[Event] Serunya Ngopi Bareng Tiket: Peluang Untuk Blogger Indonesia

Siapa yang merasa dirinya Blogger Indonesia? Angkat tangan coba – tapi kalau belum mandi jangan tinggi-tinggi ya. Yang saya yakin sih Mbak Indah Juli dan Mbak Nuniek angkat tangan kalau ditanya gitu – mereka ini ternyata “sesepuh” di dunia blogger Indonesia. Selain itu ada kesamaan lain, keduanya ada di acara Ngopi Bareng Tiket yang memberi peluang untuk Blogger Indonesia, Sabtu (13 Februari 2016) kemarin di Hong Kong Cafe – Thamrin.

peluang bagi blogger mendapatkan uang dari tiket.com

Lokasi acara Ngopi Bareng Tiket

Saya sendiri mendapatkan info soal Ngopi Bareng Tiket ini dari yayang Dita. Begitu dapat link dan baca info lengkapnya langsung daftar. Pengen banget ketemu lagi sama Mbak Indah Juli. Pertama ketemu di acara Jerman Indonesia – tapi gak kesampaian foto bareng. Kemarin akhirnya bisa foto bareng dong dengan Makpuh dari KEB ini.

Ngopi Bareng Tiket – Inspirasi Banget dan Banyak Peluang Untuk Blogger Indonesia

Awalnya sih gak terlalu memikirkan apa isi acaranya, yang penting ketemu dengan Makpuh. Tapi pas sampai sana dan mulai dengerin satu demi satu pembicara acara yang diselenggarakan oleh Tiket.com ini jadi langsung melek (padahal kurang tidur banget loh malamnya). Apa aja sih yang dibahas? Ada 4 sesi dengan 4 pembicara dengan moderator Mbak Nuniek – eh ada satu pembicara dadakan ding di acara kemarin.

Sesi 1 – Perkenalan Tentang Tiket.Com

peluang untuk blogger mendapatkan uang dari tiket.com

Pak Gaery sedang menjelaskan tentang Tiket.com – pesan tiket pesawat dan kereta api jadi mudah

Sudah pada tahu belum soal Tiket.com? Ini adalah perusahaan 100% Indonesia yang bergerak di bidang online travel. Itu yang dijelaskan oleh Pak Gaery Undarsa – Co Founder dan CCO dari Tiket.com. Beliau sendiri sebelumnya menetap di Kanada dan bekerja di IBM (wowww… pengen banget saya) tapi karena cinta Indonesia, dia kembali ke tanah air tahun 2011 dan mengembangkan potensi Indonesia.

Dengan jumlah karyawan 250 orang, Tiket.com siap melayani setidaknya 10 ribu penjualan tiket per harinya. Tiket Pesawat? Bisa. Tiket Kereta Api? Bisa. Mau booking hotel? Bisa. Sekarang bahkan bisa pesan tiket acara-acara gitu seperti Tiket MLTR hari ini, Java Jazz dan banyak lainnya (cek di Tiket.com deh). Selain itu, dengan kerjasama dengan perusahaan-perusahaan penyewaan mobil ternama, kini kita juga bisa sewa mobil lewat tiket.com.

Sesi 2 – Branding Your Blog

mendapatkan uang dari blog dengan afiliasi tiket.com

Makpuh Indah Juli in action – sharing soal blogging dan peluang untuk blogger Indonesia mendapatkan uang dari blog

Sudah tahu dong siapa yang jadi pembicara sesi ke dua di Ngopi Bareng Tiket ini? Iya.. Makpuh Indah Juli. Dia menjelaskan tentang blog, branding dan juga peluang untuk para blogger Indonesia, seperti afiliasi dengan Tiket.com; job review dan beberapa tips untuk mendapatkannya.

Makpuh menjelaskan kenapa dia memilih blog ketimbang yang lainnya, walau gak melupakan yang lain juga:

Blog Harus Ada Ciri Khas Dan 4 Hal Ini Biar Dilirik Brand

Nah selanjutnya, Mbak Indah menjelaskan kalau ingin blog dilirik oleh brand, setiap blog harus punya ciri khas, dan harus punya ini:

  • About Me – Siapa sih dirimu itu? Jangan ragu masukkan prestasi kita di sini juga – ini bagian dari branding kita
  • Theme – Yang pasti theme yang sederhana dan mobile friendly
  • Your Readers – sebagai blogger, kita harus kenali pembaca kita – kan kita nulis untuk dibaca mereka.
  • Unique – seperti Teteh Echa tuh bagus, bikin keunikan dengan gif. Pokoknya bikin yang orang ngeh kalau itu diri kita.

Terus selanjutnya Makpuh juga menjelaskan soal Judul dan kekuatan judul. Sekarang jamannya bikin judul viral dengan angka gitu, tapi pertanyaannya: apakah cocok dengan blog kita? Jangan ikut-ikutan hanya biar dapat dibaca banyak orang tapi lupa identitas diri kita sendiri akhirnya.

Sesi 3 – Bicara Soal Peluang Untuk Blogger Indonesia Dengan Pak Novasta

Pak Novasta ini adalah Head B2B di Tiket.com, dia memiliki sederet pengalaman yang luar biasa menurut saya di bidang marketing. Dia menjelaskan kerjasama B2B (Business to Business) yang diusung oleh Tiket.com dan bisa menjadi peluang untuk blogger Indonesia.

Menjadi afiliasi tiket.com itu memungkinkan blogger Indonesia untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari blog. Caranya gimana? Ada 4 cara seperti yang tertulis dalam gambar berikut ini. Terus dishare juga beberapa partner yang sudah ikutan, ternyata mbak Nuniek juga sudah euy.

peluang untuk blogger indonesia mendapatkan uang

Ini dia peluang untuk blogger Indonesia dari Tiket.com

Sesi 4 – Share Pengalaman Pak Adam Sebagai Salah Satu Partner

peluang jadi afiliasi tiket.com untuk blogger indonesia

Head B2B Tiket.com – Pak Novansa menjelaskan soal program partnershipnya

Pak Adam, owner dari Travel Kita, sudah bekerja sama dengan Tiket.com. Menurut dia, awalnya sih lebih ke arah menyediakan tiket untuk kebutuhan keluarga besarnya. Terus lama-kelamaan kok merasa lebih seru kalau lanjut dengan bisnis.

Dia pun join program afiliasi Tiket.com dan sempat tidak update selama 5 bulan, tapi tetap dapat penghasilan dari sana. Dan beliau termasuk partner dengan penghasilan terbesar. Saat ini dia juga sudah membuat aplikasi untuk Travel Kita yang juga disupport oleh Tiket.com.

Tanya Jawab Dengan Narasumber

Acara Ngopi Bareng Tiket bersama para Blogger Indonesia ini pun dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan para narasumber. Ada beberapa pertanyaan, termasuk peluang untuk blogger Indonesia, tapi yang paling saya ingat adalah pertanyaan tentang security alias keamanan bertransaksi online di Tiket.com, yang sudah bekerjasama dengan BCA juga untuk pembayarannya.

Inilah yang saya sebut muncul satu narasumber dadakan – yaitu Pak Natali Ardianto, Co Founder dan CIO Tiket.com. Beliau menyebutkan dalam bertransaksi online di Tiket.com itu sangat aman. Keamanan ini jadi salah satu fokus utama dari Tiket.com sejak awal dan sudah terbukti, karena yang bermasalah biasanya adalah kartu kredit yang ditolak – bukan karena ada penyalahgunaan kartu kredit. 😀 Pak Natali Ardianto sendiri pernah menuliskan soal keamanan ini di twitternya. Berikut ini twit yang dimaksud.

Kesimpulan Ngopi Bareng Tiket

Pokoknya, acara Ngopi Bareng Tiket kemarin itu benar-benar menginspirasi banget. Banyak hal yang bisa kita dapatkan. Saya terima kasih banget sudah bisa masuk dalam undangan acara ini.

peluang untuk blogger indonesia

Peserta Ngopi Bareng Tiket kemarin – foto dari panitia acara

Dan salah satu yang bikin makin keren adalah peluang untuk blogger Indonesia, seperti saya, untuk mendapatkan penghasilan tambahan :D. Dan berkat acara Ngopi Bareng Tiket saya bisa ketemu dengan kakak Aldy yang super keren itu – bahkan dapat tips lain soal job buat para blogger. :d

bicara soal peluang untuk blogger indonesia mendapatkan uang dari tiket.com

Akhirnya ketemu langsung dengan kakak Aldy yang femes itu

Advertisements

16 Comments

  1. momtraveler 16 Februari 2016
    • Febriyan 16 Februari 2016
  2. Adelina 15 Februari 2016
  3. Nik Sukacita 15 Februari 2016
    • Febriyan 15 Februari 2016
  4. Lia Harahap 15 Februari 2016
    • Febriyan 15 Februari 2016
  5. Sandi Iswahyudi 15 Februari 2016
    • Febriyan 15 Februari 2016
      • Sandi Iswahyudi 18 Februari 2016
      • Febriyan 18 Februari 2016
  6. mysukmana 15 Februari 2016
    • Febriyan 15 Februari 2016
  7. Indah Juli 14 Februari 2016
    • Febriyan 14 Februari 2016

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: