fbpx
Seri Keuangan: Kartu Kredit - Tips Menghadapi Kartu Kredit 1

Seri Keuangan: Kartu Kredit – Tips Menghadapi Kartu Kredit

Berikut ini sebenarnya post lama, cuma saya update lagi. Tidak sedikit pengguna kartu kredit berakhir dengan jeratan hutang yang melilit. Semua karena seakan lupa bahwa Kartu Kredit Adalah Hutang. Jadi saya share dalam tulisan ini adalah tips mengatasi hutang kartu kredit, berdasarkan pengalaman saya dan juga beberapa tips tentang kartu kredit dari teman blogger lainnya.

Baca juga: Tips Menggunakan Kartu Kredit Dengan Bijak

***

tips mengatasi hutang kartu kreditIlustrasi dari kehidupan nyata:

Puluhan wajah sumringah memenuhi salah satu mall yang sedang menggelar acara Late Night Sale di bilangan Sudirman Jumat kemarin. Beragam busana, aksesoris, parfum, gadget dan masih banyak lagi sepertinya tahu bahwa hari itu adalah waktu yang tepat memanjakan mereka dengan daya tarik mereka. Satu per satu para pengunjung mall itu mulai memasuki ruangan-ruangan dan sibuk memilih mana yang akan dibelinya.

Bagi para pengunjung, THR baru saja cair jadi tidaklah masalah. Jadi waktunya memanjakan diri. Let’s have a good time. Gitulah kira-kira yang tampak di mall itu Jumat kemarin. Sale hingga hari Minggu itu sepertinya memang ditujukan untuk memanjakan mereka yang baru saja mendapatkan THR.

Nah… yang jadi masalah adalah setelah berbelanja itu, tak sedikit yang kemudian mengeluhkan: ‘THR-nya kurang.’ Apakah kamu termasuk di dalam yang mengeluh itu? Mungkin gak kalau, sebenarnya bukanlah THR-nya yang kurang, karena diberi berapapun THR itu, hasilnya akan tetap sama saja. Dirasakan kurang, termasuk juga gaji bulanan, bonus tahunan, dan pendapatan lainnya yang diterima selama ini.

Apa Masalah Utama dalam Keuangan

Pengelolaan Keuangan – inilah yang menjadi kendala sebagian besar orang. Tidak sedikit yang tidak berhasil dalam melakukan pengelolaan keuangan yang baik. Berapa banyak dari kalian yang memiliki tabungan yang cukup untuk masa depan kalian dan keluarga? Apakah gaji yang diterima selama ini sudah dialokasikan dengan baik?

tips mengelola keuangan - menghadapi hutang kartu kredit
Banyak tawaran menarik loh dari Kartu Kredit Platinum

Kalau kalian termasuk yang menjawab tidak (seperti saya), artinya masih salah dalam mengelola keuangan yang baik. Saya sendiri bukan ahli keuangan ataupun financial planner yang keren itu, tapi saya mengalami dan paham kesulitan dalam mengelola keuangan. Ditambah lagi dengan adanya kartu kredit dan kemudahannya – yang seharusnya membantu orang dalam mengelola keuangan namun seringkali menjadi batu pemberat, seperti yang pernah saya alami.

Yup… saya pernah mengalami masalah dengan kartu kredit yang bukannya menolong, malah menambah beban keuangan saya dari waktu ke waktu. Pernah dong punya kartu kredit bank A, dan kemudian ditawari bank B, bank C, dan seterusnya hingga rasanya kok dompet itu kurang kalau tidak koleksi semua bank yang ada, apalagi dengan promo masing-masing bank yang berbeda-beda.

Satu yang saya ingin katakan di sini… kartu kredit hanya untuk mereka yang MAMPU mengendalikan diri untuk belanja dan MAMPU mengelola uangnya dengan baik. Karena pada dasarnya kartu kredit hanyalah sebuah alat untuk menambah beban jika kita tak pintar dalam menggunakannya. Kartu kredit hanyalah menunda pembayaran yang seharusnya dilakukan di bulan ini ke bulan berikutnya. Hanya itu… bukanlah penghapus beban pembayaran. Ini yang harus diingat semua yang memilikinya.

Baca juga: Syarat & Ketentuan Berlaku

Pengalaman Pribadi Terbelit Hutang Kartu Kredit

Bagi yang sudah memiliki dan mendapatkan masalah dengan kartu kredit ini, saya akan bagi pengalaman untuk memperbaiki yang ada. Saya memiliki 4 rekening kartu kredit saat itu. Dan semua memiliki limit yang tidak sedikit. Dan memegangnya membuat saya gesek, gesek, gesek dan gesek tanpa berpikir mengenai pembayarannya nanti. Inilah kesalahan pertama saya. Hingga akhirnya tagihan membengkak ke limit tertingginya.

Nah di sinilah masalah keuangan saya mulai tumbuh. Setiap bulannya saya membayar hanya sebesar tagihan minimum – which is only about 5 – 10% of the total, jadi kapan akan selesai semua tagihan itu? Nah, seperti yang saya tuliskan di tips menggunakan kartu kredit dengan bijak, jangan pernah membayar minimum payment only.

tips mengatasi hutang kartu kredit
Gunting Kartu Kreditnya Sekarang

Adakah yang mengalaminya juga? Sekarang? Saya sudah bebas dari 3 kartu, saya hanya menyimpan 1 kartu yang memberi saya kelebihan karena diskon saat membeli buku (tetep ya…).

Ok… ini tips mengatasi hutang kartu kredit dari saya untuk yang mungkin sedang mengalaminya:

  1. Hal paling pertama yang harus dilakukan adalah: keluarkan semua kartu kredit dari dompet kamu… sekarang juga. Jangan pernah bawa kartu kredit lagi dan kalau bisa potong semua.
  2. Telepon customer service kartu kredit yang kamu punya dan ajukan restrukturisasi (ceilah istilahnya) hutangmu. Jadikan semua cicilan tetap selama jangka waktu yang kamu mampu bayar. Tapi ingat. Di sini butuh komitmen! Setiap bank yang menerbitkan kartu kredit, restrukturisasi hutang kartu kredit ini pasti ada dan bagi mereka, hal ini lebih ok daripada hutang kita tidak dibayarkan sama sekali. Jadi teleponlah sekarang juga.
  3. Mulailah memilah semua kebutuhan bulanan dan kebutuhan tambahan. Bayar secara tunai. Untuk kebutuhan tambahan (non pokok, seperti gadget, liburan, dan lainnya), menabung. Jika memang kamu termasuk orang yang susah menabung, cicilan kartu kredit diperbolehkan tapi selalu hitung seberapa kemampuanmu setiap bulan. Jangan pernah sekali pun mengeluarkan uang lebih dari 1/3 gajimu.
  4. Cicillah barang yang kamu mau menggunakan kartu kredit temanmu. Kalau kamu menggunakan kartu kredit temanmu, tanpa kamu sadari, kamu akan berusaha untuk tidak menunggak kan? Dengan demikian kartu kreditmu aman dan kamu selalu membayar cicilanmu. Ingat sekali lagi, bahwa cicilan rutinmu itu harusnya jangan melebih 1/3 gajimu.
  5. Kartu kredit hanya digunakan untuk kebutuhan darurat. Ini yang penting. Contohnya untuk biaya rumah sakit. Jangan gunakan kartu kreditmu jika memang tidak diperlukan. Kembali ke nomor 3 – pilah kebutuhanmu.

Mudah-mudahan tips dari saya di atas dapat membantu mengatasi hutang kartu kreditmu. Jujur, saya gak bangga kok pernah terlibat dengan hutang kartu kredit. Tapi sekarang, saya lebih tenang dan senang dalam menjalani hidup ini dengan gaji saya. Setidaknya lebih tenang menjalaninya.

Mau tips keuangan lainnya? Tunggu ya… mudah-mudahan bisa posting lagi dalam waktu dekat. O iya… kalau ada yang mau berbagi tips tentang kartu kredit ini – monggo, ditunggu komennya.

Update:

Berikut ini tips dari Indah

Nabung, memposting masing-masing pengeluaran. Belajar me-manage keuangan. Tapi ini juga gak mudah sih, mas. Saya pun gak pernah bisa nabung rutin tiap bulannya. Adaaa aja yang dipake buat macam-macam.

Sekarang sih pola pikir aja yang diubah, mindsetnya yang mesti diganti. Saya mulai bikin skala prioritas, hal-hal apa yang mesti didahulukan. Barang apa yang memang penting dan harus dibeli terlebih dahulu. Gak mudah sih karena akan ada suara kecil yang bilang “duh, sayang kalo gak beli, diskonnya gede banget” tapi, ya, lagi-lagi diri sendiri harus kejam buat bilang “Gak bisa”. It’s hard but hey, it’s work for me.

Karena kalo gak kejam, bulan depan akan ada pengeluaran untuk menutupi kelebihan pengeluaran bulan sebelumnya. Duh, sayang banget.

Jadi bijaksanalah dengan uangmu. Jangan terlalu konsumtif. Kelilit hutang itu bikin gak bisa tidur. *curhat*

Tips dari Jonas:

Gini, utang itu wajar. Pebisnis besar pun utangnya juga miliaran, semua orang punya utang. Yang perlu diperhatikan adalah cara bayarnya musti elegan. Jangan semua gaji dipake bayar utang, salah satunya ya nelpon callcenternya minta diubah jadi cicilan tetap.

Trus pake CC satu aja usahakan diterbitkan oleh bank yg sama, misalnya punya rekening BCA ya udah pake CC BCA aja, jangan pakai mandiri dll supaya bisa autodebet bayar tagihannya. Dengan begitu kita bisa disiplin.

Tips dari Mas Teguh:

Untuk hal-hal yang berbau konsumtif, seperti pembelian gadget atau yang sejenis. Boleh dibilang pengeluaran yang dikeluarkannya bisa jadi jauh lebih besar, apalagi di saat memiliki kartu tanpa batas – kredit. :D

Sulit memang mas, karena me-manage uang agar pemasukan dan pengeluarannya tertata baik itu susah-susah gampang. Hehe.

Bagusnya sepertinya memang untuk barang-barang tertentu, instead of buying it with card, we save at least 10% of our income, and buy it when we have enough number to get that. :D

147 Comments

  1. arbiyanti 28 Agustus 2015
    • Febriyan 29 Agustus 2015
      • arbiyanti 29 Agustus 2015
      • Febriyan 29 Agustus 2015
  2. nana 28 Agustus 2015
  3. mysukmana 25 Januari 2015
    • Ryan 25 Januari 2015
  4. ahsanfile 23 Januari 2015
    • Ryan 23 Januari 2015
      • ahsanfile 23 Januari 2015
      • Ryan 23 Januari 2015
  5. Rahmah 23 Januari 2015
    • Ryan 23 Januari 2015
  6. capung2 23 Januari 2015
    • Ryan 23 Januari 2015
    • Ryan 23 Januari 2015
  7. Fredeva 22 Januari 2015
    • Ryan 22 Januari 2015
  8. noe 31 Juli 2013
    • Ryan 31 Juli 2013
      • noe 31 Juli 2013
      • Ryan 31 Juli 2013
  9. nopan 31 Juli 2013
    • Ryan 31 Juli 2013
  10. Rika Halida 31 Juli 2013
    • Ryan 31 Juli 2013
  11. Iwan Yuliyanto 31 Juli 2013
    • Ryan 31 Juli 2013
      • Iwan Yuliyanto 31 Juli 2013
      • Ryan 31 Juli 2013
      • Iwan Yuliyanto 31 Juli 2013
      • Ryan 31 Juli 2013
      • Iwan Yuliyanto 31 Juli 2013
      • Ryan 31 Juli 2013
      • Iwan Yuliyanto 31 Juli 2013
      • Ryan 1 Agustus 2013
      • Iwan Yuliyanto 1 Agustus 2013
      • Ryan 1 Agustus 2013
      • Iwan Yuliyanto 1 Agustus 2013
  12. Ilham 30 Juli 2013
    • Ryan 30 Juli 2013
  13. kebomandi 30 Juli 2013
    • Ryan 30 Juli 2013
  14. omnduut 30 Juli 2013
    • Ryan 30 Juli 2013
  15. mromi 30 Juli 2013
    • Ryan 30 Juli 2013
      • mromi 30 Juli 2013
      • Ryan 30 Juli 2013
  16. Yudhi Hendro 30 Juli 2013
    • Ryan 30 Juli 2013
  17. sonofmountmalang 30 Juli 2013
    • Ryan 30 Juli 2013
      • sonofmountmalang 30 Juli 2013
      • Ryan 30 Juli 2013
  18. abi_gilang 30 Juli 2013
    • Ryan 30 Juli 2013
      • abi_gilang 30 Juli 2013
      • Ryan 30 Juli 2013
      • abi_gilang 30 Juli 2013
      • Ryan 30 Juli 2013
      • abi_gilang 31 Juli 2013
      • Ryan 31 Juli 2013
  19. potretbikers 30 Juli 2013
    • Ryan 30 Juli 2013
      • potretbikers 30 Juli 2013
      • Ryan 30 Juli 2013
      • potretbikers 30 Juli 2013
      • Ryan 30 Juli 2013
      • potretbikers 30 Juli 2013
      • Ryan 30 Juli 2013
      • araaminoe 30 Juli 2013
      • Ryan 30 Juli 2013
  20. pursuingmydreams 30 Juli 2013
    • Ryan 30 Juli 2013
      • pursuingmydreams 30 Juli 2013
      • Ryan 30 Juli 2013
  21. duniaely 30 Juli 2013
    • Ryan 30 Juli 2013
    • wi3nd 30 Juli 2013
      • Ryan 30 Juli 2013
  22. araaminoe 30 Juli 2013
    • Ryan 30 Juli 2013
      • araaminoe 30 Juli 2013
      • Ryan 30 Juli 2013
  23. ibuseno 30 Juli 2013
    • Ryan 30 Juli 2013
  24. chris13jkt 30 Juli 2013
    • Ryan 30 Juli 2013
      • chris13jkt 30 Juli 2013
  25. kezia kainina 30 Juli 2013
    • Ryan 30 Juli 2013
  26. @endahya 30 Juli 2013
    • Ryan 30 Juli 2013
      • araaminoe 30 Juli 2013
      • Ryan 30 Juli 2013
  27. rayaadawiah 30 Juli 2013
    • Ryan 30 Juli 2013
      • rayaadawiah 30 Juli 2013
      • Ryan 30 Juli 2013
  28. johanesjonaz 30 Juli 2013
    • Ryan 30 Juli 2013
      • johanesjonaz 30 Juli 2013
      • Ryan 30 Juli 2013
      • johanesjonaz 30 Juli 2013
      • Ryan 30 Juli 2013
      • johanesjonaz 30 Juli 2013
      • Ryan 30 Juli 2013
      • johanesjonaz 30 Juli 2013
      • Ryan 30 Juli 2013
      • johanesjonaz 30 Juli 2013
  29. eda 30 Juli 2013
  30. ayanapunya 30 Juli 2013
    • Ryan 30 Juli 2013
  31. tinsyam 30 Juli 2013
    • Ryan 30 Juli 2013
    • Ryan 30 Juli 2013
  32. wi3nd 30 Juli 2013
    • Ryan 30 Juli 2013
      • wi3nd 30 Juli 2013
      • Ryan 30 Juli 2013
      • wi3nd 30 Juli 2013
      • Ryan 30 Juli 2013
  33. jampang 30 Juli 2013
    • Ryan 30 Juli 2013
  34. danirachmat 30 Juli 2013
    • Ryan 30 Juli 2013
  35. Indah 30 Juli 2013
    • Ryan 30 Juli 2013
      • Indah 30 Juli 2013
      • Ryan 30 Juli 2013
      • Indah 30 Juli 2013
      • Ryan 30 Juli 2013
  36. Teguh Puja 30 Juli 2013
    • Ryan 30 Juli 2013
      • Teguh Puja 30 Juli 2013
      • Ryan 30 Juli 2013
      • Teguh Puja 30 Juli 2013
      • Ryan 30 Juli 2013
      • Teguh Puja 30 Juli 2013
      • Ryan 30 Juli 2013
      • Teguh Puja 30 Juli 2013
      • Ryan 30 Juli 2013
      • Teguh Puja 30 Juli 2013
      • Ryan 30 Juli 2013
      • Teguh Puja 30 Juli 2013

Leave a Reply