fbpx
Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

7 Habit #6 – Sinergi

1 min read

habit 6 - sinergi alias kerjasama dengan orang lain

Gak terasa, kita sudah di Habit 6 dari seri 7 Habits for Highly Effective People dari Stephen R. Covey. Habit 6 ini tentang sinergi. Eh tapi, sebelum kita bahas lebih detail, kamu sudah baca yang sebelumnya? Kalau belum, klik langsung aja ya.

Habit 1 – Proaktif

Habit 2 – Hidup Berdasarkan Visi

Habit 3 – Manajemen Waktu

Habit 4 – Berpikir Menang-menang

Habit 5 – Empathy

Habit 6 – Sinergi

Pernah dengar istilah 1 + 1 = 3???? Percayakah kalian tentang equation itu? Seperti yang selalu diajarkan ke kita… bahwa 1 + 1 = 2. Apakah kita bisa menjawab kenapa bisa spt itu???

Mungkin kalian akan menjawab tidak mungkin. Tapi pada kenyataannya semua itu mungkin. Apabila SINERGI diterapkan. Nah apa sih jadinya yang dimaksud dengan sinergi?

Sinergi menghendaki kita untuk bekerja sama dengan pihak lain untuk mencapai suatu tujuan yang sama dengan lebih baik. Bila kita kerja sendiri, 1 + 1 mungkin hanya akan jadi 2. Akan tetapi jika bekerja sama dalam satu tim. Tidaklah mustahil 1 + 1 = 3 bahkan lebih.

Contoh Pelaksanaan Sinergi – Habit 6

Contoh nyata dalam perusahaan saya. Dalam praktek penagihan piutang perusahaan. Jika saya lakukan sendiri maka tidak akan pernah tagihan itu jadi minimal seperti sekarang. Karena itu saya membutuhkan bantuan orang lain.

Saat itu… terbukti bahwa saya mampu mencapainya dengan lebih baik. Bantuan dari bagian Marketing juga sangat membantu karena Marketing membantu kita mengingatkan rekanan yang belum bayar sehingga mereka pun akhirnya membayar. SINERGI.

Sinergi antar bagian dalam sebuah perusahaan sangatlah baik. Dalam kehidupan sehari-hari kita pun juga sangat dibutuhkan. Terkadang kita merasa lelah dalam hidup ini.

Contoh sinergi yang sedari dulu ada dan sangat-sangat terlihat dalam kehidupan kita adalah sinergi ALAM. Percayakah kalian bahwa alam bekerja bersinergi satu sama lain menjaga kita?

Bayangkan bila bulan dan matahari muncul di waktu yang sama. Ekologi di sekitar kita, entah disengaja atau tidak, telah bersinergi dengan kita.

Inti dari sinergi adalah menghargai perbedaan. Kita dapat bersinergi dengan baik apabila kita mengetahui dan mengakui adanya perbedaan di antara kita dan bahwa perbedaan itu sangat baik dalam kehidupan.

Perbedaan hadir karena adanya perbedaan sudut pandang dari masing-masing orang mengenai suatu kondisi. Hal ini sangat baik dalam menyelesaikan sebuah masalah.

Contoh Sinergi (Bentuk Nyata Habit 6 di Perusahaan)

Ada masalah besar dalam sebuah perusahaan. A melihat dari sisi keuangan. B melihat dari sisi relationship. Apakah sinergi di antara A dan B akan menghasilkan yang lebih baik daripada salah satunya mengambil keputusan masing-masing??? Pasti.

A akan selalu melihat dari sisi keuangan sehingga keputusannya akan berdasarkan sisi keuangan dan yang akan menguntungkan dari sisi keuangan perusahaanlah yang akan diambil.

Demikian pula B akan mengambil keputusan yang mengutamakan relationship – walaupun merugikan perusahaan.

Kalau mereka bersinergi, maka masing-masing akan melihat dari sudut pandang masing-masing tersebut dan menghasilkan suatu keputusan yang jauh lebih baik bagi perusahaan dari sisi keuangan maupun dari sisi relationship.

Sinergi Itu…

Jadi apakah sinergi itu baik? Pasti. Tapi kecenderungan orang akan mau menang sendiri. Karena itulah… sinergi akan dapat dicapai apabila kita telah menerapkan Habit-Habit sebelumnya… Menang – Menang dan juga Komunikasi Empati (tentunya di luar Habit 1 – 3 yang menguatkan pribadi masing-masing).

Jadi… apakah kalian ingin menjadi manusia yang efektif? Bersinergi untuk menghasilkan 1 + 1 = 3????

Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

Kisah Sebuah Tas

Febriyan
2 min read

If You Judge People

Febriyan
45 sec read

Pembelajaran Tak Langsung

Febriyan
1 min read

2 Replies to “7 Habit #6 – Sinergi”

  1. Wah, mas Ryan ini sepertinya pembaca Seven Habits yg baik nih.
    Saya masih simpan buku Seven Habits yg fenomenal tsb. Pernah mengikuti training2 juga berkenaan dg hal ini. Tapi itu dulu sekali sebelum masa krismon.
    Baca posting ini saya jadi kangen buka lembar demi lembar buku tsb…
    Salam,

    1. Wah… mas. Saya hanya suka membaca saja. Dan berkat dikenalkan teman kuliah dulu, di saat yang tepat, 7 habits ini jadi mendalam di saya.

      Saya sendiri belum pernah ikut trainingnya. Share dong mas. Semangat membacanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *