fbpx
local brand lebih keren dengan smesco dukungan pemerintah untuk ukm

Local Brand Kalah Dibanding Produk Luar #SMESCONV

Local brand kalah dibanding produk luar, kalau menurut kalian gimana? Saya pribadi sih masih meyakini local brand lebih keren dibandingkan produk luar. Dan tentunya gak kalah dengan produk luar. Gak sedikit produk lokal yang menurut saya memiliki kualitas gak kalah bagusnya dengan produk luar sana.

local brand lebih keren smesco dukungan pemerintah untuk ukm
Background picture by Nurul Noe

Sebut aja Batik. Coba siapa yang punya batik coba? Secara internasional aja udah dikenal sebagai warisan budaya Indonesia. Saya sih bakalan kaget kalau ada merk luar sana yang memasarkan batik ini. Batik adalah produk lokal kita dan memang sudah seharusnya kita kembangkan agar go international gitu.

Local Brand Lebih Keren

Memang untuk saat ini, brand-brand lokal untuk batik ini masih dipegang oleh beberapa pengusaha ternama Indonesia, seperti merk Batik Keris. Tapi banyak sekali pengusaha batik di Indonesia yang juga berusaha membuat batik ini untuk lebih terkenal dan membuat local brand yang lebih keren lagi.

Sebut saja, salah satu teman di Path saya, Gielang. Jejaka (masih gak ya) asli Garut ini aktif banget dalam memperkenalkan batik dengan brand AcukLa2ki melalui Instagram dan juga media online lainnya seperti path, line dan juga twitter. Saya sendiri sebenarnya lupa bagaimana bisa kenal dengan anak muda keren ini. Tapi satu yang saya lihat dan kagumi adalah semangatnya memperkenalkan dan memperjuangkan local brand miliknya ini.

A photo posted by AcukLa2ki (@acukla2ki) on

Mohon jangan salah fokus, lihat batiknya yak. Jangan lihat orangnya – lirik blogger princess satu itu. Modifikasi yang dilakukan untuk batik-batiknya ini menurut saya cukup keren dan membuat batik menjadi lebih trendi.

Dunia UKM Indonesia

Nah, Gielang ini sebenarnya sudah bisa digolongkan sebagai calon pengusaha, dia menjalankan Usaha Kecil Menengah (UKM). Dan sebenarnya Gielang juga mengalami yang namanya kesulitan sebuah UKM dan local brand lainnya adalah bersaing dengan brand internasional yang menyerbu Indonesia dalam era global ini.

Dukungan Masyarakat dan Pemerintah Untuk UKM Indonesia

Dukungan masyarakat dan pemerintah terhadap dunia UKM tentunya sangat dibutuhkan dalam hal ini. Dukungan dari masyarakat bisa dalam berbagai bentuk, salah satunya seperti yang dilakukan oleh duo travel blogger ini yang mengenalkan Local Brand melalui tulisan mereka. Atau ya dengan membeli produk lokal.

Satu hal yang sering saya temui soal beli membeli produk lokal adalah bahwa produk lokal itu harganya mahal. Dulu saya pun juga berpikir gitu. Daripada saya beli produk lokal dengan harga segitu, kenapa saya gak beli produk luar sekalian? Sekarang coba deh baca tulisan dari Mbak Katerina ini, betapa susahnya membuat satu kain songket.

You spend more time, materials, and other resources – means more cost – and it will make the price higher also. The question you need to answer is actually – is the quality worth for the price you pay?

Dalam sisi ini, pengusaha yang bergerak dalam bidang UKM ini pun juga harus berpikir ulang, bagaimana menghasilkan produk berkualitas bagus dengan harga yang lebih terjangkau. Yang harus diingat adalah Kualitas Barang Harus Nomor 1.

Pemerintah sendiri juga memegang peranan dalam mendukung Local Brand dari UKM-UKM ini. Salah satunya dengan pemasaran produk-produk UKM ini. Saat ini, tepatnya sejak Maret 2007, sebenarnya pemerintah telah membentuk satu lembaga, yaitu SIC – Smesco Indonesia Company. Tujuan dari lembaga ini adalah membantu mempromosikan produk-produk unggulan Indonesia.

Di SMESCO ini ada gallery UKM yang menampilkan beragam local brand yang keren dan gak kalah dengan brand luar sana. Coba saja lihat dua produk lokal yang ada di Gallery UKM SME Tower ini.

Keren kan dukungan pemerintah untuk Dunia UKM Indonesia ini? Setidaknya itu yang terlihat dari yang menjadi tujuan dibentuknya SMESCO. Kalau mau tahu lebih detail mengenai Gallery UKM di SMESCO ini sendiri bisa baca di sini atau rangkuman tentang SMESCO di bawah ini:

local brand lebih keren - smesco dukungan pemerintah untuk ukm
Tentang SMESCO

Cara Local Brand Bersaing Di International

Jadi, menurut saya pribadi sih, local brand lebih keren dari produk luar atau brand luar, terutama untuk yang mengusung tema budaya local seperti batik. Atau juga produk dan jasa local seperti wisata Indonesia. Kita harusnya bangga dengan Wonderful Indonesia atau Pesona Indonesia. Banyak banget lokasi yang keren dan dicari oleh wisatawan asing. Baca deh Lokasi Diving di Indonesia Yang Patut Dikunjungi yang ditulis oleh Mbak Indah.

Yang perlu diperhatikan adalah bagaimana kita, sebagai warga negara Indonesia mendukung Brand Local ini untuk bersaing dengan brand luar dan juga dukungan pemerintah. Dukungan pemerintah lebih luas juga mencakup infrastruktur, kebijakan ekonomi dan juga stabilitas keamanan untuk masyarakat. Semua itu juga diperlukan agar Koperasi Dan Usaha Kecil Dan Menengah di Indonesia bisa berkembang dan berjaya.

Kalau penasaran pendapat blogger lain tentang Local Brand Lebih Keren atau gak, bisa baca tulisan Mas Bartzap di Netizen Vaganza di Rumah Kreatif Bangsa. Dia menampilkan daftar lengkap siapa saja yang menulis tentang #SMESCONV ini.

PS: Makasih ya Mbak Nurul untuk foto Sepatu Batik dan Radio Cawang Klasik.

34 Comments

  1. Joko Saputra 24 April 2016
  2. evrinasp 23 Oktober 2015
  3. Katerina 21 Oktober 2015
    • Febriyan 21 Oktober 2015
  4. BaRTZap 21 Oktober 2015
    • Febriyan 21 Oktober 2015
      • BaRTZap 21 Oktober 2015
      • Febriyan 21 Oktober 2015
      • BaRTZap 21 Oktober 2015
      • Febriyan 21 Oktober 2015
      • BaRTZap 21 Oktober 2015
  5. BaRTZap 21 Oktober 2015
    • Febriyan 21 Oktober 2015
      • BaRTZap 21 Oktober 2015
  6. Sashy Nunieks 21 Oktober 2015
    • Febriyan 21 Oktober 2015
  7. Anisa AE 21 Oktober 2015
    • Febriyan 21 Oktober 2015
  8. dani 21 Oktober 2015
    • Febriyan 21 Oktober 2015
  9. Noe 21 Oktober 2015
    • Febriyan 21 Oktober 2015
  10. Yulia 20 Oktober 2015
    • Febriyan 21 Oktober 2015
  11. rainyrannynny 20 Oktober 2015
    • Febriyan 20 Oktober 2015
  12. Eni Lestari 20 Oktober 2015
  13. mrsmuhandoko 20 Oktober 2015
    • Febriyan 20 Oktober 2015
  14. Gara 20 Oktober 2015
    • Febriyan 20 Oktober 2015

Leave a Reply