fbpx
review buku 101 creative notes karya yoris

Creative? Siapa takut?

Kreativitas adalah hak setiap orang dalam hidupnya. Namun banyak sekali yang mengalami perjalanan hidup yang membatasi kreativitas ini. Dan berakhir dalam suatu rutinitas yang membuat dirinya terkekang dan merasa bosan.

Dan kreativitas ini bukanlah hal yang hanya diperlukan oleh orang-orang yang bergelut di dalam bidang Creative. Semua orang membutuhkan kreativitas dalam hidup mereka. Kenapa?

Karena kreativitas membawa hidup mereka lebih ceria. Tidaklah monoton dan membosankan. Dan tahukah kamu? Hidupmu itu ya pilihanmu. Lakukan sesuatu sesuai dengan keinginanmu.. itu yang pasti.

Terus Bagaimana Cara Menjaga Kreativitas Kita?

review buku 101 creative notes karya yoris
101 Creative Notes by Yoris

Dalam bukunya, 101 Creative Notes, Yoris membawa kita ke dalam cara-cara menjadi kreatif dari waktu ke waktu dalam hidup.

Dari berbagai cara itu, saya coba tuliskan bagaimana cara-cara yang menurut saya penting untuk kita semua lakukan dan mudah lakukan dalam kehidupan kita sehari-hari.

1. Break Your Routine

Bosan kan kalau gitu-gitu aja. Makanya, sekali-sekali BYR deh. Ini yang diajak juga oleh @Yoris untuk twit #BreakYourRoutine. Kalau saya sendiri sih biar gak terlalu rutin, suka ganti rute berangkat ataupun pulang kerja. Hehehe. Jadi berasa beda aja.

2. Work in Different Areas

Bukan berarti pindah kerja terus sih… (eh tapi bisa juga loh biar gak bosan). Lebih kepada, cobalah mengerjakan kerjaan kita di tempat-tempat yang belum pernah kita pikirkan sebelumnya. Seperti di CoffeeShop misalnya. Saya sendiri pernah mengerjakan pekerjaan kantor di hari Minggu di sebuah café dekat rumah. Hey. It works kok.

Belajar dari yang menang… bagus juga kan untuk tetap kreatif dalam hidup ini

3. Have a Good Sleep

Istirahat yang cukup. Karena dalam beraktivitas tentunya kita membutuhkan tenaga yang cukup. Ya salah satunya dengan beristirahat yang cukup. Jangan lupa olahraga juga.

4. Learn

Selalu belajar. Jangan pernah berhenti belajar. Belajar dari yang sudah sukses. Seperti @Yoris misalnya. Ataupun belajar dari kakak, adik, mama, alam sekitar. Selalu belajar dari siapapun di sekitar kita. Jangan pernah memandang remeh orang di sekitar kita loh. Pengemis pun dapat memberikan kita sebuah pelajaran berharga dalam hidup.

belajar dari kesalahan orang lain dan diri sendiri dalam kehidupan
Belajar bisa dari mana saja, termasuk belajar dari kesalahan orang lain dan diri sendiri. Syaratnya: Buka Diri untuk Belajar

5. Read

Selalu juga membaca. Saya selalu mengawali hari dengan membaca artikel di twitter.

Artikel dari Young on top, dan juga blog-blog yang saya ikuti. Itu sangat membuat saya ‘tring’ di pagi hari untuk ide menulis. Selain itu, setiap bulannya, saya selalu sedia budget khusus untuk buku. Mungkin ke depannya, harus mulai optimalkan lagi nih, seperti langganan e-book.

6. Watch

Tontonlah film inspirasional. Film biasa pun bisa jadi inspirasi. Contohnya adalah serial Glee. Saya penggemar serial ini karena inspirasi hidup yang ada di setiap episodenya.

Lagu-lagu inspirasional juga perlu didengarkan. Jangan hanya mendengarkan atau menonton video-video nge-prank aja. Sesekalilah tonton video iklan yang bisa membuat kita mengharu biru.

7. Passionate

Keep passionate about life. Itulah inti hidup. Jangan sampai semangat hidup ini mati. Walau gimana juga, hidup ini kan anugerah yang diberikan kepada kita. Jadi kenapa kita sia-siakan?

Jika kita hidup dengan passion, mimpi dan keinginan bisa kita raih. Namun, pertanyaannya… seberapa inginnya kita meraihnya.

Berapa banyak pengorbanan yang mau kita lakukan – karena tidak ada yang instant teman.

8. Pray

Saya suka sekali dengan Yoris menutup 101 Creative Notes dengan Pray sebagai notes #101. Yah, kenyataannya memang demikian. Kita sebagai manusia bisa berusaha semaksimal mungkin untuk lebih baik dan lainnya, tapi pada akhirnya, kita harus menyerahkannya kepada Dia yang kuasa itu.

Review Buku 101 Creative Notes karya Yoris atau Bukan?

Review buku atau bukan ya? Bagi saya ini bukan sekedar review buku. Tapi lebih kepada sharing buku menarik yang saya baca dan apa yang saya dapatkan.

Creative gak menurut kalian? Jadi kenapa ragu dan takut untuk menjadi kreatif?

Ryan – 100213 1732

8 Comments

  1. Ika Koentjoro 10 Februari 2013
  2. genthuk 10 Februari 2013
    • ryan 10 Februari 2013
  3. rayaadawiah 10 Februari 2013

Leave a Reply