fbpx
Homemade Cheese Cake with Coffee

Membuat Homemade Cheese Cake

Ada yang bilang kalau cowok masak itu aneh, tapi nyatanya banyakan koki ternama (setidaknya yang saya lihat di acara TV itu cowok). Jadi tak apa dong kalau kita saya membuat kue. Sebenarnya sih sudah bulan lalu bikinnya, setelah membaca posting di KacamataMia. Akhirnya ya bulan lalu berhasil buat Homemade Cheese Cake ala-ala.

Sebenarnya ini bukan pertama kalinya saya mencoba membuat Cheese Cake ini, tapi saat pertama kali membuatnya dulu itu gagal total. Gak berhasil sama sekali. Nah kemarin itu baca resepnya di blog Mia dan juga video youtubenya Gemma yang dicantumkan di blognya Mia itu, lebih sukses dari yang pertama. Resep yang ada di Mia itu sebenarnya Cheese Cake Non Bake Homemade. Dan ada beberapa perubahan yang saya buat saat membuatnya.

Resep Homemade Cheese Cake – Non Bake

Kenapa non bake? Karena lebih mudah, tinggal kocok terus simpan di freezer, kalau bake harus masukkan ke oven lagi. Hehehehe. Secara sayanya agak malas, jadi cocoklah resep yang non bake ini. Pada dasarnya resep ini terdiri dari beberapa bagian, yaitu bagian dasarnya, bagian isi (filling) dan bagian atasnya.

Bagian Dasar

Bagian dasar ini tuh adalah bagian remah-remah biskuitnya. Kalau Gemma menggunakan Oreo makanya dinamakan Oreo Cheesecake, sedangkan saya, sama seperti Mia menggunakan biskuit Marie biasa. Yup, biskuit marie yang bisa dibeli di mart mana saja dekat rumah.

Untuk membuat bagian dasar ini hanya diperlukan dua bahan saja, biskuit dan butter cair. Cara bikinnya juga gampang kok. Hancurkan biskuitnya tambahkan butter hingga bahannya bisa dibentuk. Itu aja. Menghancurkannya bisa benar-benar sampai halus atau dibuat kasar-kasar dikit. Kalau saya sih lebih suka yang agak kasar dikit. Terus butternya gak usah banyak-banyak ya. Yang penting cukup untuk membuat biskuitnya bisa dibentuk saja.

Kalau sudah, taruh bahan dasar ini di loyang yang ingin dipakai. Kalau dalam resep dan SANGAT DIANJURKAN adalah menggunakan yang diameternya 15 cm dan bisa dilepas punya. Sayangnya karena saya tidak punya yang ukuran itu, jadi pakainya yang lebih besar. Ratakan bahan dasar itu hingga loyang tertutup rata, lalu simpan dalam kulkas (jangan freezer ya).

Bagian Isi (Filling)

Nah kalau sudah selesai membuat bagian dasarnya itu, mari kita beralih ke bagian isian kuenya. Ini bagian terpenting nih kalau gagal, ya sudahlah. :d

Bahan yang dibutuhkan adalah:

  1. Cream Cheese
  2. Gula
  3. Vanilla esense
  4. Cream cair

Hanya itu saja sih yang dibutuhkan, nah saya memang tidak sebutkan jumlahnya karena memang disesuaikan saja dengan yang kalian inginkan ya. Saya sendiri seperti yang saya bilang, membuat perbedaan lagi, yaitu dengan membuat filling kopi…. yup sebagai penikmat kopi, saya ingin sekali bikin Coffee Cheese Cake dan kemarin itulah percobaan pertama saya dengan kopi.

Cara membuatnya gampang kok. Taruh cream cheese, gula dan vanilla esense hingga tercampur rata dan agak kaku. Setelah itu, tambahkan cream cair (ini yang saya tidak pakai kemarin, tapi masih bisa dibilang berhasil sih). Cream cair ini bisa dibeli di toko dairy, seperti yang dipakai oleh Mia yang merk Anchor. Setelah itu mix lagi sampai kaku.

Kalau dalam videonya, Gemma memasukkan oreo di bagian filling ini. Nah seperti yang saya bilang tadi, saya membuat Coffee Cheese Cake tapi dua layer, layer satu adalah yang biasa tanpa apapun, yang satu lagi saya masukkan kopi. Kopi yang saya pakai saat itu adalah Nescafe Classic. Dicairkan sedikit saja (tergantung seberapa yang kalian mau sih) dan aduk dengan sebagian filling. Tapi saya gak sarankan pakai yang merk ini sih, kalau bisa fresh grind coffee. Lebih enak.

Kalau sudah beres, tinggal masukkan filling ini ke loyang yang tadi kita simpan di kulkas. Setelah rapi adonan filling dimasukkan, kita simpan lagi deh ke kulkas.

Bagian Topping

Nah saya sendiri sih kemarin gak pakai topping, karena memang gak suka aja sih. Kalau dalam video, Gemma (dan juga Mia) menggunkanan topping coklat. Jadi siapkan coklat masak (dipatahkan ya, jangan utuh), terus cream cair yang sudah dimasak, dituang ke coklat itu. Tunggu dingin sebentar lalu aduk hingga coklat menyatu. Lalu ratakan coklat ini di atas kue. Simpan.

Disarankan sih untuk menyimpan sehari atau setidaknya 12 jam hingga siap dihidangkan.

Nah ini nih tampilan yang buatan saya. Kurang menarik ya? Gpp deh. Percobaan sendiri. hahahaha.

Homemade Cheese Cake
Cuma nambah hiasan Permen aja
Homemade Cheese Cake
Nah karena loyangnya besar, jadi gak tebal deh hasilnya

Kalau ingin baca dan lihat hasil buatannya Mia, bisa dicek di blognya yang ini nih: No Bake Cheese Cake. Di sana ada juga videonya Gemma, jadi bisa cek di sana.

37 Comments

  1. Gara 8 Mei 2015
    • Febriyan 8 Mei 2015
      • Gara 8 Mei 2015
  2. Beby 5 Mei 2015
    • Febriyan 5 Mei 2015
  3. Puji 4 Mei 2015
  4. tu2t widhi 4 Mei 2015
  5. coratcoretadiitoo 4 Mei 2015
    • Febriyan 4 Mei 2015
  6. ophi ziadah 4 Mei 2015
    • Febriyan 4 Mei 2015
  7. Orin 4 Mei 2015
    • Febriyan 4 Mei 2015
  8. joeyz14 3 Mei 2015
    • Febriyan 3 Mei 2015
  9. -n- 3 Mei 2015
    • Febriyan 3 Mei 2015
  10. damarojat 3 Mei 2015
    • Febriyan 3 Mei 2015
  11. Lia 2 Mei 2015
    • Febriyan 2 Mei 2015
  12. arip 2 Mei 2015
  13. liannyhendrawati 2 Mei 2015
    • Febriyan 2 Mei 2015
  14. nianastiti 2 Mei 2015
    • Febriyan 2 Mei 2015
  15. ichasyahfa 2 Mei 2015
  16. Ira 2 Mei 2015
  17. Mia 2 Mei 2015
    • Febriyan 2 Mei 2015

Leave a Reply