fbpx
memilih kredit pemilikan rumah yang tepat

[Adv] Tips Keuangan: Memilih KPR Yang Tepat

Beberapa waktu lalu (dah lama sebenarnya), Nadia sempat bilang kalau sedang mencari rumah di Jakarta. Saya pun jadi ingat yang saya alami beberapa tahun lalu, tepatnya tahun 2009, saat mengajukan kredit pemilikan rumah (KPR) untuk rumah yang ini. Gak gampang…. bener-bener gak gampang memilih kredit pemilikan rumah yang tepat di hati dan di dompet. 😀 Apalagi saat itu, saya sendiri agak buta dengan apa saja syarat serta biaya yang harus saya siapkan.

Dulu itu, harus tanya satu-satu, termasuk pake kenalan yang masih kerja di bank tempat lama saya, untuk syarat dan juga berapa besarnya biaya dan bunga. Selain itu juga saya pdkt sama orang bank yang menangani tempat saya kerja itu. Cari-cari informasi tentang kredit pemilikan rumah ataupun kredit lainnya, seperti kartu kredit ataupun kredit multi guna itu gak gampang ternyata. Gak semua mau memberikan informasi gitu aja.

Walau dengan kenalan seperti itu, sering juga saya dapatkan kalau informasinya gak update ataupun masih harus diolah lagi oleh bank itu, atau lebih tepatnya ya bagian kredit terkait. Susah juga kan kalau gitu. Sedangkan kita sebagai pengguna (atau calon pengguna) kredit, informasi-informasi itu justru sangat penting karena dari informasi itulah kita menentukan, mana kredit pemilikan rumah yang tepat untuk kita.

Memang, perumahan yang saya tinggali sekarang ini punya kerja sama dengan bank dalam hal KPR ini, sama seperti perumahan-perumahan lainnya sekarang ini. Tapi namanya juga manusia ya… pengennya ya dapet yang lebih murah, yang lebih lagi. Kayak teman yang mengajukan kredit motor, pengennya juga mendapatkan paket murah dan menarik, kayak asuransi yang murah atau fleksibel (alias bisa diurus sendiri asuransinya – tahu gak kalau biaya asuransi di kredit kendaraan bermotor itu porsinya gede banget). Nah sama halnya pas memutuskan ingin mengambil rumah di Cibubur ini.

memilih kredit pemilikan rumah yang tepat
Cermati.com

Saya dan kakak-kakak saya inginnya yang terbaik untuk kita, yang cocok untuk kita. Kalau dulu kami itu mengajukan manual, satu demi satu mencari informasi mengenai kredit pemilikan rumah ke bank-bank ternama yang kami bisa jangkau dengan mudah, sekarang sih lebih gampang. Tinggal buka website doang. Saya sendiri baru tahu dan sangat kesal… kenapa gak dari dulu coba… Cermati.com adalah sebuah website berisikan informasi keuangan yang kita butuhkan sebagaimana tujuan dari perusahaan start up ini untuk menolong masyarakat dalam memberikan informasi itu.

Seperti yang barusan saya coba lakukan untuk Kredit Pemilikan Rumah. Lengkap euy… semua informasi ada. Gak ribet pula. Misalnya kita sudah ketemu sama developer rumah yang kita inginkan. Dan sudah dikasih tahu opsi KPR dari mereka. Kita mau tahu, apakah ada yang lebih murah lagi atau gak? Bisa coba di sini nih.

Tinggal masukkan aja data-data yang kita punya di bagian filter. Nanti akan ditampilkan beberapa pilihan jenis KPR yang cocok dengan filter yang sudah kita set itu. Semua semudah itu. Kalau mau tahu lebih detail tentang masing-masing jenis KPR yang kita punya, tinggal klik “Info Lengkap” pada masing-masing jenis KPR yang ingin kita cek. Kalau sudah kayak gitu, memilih kredit pemilikan rumah yang tepat di hati dan di kantong jadi lebih gampang kan ya? 😀

Mau coba simulasi KPR sesuai dengan harga rumah yang sudah nempel di hati kita itu (efek rayuan maut marketing developer nih biasanya)? Bisa kok. Tinggal klik Info Lengkap itu. Nanti bisa kita rubah-rubah tuh harga rumah, uang muka KPR yang kita siap, tenor alias jangka waktu pinjaman KPR kita. Nah kelihatan deh perubahannya, berapa yang harus kita siapkan untuk cicilan per bulannya.

Mungkin kalau dulu sudah ada cermati.com ini, semua akan lebih mudah ya. Setidaknya saat mengajukan ke bank yang kita inginkan, kita sudah ada gambaran, berapa besarnya cicilan per bulan KPR kita, uang muka KPR yang harus kita siapkan, syarat-syarat dokumen KPR dan juga besar bunga KPR yang ditawarkan oleh masing-masing bank. Semua itu hanya perlu beberapa klak klik doang di depan laptop. As simple as that, gak kayak dulu, kakak saya harus beberapa kali bolak-balik ke bank-bank meminta informasi dan data mengenai hal itu.

Di website cermati.com ini, sudah ada produk kredit pemilikan rumah, kartu kredit, deposito, dan juga yang syariah. Sayangnya untuk yang syariah ini masih terbatas untuk Deposito dan Simpanan Syariah, belum ada Kredit Pemilikan Syariah, yang mana banyak dicari juga oleh orang-orang sekarang ini. Ya semoga aja sih berikutnya nanti bisa ditambahkan dalam portofolio produk yang ditawarkan oleh Cermati.com ini (moga dibaca sama yang bersangkutan dan kemudian ditambahkan produknya).

Sebenarnya sih sebenarnya tulisan hari bukanlah tips memilih kredit pemilikan rumah yang tepat ya, tapi lebih tulisan untuk seri keuangan yang sudah lama buanget gak saya update. Tapi beberapa masukan dari saya buat yang ingin mengajukan kredit pemilikan rumah (berdasarkan pengalaman pribadi) adalah harus siapkan dana tunai untuk biaya KPR dan Uang Muka KPR itu. Nah kalau ingin mengurangi biaya KPR, tungguin itu promo-promo dari developer, banyak diskon yang ditawarkan untuk KPR oleh mereka, seperti biaya KPR gratis. Cuma biasanya kalau ada gratisan gitu, ada ikatan tertentu, so jangan lupa ya… baca syarat dan ketentuan berlaku. Ini penting!!!!

4 Comments

  1. ade alfin 11 Juni 2016
  2. lahiya 31 Januari 2016
    • Febriyan 31 Januari 2016

Leave a Reply