hrd dilampirkan?
    4. Boleh kah mengajukan visa 1.5 bulan sebelum.berangkat? Dg perandaian visa ditolak, maka 3-4 minggu kemudian msh ada waktu utk apply ulang.
    Mohon saran dan informasinya kak. Terima kasih banyak.

    Salam,

    1. Dear mbak Chyka,

      Mohon maaf baru balas.

      Moga menjawab pertanyaan mbak:
      1. Yang penting memang rekening koran dari bank selama 3 bulan terakhir dengan saldo yang mencukupi biaya hidup selama di Korea sana mbak.
      2. Kenapa tidak adik mbak sendiri yang bikin surat pernyataan tidak punya SPT itu mbak?
      3. SIUP diminta kalau yang mengajukan visa adalah wirausaha – setahu saya
      4. Saya selalu menyarankan untuk pengajuan itu max 1 bulan sebelum keberangkatan. jadi sangat boleh

      1. Klo pengajuan visanya 2 bulan sebelum berangkat terlalu dini ngga mas? Soalnya belom beli tiket pesawat, mau nunggu visa approve dulu, dan 1 bulan sebelum keberangkatan kepotong libur idul fitri dan lagi sibuk sibuknya di kantor bakal susah izin mas

  63. halo kak mau tnya apakah surat referensi bank dan rekening koran akan dicek saldonya kedubes ke banknya langsung untuk memastikan saldonya sama , sperti yg dilampirkan di rek koran dan surat referensi

    1. Jujur, saya kurang tahu akan dicek atau tidak. Namun, setahu saya, untuk bank sendiri tidak akan memberikan info rekening dengan begitu saja kok.

  64. mau tanya sy dan istri akan pergi ke korea bulan april, dari maret ini sy sudah coba persiapkan data masing2 rek koran dgn stamp + ref bank dgn stamp + jumlah saldo yang mencukupi kurang lebih 30jt baik dari sy sendiri , maupun istri sy.
    nah sy bingung untuk melampirkan SPT krn sy usahanya online store blm ada lepaoran pajak yang valid, sedangkan istri sy bekerja, dia ada SPT, rek koran yang mencukupi.

    apabila sy menjadikan istri sy sebagai sponsor data apa aja yang harus sy persiapkan, apakah tetap membuat surat pernyataan tidak mempunyai SPT? thx

    1. Dear mas Bernard,

      Saran saya sih sponsor by Istri aja. Istri siapkan surat sponsor menyatakan menjadi sponsor perjalanan Mas dan juga rekening istri untuk lampiran pengajuan visa nya mas.

  65. Halo mas febry. Thnk you yah tulisannya sangat membantu sekaliii di keadaan saya yg saat ini lagi galau mikirin pengurusan visa. Mohon pencerahan nya sedikit mas febri masalah tidak memiliki SPT karna saya tdk memiliki NPWP. Gaji saya pun masih under 4,5jt .Apakah jika sponsorship itu harus orang tua apa boleh relasi lain? Seperti calon suami saya? Tetapi kami baru resmi menikan sept tahun ini jadi blm ad surat keterangan . Atau tetap bisa calon saya itu menjadi sponsor saya serta saya melampirkan SPT dan rek tabungan calon suami saya tsb? Trims

    1. Dear Mbak Olivia,

      Mohon maaf baru baca dan balas.

      Untuk pengajuan, mbak bisa ajukan sponsor dari calon suami tapi minta surat sponsornya ya. dan juga rekening n SPT calon. Ingat suratnya di atas materai.

      1. halo mas febry. kebetulan sekarang saya ternyata sudah resmi menikah.hanya surat nikah saya masih di cat sipil. krna masih dalam proses.
        saya pergi tgl 20-30
        kapan seharusnya saya sudah mengajukannya mas

        oh iya yang ada hanya bukti nikah agama saja/akta kawin agama. apakah perlu dilampirkan atau bagaimana?
        oh iya mas febri kok agen saya minta semua data ktp kk dll harus asli yah. apakah seperti tsb? trims .
        mas febri kalau saya buat surat sponsor dr suami tetapi pakai rekening saya sendiri bisa kan?
        dan jika sudah ad surat sponsor apakah perlu surat pernyataan saya juga soal spt dan lain2. dan apakah materai juga. trims .

        notes. boleh minta contoh surat sponsor itu spt apa yah mas febri thanks.
        perlu ktp sponsor dll kah?

      2. Mbak Oliv,

        Maaf saya baru balas. Saran saya sih mengajukan itu max sebulan sebelum kepergian. Jangan lebih pendek dari itu.
        Kalau semua harus asli, saya kmrn sih gak mbak – bawa kopi aja. t
        kalau surat sponsor, ada banyak contohnya mbak, saya sendiri gak upload surat contoh itu di sini.

  66. mas kalau pake ktp lama bisa gk ya posisi saya di hongkong jdi lom bkin e ktp apa bikin surat penyataan dan mnt stempel kelurahan, dokumen saya kirim dri hk ade sya yg urus.thanks

  67. Hallo kak… saya ada rencana ke korea april tapi ingin coba apply visa sendiri.. sebelumnya saya tahun lalu saya pernah kekorea jg tapi sama ibu saya jadi semua surat sponsor, rek dan penjamin ibu saya. Nah skrg saya bekerja sendiri sebagai agen produk nutrisi tapi ga punya npwp dan spt21. Yang saya mau tanya surat2 pendukung apa yang saya perlukan selain rek koran 3 bulan terakhir? Apa saya masih perlu surat ijin ortu? Surat pernyataan tidak punya spt21 dan npwp itu beda apa cukup 1 surat aja? Trimakasih sebelumnya kak..

  68. Halooo mas Ryan, makasih ulasannya mengenai visa ini ya, bermanfaat bangeett πŸ™‚
    Aku rencana mau ke korea pertengahan Mei 2017 dan rencananya apply visa pertengahan april, sekarang dokumen2 sedang aku lengkapi, aku mau tanya terutama untuk rekening koran 3 bulan terakhir, yang dilihat atau jadi pertimbangan Kedubes itu aktivitas keuangan kita di rekening atau jumlah saldo akhir untuk hidup kita selama di korea ya?
    Untuk saldo akhir saya saat ini sudah cukup untuk meng-cover selama disana (1,5jt x 6 hari) namun jika melihat transaksi saya 3 bulan kebelakang cukup fluktuatif hehehe
    Mohon pencerahannya ya mas, terima kasih sebelumnya..

    1. Dear mbak Risna,

      kmrn itu sih kakak juga punya rekening fluktuatif. Dia bikin transfer masuk total 30jt sebanyak 3 kali sebelum cetak rekening mbak. hehe

      1. Dear mas Febri,
        Terkait dengan mutasi rekening yg fluktuatif, saya juga rencana membikin transfer masuk sejumlah yg cukup sebelum cetak rekening. Boleh tau mas 3 kali transfer masuk itu jaraknya masing2 berapa hari?
        Apakah hal ini yg biasanya disebut “uang kaget”?
        Mohon info terimakasih

      2. Dear Mbak Ayu,

        maaf baru balas. Memang kondisinya jadi kayak uang kaget. Bisa saja sih bilang habis cairkan deposito atau menarik hutang dari teman.

  69. Hai Mas Febriyan, kebetulan saya akan ke korea bulan mei dan rencananya akan mengajukan visa pada awal april. Saya ada masalah mengenai KTP -el, ada kesalahan dalam penulisan tanggal lahir dan sudah saya perbaiki ke kantor catatan sipil, akan tetapi cuma diberi surat keterangan perekaman sekaligus sebagai pengganti KTP-el sementara karena KTP-el blm bs dicetak (kata orang capilnya surat ini bisa untuk pengurusan visa), tetapi karena masih khawatir akhirnya saya membuat lg surat pernyataan yg isinya menjelaskan mengenai kesalahan penulisan tgl lahir dan sudah diperbaiki di kantor capil beserta tanda tangan dan cap dr capil, yg rencananya nanti pas pengurusan visa akan saya serahkan sekaligus ketiganya (KTP yg salah tanggal lahir, Surat keterangan pengganti E-KTP dan Surat Pernyataan yang menjelaskan mengenai kesalahan tgl lhir tsb) akan tetapi surat-surat tsb masih dalam format bahasa indo.
    Yang jadi pertanyaan :
    1. Apakah saya harus mengganti surat pernyataan trsebut kedalam bahasa inggris ? dan meminta tanda tangan dan cap ulang ke kantor capil?
    2. Apakah cukup hanya dengan melampirkan surat keterangan pengganti e ktp ini saja?
    3. Apakah kesalah dlm KTP jg dapat membuat visa ditolak?

    Mohon informasinya ya Mas, hehe…sorry ya kepanjangan. Terimakasih sebelumnya

    1. Dear Mbak Dina,

      Untuk masalah KTP sampai ditolak visa sebenarnya saya belum pernah dengar sih. Tapi kemungkinan itu tetap ada. Yang mbak lakukan sudah benar kok dengan meminta surat keterangan KTP mbak.
      Seharusnya sih gak masalah ya yg dalam bahasa Indonesia. Tapi kl meminta ulang yg dalam bahasa Inggris, coba minta saja mbak.

      1. Sore mas Febriyan.. saya mau tanya dong mas, saya bersama istri kan ada rencana mau ke korea dlm tahun ini mas tapi saya tdk punya SPTnya mas tapi klo istri saya punya. apakah untuk pengurusan Visa koreanya bisa pake Spt istri saya saja atau bagaimana mas? salam Achmad

      2. Dear mas Achmad,

        Mohon maaf baru baca dan balas.

        Setiap visa yang diajukan sih akan butuh SPT itu mas. Kalau mas seakan disponsori istri gimana mas?

      3. halo mas febriyan..
        saya mau nanya, saya ada rencana mau ke korea bersama calon suami saya.. apabila rekening koran yg diberikan adalah bank orang tua pacar saya, apakah bisa utk sponsor saya dan pcr saya? soalnya kan saya blm ada hubungan kluarga dgn pcr sy di. jd nama saya jg blm ada di Kk.. apakah bisa, Pak kalau bgtu? mohon bantuanny utk direspon ya pak.. terimakasih byk atas waktunya..

      4. Dear mbak Veronica,

        Maaf baru baca dan balas. Dalam surat sponsor cantumkan saja nama pemberi sponsor (samakan dg rekening) dan juga penerima sponsor. Seharusnya sih tidak masalah.

      5. Hii kΓ k febriyan mw tnya . Klu pake ktp lma bisa gk ya . Posisi sya d hk lom bkin e ktp apa bkin surat pernytaan mnt tnda tangan kelurahan . Sya rencana ngajuin visa di jakarta dok. Sya kirim .mksh

  70. Hi kak Febry, mau tanya. Kalo penghasilan di atas 4,5 jt tp tidak ada npwp dan SPT krn kantor tidak mewajibkan dan tidak mengurus pajak bgmn ya kak? Apa sebaiknya sy kasih surat keterangan kalau gaji sy hny dibawah 4,5 jt sehingga tdk mempunyai npwp dan SPT? Jika sy tulis alasan seperti itu apakah SIUP kantor akan diminta?

    1. Halo mbak Catherine, seharusnya sih jika sudah segitu, ada SPT ya. Atau jangan2 pph21 mbak ditanggung oleh perusahaankah?

      mengenai merubah keterangan gaji sih saya krg setuju mbak. Bilang saja dalam surat pernyataan tidak punya SPT itu bahwa npwp sedang dalam proses. gitu.

      1. Tp kak kalo NPWP sdg dalam proses kan sebenarnya 1 hari lsg jadi. Kalo saya tulis sedang dalam proses apa mereka ga akan kira kita bohong?

        Kalau dengan cara sponsor saya juga bingung karena meskipun ayah saya ada SPT dan SIUP tetapi tabungan ayah saya 3 bulan terakhir hanya dibawah 10 juta dan tidak ada deposito.

      2. Kalau gitu kamu lampirkan NPWP dan kasih alasan kalau kamu blm punya SPT karena baru selesai bikin NPWPnya.

        Bilang saja kalau uang sponsornya sudah ditransfer ke rekeningmu

  71. Mas Febri, maaf saya mau tanya…
    kalo bikin surat keterangan gak punya SPT itu alesan nya yang paling aman apa ya?

    1. tidak punya npwp
    2. punya npwp, spt sedang diproses

  72. Permisi mas mau tanya, surat keterangan mahasiswa kalau pakai kartu tanda mahasiswa nya aja bisa ga ya? Tanpa pakai surat keterangan mahasiswa aktif yg harus minta ke akademik kampus?

      1. dear mas febry,
        saat ini dokumen persyaratan apply visa saya dan 2 anak sudah lengkap. karena domisi sy di blitar jawa timur bisakah dibantu info cp yang bisa bantu saya proses pengajuan ke kedubes di jkt? mhn email saya di riefland_forever@yahoo.com
        terima kasih

  73. Permisi, saya mau tanya. Di syaratnya kan ada surat keterangan mahasiswa/surat keterangan kerja ya, kalau misal baru lulus kuliah dan belum mendapat pekerjaan saat mau apply visa bagaimana ya mas kira kira? Apa bisa?

  74. Permisi saya mau bertanya sedikit apakah bisa ?
    Saya berumur 26th sudah bekerja, untuk pengajuan visa korea apakah bisa menggunakan tabungan rekening koran cece sepupu saya ? Jadi dia sebagai sponsorship saya. Jika bisa berarti rekening koran, spt, surat sponsor dari dia semua ya ?
    Mohon balasannya, terima kasih banyak
    Gbu

  75. Halo..sy rencana akan ke korea mei 2017 bersama suami.suami sy bekerja di toko ayahnya..jd suami sy tdk punya SPT..kami pergi dgn biaya sndr tp krn berkas suami tdk lengkap..apa bs kami menggunakan saja sponsor ayah suami sy..krn berkas mertua sy lengkap..apa2 sj yg perlu sy dan suami sy siapkan..apa perlu d lampirkan rekening koran suami dan mertua saya jg?untk surat rekomedasi bank apa hrs dr bank rekening mertua saya dan suami atau cukup 1 saja.besar harapan saya pertanyaan sy segera d jawab..terima kasih

    1. Dear mbak Wilis,

      Kalau gitu perlu siapkan surat sponsor dari orang tua, kemudian SPT dari orang tua yang memberikan sponsor itu.
      Untuk rekening, kalau misalnya uang di rekening mbak/suami cukup untuk berdua selama di Korea nanti sih cukup salah satu aja mbak.

      1. Hallo mas, kasus saya juga seperti mbak ini.. berarti rekening koran, SPT hrs sesuai dengan nama sponsorship kita kan? kalau sudah ada sponsor, kita perlu buat surat keterangan bahwa kita kerja dengan ayah kita sendiri gak ya? terima kasih..

  76. selamat siang kak, kalo misal saya cuma melampirkan surat bukti penerimaan spt elektronik dari email pajak apakah bisa? trmksh

    1. Gak diatur sih mas/mbak.

      Tapi saya sarankan sih bisa menutup biaya hidup selama mas/mbak di sana. Kira2 biaya hidup di Korea per hari (kl hemat) sktr 1-2juta per hari (ini mgkn jg krg update ya). Jadi dikalikan aja dengan lama stay di sana – di luar biaya hotel tentunya.

  77. Hallo kak, saya mau tanya. Saya masih mahasiswa dan ada planning ke korea tahun ini. Tapi saya ke korea memakai biaya tabungan sendiri tetapi saya ingin melampirkan surat keterangan sponsorship dr orang tua dan pbb orang tua. Apakah kalo saya melampirkan print buku tabungan saya sendiri boleh ga kak? Terimakasih

    1. Dear Mbak Yudhita,

      Untuk rekening pribadi sih hrsnya gak masalah ya. yg penting jumlah di rekening mencukupi.

      Kemudian surat sponsorship dan juga SPT orang tua ya.

  78. mas, saya mau nanya, kalo misal nya saya mau ngurus visa ke korea, tapi sama masih mahasiswa, kalo saya lampirkan laporan keuangan orang tua saja bisa kan ? terus saya mau stay agak lama gitu d korea nya, kalo buat dapetin buat 90 hari itu kiat nya apa yah ?

    1. Bisa kok mbak Vini… sponsornya ortu. Jadi lampirkan surat sponsor dr ortu, rekening koran ortu juga.

      Kalau utk dpt 90 hari gitu… saya jg kurang tahu nih mbak.

  79. Hello mas Febriyan.. Saya mau Tanya, Saya seorang ibu rumah tangga berusia 35 tahun.. Rencananya thn dpn saya akan berkunjung ke korsel dengan adik saya (27 thn).. Yg mau saya tanyakan apa persayaratan yg Saya harus penuhi, saya Dan adik saya tidak mempunyai NPWP Dan SPT, tp biaya untuk wisata ini semua dari tabungan kami masing2.. Apakah Saya harus melampirkan dok keuangan saya saja atau harus dengan dok keuangan suami? Dan bagaimana dengan adik saya? Sedangkan ortu saya tidak mempunyai NPWP dan SPT, rek pun tidak seberapa krn mereka memasukkan yang mereka dalam bentuk deposit.. Terimakasih sebelumnya.

    1. Dear Mbak Elly,

      Persyaratan lengkapnya sih yg dalam postingan.
      Untuk masalah SPT – kalau memang pakai rekening sendiri, mbak bikin Surat Pernyataan Tidak Punya SPT (donlot dari post di atas). Tidak pakai sponsor kan mbak?

      1. Agak riskan sih mbak Elly, karena kan lampirkan SPT itu artinya sumber penghasilan dari SPT yg dilampirkan itu. Saran saya sih lebih baik bikin surat pernyataan tidak punya SPT aja mbak.

  80. Hiii, mau tanya dong. Mengenai rekening koran 3 bulan terakhir,
    Saya sudah kerja, apakah masih boleh di sponsor org tua?
    Sebenarnya jalan2 itu biaya sendiri, cuman habis beli tiket booking ini itu,sudah pasti dong saldo rekening anjlokk mass
    apakah bisa diganti dengan melampirkan surat deposit orang tua (tapi kita beda KK, karena orang tua skrg ga tinggal satu kota dengan saya, tapi nama org tua sama dengan nama ortu di akta lahir ku) atau surat deposit sodara satu KK kita boleh?
    Nah kalo misal saya pake surat deposit orang tua, mau buat surat sponsor dari org tua lagi ga?
    Btw, bisa tolong emailkan ke saya contoh2 surat sponsor, surat keterangan tidak ada spt (saya gada npwp ya mas) , dll?

    Karena saya masih bekerja namun tau dehh, fresh graduated, gaji tidak seberapa. Rekening koran 3 bulan terakhir sudah pasti jelek abiss. Tapi jika rekening koran hanya untuk membuktikan bahwa tiap bulan ad masuk gaji, its ok lah.

    Surat keterangan kerja saya bisa minta dengan HR.
    Tapi kita ga biasanya dikasih slip gaji loh, gimana ya?

    Thankyou

    1. Halo Amel,

      Untuk contoh surat keterangan tidak ada SPT kamu bisa donlot di post saya ini sih. Ada tombol utk donlotnya.

      Gak bisa cairkan deposito masukkan ke rekening kamu dulu ya? Nanti setelah selesai urusan pengajuan ini, kamu kembalikan n jadikan deposito lagi. Intinya sih masukkan uang ke rekening kamu aja dulu biar muncul mutasi yang cukup utk biaya hidup kamu di sana.

      Keterangan kerja tanpa slip gaji sih gpp mbak.

  81. Halo selamat siang kak, saya ingin bertanya. Status saya mahasiswa dan rencana ingin ke korea tapi dengan biaya sendiri tanpa di sponsori orang tua. Jadinya pake rekening sendiri ? Persyaratan nya apa saja ya ?
    Oh iya dan sebelumnya Desember lalu saya sudah pernah ke korea tapi disponsori ayah saya.

    1. Halo mbak.

      Lampirkan rekening tabungan mbak sendiri dan jangan lupa surat pernyataan tidak punya SPT ya mbak. Ini di luar dokumen persyaratan lainnya ya.

      Harusnya kalau sudah pernah ke sana sih lebih mudah pengajuannya.

      1. saya berencana pergi ke korea agustus ini. tp status saya msh mahasiswa. apa bisa jika menggunakan rekening atas nama saya sendiri ? saya belum pernah ke korea sebelumnya. atau bisa di sponsori oleh org lain yang bukan keluarga ?

      2. Kalau pakai sponsor dari orang tua, tapi tidak memiliki spt. Berarti surat pernyataannya yang bertanda tangan orang tua ya? Trus surat pernyataannya pilih salah satu apa keduanya ya? Terimakasih πŸ™‚

      3. halo kak, berarti tidak perlu melampirkan bukti keuangan ortu kan ya ? surat sponsor menyatakan mensponsori diri sendiri ?
        Lalu, Alasan untuk SPT nya apa ya kak ?

        Terima Kasih

  82. Info update, saya baru selesai mengurus visa korea. pengecekan apakah aplikasi diterima atau tidaknya sudah tidak dilayani via telepon, tetapi wajib melalui web resmi kedutaan republik korea.

    kemudian pilih “CEK STATUS PERMOHONAN”

  83. Halo Pak, saya berencana ke korea akhir taun ini..
    nah untuk SPT itu sebaiknya memang di lampirkan walaupun statusnya di bawah PTKP ? yang penting melampirkan saja? atau karena di bawah PTKP kita jadinya bikin surat keterangan tidak memiliki SPT ? mohon infonya ya.. terimakasih

    1. Kalau dari info yang saya terima sih skrg ini SPT itu wajib pak. baik bapak di atas ptkp atau di bawah.
      Kalau memang tidak melampirkan SPT ya harus isi surat pernyataan itu.

  84. siang mas saya mau nanya.
    untuk paspor 24 halaman apakah bisa digunakan untuk membuat visa korea.
    karena saya diberitahu petugas imigrasi ada beberapa negara yang menolak penggunaan paspor 24 halaman.
    terima kasih.

    1. Dear mas Komenk99,

      Menurut yang sy baca di beberapa artikel, sebenarnya fungsi pasport 24 dan 48 itu sama saja. Hanya perbedaaan jumlah halaman dan tarif. Tapi fungsi pasport tidak ada beda. Mas bisa ajukan gini mas kalau dibilang tidak bisa: Berdasarkan Surat Edaran IMI.2-GR.04.02-1.568 tertanggal 09 November 2010; keduanya tidak berbeda fungsi kok.

      Saya sendiri belum tahu apakah Korea termasuk yang mengeluarkan aturan hanya menerima paspor 48 atau tidak. nanti coba saya cari infonya lagi mas.

  85. Hallo pak, terimakasih atas infonya di atas. Saya ingin bertanya, saya mengajukan visa melalui agen, dan setelah menunggu satu bulan, diberi kabar bahwa visa saya tidak lolos. Apakah masih ada kesempatan untuk saya apply visa lagi langsung ke kedutaan pak??? biasanya berapa hari untuk proses jadinya? terimakasih.

    1. Kemarin itu ada yg bilang kalau ditolak, ada baiknya ajukan ulang setelah bbrp bulan Mas Ryo.

      Kalau boleh tahu ditolaknya karena apa ya? semua persyaratan sudah lengkapkah?

      1. semua persyaratan sudah lengkap, tapi saya diberitahu dari agennya bahwa rekening saya tidak valid, namun tidak diberitahu detailnya seperti apa, padahal saya sudah memenuhi minimal saldo mengendap dari pihak univ korea yg telah ditentukan. bgitu pak, terimakasih

      2. Rekening yang digunakan itu rekening mas Ryo sendirikah?

        Saran saya sih jgn terlalu cepat ajukan sendiri mas. takutnya dia masih simpan record terakhir itu. Tapi mas coba cek ulang persyaratan yang mas punya… kalau sudah ok dan lengkap, diajukan ulang lagi saja kira2 sebulan stlh ditolak itu

  86. selamat pagi, saya monic saya mau tanya pak.
    saya ada rencana ke korea bulan april dan rencana apply visa bulan maret.
    kalau misalkan kita tidak punya spt kan pakai surat keterangan yah pak, nah kalau saya melampirkan bukti keuangan ortu dan surat keterangan dari ortu boleh di lampirin juga ga?
    soalnya saya baru bekerja sekitar bulan juni 2016 sebagai guru honorer jadi selain lampirin rekening sendiri mau lampirin rekening ayah buat sponsorship gitu, itu butuh spt ayah juga ga yah?
    pak boleh tau surat keterangan kerja tidak? soalnya kalau dari sekolah dapetnya bahasa indonesia
    saya cuma bingung di lampiran keungan aja sebenarnya, maaf ya pak dan terima kasih πŸ™‚

    1. Kalau memang meminta ayah utk jadi sponsor, memang harus lampirkan rek koran ayah dan juga surat sponsorship dari ayah.
      surat keterangan kerja gimana ya mbak mksdnya?

  87. Halo mas mau tanya..
    Kan di formulir visa itu ditanyakan pernah ke negeri selain korea selama 5 tahun terakhir? Nah kebetulan saya pernah tetapi cap dan visa nya itu ada di paspor lama saya yg sudah tdk aktif sejak 2016.
    Lalu apakah harus dilampirkan fotokopi paspor lamanya? Atau yg di formulir visa ttg visit negara lainnya tidak usah diisi?
    Terima kasih sebelumnya..

  88. Siang Mas,

    Salam kenal, Saya mau tanya, Saya ingin mengajukan visa korea bulan depan, untuk rekening koran, apakah boleh jika menggunakan punya Ayah sebagai sponsor meskipun kita sudah bekerja?

    Terima Kasih

      1. iya boleh kebetulan saya apply bulan desember lalu sudah kerja dan pake sponsor orang tua visanya di approve πŸ™‚

      2. Halo mbak, maaf, saya sendiri tidak punya contoh surat proposal yang diminta. Email mbak saya publish, moga ada yang punya contohnya dan bisa email mbak langsung (moga gak kena spamming karena ini)

  89. dear mas febri,

    saya mau tanya lagi…
    apakah ada yg prnh mangajukan Visa Korea dgn kondisi alamat KTP/Paspor berbeda dgn alamat tmpt tinggal sekarang?
    apakah hal ini mjd kendala/pertanyaan buat kedubes ya?

    mohon pencerahannya kawans…

    1. alamat saya tinggal berbeda dgn alamat KTP. kl alamat di Paspor otomatis kn ikut KTP. ga ada masalah c. di form pas bagian alamat isi dua2ny..yg alamat pertama isi sesuai KTP, yg kedua isi sesuai yg qt tinggal skrg.

  90. Selamat siang mas Febryian, saya rencananya tahun ini mau ke Seoul sama adik saya yang masih SMA kelas 2 dan saya sendiri masih Kuliah. Yang ingin saya tanyakan apakah untuk pengajuan visa rekening koran harus dari saya dan adik saya atau keduanya? apakah diperlukan surat sponsor dari orang tua dan surat keterangan Siswa/Mahasiswa dari sekolah/kampus? dan apakah ada minimal saldo yang diperlukan dalam tabungan untuk rekening korannya? Terimakasih, berharap dapat dibalas oleh Mas Febryian.

    1. Dear mas Haris,

      Kalau memang mas berangkat dengan sponsor dari orang tua, ada baiknya lampirkan surat sponsor dari ortu dan rekening koran ortu saja mas. Surat keterangan dari kampus dan sekolah pun juga dilampirkan.

      Untuk jumlah – tidak ada ketentuan baku, tapi harus mencukupi biaya hidup mas dan adik selama di sana.

      1. Maaf mas Febriyan saya ingin bertanya lagi, apabila kita pergi disponsori oleh orang tua dan menggunakan rekening koran orang tua apakah diperlukan juga surat referensi bank dan juga bukti keuangan lainnya seperti slip gaji ortu?. Apabila pasport capnya masih kosong apakah bisa di approve oleh pihak kedutaannya atau ditolak? Makasih

      2. Iya mas Haris, perlu surat sponsor, rek orang tua karena dia yang sponsorin.

        Kakak saya pas ajukan ini juga masih kosong kok. Tapi kembali lagi diterima atau ditolak itu balik ke mereka… kita cuma bisa utk lengkapi persyaratan aja mas.

  91. Mas Febriyan, mau kasih kabar nih. aq barusan cek online n ternyata visaku sdh di approved, tgl diambil aja ke kedubes. hehehe. Pas apply aq ga ada SPT, jdny ngelampirin surat pernyataan. Apply tgl 10 feb kmrn ari jumat. tgl keluar c hrsny besok tgl 17 feb tp ternyata lbh cpt 1 ari pas di cek. mgkn krn saya prnh ke korea sblmny, jd lbh cepat prosesny, krn temenku yg apply di tgl sama msh di proses. Tengkyu banget ya buat mas febryan n blognya. sgt membantu loh ^^

    PS: tambahan info aja buat yg mau bkn multiple visa. br bisa ajuin kl udh 2x masuk korea, di web tulisny bisa ajuin kl 1x masuk korea. tp kmrn aq tanya ama org kedubesny, mrk saranin lbh baik 2x dl. kl br 1x, kemungkinan besar diturunin jd single visa dptny.

    1. Selamat malam,
      Saya mau tanya, saya ada rencana pergi ke korea dengan sepupu saya bulan oktober akhir. kira2 untuk pengajuan visa korea bagusnya bulan apa ya mas?
      lalu kan harus dilampirkan rekening koran, karena saya masih mahasiswa biayanya belom mencukupi. tetapi kalau misalkan rekening korannya digabung dengan milik orang tua dari sepupu saya apakah bisa? jadi seperti disponsori oleh orang tua dari sepupu saya ini? atau harus memakai rekening koran orang tua saya?

      Terima kasih mas

      1. Mas, karena disponsori oleh orang tua dari sepupu saya, berarti tidak membutuhkan rekening koran dari orang tua saya kan mas? melainkan apply surat sponsor yang menyatakan orang tua dari sepupu saya yg mensposori dan rekening koran dari orang tua sepupu saya tersebut kan mas?
        terima kasih mas febriyan

    2. Saya mau tanya kira2 kalo di ktp pekerjaan ditulis dengan PEKERJAAN LAINNYA apa harus ada surat rekomendasi dr perusahaan atau kalo kita apply visa yg buat wisata apa harus ada saldo minimum yg ditentuka.dan kalo iya kira2 berapa ya?
      Mohon jawabannya terimakasih.

      1. Sekarang ini memangnya bekerja di mana? Saran saya sih lebih baik ada surat rekomendasi alias keterangan kerja dari perusahaan ini.

        Untuk saldo minimum sebenarnya tidak pernah disebutkan, tapi setidaknya cukup untuk menutup biaya hidup selama di Korea sana.

      1. Dear mbak Joan,

        Format surat pernyataan tidak punya SPT itu sudah saya upload dalam post di atas loh. tinggal mbak klik utk donlot aja dan ganti alasannya.

  92. Selamat malam/pagi/siang
    Rencana tahun ini mau berkunjung ke korea
    Tiket pulang pergi sudah tersedia.
    Yang saya tanyakan

    Saya memiliki rek. B..A expresi yag tidak ada buku tabunganya
    Dan saya juga belum.bekerja
    Rek.kening pemasukannya kecil.

    Jadi,apakah ada cara lain ?

  93. Hai, sy mau tanya, sy rencana mau ke korea dgn anak sy yg msh kuliah, untuk rekening tabungan hrs masing2 atau cukup pake rekening sy saja asal saldonya cukup untuk berdua, fyi sy ke korea atas biaya sendiri. Tq jawabannya, nik

  94. pagi mas, mau tanya, kalau semisal hanya mempunyai SPT PPh final masih bisa digunakan sebagai syrat pengganti SPT PPh 21 tidak y mas?
    Terimakasih sebelumnya πŸ˜€

  95. pagi mas, mau tanya, kalau semisal hanya mempunyai SPT PPh final masih bisa digunakan sebagai syrat pengganti SPT PPh 21 tidak y mas?
    Terimakasih

  96. Dear mas,

    Saya rencana mau ajukan Visa bulan april untuk keberangkatan 23 mei,,, apakah ajraknyansudah pas ya antara pengajuan dan keberangkatan?
    dan saya agak kebingungan cara isi form Visanya .. apakah ada yg bisa bantu untuk di kirimkan contoh pengisian Form pengajuan visanya?
    jika ada yang mau batu mungkin dpat di bantu kirimkan ke email saya : desita.naratia@yahoo.com

    1. Dear mbak Desi, saya sih selalu sarankan 3 bulan sebelum keberangkatan utk pengajuan biar tidak buru2.

      Untuk pengisian mgkn ada teman lain yang bisa bantu.

      1. Dear mas,

        terima kasih atas responnya…

        untuk 3 buolannya apakah tidak terlalu lama? karena masa berlaku visa selama 90 hari

  97. Hi Mas Febriyan, salam kenal saya Anggi. Saya sudah beli tiket pp ke korea bulan mei 2017 ini. Untuk syaratnya sepertinya saya bisa melengkapi tapi di kartu keluarga dan passpor nama saya ada perbedaan mas. di kartu keluarga nama saya Anggi Primadiputri tapi di paspor first name saya: Anggi dan last name: Putri. di akte kelahiran nama saya Anggi Primadi Putri (dispasi). Apa ini nanti jadi masalah ya waktu saya mengajukan visa? pas saya beli tiket, nama saya ikut paspor. Terima Kasih

  98. Selamat malam mas, saya mau tanya nih, saya mau ajukan visa tp visa kunjungan keluarga bukan wisata. Saya di sponsor tunangan saya. Dr mulai uang tiket pesawat, akomodasi. Semua dia yg biayai,dia jg udh lengkapi persyaratannya. Ada passport dia, id card dia, rek koran punya dia, surat ket mahasiswa dia.
    Saya mau tanya nih, syarat untuk saya apa aja ya mas? Makasih sebelumnya

  99. Halo Pak, saya mau tanya.
    saya mau apply visa korea nah di persyaratannya itu harus ada spt kan sedangkan saya baru kerja bulan juni kemarin sebagai guru honorer. nah saya ga punya npwp karna gaji saya dibawah minimum wajib pajak pak. apa saya buat surat keterangan tidak punya spt?
    tapi saya juga mau cantumin rekening ortu, spt ortu, dan surat keterangan orang tua saya untuk jaga-jaga hehe
    untuk surat keterangan kerjanya pakai english pak? boleh minta contohnya?
    kalau misalkan tidak punya akte gimana pak? tapi kalau KK ada

    Terima kasih,

    1. Saran saya sih bikin pernyataan tidak punya SPT itu mbak. Dan juga surat sponsor dari ortu itu.
      Kalau surat keterangan kerja saya tidak punya contohnya nih mbak.

  100. Selamat Pagi Mas Febriyan, terima kasih atas artikelnya, membantu sekali untuk saya.
    Post ini sudah lengkap sekali, namun masih ada yang saya khawatirkan mengenai SPT, saya cuma ingin sekedar mendapat opini dari Mas, baiknya seperti apa. Saya seorang pegawai dengan tanggungan potongan pajak dari perusahaan. Ketika saya keluar per Desember kemarin, saya tidak diberikan bukti potong, dan saya punya alasan mengapa saya tidak dapat meminta bukti potong tersebut. Setelah itu, saya pindah ke perusahaan baru yang sama sekali tidak memotong pajak saya dan sayangnya disini saya tidak dapat seenaknya sekedar minta ijin untuk ke KPP setempat untuk mengurus pajak apapun itu. Menurut mas sendiri, apakah memungkinkan jika saya melampirkan pernyataan tidak punya SPT dan menjelaskan keadaan saya yang seorang WP yang memiliki NPWP namun tidak mempunyai SPT? Saya tahu ini tergantung orang kedutaan, namun sebagai first timer, kali ini saya memilih untuk lebih mendengar opini orang lain, agar saya lebih tenang sedikit.

    Terima Kasih.

    1. Dear mbak Stephanie,

      Selama ini mbak tidak melaporkan SPT kalau gitu? Karena baik punya bukti potong ataupun tidak, SPT ini kita wajib lapor sendiri sebenarnya.

  101. pak saya mau nanya, kemarin bapak ada pakai sptnya?, soalnya saya berencana ke korea, tapi saya di sponsorin sama pihak korea, apa saya harus mengeluarkan sptnya? jika tidak ada apa yg harus saya buat?

    1. Dear bu Yuni, maaf baru balas komen mbak.

      Untuk kemarin itu, kakak saya tidak pakai SPT karena memang belum diwajibkan mbak. Kalau mbak ada sponsor dari Korea, lampirkan surat sponsorshipnya itu mbak. Dan kalau mbak ada SPT pribadi mbak, gak apalah dilampirkan juga.

      1. Terima kasih utk blog nya pak sangat membantu untuk saya. Saya mau tanya terkait SPT pak, apakah SPT tahunannya harus SPT pph 21 atau bisa SPT Tahunan kantor?? Karena saya dapet sponsor ke korea dari kantor

      2. Setahu saya sih yang berangkat mbak untuk SPT ini.
        Memangnya kantor mbak Eva mau memberikan SPT badannya untuk pengajuan ini mbak? Kalau mau, disiapkan juga aja. Jadi pas ajukan ke sana siap gitu.

  102. Selamat sore mas,
    Saya ingin pergi ke korea sendirian pada minggu ke 2 Maret tapi baru bisa apply visa tanggal 20 februari karena dokumen seperti SPT dan rekening koran ada di ayah saya dan ayah saya sedang diluar kota. Pertanyaan saya adalah:

    1. Apakah memungkinkan dengan waktu yang mepet tsb untuk mengajukan visa? Dengan kondisi saya sudah beli tiket untuk minggu ke 2 Maret. Dan harus pergi tanggal segitu karena ada tugas kampus di korea
    2. Status saya mahasiswa dan belum mempunyai penghasilan. Apakah tetap harus menggunakan SPT ayah, rekening koran tabungan ayah, referensi bank ayah, dan mencantumkan Ayah sebagai sponsor?
    3. Kartu keluarga yang saya punya masih berisi ayah, ibu, dan kerabat. Sementara ayah dan ibu saya sudah cerai dan tinggal dirumah berbeda. selain itu kerabat saya juga sudah menikah dan tinggal sendiri. Apakah saya harus membuat KK baru atau bisa dengan KK lama? atau cukup dengan melampirkan akte kelahiran?
    4. Apakah saya harus melampirkan SIUP dan surat keterangan kerja ayah saya juga ataukah hanya perlu melampirkan surat keterangan mahasiswa? mengingat saya hanya akan berangkat sendiri

    1. Dear mbak Anissa,

      Mohon maaf saya baru balas.

      1. Sebenarnya agak riskan mbak. saya selalu sarankan utk 2-3 bln sebelum keberangkatan utk mengajukannya.
      2. Kalau memang ayah mbak jadi sponsor, ada baiknya lampirkan semua data yang mbak bilang.
      3. KK yang itu tidak masalah sih seharusnya. yang penting ada nama mbak di sana.
      4. SIUP kalau memang penghasilannya dari usaha harus mbak. Tapi kalau penghasilan non usaha tidak perlu.

  103. Kalau misalnya saya tidak punya surat keterangan sekolah karena universitasnya di luar, kira-kira bermasalah gak ya? Saya udah coba minta kirim lewat email, tapi belum ada balasan. Rencana saya akan pergi ke korea bareng ibu saya, apakah surat keterangan kantor dari ibu saya belum cukup?

    Terimakasih.

    1. Dear Zen, maaf ya saya baru balas.

      Untuk surat keterangan itu saya sih tetap anjurkan utk meminta yang dari sekolah. Kalau tidak bikin sponsor dari Ibu jadi surat sponsor dari Ibu dengan kondisi Ibu mengajukan menggunakan surat keterangan kantor dia sendiri.

  104. Hallo mas Febriyan..
    Soal pengajuan aplikasi visa ini..
    Duh aku agak galau ini, gimana kalau mulai SPT saya thn 2015 kemarin mulai menggunakan E-SPT?
    Memang posisinya 2016 belum proses, namun apakah lebih baik melampirkan SPT manual? Kalau 1721-A1 nya yg 2016 baru diterima akhir Januari kemarin sih..
    Baiknya bagaimana ya?

      1. Wah akan coba dicek kembali
        Kalau memang bisa dicetak, akan aku cetak deh..
        Supaya mempermudah..
        Thanks FYI ya mas Febriyan..

  105. Malam pak, saya mau tanya kalo apply visa kita harus punya tiket terlebih dahulu atau tidak? Karena saat saya apply visa ke Jepang mereka tidak memerlukan tiket pesawat

  106. Halo pak, saya berencana setelah menikah ingin bulan madu di korea. apakah dalam pengajuan visa korea bisa pasangan atau harus apply seperti yang dianjurkan diatas ini? maksudnya apakah ada ketentuan khusus untuk pasangan ? terima kasih atas jawabannya

    1. Halo mas Arifin,
      setahu saya sih sama saja mas. Hanya saja mengisi form 2, satu untuk mas, satunya untuk istri karena masing-masing kan membutuhkan visa sendiri2.

  107. SIANG KAK … AKU MAU TANYA … APA PERLU DI LAMPIRKAN EKTP ..
    KARENA EKTP SAYA BELUM SELESAI SEDANGKAN BULAN APRIL SUDAH PERGI KE KOREA … APA EKTP PERLU BUAT BIKIN VISA, TERIMA KASIH

  108. Kak, aku mau tanya kalau misalkan papa aku ga ada SPT itu masi bisa gak ya untuk lolos visa? aku sendiri masih student soalnya, lalu untuk alamat di bank reference dan rekening koran itu berbeda apa aku perlu buat surat pernyataan kenapa itu beda atau engga ya kak?

    1. Dear Selina,

      Ini kamu berangkat dengan papamu ya? Penghasilan papamu dari mana? Kalau dari usaha, ada baiknya lampirkan siup usahanya dan spt usahanya aja.

      Alamatnya beda karena apa ya?