fbpx
resep bolu ketan hitam

Kue Bolu Ketan Hitam

Siapa yang suka ketan hitam? Saya pasti ngacung deh ditanya gitu. Pas kemarin di Liberia, susah sekali cari ketan hitam. Salah satunya karena saya tidak tahu bahasa Inggrisnya apa. Ada yang tahu gak? Kalau kacang hijau sih ketemu (mong beans – lucu ya). Nah jadi selama 9 bulan di sana (November’13 – Juli’14) saya gak sentuh ketan hitam. Hiks.

Begitu sampai rumah, salah satu yang saya minta dibuatkan ya ketan hitam. Saya sendiri sih dah bisa juga bikin bubur ketan hitam, tapi pengen manja aja sama mama saya. 😛 Pokoknya, selain tempe dengan segala olahannya, ketan hitam jadi yang saya incar begitu balik. Sampai saya sendiri bosan sih makannya.

Baca juga: My favorite Indonesian Food

Karena bosan, akhirnya saya minta mama saya untuk gak buat bubur ketan hitam lagi. Pas pengen makan lagi, eh kakak saya bawa pulang tepung ketan hitam. Teman kantornya, ada yang jual tepung ketan hitam dalam kemasan. Jadi tinggal pakai.

Awalnya sih bingung mau pakai untuk apa, tapi ternyata di bungkusnya sendiri ada resepnya. Resep Bolu Ketan Hitam Kukus. Gampang ternyata bikinnya, mirip kayak bikin bolu biasa. Apalagi ini cukup dikukus aja. Berikut ini resep lengkap Bolu Ketan Hitam:

Bahan:

1 Bungkus Tepung Ketan Hitam

200 gram mentega

250 gram gula pasir (sesuaikan selera boleh aja)

6 butir telur

Bahannya dikit kan? Gak perlu banyak macam. Nah satu alat yang dibutuhkan adalah mixer. Bisa saja pakai whisker tapi pasti lebih lama.

Cara Membuat:

Untuk persiapan:

  1. Lelehkan mentega dan dinginkan. Jangan dibuang bungkus menteganya, masih kita bisa pakai untuk olesan di loyang biar tak lengket.

  2. Mixer

  3. Loyang – olesi loyang dengan mentega dan beri sedikit tepung agar mudah dilepas nanti kuenya.

  4. Panaskan kukusan – mama saya pakai panci diberi air bagian bawahnya.

Mari kita buat bolu:

  1. Campur gula dan telur.

  2. Aduk hingga menyatu dan berubah menjadi agak putih seperti saat membuat adonan bolu. Kecepatan mixer maksimal ya. Kayak foto ini nih.

resep bolu ketan hitam
Campuran telur dan gula
  1. Campurkan tepung ketan hitam dan mentega cair secara perlahan, sambil terus diaduk (kecepatan mixernya tolong diturunkan biar tepungnya tidak beterbangan). Aduk hingga merata.

  2. Tuang adonan ke dalam loyang.

  3. Kukus selama 45 menit.

Nah simpel kan cara bikinnya. Nanti kalau sudah matang tinggal dikeluarkan dan siap disajikan. Saya sendiri suka tanpa hiasan apa-apa sih.

resep bolu ketan hitam
Ini dia Bolu Ketan Hitam Kukus – bukan buatan saya

Pertama kali makan sih biasa aja. Ini jujur ya. Tapi bikin pengen makan lagi dan lagi. Akhirnya kan ada olahan lain ketan hitam, selain dibuat bubur. Yayyy. Gimana mau mencoba? Kalau mau beli tepung ketan hitamnya, bisa hubungi:

Vivin di 085890702395

O iya, ini resep kedua yang saya tulis setelah resep Cheese Cake No Bake kemarin. Kalau yang kemarin itu kan saya yang full buat, kalau yang ini saya hanya bantu aduknya saja. Kalau bikin bolu memang saya sukanya bagian mixing, terus nanti adonan mixingnya suka saya jilatin. Hahaha. Kok bisa enak ya, padahal tepung, gula dan telur, gak ada yang matang kan.

Bisa dibaca di sini nih: Resep Cheese Cake No Bake 

Kalau kalian punya olahan makanan favorit gak? Yang beda dari yang biasa dimakan, biar gak bosen gitu?

59 Comments

  1. mixer roti 26 Agustus 2017
  2. Orin 27 Juni 2015
    • Febriyan 27 Juni 2015
  3. Ninik Setyarini 21 Mei 2015
    • Febriyan 21 Mei 2015
  4. Ami 21 Mei 2015
    • Febriyan 21 Mei 2015
  5. Senyum Perawat 19 Mei 2015
    • Febriyan 20 Mei 2015
    • Febriyan 19 Mei 2015
  6. Wien 19 Mei 2015
    • Febriyan 19 Mei 2015
      • Wien 19 Mei 2015
      • Febriyan 19 Mei 2015
      • Wien 19 Mei 2015
      • Febriyan 19 Mei 2015
      • Wien 19 Mei 2015
      • Febriyan 19 Mei 2015
  7. nengwie 18 Mei 2015
    • Febriyan 18 Mei 2015
      • nengwie 18 Mei 2015
  8. winda puspita 18 Mei 2015
    • Febriyan 18 Mei 2015
  9. arbiyanti 18 Mei 2015
    • Febriyan 18 Mei 2015
      • arbiyanti 18 Mei 2015
      • Febriyan 18 Mei 2015
      • arbiyanti 18 Mei 2015
      • Febriyan 18 Mei 2015
      • arbiyanti 18 Mei 2015
      • Febriyan 18 Mei 2015
      • arbiyanti 18 Mei 2015
      • Febriyan 18 Mei 2015
  10. Arman 18 Mei 2015
  11. Firman 17 Mei 2015
  12. GloryGrant 17 Mei 2015
    • Febriyan 17 Mei 2015
      • GloryGrant 17 Mei 2015
      • Febriyan 17 Mei 2015
      • GloryGrant 17 Mei 2015
      • Febriyan 17 Mei 2015
  13. Ira 17 Mei 2015
    • Febriyan 17 Mei 2015
      • Ira 17 Mei 2015
  14. Indi Sugar 17 Mei 2015
    • Febriyan 18 Mei 2015
  15. Ajeng Sari Rahayu 17 Mei 2015
    • Febriyan 17 Mei 2015
    • Febriyan 17 Mei 2015
  16. Faris 17 Mei 2015
    • Febriyan 17 Mei 2015
      • Faris 17 Mei 2015
      • Febriyan 17 Mei 2015
  17. bemzkyyeye 17 Mei 2015
    • Febriyan 17 Mei 2015

Leave a Reply