fbpx
Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

Jual Diri Kamu – Sell Your Attitude – Kalau Mau Sukses

2 min read

sell your attitude - jual diri kamu inspirasi dari antm

Sell Your Attitude – Jual diri kamu, jual yang terbaik dari dirimu. Eh, bukan dalam artian buruk ya yang saya maksudkan di sini. Please deh. Ini adalah tips untuk para karyawan agar bisa berhasil di dunia kerja.

Dalam posting sebelumnya mengenai menjual, saya menyebutkan kalau penjual yang baik harus fokus pada konsumen dan memahami produk. Memang di tulisan itu lebih bicara tentang salesman, tapi bisa kita praktekkan pada diri sendiri dalam sehari-hari.

Baca juga: Tips Dunia Kerja – Menjual

Kita ini penjual dengan produknya adalah diri kita sendiri dan konsumennya adalah orang-orang/perusahaan yang kita targetkan, seperti yang saya sebutkan dalam tips mendapatkan kerja.

We are all seller, even if you are not a salesman. So do sell yourself in very best way

Jual Diri Dalam Pekerjaan –Sell Your Attitude Dong

Dalam hal menjual diri ini, pesaing kita banyak. Coba bayangkan dirimu, seorang dokter gigi. Berapa banyak dokter gigi dengan kualifikasi yang sama di luar sana? Atau mungkin kamu pakar IT, berapa banyak pakar IT dengan kualifikasi yang sama di luar sana? Saya yakin kamu tak sendiri kan?

Bagaimana caranya agar kamu stand out di antara orang-orang yang sama dengan dirimu itu? Itulah kunci utama yang harus dijawab.

Di antara sekian banyak orang itu, setidaknya ada satu hal yang perlu kamu garisbawahi, yang mampu membuat dirimu stand out. Itu adalah attitude. Saya pernah membahas masalah attitude di dalam blog ini sebelumnya. Pada dasarnya attitude ini adalah sikap kita, yang akhirnya akan mempengaruhi kebiasaan dan akhirnya membentuk karakter tentang siapa dirimu.

Inspirasi Dari Adam – Peserta America’s Next Top Model

sell your attitude - jual diri kamu inspirasi dari antm
Adam – Peserta America’s Next Top Model

Kita ambil contoh dari reality show yang saya ikuti (again), yaitu America’s Next Top Model. Di season 21 kemarin, salah seorang pesertanya adalah Adam. Sejak awal pengiriman video audisi, dia sudah menyebutkan kalau dia adalah seorang party goer yang suka sekali minum. 

Dan ternyata selama perjalanan pencarian ini, dia terus melakukannya. Hingga akhirnya Tyra mengatakan bahwa jika dia tidak berubah, tidak seorang pun yang akan merekrut dirinya.

Tyra mengatakan hal itu di salah satu episode, di mana Adam minum banyak sebelum pemotretan (bahkan selama pemotretan). Saat penilaian oleh juri, dari jarak 2 meter, Tyra dapat mencium bau alkohol dari Adam. Dan di sinilah titik balik bagi Adam.

Baca Juga: Inspirasi Dari America’s Next Top Model – Lenox

Perjuangan Adam Menjadi Model

Perjuangan menjadi seorang model tidaklah mudah. Begitu banyak model bertebaran di luar sana, sehingga untuk memastikan bahwa dirinya dipilih dalam pemotretan atau acara fashion show, seorang model harus stand out, sama seperti kita menjual diri kita.

Dan bagi Adam, minum adalah hal biasa, namun berbahaya bagi masa depannya sebagai model (jika dia tidak merubah kebiasaannya). Teman-teman seperjuangannya, Keith dan Will mendukung Adam untuk berubah.

Keith berkata, “nobody will hire you, even though you are good in modeling but your attitude will affecting their judgement” sedangkan Will mengingatkan bahwa Adam tidak seharusnya bersembunyi di balik minum, jadilah pribadi yang menarik tanpa minum, hadapi masalah dan berkembang bersama masalah itu.

Apakah Adam berhasil pada akhirnya? Yup… dia berhasil. Dia memutuskan bahwa perkataan Tyra adalah peringatan keras baginya dan dia harus melakukan sesuatu untuk itu. Dan akhirnya, dia berhasil masuk 3 besar (finalis) di season ini.

Sell Your Attitude – Ini Cara Jual Diri  Terbaik

sell your attitude - jual diri kamu inspirasi dari antm
Gambar dari sini

Yes… let’s sell our attitude, the good one. Menjadi orang yang lebih menonjol dibandingkan dengan pesaing kita yang lain. Inilah saat kita menunjukkan kalau kita ini lebih dibandingkan pesaing lainnya.

Kelebihan bisa dari kemampuan teknis terkait yang kita jual dan juga dari sikap kita sebagai pribadi.

Saya ambil contoh lagi seorang yang ingin menjadi travel’s writer di antara sekian banyak traveler di dunia saat ini, sikap yang ditunjukkan seorang traveler penyuka warna hijau ini sangatlah baik.

Dia mau mendengarkan kisah hidup orang yang ditemuinya dalam perjalanan dan membaginya dalam tulisannya. This is a plus point dan alasan kenapa saya menantikan tulisannya.

Lain lagi dengan si bapak satu anak ini yang suka menulis, dia juga menunjukkan a plus attitude in his daily life. Kita bisa membacanya dari tulisan-tulisannya. Semua mencerminkan nilai tambah dari dia tersebut. Dan orang senang membaca dan mungkin nanti berkonsultasi dengannya (Amin).  Atau yang ditunjukkan oleh para mentor BEC, yang bersedia berbagi tanpa pamrih dengan anggotanya.

Jangan sekali-sekali beranggapan bahwa “Ini adalah saya… dari sononya saya sudah begini. Jadi…” No… attitude dapat dikembangkan. Seperti Adam, dia menunjukkan kalau dia bisa merubahnya. Jadi kenapa kita tidak? Kita sell your attitude – jual diri kita yang terbaik – dengan kemampuan dan sikap kita.

Let’s sell our best attitude. It’s never too late to change. If you feel you need to change, CHANGE now! Or forever be in silence. 

Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

68 Replies to “Jual Diri Kamu – Sell Your Attitude – Kalau Mau Sukses”

  1. Betul mas Ryan, dalam jual pakaian jg begitu.. Walau yg dijual pakaian, tapi attitude dan the whole package si penjualnya juga ngaruh banget.. Thanks for sharing mas!

      1. Semua keren dahh. Tukang sampah juga keren. Kalo gak ada tukang sampah kita udah mati kena penyakit tiap hari. Hahahahha. #bersyukur. Sorry gue sihh yg mancing bilang keren :d #

  2. Oooowh, love this article so much. Bukan karena ada linknya loh hahaha. Tapi bener banget deh kalo attitude itu penting banget banget bangettt..

  3. Tadi sempat salah paham dengan frasa “jual diri”-nya, Mas, hehe.
    Saya jadi sadar setelah membaca ini kalau attitude itu penting banget tapi bisa diubah dan diperbaiki.
    Kayaknya saya mesti introspeksi diri nih… masih banyak attitude jelek saya yang mesti dibenahi :huhu

      1. justru kalo sudah pro , attitudenya harus selalu dijaga mas Ryan. least, to show that we really really proffesional. good behaviour and attitude also good words.

      1. Mmmm, mungkin kita harus peka sama org dikeliling, bukan mau cari perhatian tapi lebih ke bersikap peduli sama orang lain. Selalu bilang makasih kalo dapat bantuan org lain, bilang maaf kalo kita udah bikin orang gak nyaman. ya manner dijaga, nggak hanya sama orangtua tapi sama anak-anak jg harus bagus manner-nya biar jadi contoh yg baik.

      2. Mantap sharingnya.
        Jadi inget. Smlm lg kerja di resto fast food. Ada grup emak2 ngumpul. Anak2nya dibiarinin aja lari2an. Kejar2an. Ambil sedotan semua. Mikirnya ini ibu2nya gak ngajarin ya? Mereka cuek aja ngobrol terus.

    1. Dah tahu dari bulan lalu sih kalau Keith yang menang. Karena penasaran Lennox menang apa gak. Hehehehe. Trs smlm n td pagi dah ntn finalnya. Hahaha.

      Makasih ya dah baca.

      1. Hahahaha. Abis pilihannya di rmh starworld aja. Hahaha.

        Iya. Adam tuh bener2 gak terduga. Dr awal kan dia yang bener2 gak diperhitungkan. Keith juga makin ke sini turun. Eh pas di Korea naik lagi.

      2. Wkwkwk.
        Iyaa, tapi Adam sering menang best shoot. Aku kira dia bakal dikeluarin gara2 kebiasaan minumnya parah banget. Tapi keren sih, top threenya cowok semua. Nunggu cycle 22, semoga semenarik ini!

      3. Eh Adam tuh baru di akhir loh menang best photo.
        Kalau Keith mnrtku menang krn challenge score deh. Dia kan sering menang challenge tuh.

        22 akan gimana ya. Dah baca yang soal Lennox blm? Dah pernah sy tulis juga. Trs msh ada satu draft terkait Tyra nya. Hahahaha

      4. Pas topless, terus mulai menang lagi pas di Korea ya…?
        Wkwk tiap challenge bagus, apalagi pas bikin iklan produk Tyra, walaupun Keith suka ga selaras sama Yu Tsai.

        Cycle 22 semoga… Lebih rame. Belum bacaaa!

  4. Kalau hendak dilirik di pasar yg akan membeli keahlian kita, menjaga attitudes wajib hukumnya ya Mas. Bukan yang buruk dibungkus cantik, tapi harus cantik dari dalam 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *