fbpx
Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

Makanan Sehat Untuk Meningkatkan Kesehatan Paru Paru

2 min read

meningkatkan kesehatan paru paru

Hi, jumpa lagi dengan Seri Guest Post di Febriyanlukito.com. Kali ini membahas tentang tips kesehatan, yaitu 9 Makanan Untuk Meningkatkan Paru Paru kita. Kita simak yuk…

***

Salah satu organ tubuh manusia yang paling penting dan digunakan secara terus-menerus adalah paru-paru, sehingga membuat organ ini sangat penting untuk dilindungi. Paru-paru terus bekerja keras untuk menyediakan oksigen ke tubuh kita, bahkan saat kita tidur.

Meskipun paru-paru merupakan organ yang sangat penting, banyak orang secara sadar atau tidak sadar kurang memperhatikan kesehatannya termasuk merokok, terlalu sering menghirup polusi, pola makan yang buruk, dan…

Banyak orang tidak menyadari sejauh mana penyakit paru-paru dapat mengancam populasi manusia; puluhan juta orang menderita semacam penyakit paru-paru di seluruh dunia, dan telah membunuh jutaan orang setiap tahun. Asma, bronkitis, kanker paru-paru, cystic fibrosis, alergi, PPOK adalah beberapa dari penyakit paru-paru yang setiap hari mengancam kita.

meningkatkan kesehatan paru paru
9 Makanan Untuk Meningkatkan Kesehatan Paru Paru

9 Makanan Untuk Meningkatkan Kesehatan Paru Paru Kita

Untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan paru paru kita perlu melakukan pembersihan, dengan cara berhenti merokok, mengurangi pencemaran polusi udara, dan mengkonsumsi makanan sehat.

Beberapa makanan yang diketahui dapat membantu meningkatkan kesehatan paru paru kita adalah:

1. Kacang

Ada banyak nutrisi dalam jenis kacang yang membuat mereka merupakan bagian penting dari asupan makanan sehat. Di dalam kacang terdapat nutrisi seperti asam folat yang berguna menjaga kesehatan paru-paru kita. Penelitian telah menemukan jika kekurangan asam folat dapat meningakatkan risiko PPOK (penyakit paru obstruktif kronik), salah satu penyakit paru yang berbahaya.

2. Ikan Salmon

Asam lemak-3 Omega telah ditemukann secara ilmiah memiliki aktivitas anti-inflamasi di seluruh tubuh termasuk paru-paru. Kandungan omega-3 dalam ikan salmon dan beberapa jenis ikan lain termasuk sarden dan herring dapat mengurangi tingkat keparahan penyakit asma sekaligus mencegah bagi mereka yang tidak memiliki masalah dengan asma.

3. Blueberry

Blueberry adalah salah satu buah dengan tinggi kandungan antioksidan penting. Beberapa antioksidan yang terdapat dalam blueberry diantaranya polifenol, anthocyanin, vitamin E dan senyawa organik lainnya yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antikanker yang pada gilirannya akan melindungi paru-paru dan mencegah berbagai infeksi pada organ paru-paru.

4. Jahe

Ini adalah salah satu makanan yang diketahui cukup efektif dalam meningkatkan kesehatan paru-paru. Jahe dapat digunakan sebagai salah satu makanan untuk detoksifikasi secara alami. Jahe telah lama digunakan untuk menghilangkan racun dari saluran pernapasan, yang dapat menyebabkan masalah paru-paru.

5. Bawang putih

Bawang putih merupakan makanan untuk membersihkan paru-paru secara alami karena memiliki banyak senyawa menguntungkan. Bawang putih diketahui dapat memproduksi enzim tertentu yang dapat mengeluarkan racun dan karsinogen dalam paru-paru.

6. Wortel

Kandungan nutrisi yang paling terkenal dari wortel adalah betakaroten. Nutrisi ini telah dikaitkan dengan penurunan risiko kanker paru-paru di sejumlah studi penelitian. Cara terbaik untuk mendapatkan manfaat wortel untuk paru-paru adalah dengan mengkonsumsinya secara langsung. Memasak wortel mungkin akan mengurangi kandungan vitamin dan senyawa penting dalam sayuran ini.

7. Biji Rami

Biji rami sering disebut-sebut memiliki manfaat untuk kesehatan paru-paru, termasuk peningkatan regenerasi dan perbaikan jaringan paru-paru. Mengkonsumsi biji rami diketahui juga dapat mencegah kerusakan organ paru-paru di masa depan.

8. Buah Apel

Buah apel bermanfaat bagi kesehatan paru-paru karena kandungan vitamin C yang dimilikinya, apel sangat kaya antioksidan, dan juga serat makanan. Antioksidan dikaitkan secara langsung dengan penurunan risiko penyakit paru-paru termasuk asma dan kanker paru-paru.

9. Jambu Biji

Buah-buahan dan sayuran yang tinggi vitamin C tidak hanya meningkatkan aktivitas antioksidan untuk mencegah kanker, tetapi juga memiliki sifat antivirus tertentu yang melindungi paru-paru dari serangan virus dan bakteri berbahaya. Jambu biji memiliki kandungan vitamin C sangat tinggi bahkan 3 kali lipat lebih tinggi dibandingkan buah jeruk.

Menjaga Kesehatan Paru Paru Kita

Demikian tadi daftar makanan yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan kesehatan paru-paru. Selain mengkonsumsi makanan di atas jangan lupa untuk memperbanyak aktivitas fisik agar kesehatan paru-paru anda bisa terjaga dengan baik. Sekian dari saya semoga bermanfaat.

Guest Post kali ini dari Mas Imam Fahrudin, owner dari blog: Manfaat Cara Mengatasi – sebuah Situs yang ingin berbagi tentang tips kesehatan untuk kita semua

Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

20 Replies to “Makanan Sehat Untuk Meningkatkan Kesehatan Paru Paru”

  1. dari 9 bahan tersebut di atas yang paling saya sukai tentunya dari golongan buah, bisa langsung dikonsumsi tanpa dimasak. tetapi olahraga dan istirahat cukup juga perlu agar tubuh selalu fresh.

  2. Saya hampir rutin tiap hari meminum air rebusan jahe. Dan sekali 3 hari makan bawang putih mentah satu siung. Mantap infonya.
    Ayo hidup sehat.

  3. Info yang bermanfaat. Nomer 1 sampai 6 itu kesukaanku semua terutama bawang putih dan ikan harring. Btw, ini yang nulis guest post siapa ya Yan? AKu cari berkali2 kok ga ketemu namanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *