fbpx
review film in the heart of the sea indonesia

Review Film In The Heart Of Sea

Sebuah film yang mengangkat kisah nyata di balik buku yang menginspirasi lahirnya cerita Moby Dick. Moby Dick sendiri adalah sebuah buku fiksi karya Herman Melville yang terbit tahun 1851. Sering juga disebut dengan The Whale. Terus bagaimana dengan review film In The Heart Of The Sea ini?

Plot Cerita Film In The Heart Of The Sea

review film in the heart of the sea indonesia
Itu tuh… monsternya

Kisah film ini berdasarkan kisah dari buku berjudul In The Heart Of The Sea: The Tragedy of the Whaleship Essex. Buku karya Nathaniel Philbrick yang berkisah tentang perjalanan sebuah kapal penangkap ikan paus. Kapal bernama Essex ini berlayar dengan kapten George Pollard dan Kelasi kelas 1 (asisten) bernama Owen Chase dengan tujuan mendapatkan minyak ikan.

Awal perjalanan sendiri sudah menjadi drama tersendiri, di mana posisi kapten tidak diberikan kepada Owen Chase yang berpengalaman. Tapi diberikan kepada George Pollard hanya karena dia keturunan keluarga nelayan. Keduanya pun bersaing mendapatkan tempat di mata para kru kapal.

Tapi perjuangan sebenarnya baru dimulai di pertengahan perjalanan, di mana mereka bertemu dengan monster laut terkuat yang pernah ada. Kisah tentang Essex inilah yang membuat Herman Melville mendatangi salah satu kru yang selamat untuk bukunya Moby Dick.

Cast & Crew

Film ini disutradarai oleh Ron Howard yang sudah terkenal dengan Beautiful Mind, sebuah film jenius kalau menurut saya. Dengan bintang berkelas seperti Chris Hemsworth sebagai Owen Chase, Tom Holland sebagai Thomas Nickerson muda, Cillian Murphy sebagai Matthew Joy, Ben Whishaw sebagai Herman Melville.

review film in the heart of the sea indonesia
Chris Hemsworth – ini belum kurus loh

Chris Hemsworth kita sudah kenal sebagai pemeran Thor di film pahlawan super keluaran Marvel. Sedangkan Tom Holland adalah pemeran terbaru Spiderman di Captain America: Civil War (2016) nanti dan juga di film terbaru Spiderman Reboot (masih belum ada judul).

Baca juga: Review Film The Avengers Age of Ultron

Cillian Murphy mungkin diingat akan perannya di The Dark Knight sebagai scarecrow. Sedangkan Ben Wishshaw sendiri terkenal dalam film Parfume, Skyfall dan juga Cloud Atlas. Deretan pemeran film In The Heart of The Sea ini salah satu jaminan film ini.

Review Film In The Heart Of Sea: Siapa Monster Sebenarnya

review film in the heart of the sea indonesia
Kenal ini siapa?

Seperti yang tertulis dalam plot film ini di atas, di tengah perjalanan, kru kapal ESSEX ini bertatap muka dengan monster laut yang menghancurkan kapal itu berkeping-keping (ini spoiler gak ya? tapi di awal film juga sudah disebut sih).

Film ini diawali dengan pertemuan Herman Neville dengan Thomas Nickerson. Neville ingin mendapatkan cerita sebenarnya dari kejadian kapal Essex tersebut dari satu-satunya orang yang masih hidup. Dan Nickerson menjawab dalam kutipan berikut:

Old Thomas Nickerson: The tragedy of the Essex is the story of men. And a Demon.

Tragedi Essex sebenarnya adalah kisah tentang manusia dan iblis. Siapakah iblis yang dimaksudkan sebenarnya sudah bisa tertebak dari judul film dan juga plot cerita, tak lain ikan paus.

Siapa Iblis (Monster) Sebenarnya

Saat menonton film ini, yang terpikir oleh saya awalnya adalah petualangan di kapal yang biasa saja. Tidak akan ada yang spesial, kecuali bagaimana cara menangkap ikan paus dan mendapatkan minyak ikan paus tersebut.

review film in the heart of the sea indonesia
Si pemeran Spiderman terbaru nih

Tapi ternyata, saat bertemu dengan monster di lautan itulah saya merasakan berbeda. Film ini adalah film perjalanan hidup. Sebuah perjalanan hidup yang harus dilalui oleh setiap manusia. Pertarungan antara manusia melawan iblis rasanya memang sudah ada sejak dulu kan?

Di film ini juga kita akan melihatnya. Saya pun teringat akan film Life of Pi yang kurang lebih mirip dengan kisah ini. Bedanya dalam Life of Pi adalah petualangan satu orang (akhirnya), tapi di sini adalah petualangan satu kru kapal.

Sebuah pertanyaan yang saya rasa pantas ditanyakan pada akhir menonton film ini adalah:

Siapakah monster sebenarnya: Manusia atau Ikan Paus itu?

Kekuatan Film Ini: Totalitas Para Aktor

Saya juga salut dengan perjuangan para aktor yang super. Mereka semua rela demi peran masing-masing dalam film ini untuk tampil sekurus papan. Semua sangat total dalam film ini dan membawa kita saya menikmati film ini. Saya jadi teringat dengan apa yang dilakukan oleh Tom Hanks dalam Castaway.

Nilai Akhir Review Film In The Heart of The Sea

review film in the heart of the sea indonesia
Penulis Moby Dick – Ceritanya…

Secara keseluruhan, saya sangat menikmati sekali film In The Heart Of The Sea ini. Sebuah film yang patut ditonton. Tapi jangan bersama anak-anak ya. Kalau dari Lembaga Sensor, ditulis film ini untuk Remaja. Dan lagi-lagi kemarin itu saya lihat anak yang masih kecil (beberapa pula).

Baca juga: 5 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Nonton Di Bioskop

Untuk mengakhiri review film In The Heart Of The Sea ini, seperti biasa saya akan memberikan rating saya sendiri, yaitu 4,5 dari 5 bintang. Nilai di IMDB sendiri untuk film ini 7.6 dan di Rotten Tomatoes: 63%. Agak berbeda memang penilaian saya dengan yang ada di kedua website review film dunia itu.

Ini karena saya sangat menikmati film-film tentang pencarian jati diri, dan itulah yang saya tangkap dalam film ini. Jadi, apakah review film In The Heart of The Sea versi saya ini menggoda kalian untuk menonton?

25 Comments

  1. rys 24 Agustus 2017
  2. lianny hendrawati 15 Desember 2015
    • Febriyan 15 Desember 2015
  3. Dedy Agustian 11 Desember 2015
    • Febriyan 11 Desember 2015
  4. Dedy Agustian 11 Desember 2015
    • Febriyan 11 Desember 2015
  5. Lidya 9 Desember 2015
  6. Adelina 8 Desember 2015
    • Febriyan 8 Desember 2015
      • Adelina 8 Desember 2015
      • Febriyan 8 Desember 2015
  7. ria angelina 8 Desember 2015
    • Febriyan 8 Desember 2015
  8. bukanrastaman 8 Desember 2015
  9. Gustyanita Pratiwi 8 Desember 2015
  10. lovelyristin 8 Desember 2015
    • Febriyan 8 Desember 2015
      • surathelda 17 Desember 2015
      • Febriyan 17 Desember 2015
  11. mrs muhandoko 8 Desember 2015
    • Febriyan 8 Desember 2015

Leave a Reply