fbpx
Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

[Guest Post] Cara Mencegah Timbulnya Jerawat

2 min read

tips kesehatan cara mencegah timbulnya jerawat

FebriyanlukitoCom: Tips kali ini adalah tentang Cara Mencegah Timbulnya Jerawat. Sebuah Guest Post dari Mas Imam yang pernah mengirimkan Tips Kesehatan Paru sebelumnya. Kita simak yuk…

***

Jerawat merupakan salah satu jenis permasalahan kulit di mana biasanya terjadi saat usia telah memasuki masa-masa puber atau remaja. Walaupun demikian tak jarang orang dewasa mengalami masalah jerawat layaknya pada remaja. Jerawat sendiri umumnya menyebabkan masalah psikologis misalnya kecemasan.

Baca juga: Cara Mendeteksi Tingkat Stres/Depresi Kamu

Secara medis sendiri, jerawat merupakan suatu kondisi peradangan akibat sumbatan pada pori-pori kulit karena kotoran. Di mana minyak yang peroleh di bagian bawah kelenjar kulit akan bercampur bersama bakteri dan sel-sel kulit yang mati.

Munculnya kotoran di area wajah sendiri mengakibatkan penumpukan sehingga muncullah jerawat. Terdapat beberapa macam jerawat, di antaranya komedo, jerawat biasa dan jerawat batu. Di mana jerawat tak hanya menyerang area wajah saja, melainkan juga bisa muncul di area tubuh yang lainnya.

Saat sel-sel pada kulit mati tersebut bercampur bersama kotoran atau debu, dengan begitu akan membentuk terjadinya penyumbatan sehingga menjadi bintik-bintik putih atau hitam.

Cara Mencegah Timbulnya Jerawat

Untuk mencegah terjadinya jerawat di wajah, ada beberapa tips mencegah jerawat yang bisa Anda lakukan seperti berikut ini :

tips kesehatan cara mencegah timbulnya jerawat
Guest Post: Cara Mencegah Timbulnya Jerawat

1. Berolahraga Teratur

Olahraga tak hanya menyehatkan tubuh saja, melainkan juga untuk menghilangkan stres. Di mana faktor stress ini bisa menyebabkan timbulnya jerawat dengan mudah. Anda bisa mencoba melakukan olahraga secara teratur dan rutin dengan bersepeda, senam dan jogging di mana membuat tubuh pun lebih banyak menghasilkan keringat.

Di mana keringat yang dihasilkan ini nantinya membawa sisa-sisa hasil kotoran yang keluar pada tubuh dan juga membawa racun keluar bersama. Dengan berolahraga tentunya bisa membuat wajah Anda lebih bersih dan terhindar dari stres.

Baca juga: Kesehatan itu Penting

2. Membersihkan Wajah Teratur

Tips mencegah jerawat berikutnya adalah dengan membersihkan wajah teratur. Agar terbebas dari jerawat, maka sebaiknya kulit wajah selalu dijaga kebersihannya ketika beristirahat di dalam rumah. Bersihkan wajah dengan merata secara teratur menggunakan pembersih wajah yang cocok sesuai tipe wajah Anda, terutama setelah Anda memakai kosmetik atau make up. Dengan membersihkan wajah teratur, maka membuat sel-sel kulit mati terangkat dan jerawat pun bisa dicegah kemunculannya.

3. Aplikasikan Make Up Sewajarnya

Salah satu penyebab timbulnya jerawat adalah penggunaan kosmetik atau make up. Penggunaan kosmetik secara berlebihan tentunya bisa memicu timbulnya jerawat karena penumpukan kotoran sisa make up yang tidak dibersihkan. Pastikan setelah memakai make up atau kosmetik untuk selalu dibersihkan setelahnya.

Selain dianjurkan untuk memakai make up sewajarnya tanpa berlebihan, Anda juga harus memilih kosmetik dari bahan alami tanpa mengandung bahan kimia, seperti logam-logam yang berbahaya. Pastikan Anda memilih kosmetik dengan kandungan air yang tentunya lebih aman dan efektif digunakan.

4. Menghindari Kontak Wajah Dengan Tangan

Untuk mencegah jerawat di wajah berikutnya adalah dengan menghindari kontak antara tangan dengan wajah. Seperti kita ketahui, tangan sangat rentan terhadap kotoran ataupun bakteri, jika sering kontak dengan wajah tak menutup kemungkinan jika bakteri pada tangan pun berpindah ke area wajah sehingga menimbulkan iritasi. Terlebih lagi jika sebelumnya Anda pernah berjerawat, sebaiknya hindari menyentuh jerawat menggunakan tangan sebab bisa menyebabkan iritasi.

5. Asupan Makanan Bergizi dan Hindari Begadang

Agar wajah terhindar dari jerawat, sebaiknya konsumsi makanan-makanan yang bergizi dan hindari asupan makanan dengan kandungan lemak yang berlebih seperti gorengan. Sebab kebanyakan mengonsumsi makanan berlemak bisa memicu timbulnya jerawat.

Untuk itu selalu mengonsumsi makanan bergizi dengan menyeimbangkan asupan makanan buah-buahan dan sayuran. Selain menjaga pola makan, dianjurkan pula untuk tidak begadang dan selalu tidur dengan teratur. Sebab begadang bisa memicu timbulnya jerawat yang juga membuat Anda lebih mudah stres.

Anda harus selalu mengikuti tips cara mencegah timbulnya jerawat di atas!

Jerawat? Gak Masalah

Percuma anda mencari-cari cara menghilangkan jerawat jika beberapa tips di atas anda abaikan, karena kalaupun jerawat Anda hilang cepat atau lambat pasti akan muncul lagi. Semoga tips mencegah jerawat di atas bisa memberikan manfaat bagi para pembaca.

Penulis: Imam Fahrudin

Owner Blog: manfaatcaramengtasi.com

Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

19 Replies to “[Guest Post] Cara Mencegah Timbulnya Jerawat”

  1. kalau pas lagi jerawat itu yang sulit kontak ma tangan. biasanya tangan gatel dan gak nahan untuk gak pegang hehe.

  2. Kebetulan saya juga beberapa kali berjerawat..
    Kemudian ada seorang wanita cantik tanpa jerawat yang ngasih tau saya seperti ini,
    “Lo harus bisa bahagia dan riang menikmati hidup, ketika lo bisa menerimanya maka kemungkinan besar jerawat akan pergi. Jangan mikir yang engga penting.”

    Trus, lumayan loh hasilnya…hahahahah

  3. kadang faktor makanan juga sich Ryan. kayak model kacang gitu pemicu timbulnya jerawat. kalau aku sich menjelang masa menstruasi pasti ada satu dua nongol untungnya setelah kelar biasanya dia hilang sendiri heheehehe..

  4. paling gampang kalo ada jerawat tinggal pake clearasil. dari sejak smp pertama kali jerawatan sampe sekarang tetep gua cocoknya pake clearasil. 😀

    1. Hahaha. Setelah semua cara dilakukan dan masih jg… Nrimo sptnya bener banget tuh Lia. Hihi.

      Masukan lain dong mbak Beauty Blogger Indonesia

  5. tapiii.. tergantung dengan jenis kulit wajah juga sih feb.. kalo jenis kulitnya berminyak, meskipun udah ikut cara2 itu, tetep aja masih suka timbul 2-3 jerawat. Itu berdasar pengalamanku waktu konsultasi ke dokter di Erha clinic, sih 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.