fbpx
Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

[Guest Post] Bekerja Sesuai Passion? Kenapa Tidak!

2 min read

alasan dan manfaat bekerja sesuai passion

Bekerja sesuai passion dan kamu gak akan berasa sedang bekerja (reword oleh saya) – seberapa sering kamu mendengar ini? Kali ini Guest Post di Febriyanlukito membahas soal yang satu ini. Simak yuk…

***

Setiap manusia di bumi tentu memiliki hobi dan passion dalam diri mereka. Hal itu terkadang menjadi sebuah pedoman bagi seseorang untuk mewujudkan sesuatu dalam hidup mereka. Mereka akan terus mengembangkan hal itu dalam setiap segi kehidupan, termasuk pekerjaan.

Dan faktanya adalah banyak orang yang mencoba melawan arus untuk menjalankan passion sebagai pekerjaan atau di dalam pekerjaan mereka. Banyak mereka yang suka menulis, akhirnya menjadi seorang penulis atau kontributor website. Faktanya, banyak orang yang merasa bahagia karena menjalankan passion mereka.

Baca juga: Kenapa Passion itu Penting

Alasan (Manfaat) Kenapa Kita Harus Bekerja Sesuai Passion

alasan dan manfaat bekerja sesuai passion
Guest Post: Bekerja Sesuai Passion, alasan dan manfaatnya apa?

[Febriyan] Nah, kalau orang lain bisa bahagia karena bekerja sesuai passion, masa kamu sendiri gak mau sih? Atau masih butuh alasan untuk bekerja sesuai passion? Berikut ini ada 8 alasan yang disampaikan oleh Pak Oki.

1. Hobi Menjadi Motif Utama Dalam Pekerjaan

Ketika orang lain bekerja karena tuntutan hidup, seperti uang, jabatan, ataupun kata orang, kamu bergerak melawan arus untuk menyalurkan passion dan hobi kamu dalam pekerjaan. Kamu mencoba untuk mencari ilmu dan media yang signifikan untuk mengembangkan passion yang kamu miliki.

Baca juga: Mendapatkan uang dari hobi

2. Jaminan Penghasilan Sampingan

Kata siapa bekerja sesuai passion memiliki penghasilan yang kecil? Kamu tak hanya bisa menghabiskan waktumu untuk bekerja di kantor, tapi kamu juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari passion yang kamu miliki. Ketika kamu hobi menulis, kamu bisa mendapatkan uang dari guest blogging atau kontributor website.

Baca juga: Mendapatkan penghasilan tambahan dengan Arisan Mapan

3. Kepuasaan No. 1

Banyak orang mengatakan bahwa bahwa bekerja sesuai passion tidak memiliki jaminan untuk hidup layak. Ya, mungkin bisa benar dan bisa juga salah. Nyatanya, banyak orang yang membuktikan bahwa passion mampu membawa mereka menjadi miliarder. Tak perlu disebutkan namanya kan?

Bagaimanapun, kepuasan akan menjadi hal yang paling pertama kamu rasakan ketika membawa passion kamu ke dalam pekerjaan. Kamu akan merasa puas ketika tulisanmu menjadi sumber inspirasi bagi banyak orang. Kepuasan datang ketika hasil design kamu terpampang di billboard sebagai iklan.

Baca juga: Tokoh yang Menginspirasi

4. Say no to stress

Ketika banyak orang akan merasa stress karena pekerjaannya, kamu akan terhindar dari hal-hal buruk seperti itu, seperti stres atau mengeluh. Hal itu terjadi karena kamu mengerjakan pekerjaan benar-benar tulus untuk perkembangan diri, bukan untuk memenuhi tuntutan apalagi menyenangkan bos.

Baca juga: Ukur Tingkat Stress Kamu

Terlebih lagi, ketika kamu dikritik mengenai pekerjaanmu, kamu akan menghadapinya dengan senyuman karena kamu menganggap kritikan itu merupakan bagian dari perkembangan diri dan passion kamu.

5. Quality meets Quantity

Semua orang percaya bahwa passion dan hobi akan berkembang seiring dengan latihan yang dijalankan. Hal ini akan kamu dapatkan ketika kamu melakukan pekerjaan sesuai dengan passion. Dengan rasa senang hati, kamu akan banyak menghasilkan karya di kantor. Hal ini juga akan menumbuhkan kredibilitas kamu dalam passion kamu tersebut.

Baca juga: Content is the king – Konten yang dicari pembaca

6. Say no to Males dan Galau

Passion menjadi panduan kamu untuk selalu bersemangat di setiap harinya. Kamu akan selalu bangun dengan inspirasi dan semangat penuh untuk melalui hari. Hal ini terjadi karena kamu selalu mengerti karena setiap hari memiliki ilmu pengetahuan dan tantangan baru untuk ditaklukan. So, kamu akan say no to males dan galau.

7. Tak Ada Keraguan Untuk Masuk Kerja

Kamu akan merasakan sebuah kebahagiaan dan kepuasan yang luar biasa ketika passion kamu bersambut dalam pekerjaan. Kamu tidak akan memiliki alasan untuk malas atau tidak masuk kerja karena ketika kamu absen kerja, kamu melewatkan satu pengalaman dan ilmu yang berharga untuk perkembangan kamu.

[Febriyan] Nah, yang ini nih bahaya. Kalau sudah ada rasa enggan masuk kerja, sudah harus mulai berpikir ulang soal bekerja di sana. Daripada gak produktif lagi.

Baca juga: Meningkatkan Produktivitas Bekerja

8. Kamu adalah Contoh

Ketika kamu berhasil menjalankannya dengan baik, kamu akan menjadi inspirasi dan contoh bagi beberapa orang untuk berani mensinergikan passion dengan pekerjaan yang dimiliki. Kamu juga menjadi contoh untuk tidak mendengarkan kata orang lain, melainkan kata hati.

***

Nah itu tulisan dari Pak Oki tentang bekerja sesuai passion. Saat menerima tulisan ini, saya jadi teringat beberapa tulisan saya terkait passion. Dan sangat setuju sekali dengan tulisan ini.

Saya sendiri merasakan manfaat bekerja sesuai passion yang dituliskan di atas. Apalagi kalau sedang ada tekanan kerja. Bukannya stress tapi malah makin senang melakukannya. Terima kasih Pak Oki atas tulisannya.

Info Penulis Guest Post: Bekerja Sesuai Passion

Oky Tri Handoko

Penulis Utama (Content Writer) Bukucara.com

Sharing is not only caring, but also a duty of human race

Kalau berminat menulis Guest Post di Febriyanlukito.com, monggo kirim email ke febriyan.lukito@gmail.com atau cek halaman Menjadi Guest Post di Febriyanlukito.com ini.

Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

20 Replies to “[Guest Post] Bekerja Sesuai Passion? Kenapa Tidak!”

  1. Wahh itu memang benar, terlebih jika pekerjaan yang kita tekuni sesuai dengan passion. namun menjadi seorang yang tangguh akan memilih jalan ekstrim yaitu dengan mengembangkan passion baru dan membentuk karakter yang lebih kuat. ini akan menjadi beda dari yang lainnya.

  2. Tapi pernah baca malahan ada yang kerja sesuai passion dia, saat dia stress ngerasa ga punya hobi lagi. Huhuhuhu

    Tapi pengen sih kerja sesuai passion dan gak perlu pusing mikirin keuangan. Hehehehe

    1. Kayaknya bekerja sesuai passion dan gak pusing mikirin keuangan itu semua pengen Lia.

      nah itu juga komen teman saya japri Lia. soal stress. Kalau aku sih akan cari hobi lain di luar passion. 😀

  3. Pertanyaan sebenarnya yg menghantui bnyk orang….apa passion saya? Bgmn menemukannya? Akhirnya ya banyak yg ikut arus keumuman…pdhl manusia lahir unik.

    1. Ya dirimu gak sendiri Fee. Rata2 manusia kayak gitu kan. Belum bekerja sesuai passion. Moga bisa menemukan Fee.

      Ada tmn blg. Pencarian passion gak akan pernah berhenti kok. Smp kapan pun.

  4. Faktanya banyak orang yang tidak bisa bekerja sesuai passion..
    Mau tidak mau mereka harus “membuat” passion itu sendiri dan menanamkan ke pekerjaan mereka..
    Biar tetap happy

    Nice share mas Feb

  5. Asik asikkkk, tapi kadang yang bikin ngehambat itu pikiran kalo kita ngelakuin hal ini buat hobi, buat seneng-seneng, dan keburu males mikir strategi untuk ngeduitin tu hobi. Gimana ya?

    1. Kayaknya memang harus dipisahkan antara hobi dan passion.

      Hobi kita bisa kembangkan selalu beriringan. Cari hobi lain yang bikin kita FUN di saat bekerja sesuai passion ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.