fbpx
Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

Suasana Ruang Yang Paling Asyik Buat Ngeblog

3 min read

suasana ruang untuk ngeblog asyik dan seru

Guest Post kali ini agak berbeda nih… Kiriman dari seorang blogger yang memang menjual jasa konsultasi (lihat link di bawah ya). Dia sebelumnya pernah mengirimkan ke saya dan saya gak terima. Terus dikirim lagi tulisan yang cocok. Dan ini deh – Suasana Ruang yang Paling Asyik Buat Ngeblog. Kita simak yuk. Kalau mau ikutan isi Guest Post bisa klik:

guest post febriyan lukito

***

Ada beragam tantangan yang menghambat kita untuk update blog secara teratur.  Masing-masing blogger bisa jadi memiliki tantangan terberat yang berbeda. Ada yang tidak sempat menulis karena keterbatasan waktu. Ada yang punya waktu tetapi tidak punya ide. Ada yang punya waktu dan ide, tapi ketika sudah berada di depan monitor kehilangan konsentrasi untuk menulis. Waduh, sesungguhnya ngeblog adalah sebuah pekerjaan yang tidak mudah.

Apakah Anda pernah mengalaminya? Sebentar, pertanyaan saya pasti salah. Maksud saya, apakah Anda sudah menemukan solusinya?

Kopi sudah dibikin, camilan sudah disiapkan. Mengapa masih juga belum bisa menulis?

Aha, mungkin ruang kerja Anda yang tidak mendukung.

Febriyanlukito.com: Ini saya banget…. hahaha kadang dah males keluar kalau ruangan lagi gak dukung.

Bagaimana ide di kepala bisa keluar menjadi tulisan jika huruf-huruf keyboard terlihat samar di keremangan?

Bagaimana bisa menyusun kata jika untuk bernafas saja sesak karena keterbatasan oksigen?

Bagaimana bisa berkonsentrasi jika kucing tetangga pada ribut bahkan pemiliknya juga lebih ribut?

Anda adalah seorang blogger, bukan Biksu Saolin yang bisa melepaskan diri dari gangguan ekternal untuk berkonsentrasi. Jadi, demi kelangsungan hidup blog Anda, singkirkanlah semua gangguan itu! Gimana mau ngeblog asik kalau gak konsen?

Tips Membuat Suasana Ruang Agar Ngeblog Asyik – Apalagi Kalau Ngeblog Dapat Duit

Febriyanlukito: Iyes… kalau kalian sudah menginjakkan kaki dalam dunia blogging dan mungkin ngeblog buat dapat uang alias monetasi blog jangan abaikan yang ini gitu aja loh…

suasana ruang untuk ngeblog asyik dan seru
Suasana Ruangan yang bisa bikin Ngeblog makin asyik

Agar ide di kepala Anda bisa ditransformasikan menjadi tulisan dengan lancar jaya maka ruang kerja Anda sebaiknya dikondisikan seperti ini:

#1. Pencahayaan yang cukup

Pencahayaan yang cukup adalah syarat mutlak agar kita bisa mengetik dengan benar.  Bahkan ketika Anda pernah jadi juara mengetik tercepat sekecamatan sekalipun, mata Anda tetap harus sesekali melirik keyboard. Kecuali Anda adalah pengguna keyboards braille yang sudah terlatih insting dan indera perasa di ujung-ujung jarinya.

Pandangan ke keyboard yang kurang jelas akan mengakibatkan kesalahan ketik. Keseringan mengedit ketikan adalah sumber distraksi yang sangat efektif untuk mengagalkan pencetusan ide anda. Ide yang tadi muncul tiba-tiba blank karena tertunda penulisannya.

Jadi pakailah lampu yang terang pada malam hari. Lampu yang redup bisa bikin ngantuk.

Untuk siang harus pastikan ruang kerja Anda mendapatkan pencahayaan alami yang memadai.  Selain lebih hemat energi,  sinar matahari yang melimpah membangkitkan spirit untuk tetap terjaga.

#2. Udara segar

Otak kita tentu lebih memilih untuk mengkoordinasikan sistem pernafasan agar bekerja dengan baik saat kekurangan oksigen daripada berimajinasi merangkai kata. Saya bisa membayangkan beratnya berkonsentrasi di ruangan yang pengap.

Kadang ketika sedang berpikir orang bisa lupa bernafas. Ketika ide sudah tersusun dan hendak bernafas kembali yang didapat malah CO2. Alamak.., buyarlah sudah semua ide.

Maka dari itu sebuah ruang kerja dengan udara segar yang melimpah adalah syarat mutlak bagi seorang Blogger.

Udara segar akan menghasilkan ide segar sehingga kegiatan ngeblog asyik dan orang menjadi tertarik dengan blog Anda.

Baca juga: Bagaimana membuat Blogging Tetap Menyenangkan

#3. Akses ke Pemandangan yang Menyejukkan Mata

Kasihan mata Anda kalau dipaksa menatap monitor selama berjam-jam.  Teman saya yang sales kacamata bilang bahwa terlalu lama di depan komputer bisa mengakibatkan mata minus. Jika mata sudah minus maka akan semakin tebal pula kacamatanya.

Secara berkala sebaiknya mata dialihkan pada pemandangan luar yang menyejukkan. Melihat sawah atau pekarangan dengan tanaman bunga adalah alternatif yang bagus.

Malah siapa tahu bisa terlintas  ide baru dan menganalogikan apa yang Anda lihat dengan konteks yang sedang Anda tulis. Enak kan? Dapat keuntungan berlipat-lipat. Mata segar dan ide Anda makin liar.

Febriyanlukito – *baca ini langsung rapiin kacamata sendiri* Setuju nih, siapa tahu dapat inspirasi dari pemandangan itu. Baca juga: Inspirasi Dari Arisan Mapan

#4. Aman dari Kebisingan

Suara-suara dari luar akan masuk melalui telinga Anda, menuju otak, dan mencemari ide-ide yang sedang dibuahi. Kacau sudah.

Jangan biarkan ini terjadi. Saat ngeblog, Anda sedang tidak membutuhkan apapun di dunia ini selain apa yang perlu Anda tulis. Matikan semua sumber suara yang mengganggu. Radio, HP, bahkan suara kucing tetangga.

Mungkin Anda akan menjadi orang yang paling egois dan tidak perlu dunia luar. Tapi memang itulah yang diperlukan untuk menghasilkan konten blog yang sempurna. Setelah konten Anda selesai ditulis, barulah Anda kembali ke dunia nyata.

Baca juga: Tips Mendapatkan Traffic Blog (2014) 

Epilog

Itulah suasana ruang yang harus Anda bangun ketika menulis konten dan bisa membuat kegiatan ngeblog asik.

Faktor internal saja tidak cukup, faktor eksternal juga harus dikondisikan. Bukankah begitu?

Atau jangan-jangan Anda malah bisa lebih konsentrasi di kebisingan? Jika itu benar, tumbanglah sudah analisa saya, hehehe..

Tapi pasti akan menarik jika Anda punya trik jitu yang lain yang bisa dibagikan di sini. Ditunggu komentarnya yah…

Tentang penulis

Satriyo Widagdo punya kegemaran mengumpulkan gambar model rumah minimalis yang sedang tren saat ini. Dia percaya bahwa ruangan yang nyaman untuk menulis turut berperan besar dalam keberhasilan sebuah blog.

Epilog dari FebriyanLukito

Sepertinya sih hal yang tidak terlalu saya perhatikan ketika ngeblog. Tapi sepertinya jika ingin ngeblog asyik dan seru perlu mulai memperhatikan suasana ruang ngeblog nih.

Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

32 Replies to “Suasana Ruang Yang Paling Asyik Buat Ngeblog”

  1. Bagaimana dengan nasib sayah yang nomaden (moblog)..hahaha..
    Ah, tapi buntut2nya memang selalu punya tempat favorit, ya persis seperti diatas itu..
    Tapi memang sinyal bagus yang nomor satu ya 🙂

    1. Hahaha. Kalau mobile memang harus pertimbangkan posisi yang mengantar sinyal paling bagus yakk. Hahaha.
      Salut dah sm dirimu. Ngeblog bia hape. Skrg aku dah gak bs lagi Fee

  2. Permasalahan saya, Mas: nemu posisi yang paling enak. Terus besok kalau nulis di situ lagi. Terus lama-lama bosan, dan nyari pojokan baru lagi buat nulis. Hahah.

  3. Soal pemandangan, ini gw lagi ngeblog sambil buka pintu rumah dan lihat halaman depan. Adem dan jadi semangat ngeblog nih. #eaaaaa

  4. bener nih, cari suasana yang uenakkk buat ngeblog itu jadi PR ya. hahaha… kalo dikit2 sambil nongkrong di kafe, kok ya ga ramah kantong. 😆
    akhirnya berusaha membuat suasana di kos ini senyaman mungkin buat betah di depan laptop, tp tetep aja ada godaan yang namanya ‘kasur’ #sekian hahahaha

  5. Naah aku bangeet hahahha.. suka nulis gak ribut, ada cahaya, pemandangan dari kamar juga bolehlaaah 😀 i love my bedroom hehehhe

  6. Klo aku ngeblog biasanya malam, anak2 dah tdr, kerjaan rmh selese. Kendalanya kdg anak2 tdr susah bgt, apalagi yg kecil duh.. pengen diperhatiin bgt jd kdg update blog curi2 waktu, kdg ga bs jg.. malahan yg ada aku jd ktiduran jg, atau udh malam bgt.. dan aku udh lelah.. hehehe.. jadi curcol :p

  7. iih…sama deh sudut santaiku di rumah enak banget buat ngeblog karena bisa lihat tanaman hijau di luar…ternyata emang itu salah satu faktor yg bikin ngeblog asyik

    1. Sama dengan saya Mbak. Urusan edit foto dan gambar lebih asyik pakai musik. Kepala nggak cepet panas. Tapi kalau nulis harus fokus tanpa suara apapun. Mungkin ini bedanya otak kanan dan otak kiri… 🙂

  8. Salah satu hal yang wajib saya lakuin kalo mau nulis di kamar: beresin kamar biar nyaman. Kalo kamar saya udah berantakan dan berdebu banget, berarti udah lama ga nulis. Hehe 😛

  9. Bagi saya yang penting suasana hati. Kadang malah ngeblog sambil bediri…sambil antri ngapain gitu wkekke. Hati riang ngeblog tenang…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *