fbpx
Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

Blogging – MobileGeddon Update from Google

1 min read

Blogging - MobileGeddon Update from Google 1

Beberapa hari lalu, tepatnya tanggal 21 April 2015, Google mengeluarkan update mengenai algoritma yang dipakai olehnya dalam melakukan pencarian. Mereka menyebutnya MobileGeddon – bahwa sekarang pencarian juga memasukkan faktor mobile-friendly dari sebuah web dalam penempatan ranking di halaman google search.

Walaupun demikian, hal ini bukan berarti semua website yang tidak mobile-friendly itu akan mati alias tidak terdaftar dalam ranking halaman google search. Dia masih menggunakan juga konten blog sebagai satu hal penting yang diperhatikan, jadi kalau konten tulisan dalam blog masih dianggap bagus dan sesuai, maka blog itu mungkin masih akan tetap muncul di halaman awal google search.

Baca juga: Content is the King

Tapi tak ada salahnya kan kalau kita mengenal MobileGeddon ini? Untuk mudahnya, saya siapkan infographics seperti berikut ini:

Bagaimana cara menghadapi MobileGeddon
Infographic by Febriyan Lukito

Gimana? Cukup jelas gak sih infographic yang saya buat? Ini Infographic buatan saya yang pertama. Jadi sangat welcome untuk masukan dari kalian. Kalau ingin tahu soal yang di infographic ini, bisa kontak saya langsung.

Mobile Friendly Blog for WordPress User

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, bahwa salah satu yang dianggap bagus adalah web/blog yang mobile-friendly, maka saya kasih tahu dikit ya cara membuat blog kalian mobile-friendly tentunya untuk yang menggunakan wordpress – kan ini yang saya tahu.

1. Tes Dulu

Sebelum mulai ubah-ubah settingan blog wordpress kalian, yang paling pertama harus kalian coba dulu tes blog yang sekarang kalian pakai, apakah sudah mobile-friendly atau belum. Nah, Google sudah memberikan tools-nya untuk mengecek nih. Namanya Mobile-Friendly Test Tools. Gampang kok. Tinggal klik link yang saya kasih itu dan masukkan alamat blog kalian. Terus klik analyze deh. Hasilnya? Akan seperti yang saya dapatkan berikut ini:

Cara menghadapi MobileGeddon
Mobile Friendly Test for The Footsteps

Gimana hasil pengecekan kalian?

2. Cek Setting WordPressΒ 

Bagi yang belum mobile-friendly hasil tes di atas, ada dua cara mengatasinya. Yang pertama yaitu mengecek Setting WordPress kalian. Cara cek settingan blog wordpressnya sebagai berikut:

Cara Setting blog agar bisa diakses secara mobileWP.COMWP.ORG
Masuk ke WP AdminJika sudah install Jetpack:
AppearanceMasuk ke WP Admin – Jetpack
MobilePilih Mobile
Click on Enable Mobile ThemeActivate

Gimana bisa gak settingnya? Kalau bingung jangan sungkan tanya ya.

3. Ganti ThemeΒ 

Nah ini saya masukkan di tahap ketiga karena percuma kalau misalnya sudah ganti theme yang bisa mobile tapi setting tidak diaktifkan. Jadi harus pastikan dulu kalau setting di wp kalian sudah diaktifkan dulu ya baru berjalan ke theme.

Nah seperti yang saya pernah bilang dalam Memilih Jodoh BlogΒ sebelumnya, salah satu kriteria yang saya gunakan untuk memilih theme yang saya ingin pakai adalah theme yang RESPONSIVE. Theme Responsive adalah theme yang memungkinkan pembaca blog kita tetap menikmati dalam berbagai platform, baik itu laptop/komputer, tablet ataupun smartphone.

Sebagai pengguna wordpress, jangan khawatir untuk theme karena banyak sekali bertebaran theme yang sudah responsive. Tinggal pilih mana yang cocok dengan selera kalian. Untuk yang pengguna wporg, bisa coba cek daftar Theme yang Responsive ini.

Gimana? Sudah siapkah menghadapi yang namanya MobileGeddon ini? Tenang saja, masih ada kesempatan untuk merubah kok sekarang. Coba deh rubah sekarang.

Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

60 Replies to “Blogging – MobileGeddon Update from Google”

  1. Alhamdulillah blog aku uda mobile friendly πŸ˜€

    Bang Ryaaan.. Kenapa ya aku kalok ngomen di sini sekarang jadi agak susah? Loading terus euy. Padahal yang aku like berarti aku komen loh.. πŸ™

  2. Sudah mobile friendly (ya iyalah, kan tema blog saya sederhana banget :haha).
    Eh itu bagaimana cara bikin infografiknya? Mau dong ditulisin gitu dalam satu tulisan terpisah :hehe.
    Zaman sekarang, orang mengakses internet lebih banyak dengan gawai ketimbang dengan PC, jadi wajar kalau appearance ramah gawai seperti ini jadi indikator utama. Tapi saya masih pakai PC sih, cuma sesekali :hehe.

      1. Baru hr ini juga kuliat rss feed blog Mas Ryan munculnya komen lg.. Sebelumnya udah normal.. Kena ‘virus’ permalink berubah tiba2 krn upgrade wp yg 4.2 gak Mas? Blogku aman, tp IHB kena.. Huhuhu..

      2. Url blog Mas Ryan.. Diganti yg dot.com, sebelumnya kan masih yg wordpress.. Bbrp hr lalu udah beres, semalam muncul feed komen lagi.. Ntar aku liat lagi, jangan2 gr2 update jd back to default aku input (spt permalink)

  3. Aku udah ngecheck kemaren abis baca artikelnya Mba Nita, blogku udah mobile friendly dong πŸ™‚ Dari dulu aku kalo milih theme emang responsive atau gaknya yg pertama ku-check. Tapi aku baru nyadar Mas kalo ada settingan jg di admin page, selama ini gak merhatiin hihi

    1. Untunglah sudah dicek Icha.
      Settingan itu aku tahu karena prnh pilih responsive tapi gak ngaruh. Pas tanya2 ke supportnya trnyata ada settingannya lagi.

  4. sudah mobile friendly. aku baru tau ada istilah mobile geddon. thanks for sharing ya.
    oh ya, infographic itu tulisannya kecil banget, nggak jelas. coba kalau warna tulisannya jangan yg pastel gitu, hitam atau warna gelap kayaknya lebih bagus. udah diklik gambarnya sampai terbuka ke halaman baru yg ukurannya lebih besar, tapi masih nggak terbaca, Ryan. itu aja masukannya. πŸ˜€

      1. Mau diganti Dyaz?
        Boleh ini dilihat koleksinya *jiwaengkogelodokkeluar*
        Bisa ditawar kok.

        Canda Dyaz. Ini sih sbnrnya lbh bicara nantinya pembaca blogmu gmn. Gt Dyaz.

    1. Penjelasan yang di blog sebenarnya tidak menjelaskan yang di infographicnya San.
      Yang di blog adalah membuat mobile friendly blog di WordPress.

    1. Migrasinya ke Wporg atau Wpcom mas. Bisa baca2 tulisan saya mengenai blogging. Ada saya post kmrn pas pindah hosting ke self-hosted.
      Mungkin memang fokusnya dari wp ke wp karena saya user wp. Tp utk import post bisa dari blogspot kok.

    1. Hahaha. Gak perlu mas. Yang penting setting blogmu dah siap aja. Soalnya kan lbh buat yang view blogmu. Dan dirimu dah mobile friendly kok.

      1. tapi kenapa aplikasi word[ress for android nggak bisa dipake di hp saya yah? setiap login bilangnya gagal koneksi πŸ˜€
        mikirnya ya karena versi versi wordpress nggak support di HP saya

      2. Wah. Sudah lama mas seperti itu?
        Kalau dia sudah bisa didownload sih harusnya gak masalah versinya ya mas. Kan masih wpcom juga.
        Sudah coba uninstall n install lg blm mas?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *