fbpx
habit 7 - mengasah gergaji alias terus belajar dan berkembang

7 Habit #7 – Mengasah Gergaji

Tulisan ini adalah seri terakhir dalam rangkaian seri 7 Habits di blog ini. Habit 7 – Mengasah Gergaji sering kali diabaikan begitu saja. Padahal sama pentingnya dengan kebiasaan-kebiasaan lainnya. Sebelum ke Habit 7 ini, sudah baca yang sebelumnya?

Habit 1 – Proaktif

Habit 2 – Hidup Berdasarkan Visi

Habit 3 – Manajemen Waktu

Habit 4 – Berpikir Menang-menang

Habit 5 – Empathy

Habit 6 – Sinergi

Kalau sudah baca, jangan lupa komen ya. Sekarang kita simak bagian akhir dari 7 Habits for Highly Effective People karya Stephen R. Covey ini.

Habit 7 – Sharpen the saw : Mengasah Gergaji

Pernah mendengar cerita mengenai penebang pohon?

Begini ceritanya:

Dikisahkan ada seorang pemuda yang sedang mencari kerja di sebuah perusahaan penebangan pohon. Pemuda ini diterima oleh perusahaan dan diberikan target bahwa dia harus menebang 200 pohon setiap harinya. Dan dia diberikan sebuah kapak sebagai alat.

Di hari pertama itu, dia mampu menebang 300 pohon. Pemuda itu sangat senang karena bisa menghasilkan lebih banyak dari yang lainnya (yang mana 200 pohon). Hari kedua si pemuda masih menghasilkan sekitar 300 pohon kembali. Seterusnya selama seminggu itu.

Minggu berikutnya, si pemuda hanya berhasil menebang 200 pohon dan terus menurun. Sang pemuda bingung. Karena yang lain masih mampu menghasilkan 200 pohon. Sedangkan dia sekarang hanya mampu menebang 100 pohon dan masih terus menurun.

Kenapa???

habit 7 - mengasah gergaji alias terus belajar dan berkembang
Habit 7 – Kita harus terus belajar dan mengembangkan diri….

Jawabannya bukanlah karena tenaga si pemuda yang kelelahan. Tapi karena si pemuda tidak pernah mengasah alatnya. Tidak pernah mengasah kapak yang digunakannya untuk menebang pohon.

Dia selalu beranggapan daripada saya menghabiskan waktu untuk mengasah, lebih baik jika saya menebang.

Namun pada akhirnya… karena alatnya itu tidak pernah diasah maka rusaklah alat itu. Dan dia tidak lagi seproduktif dulu.

Mengasah Gergaji itu Penting, Namun Sering Diabaikan

Kecenderungan setiap manusia, termasuk saya, juga seperti itu. Tidak pernah mengasah. Itulah yang diangkat dalam Habit 7 ini. Mengasah gergaji. Kita harus selalu mengasah gergaji kita untuk dapat berproduksi dengan lebih baik.

Bagaimana kita mengasah gergaji kita???

Dengan 7 Habit ini adalah salah satunya. Pelatihan-pelatihan dalam kehidupan kita, baik personal maupun kerja sangat membantu kita dalam mengasah gergaji. Jangan pernah kita merasa cukup. Kita harus selalu mengasah gergaji kita.

Habit 1 – 3 mengasah kehidupan pribadi kita terus menerus. Habit 4 – 6 mengasah kehidupan kita bersama – sama dengan yang lainnya. Training-training, cerita-cerita motivasional, buku motivasi, film bahkan lagu juga merupakan alat kita untuk mengasah gergaji kita.

Bagaimana kita menangkap esensi dari masing-masing pelatihan, cerita, film, lagu untuk mengembangkan diri kita… itulah pengasahan gergaji kita. Bahkan, kita pun bisa mengasah gergaji kita melalu pengalaman random orang lain. Semua kisah pasti akan ada nilai untuk kita pelajari.

Baca juga: Belajar Ngeblog dari Reality Show

Teruslah Berkembang dan Mengasah Gergaji Kita

So jangan pernah berhenti mengembangkan diri kita…. jangan sampai kita menjadi si penebang kayu yang malas mengasah sehingga hasilnya pun jadi kurang.

Dengan Habit ke – 7 ini… maka selesailah sudah sharing saya mengenai 7 Habit ini. Semoga sharing ini menjadi asahan gergaji saya yang dapat bermanfaat bagi kita semua.

Semoga juga sharing ini dapat diterapkan dalam kehidupan kita semua dengan baik agar kita dapat menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

6 Comments

  1. lieshadie 19 Februari 2013
    • ryan 19 Februari 2013
  2. Masya 15 Februari 2013
    • ryan 15 Februari 2013
  3. lambangsarib 15 Februari 2013
    • ryan 15 Februari 2013

Leave a Reply