fbpx
tips interview kerja atau wawancara agar lolos

Tips Interview Kerja

Tips Interview Kerja – Berapa banyak yang sudah menghadapi interview kerja? Gimana rasanya? Gugup? Takut? Keringat segede gaban mengucur dengan deras? Bagi yang kenal saya – setidaknya mengetahui track pindah kerja saya – mungkin akan bilang: ‘kalau lo sih enak ya. Sudah pengalaman.’

tips interview kerja atau wawancara agar lolos

Kenyataan Dalam Wawancara Kerja

Setiap interview, tetap saja gugup. Coba saja tanya ke rekan lain. Berapa kali pun interview, akan tetap gugup. Kenapa? Karena gak pernah yang namanya interview dengan orang yang sama (LoL).

Jadi gimana dong ngatasi kegugupan saat interview?

Persiapan yang matang untuk wawancara kerja – itu yang terpenting. 

Persiapan mental dan juga persiapan fisik sangat penting untuk mengatasi rasa gugup saat interview kerja. Mungkin lebih susah dalam hal persiapan mental daripada persiapan fisik ya, namun bisa disiapkan semuanya kok. Kan sayang dah bikin CV menarik dan dipanggil, eh gagal pas wawancara kerja

Baca juga: Tips Membuat CV yang Menarik

Tips Interview Kerja Biar Lolos Tahap Berikutnya

Tips wawancara kerja saya ini berdasarkan apa yang saya lakukan selama ini dan juga pengalaman saat saya menjadi yang wawancarai ya. Beberapa hal saya perhatikan dan seringkali menjadi hal penting buat saya dalam memutuskan apakah calon karyawan itu saya terima apa gak.

Persiapan Fisik Untuk Wawancara

Setidaknya, yang paling pertama itu, yang saya bilang di atas – persiapan fisik. Fisik di sini terkait dalam beberapa hal sih, dari segi penampilan dan juga kesiapan diri kita secara luar. Berikut beberapa hal yang saya perhatikan:

Busana Atau Pakaian Yang Rapi

tips interview kerja atau wawancara agar lolos
Kalau lagi mau wawancara, tolong perhatikan busana atau pakaian kita. Jangan datang ke tempat wawancara dengan sandal jepit (ekstrem bangetnya). First impression itu sangat penting untuk menanamkan kesan tertentu pada orang yang akan mewawancarai kita. Nah yang dilihat pertama kali, sudah pasti tampilan kita.

Pakaian yang rapi – tidak perlu dasi (kecuali diminta secara khusus) menurut saya tidak masalah, yang penting rapi. Jangan datang dengan pakaian yang belum disetrika.

Parfum Dan Juga Wajah

Salah satu dalam persiapan fisik yang menurut saya cukup penting adalah parfum, terutama yang jam wawancaranya itu sore atau mungkin memakan waktu lama (wawancara kerja plus test mungkin) dan juga mereka yang memiliki masalah dengan bau badan. Jangan sampai yang wawancara kita tidak nyaman dengan bau badan kita dan ingin buru-buru mengakhiri wawancara kita.

Wajah – yang penting rapi. Rambut jangan terurai berantakan (terutama yang wanita), kalau bisa pakai ikat kepala gitu. Untuk yang pria, jangan lupa rapikan kumis dan jenggot. Potong rambut dulu juga bagus kok.

Bawa Yang Dibutuhkan

Saya kategorikan ini dalam persiapan fisik, yaitu dokumen yang diminta untuk dibawa serta saat waktunya interview kerja. Hal ini jangan sampai lupa ya. Sudah diingatkan untuk membawa sesuatu tapi kitanya tidak ingat, aduh… tanda tanya besar itu.

Yang lainnya adalah alat tulis, termasuk di dalamnya sih notes kalau untuk saya pribadi dan kalkulator. 😀 Bagaimana pun juga, pas wawancara, kita harus siap segalanya. Jangan sampai nanti kitanya malu sendiri karena tidak bawa alat tulis yang dibutuhkan.

Persiapan Mental Untuk Interview Pekerjaan

Kesannya serem ya kalau bicara soal persiapan mental gini. Hehehe. Tapi biar gak gugup saat wawancara kerja dan akhirnya mempesona si pewawancara kerja dan lolos tahap berikutnya, kita itu harus bisa mengambil kesan baik. Kita sebisa mungkin harus PD saat proses wawancara berlangsung.

Nah berikut ini yang menurut saya harus disiapkan agar merasa PD saat wawancara – makanya saya kategorikan dalam persiapan mental wawancara.

Baca juga: Artikel – Agar Jadi PD

Cari Tahu Tentang Perusahaan

tips interview kerja atau wawancara agar lolos
TEPAT WAKTU ini sangat penting lohh – salah satu yang membuat kita makin PD kalau ON TIME

Fisik dah okey, tapi kemudian pas ditanya oleh yang wawancara, kita bengong gara-gara ditanya perusahaan yang sekarang memanggil, kamunya bengong. Ditanya garis besar soal perusahaan itu juga bengong. Yang seperti ini agak bahaya *banget*.

Saya pribadi saat wawancara dan bertanya apa yang kamu ketahui tentang perusahaan ini dan jawabannya tidak tahu, sudah mengurangi nilai calon karyawan di mata saya. Nah kalau dianalogikan dengan cinta, ini seperti kita lagi PDKT sama seseorang tapi kita tidak tahu orang itu seperti apa, latar belakangnya dan lainnya.

Baca juga: Jatuh Cinta

Tahu Tentang Diri Sendiri

Selain mengetahui tentang perusahaan yang kita lamar, kita pun saat wawancara kerja perlu tahu tentang diri kita sendiri. Siapa diri kita sudah pasti akan ditanyakan, karena mereka ingin tahu karyawan seperti apakah kita ini.

Apa Kelebihan dan Kekuranganmu

Apa Yang Kamu Harapkan Dari Pekerjaan Ini

Kedua hal di atas perlu banget diperhatikan saat kita ingin mencari kerja. Biasanya dua pertanyaan di atas itu yang paling sering diajukan oleh pewawancara. Persiapkan diri untuk pertanyaan seperti itu akan membangkitkan kepercayaan diri kita loh.

Baca juga: Mengenali Diri Sendiri

Hindari Perkataan Ini

Saya ikut standard di Perusahaan ini saja.

Yup, jangan ucapkan kalimat di atas jika kamu sedang diskusi masalah gaji yang diinginkan. Berikan nilai yang memang kamu inginkan – harga yang pantas untuk keahlian dan kemampuan kamu sebagai karyawan. Nah dalam hal ini harus hati-hati juga ya kalau menetapkan gaji yang diinginkan, jangan terlalu berlebihan dan meminta jauh di atas rata-rata industri.

Wawancara Kerja Itu…

Ya pada intinya sih memang wawancara kerja itu gak gampang, apalagi agar dirimu bisa lolos ke tahap berikutnya setelah wawancara ini. Saya sendiri berharap sih dulu ada yang namanya tips interview kerja biar saya sendiri gak gugup dan lolos seperti ini, tapi dulu kan gak bisa GOOGLING aja… O iya, jangan lupa ya untuk: ‘Be yourself’ 

 

68 Comments

  1. Pingback: Sell Your Attitude | The Foot Steps... 12 Februari 2015
  2. tujuhdua 24 Mei 2013
    • ryan 24 Mei 2013
  3. metamocca 23 Mei 2013
    • ryan 23 Mei 2013
      • utie89 23 Mei 2013
      • metamocca 23 Mei 2013
  4. duniaely 23 Mei 2013
    • ryan 23 Mei 2013
      • duniaely 23 Mei 2013
      • ryan 24 Mei 2013
      • duniaely 24 Mei 2013
      • ryan 24 Mei 2013
      • duniaely 24 Mei 2013
      • ryan 24 Mei 2013
  5. duniaely 23 Mei 2013
    • ryan 23 Mei 2013
  6. tinsyam 23 Mei 2013
    • ryan 23 Mei 2013
      • utie89 23 Mei 2013
      • ryan 23 Mei 2013
      • utie89 23 Mei 2013
      • ryan 23 Mei 2013
      • utie89 23 Mei 2013
      • ryan 23 Mei 2013
      • utie89 24 Mei 2013
      • ryan 24 Mei 2013
      • utie89 24 Mei 2013
      • ryan 24 Mei 2013
      • utie89 24 Mei 2013
      • ryan 24 Mei 2013
      • tinsyam 23 Mei 2013
      • ryan 23 Mei 2013
      • tinsyam 23 Mei 2013
      • ryan 23 Mei 2013
  7. DianRuzz 23 Mei 2013
    • ryan 23 Mei 2013
      • DianRuzz 23 Mei 2013
      • ryan 23 Mei 2013
  8. Danni Moring 23 Mei 2013
    • ryan 23 Mei 2013
      • Danni Moring 23 Mei 2013
      • ryan 23 Mei 2013
      • ryan 23 Mei 2013
      • Danni Moring 23 Mei 2013
  9. nyonyasepatu 23 Mei 2013
    • ryan 23 Mei 2013
      • nyonyasepatu 23 Mei 2013
      • ryan 23 Mei 2013
      • nyonyasepatu 23 Mei 2013
      • ryan 23 Mei 2013
      • utie89 23 Mei 2013
      • ryan 23 Mei 2013
      • nyonyasepatu 23 Mei 2013
  10. hadisome 23 Mei 2013
    • ryan 23 Mei 2013
      • Frenky 18 Juli 2013
      • Ryan 18 Juli 2013
  11. utie89 23 Mei 2013
    • nyonyasepatu 23 Mei 2013
      • ryan 23 Mei 2013
      • utie89 23 Mei 2013
      • ryan 23 Mei 2013
      • utie89 23 Mei 2013
      • nyonyasepatu 23 Mei 2013
      • Yoshi 23 Mei 2013
      • ryan 23 Mei 2013
      • utie89 23 Mei 2013
      • nyonyasepatu 23 Mei 2013

Leave a Reply