fbpx
review website tomodachi photography

Review Website Tomodachi Photography

Apa yang diharapkan dari sebuah website photography? Pertanyaan ini  saya lontarkan di Path saya beberapa waktu lalu karena saya ingin tahu apa sih yang dicari orang pada umumnya. Selain itu juga untuk kepentingan review website Tomodachi Photography ini.

Yang terpikir oleh saya sendiri saat ingin melakukan review website Tomodachi Photography ini adalah bagaimana website ini adalah alat pemasaran bagi Tomodachi Photography. Hal ini salah satu dasar dalam review website Tomodachi Photography kali ini.

Review Website Tomodachi Photography – Kriteria Dasar Website

Selayaknya sebuah website memiliki beberapa kriteria minimal atau kriteria dasar yang perlu diperhatikan. Versi saya antara lain adalah tampilan website, navigasi website, dan mobile friendly website. Coba kita teliti satu per satu ya.

Tampilan Website Tomodachi Photography

review website tomodachi photographySecara tampilan website, Tomodachi Photography telah menggunakan tampilan website yang sederhana namun elegan. Tidak terlalu ramai dengan pernak-pernik hal yang sering membuat mata kita pusing saat membuka sebuah website, seperti website berita yang super cepat per detik itu.

Logo Tomodachi Photography sendiri sudah menjadi satu icon yang eye-catching sekali untuk para pengunjung. Mereka bisa merasakan nuansa Jepang dalam logo tersebut. Warna background putih menampilkan kesederhanaan namun elegan. Seperti itu nilai yang tertangkap dari tampilan website Tomodachi Photography ini.

 

 

Navigasi Website Tomodachi Photography

Website Tomodachi Photography sudah menyediakan menu navigasi berupa Home, Galery, Contact Us, FAQ dan About Us.

Navigasi website Tomodachi Photography – Home

review website tomodachi photographyDi homepage website Tomodachi Photography ini kita bisa melihat 5 buah foto hasil mereka. Foto terbaik mungkin yang dipasang di sini, namun foto-foto itu sudah cukup menarik orang untuk mengenal lebih lanjut. Di bawah foto slider ini terdapat icon untuk sharing seperti Facebook, Twitter, Google +, Pinterest dan Email. Lagi-lagi dengan 5 icon sharing di antara demikian banyak aplikasi sharing yang kita bisa gunakan saat ini.

Di sebelah icon sharing itu terdapat icon sosial media Tomodachi Photography, yaitu Akun Facebook  Tomodachi Photography. Akun Twitter yang mengarah pada akun twitter J_Jmanis – yang mana adalah photographer di balik Tomodachi Photography ini. Akun Instagram Tomodachi Photography dan juga Pinterest yang mengarah pada akun Pinterest JJHaruki.

Di bagian akhir homepage website ini terdapat banner empat komunitas yang diikuti oleh Tomodachi Photography ini. Hal ini sangat bagus mengingat photographer handal juga dapat dilihat dari lingkungan di sekitarnya dan komunitas yang diikutinya. Namun sayangnya, ke-4 icon ini mengarah pada Halaman Yang Tidak Terdaftar di website ini (Error 404).

Navigasi website Tomodachi Photography – Gallery

review website tomodachi photographyGallery menampilkan portofolio Tomodachi Photography, dengan persetujuan masing-masing klien tentunya. Portofolio foto ini juga dapat kita sortir berdasarkan kategori foto yang kita inginkan, yaitu Wedding, Pre Wedding dan Family Portrait. Sayangnya untuk Family Portrait masih belum ada contohnya.

Untuk navigasi gallery ini masih ada yang mengganggu saya. Yaitu yang pertama adalah url gallery. Pada saat kita klik Gallery, website akan membuka url tomodachiphotography.com/blog/ namun pada saat kita memilih kategori yang ada, url akan berubah ke tomodachiphotography.com/baliweddingphotographer/category.

Navigasi website Tomodachi Photography – Contact Us, FAQ dan About Us

Ketiga nagivasi berikutnya adalah  halaman contact us, yang berisikan alamat dan nomor kontak dari Tomodachi Photography serta form contact yang dapat diisi oleh mereka yang ingin menghubungi Tomodachi Photography ini. Saya tidak mencoba mengisi dan submit form ini sehingga tidak dapat mengetahui apakah validasi inputan diterapkan di form ini atau tidak.

Dalam halaman FAQ berisikan daftar pertanyaan yang sering ditanyakan oleh calon klien kepada Tomodachi Photography termasuk mengenai biaya. Biaya yang dikenakan oleh Tomodachi Photography memang tidak dicantumkan dalam website namun inquiry langsung dengan mereka.

Halaman About Us berisikan latar belakang dari Tomodachi Photography itu sendiri. Apa yang sebenarnya mendasari mereka membentuk Tomodachi Photography.

 

 

Mobile Friendly Website Tomodachi Photography

review website tomodachi photography mobile friendly testSalah satu hal yang perlu diperhatikan dalam sebuah website belakangan ini adalah kemampuan website tampil secara mobile. Dengan MobileGeddon yang dikeluarkan oleh Google sebagai salah satu faktor penilai website, tentunya hal ini juga harus diperhatikan oleh Tomodachi Photography.

Berdasarkan hasil review mobile friendly website Tomodachi Photography menggunakan MobileFriendly test dari Google, website Tomodachi Photography sudah mobile friendly. Namun saat saya query ada beberapa jeda yang mengakibatkan Google membacanya sebagai error. Hal ini mungkin dikarenakan putusnya koneksi ke server hosting secara sementara waktu saja. Karena pada saat scan kedua kali, tidak ada error tersebut.

Review Website Tomodachi Photography – Pemasaran

Seperti yang sudah saya tuliskan di atas, website Tomodachi Photography ini adalah salah satu alat pemasaran yang vital. Diharapkan dari website ini dapat menarik calon klien yang memang membutuhkan jasa fotografi untuk wedding, pre-wedding ataupun untuk kegiatan lainnya.

Dalam review website Tomodachi Photography ini, ada beberapa point pemasaran yang ingin saya angkat, yaitu:

Product

review website tomodachi photography
Tidak ada action button di homepage website Tomodachi Photography

Sudah jelas bahwa produk yang dijual di website Tomodachi Photography adalah jasa fotografi. Di halaman About Us, FAQ dan juga Gallery sudah terlihat jasa fotografi yang disediakan oleh Tomodachi Photography. Namun terdapat ketidak-konsistenan antara satu halaman dengan halaman lainnya.

Misalnya di halaman About Us disebutkan bahwa foto modelling adalah salah satu jasa yang disediakan. Namun pada halaman FAQ tidak menyebutkan hal ini. Memang masalah ini tidaklah signifikan dalam salah mengarahkan klien atau calon klien, tapi keselarasan semua halaman dirasa cukup penting.

Price

Memang sudah disebutkan dalam website bahwa harga tidak dicantumkan karena tiap klien dapat memilih jasa yang diinginkan. Dan tentunya hal ini mempengaruhi harga yang dikenakan. Dari survey kecil yang saya lakukan, ternyata pencantuman harga di website photography tidaklah suatu keharusan. Jadi apa yang dilakukan di website Tomodachi Photography sudah benar.

Place

Dalam website Tomodachi Photography, disebutkan kalau lokasinya adalah Bali, Lombok dan sekitarnya. Bisa juga sesuai keinginan klien dan di halaman About Us, disebutkan juga kalau salah satu fotografernya tinggal di Jepang sehingga dapat juga untuk jasa fotografi di Jepang. Keselarasan lokasi dalam tiap halaman website juga perlu diperhatikan.

Promotion

Sebagai salah satu alat pemasaran, website Tomodachi Photography seharusnya mampu menunjukkan pemasaran itu, yaitu dengan mengajak pengunjung untuk mengambil tindakan segera saat berada dalam salah satu halaman. Misalnya saja, pengunjung sedang berada di halaman About Us dan tertarik untuk mencari tahu lebih detail, tidak ditemukan satu tombol yang memungkinkan pengunjung untuk melakukannya segera. Pengunjung harus membuka halaman Contact Us untuk dapat melakukannya.

Inputan dari Hasil Review Website Tomodachi Photography

Setelah melakukan review website Tomodachi Photography, berikut ada beberapa masukan dari saya untuk perbaikan, semoga berguna:

  • Memperhatikan error yang ditemukan dalam review website Tomodachi Photography ini. Terutama Error 404, harus disiapkan redirection ke halaman yang cocok ataupun menyiapkan satu halaman khusus untuk Error 404 ini.
  • Untuk social media icon yang dipasang, mohon dipertimbangkan agar semua adalah akun Tomodachi Photography, kecuali jika memang hanya JJHaruki seorang-lah yang ada di balik Tomodachi Photography ini.
  • Jika disepakati untuk mengganti social media icon dalam point dua, tambahkan profile fotografer yang ada di Tomodachi Photography dengan biodata singkat serta social media masing-masing.
  • Pada Homepage, ada baiknya dilakukan perbaikan atas error icon community yang diikuti oleh Tomodachi Photography.
  • Masih pada Homepage, ada baiknya menambahkan website lain yang memuat Tomodachi Photography seperti bridestroy.com (http://www.bridestory.com/tomodachiphotography/reviews)
  • Ada baiknya menambahkan satu halaman sharing pengalaman dari para klien yang sudah pernah dilayani oleh Tomodachi Photography
  • Dilakukan perbaikan untuk url website, terutama untuk url gallery. Dapat menggunakan tools dari Google Webmaster Tools untuk mengecek url baik bermasalah ataupun struktur website.
  • Dari sisi pemasaran melalui website Tomodachi Photography, perlu dipertimbangkan action button di setiap halaman yang memudahkan pengunjung untuk melakukan kontak. Beberapa cara adalah dengan menambahkan button Contact Us dalam widget ataupun link aktif di halaman tersebut.
  • Pastikan hosting yang digunakan siap selalu dalam membantu setiap kejadian.

Jadinya panjang juga review website Tomodachi Photography ini. Moga tidak bosan membacanya ya.

***

 

6 Comments

  1. dani 25 Juni 2015
    • Febriyan 25 Juni 2015
  2. nyonyasepatu 25 Juni 2015
    • Febriyan 25 Juni 2015
      • nyonyasepatu 25 Juni 2015
      • Febriyan 25 Juni 2015

Leave a Reply