fbpx
Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

Inspirasi Dari Tokopedia Roadshow 2015 Jakarta

2 min read

inspirasi masa depan dari tokopedia roadshow 2015

10 Oktober 2015 –  Saya berkesempatan belajar banyak dari orang-orang keren di dunia. Di acara Tokopedia Roadshow 2015 Jakarta kemarin itu, saya belajar setidaknya dari 4 (empat) orang yang super. CEO Tokopedia – William Tanuwijaya, Stand up comedian – Arie Keriting, yang super keritingnya, Blogger – Alitt *Shitlicious* dan juga Mas Rizky, seller di Tokopedia. Apa kesamaan antara ke-empat orang hebat ini? Mereka sama-sama menginspirasi dalam meraih masa depan yang lebih baik.

Saya sendiri tahu soal acara Roadshow Tokopedia (yang terkenal dengan Ciptakan Peluangmu) ini dari Puji – sang isterinyaeri. Dia post di blognya waktu itu dan ya langsung daftar aja. It’s free – nothing to lose kan? Pas dateng dan mengikuti acaranya? Gak ada ruginya buat saya malah dapat banyak untungnya, banyak inspirasi dari acara ini.

Inspirasi Meraih Masa Depan

Siapa juga yang gak mau masa depan yang lebih baik? Tul gak? Saya sendiri mau banget masa depan yang jauh lebih baik lagi. Tapi pertanyaannya: masa depan seperti apa yang kita inginkan. Seperti yang dikatakan oleh Stephen R. Covey, pengarang 7 Habits – kita harus tentukan dulu mau seperti apa. Itu inti dari Habit ke 2. Kalau kita sendiri, yang menjalani hidup kita, gak tahu mau dibawa ke mana hubungan hidup ini, gimana kita bisa mencapai sesuatu itu?

Pak William Tanu misalnya, dia dulu ini juga pekerja kantoran kok seperti kita, tapi dalam benaknya dia sudah terpikir “sesuatu” yang harus dia lakukan. Begitu juga dengan Mas Rizky, walau dengan perlahan merencanakan masa depan impiannya itu, tapi dia selalu berusaha menciptakan peluangnya dan terus berusaha. Sempat terbaring lemah, tapi tidak berhenti berjuang.

Demikian juga dengan Mas Alitt dan Mas Arie, keduanya pun berjuang untuk masa depan yang lebih baik. Dalam benak mas Alitt misalnya, pas awal ngeblog dia itu mulai dengan tujuan nulis diari aja. Tapi lama-lama kok kayaknya bagi informasi ke orang lain seru juga. Mulailah dia menulis soal Mahasiswa Abadi dan ternyata banyak yang suka. Lanjutlah dia sampai akhirnya terbit bukunya itu. Dia berbagi informasi dengan sedikit humor, tak jauh beda dengan Mas Arie Keriting.

Lewat stand up komedi yang dia lakukan dia berusaha berbagi. Mengenalkan berbagai informasi di sela-sela candaannya itu. Seperti yang dia praktekkan langsung di acara, menyebut nama sponsor di sela-sela wawancara itu. Pada awalnya dia juga gak kepikir jadi komedian. Tapi pas akhirnya jadi stand up komedian, dia pun melihat peluang dan akhirnya mengambilnya, yaitu menjadi stand up komedian keriting.

inspirasi masa depan yang lebih baik
Moto Hidup Dari Pembicara di Tokopedia Roadshow 2015 Jakarta. Background image by D’Mullete Photography

Ciptakan Peluangmu Dan Terus Berjuang

Kesamaan dari ke-4 orang di atas adalah sama-sama bermimpi setinggi mungkin yang mereka bisa dan sama-sama ciptakan peluang mereka sendiri untuk menggapai mimpi mereka itu. Mereka itu gak OMDO tapi benar-benar melakukannya dengan penuh perjuangan.

Misalnya saja dari Mas Rizky, saya merasa perjuangannya dalam hidupnya itu bukan permainan belaka. Menganggur setahun lamanya, kemudian apa saja dilakukannya mulai dari ngamen, jualan pulsa bahkan mulung pun dilakukannya. Sempat juga stress hingga tidak dapat bergerak dari tempat tidurnya.

Di saat itulah, dia mendengar doa sang ibu – percaya gak dengan doa seorang ibu? Di sanalah dia sadar bahwa dia harus terus berusaha. Hingga akhirnya MESTAKUNG hadir dan dia pun mulai merintis usahanya. Hingga saat ini dia menjadi salah satu top seller di Tokopedia.

Dia pun belajar banyak, mulai dari pentingnya penampilan hingga akhirnya bagaimana mendapatkan kepercayaan yang diperlukannya untuk bisnis online seperti ini. Sadly, but he admitted that people do see from the outside. Pengalamannya mengajarkan bahwa penampilannya dengan gadget terbaru dan juga kendaraan itu berguna banget untuk mendapatkan kepercayaan orang lain.

Dari sana, dia berusaha dan terus berusaha. Melihat peluang yang ada dan terus juga mengembangkan jaringan. Hingga akhirnya dia bisa seperti sekarang ini. Setidaknya sekarang dia bisa membahagiakan keluarganya.

Tokopedia Roadshow 2015

Ya intinya sih, saya belajar banyak dari Tokopedia Roadshow 2015 ini. Belajar tentang masa depan, tentang perjuangan hidup, tentang bisnis, dan lainnya. Dan jangan takut buat yang di luar Jakarta, ToPed Roadshow 2015 ini akan beredar kok. Berikut ini jadwalnya – apa kotamu didatangi juga?

masa depan di tanganmu bersama tokopedia roadshow 2015
Jadwal Tokopedia Roadshow 2015 – Background picture from Tokopedia

O iya, barusan baca lagi post-nya Puji, ternyata pendaftaran Tokopedia Roadshow 2015 di Solo sudah dibuka loh. Coba deh klik link yang ada di blognya Puji – See You On Solo ini. Pertanyaannya sekarang, apa mimpimu? Apakah sudah siap meraih masa depan yang lebih baik?

 

Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

26 Replies to “Inspirasi Dari Tokopedia Roadshow 2015 Jakarta”

  1. Menginspirasi juga buat sayah hehehe, Aku belum sempet nulis nih. Kita belum sempet ketemu juga yaa mas hehehe. next time yaaa mas ryan …

  2. Saya suka sekali dengan idiom “ciptakan peluangmu!”, menandakan optimisme dan semangat, bahwa kesuksesan dan peluang itu harus dicapai lewat gerakan aktif, tidak menunggu saja. Kreatovitas dan produktivitas. Salut buat tokopedia!

  3. Makasih buat postingan ini ya Mas, sangat menginspirasi. Terlalu banyak yang harus kita syukuri, terlalu sedikit yang mesti kita keluhkan karena selalu ada yang lebih sial daripada kita, tinggal kitanya saja mau mencoba apa tidak. Terus berusaha, jangan menyerah, jangan merasa terbebani. Hm, makin yakin dengan prinsip itu, soalnya contohnya semakin banyak :)).

      1. mesti gara gara ke solo inget diriku yak..udah daftar mas, tinggal nunggu konfirmasi email nih …(sambik mainin keyboard) :))

  4. Thank you Mas Ryan, udah dibikinin blog dan udah dateng juga. See you in other events ya. Dan semoga bener – bener terinspirasi 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *