fbpx
Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

7 Habit #1 – Proactive

2 min read

7 Habit #1 - Proactive 1

Dear all,

Adakah yang mengenal dengan 7 Habit ini? 7 Habit karya Stephen R. Covey adalah salah satu buku yang saya suka. Buku ini dibuat untuk meningkatkan kualitas hidup seseorang dengan meneliti kehidupan sehari-hari orang-orang sukses dan hasilnya adalah 7 kebiasaan yang dilakukan. Kebiasaan yang mudah dilakukan oleh setiap orang, siapapun dia.

7 Habit ini pada garis besarnya dapat dibagi menjadi dua bagian besar. Yaitu Habit 1 – 3 lebih ke personal development. Sedangkan Habitย  4 -7 merupakan habit terkait dengan bagaimana kita berinteraksi dengan orang di sekitar kita dan hubungan kita dalam sebuah lingkungan.

Saya ingin share satu per satu habit ini berdasarkan apa yang sudah saya baca dalam 7 bagian terpisah. Dimulai dari Habit 1 โ€“ PROACTIVE.

Picture taken from: http://athlone.epsb.ca/component/content/article/164-rokstories/287-habit-1-be-proactive
Picture taken from:
http://athlone.epsb.ca/component/content/article/164-rokstories/287-habit-1-be-proactive

Habit 1 – PROACTIVE

Apa yang dimksd dengan proaktif? Yang paling mudah utk menjelaskannya adalah dengan:

Proaktif lawan dari reaktif.

Kenapa seseorang harus proaktif?

Saat seseorang proaktif, dia akan memikirkan segala tindakan dan perbuatan yang dilakukannya beserta akibat-akibatnya. Orang proaktif adalah orang yang mengerti tindakannya dan mampu memper-tanggungjawab-kan perbuatannya.

Orang reaktif cenderung mengambil keputusan dengan emosi yang ada. Sedangkan orang proaktif adalah orang yang berpikir terlebih dahuli atas tindakannya.

Berikut cara mudah menjadi proaktif:

STOP – THINK – CHOOSE

Saat kita dihadapi suatu kondisi, kita stop terlebih dahulu utk memikirkan apa tindakan kita dan konsekuensi-konsekuensinya. Di semua opsi tindakan yang kita punya, kita harus memilih tindakan dengan konsekuensi negatif terkecil sehingga tindakan kita tidak melukai siapa pun dalam pelaksanaannya.

Berikut ini adalah contoh penerapan Habit 1 – proactive dalam kehidupan sehari-hari:

Di Jalan Sudirman, Amin terkena kemacetan yang memang menjadi langganan jalan tersebut. Kemacetan sudah dimulai sejak 1 jam yang lalu dan Amin kali ini benar2 berada di tengah2 kemacetan tanpa dapat bergerak sama sekali. Akhirnya setelah mengikuti arus yang ada, 2 jam kemudian Amin berhasil mencapai ujung kemacetan tersebut. Namun saat sedang ingin menikmati kebebasan dari macet tersebut, tiba-tiba dari sebelah kirinya muncullah sebuah mobil yang ingin mendahuluinya dan mogok tepat di depan mobil Amin.

Tindakan yang diambil Amin:

  1. Jika Amin reaktif –> dia akan marah-marah ke si pengendara mobil dengan menyebutkan semua isi kebun binatang yang tidak pantas disebut dan membunyikan klakson berkali-kali sampai semua orang akan memperhatikannya. Sedangkan si pengendara mobil yang mogok juga reaktif sehingga menyebut semua isi binatang kembali dan juga mengajak berkelahi Amin. Dan akhirnya terjadilah pertengkaran yang makin mengakibatkan kemacetan sampai-sampai polisi turun tangan.

  2. Jika Amin Proaktif –> dia akan stop dulu untuk meredakan emosinya. Berpikir apa saja yang dapat ia lakukan:

a. Dia dapat memarahi si pengendara mobil

b. Dia dapat membantu si pengendara mobil menepikan mobil yang mogok tersebut.

c. Dia dapat menelpon mobil pengangkut.

Setelah berpikir beserta konsekuensi-konsekuensinya yang ada, Amin keluar dari mobil untuk membantu si pengendara menepikan mobilnya yang mogok tersebut sehingga mobil-mobil lain dapat bergerak kembali. tidak ada pertengkaran dan tidak ada kemacetan lebih lama lagi sehingga dia dapat dengan segera bertemu dengan kekasih tercinta yang sudah menunggu lama.

Alangkah indahnya hidup kita bila semua orang bersikap proaktif daripada reaktif. semua orang akan memikirkan konsekuensi dari setiap tindakan yang diambilnya terutama tindakan/keputusan yang diambil pada saat emosi.

Inti proaktif sekali lagi adalah:

STOP – THINK – CHOOSE

Pada saat emosi, berhenti sejenak membuat pikiran kita menjadi lebih tenang sehingga mengambil keputusan pun menjadi lebih nyaman. Cara paling sering saya gunakan adalah mengambil nafas dalam-dalam dan kemudian mengeluarkannya perlahan-lahan. Kurang lebih 5 detik. Rasakan udara yang masuk di dalam dada, kehangatan mengisi perlahan dan kemudian detak jantung kita kembali normal. Jika masih belum, ulangi kembali beberapa kali.

Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

Kisah Sebuah Tas

Febriyan
2 min read

If You Judge People

Febriyan
45 sec read

Pembelajaran Tak Langsung

Febriyan
1 min read

11 Replies to “7 Habit #1 – Proactive”

    1. Hahaha. Sbnrnya sih udah ada. Ini post lama aku jadiin sticky. Tp tgg ya. Tiap minggu aku sticky yang lanjutannya kok. Makasih dah baca.

      Ada pengalaman soal habit 1 gak

  1. yang endingnya nih bro yg nggak setiap saat bisa dilakukan, keren kamu kl bisa melakukannya ๐Ÿ˜›

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *