fbpx
generasi mobile generasi y

Generasi Mobile

Kalau saya sebut sih generasi kita sekarang generasi mobile, atau yang biasa dikenal dengan Gen Y – Generasi Y. Apa-apa sekarang akses lewat hape. Gampang. Dan bisa di mana aja. Asalkeun ada jaringan. Blog aja sekarang diharuskan mobile kan?

Baca juga Mobilegeddon

Ngomong soal jaringan, pas pindah pertama kali ke Cibubur sini tuh ngalamin susahnya sinyal. Beneran. Pakai Indosat kan saya sudah lama ya. Sejak tahun 2004 an, Indosat jadi pilihan saya. Nomor pun gak ganti. Tapi pas di rumah? Uihhh. Biar sms bisa masuk harus taruh hape di atas lemari. Ini pas awal-awal pindah ke Cibubur. Jadi kalau mau sms masuk ya saya taruh atas lemari aja.

Smartfren juga sama aja jeleknya pas awal-awal. Begitu masuk kamar, ilang dah tuh jaringan internet. Jadi dulu di rumah mah diam aja. Jarang buka hape. Sampai orang kantor suka marah kalau ada sms gak saya baca. Ya kan hape indosat saya taruh atas lemari di ruang tamu biar dapat sinyal. Smartfren juga saya taruh di sana, sedangkan saya pan tidur bapak. Jadi ya… maafkan saja. Eh, tapi itu dulu ya, sekitar tahun 2011an, sekarang sih dah lancar jaya kok dengan keduanya.

Terus pas lagi di kos di daerah Slipi, sama aja. Mau Indosat kek. Simpati. XL. Semua sama aja. Yang agak stabil smartfren buat internetan. Kalau yang lain harus taruh atas kulkas. Hahahaha. Sekarang pun kalau main ke kos juga masih gitu. Ganggu kan yang pacaran jarak jauh kayak sayahhh. Pernah si dia ngomel gara-gara ini. ?

Apa Yang Dimaksud Dengan Generasi Mobile

Apa sih yang sebenarnya dimaksud dengan Generasi Mobile? Apakah generasi yang jalan-jalan mulu dengan mobil – ketawa please baca yang ini *maksa*. Ada beberapa yang menyebut Generasi Mobile ini dengan istilah Generasi Y, yaitu generasi yang melek akan teknologi, terutama internet. Dan sebagian besar dari mereka ini hidup dalam dunia internet tanpa batas. Sosial Media menjadi hal yang sering mereka ikuti. Twitter, Facebook, Path, Instagram adalah sebagian dari yang biasa mereka gunakan.

Google menjadi alat utama mereka untuk melakukan pencarian tentang apapun yang mereka tak tahu. Pikiran mereka sangat terbuka akan teknologi dan berpikir maju. Generasi Mobile ini benar-benar mengaktifkan istilah “dunia dalam genggaman”. Beda dengan saya, pas ujian dulu mah, mana ada tuh yang bawa hape dan googling *oops maaf kalau ada yang kesindir*.

Ada Apa Dengan Generasi Mobile

Lalu kenapa atau ada apakah dengan generasi mobile ini? Apakah generasi yang kurang baik? Gak kok. Sangat baik menurut saya. Karena memang kita harus berpikir lebih maju lagi. Jangan sampai ketinggalan. Coba saja kalau kita gak beradaptasi dengan baik. Kita akan ketinggalan informasi yang sedemikian cepatnya beredar. Gak percaya? Buka aja detik. Setiap detik memang akan ada berita baru untuk dibaca.

Terus kenapa dong saya nulis soal ini? Karena sekarang semua jadi nunduk. Nunduk ke handphone masing-masing. Kurang interaksi dengan sekeliling. Memang gak semua. Tapi kebanyakan seperti itu. Coba aja lihat postingan saya soal Look Up. Jangan sampai kehilangan kesempatan bagus dalam hidup hanya karena tertunduk pada hape. Seperti yang dishare oleh Mas Rinaldi dalam blognya kemarin nih:

apa itu generasi mobile atau generasi y

Tapi Generasi Mobile ini menurut saya itu keren banget. Beneran. Coba aja cek. Toko online. Semua rata-rata muncul karena Generasi Mobile ini. Siapa coba yang gak pernah belanja di toko online (online shop) entah pakai BBM, Whatsapp, Line atau instagram. Atau toko yang sudah terkenal kayak Lazzada.

Saya sendiri merasakan mudahnya dunia online, seperti memesan tiket online. Atau pesan barang lewat Lazzada itu. Tinggal buka aplikasi mobilenya. Cari yang mau dibeli. Bandingkan dulu. Terus pesen. Diantar barangnya deh. Kitanya cuma diam di rumah atau di kantor aja.

Lumayan kan buat yang di Jakarta yang serba macet atau saya yang di Cibubur yang juga macet parah ini. Cuma perlu browsing dikit. Pesen. Semua beres. Lewat aplikasi mobile.

Kalau kalian… Menurut kalian sendiri kalian ini generasi mobile apa gak? Bagus gak sih generasi mobile ini? Share yuk di sini.

25 Comments

  1. momtraveler 2 September 2015
    • Febriyan 2 September 2015
  2. edi padmono 2 September 2015
  3. arip 1 September 2015
    • Febriyan 1 September 2015
  4. dani 1 September 2015
    • Febriyan 1 September 2015
      • dani 1 September 2015
      • Febriyan 1 September 2015
      • dani 1 September 2015
      • Febriyan 1 September 2015
      • dani 1 September 2015
      • bemzkyyeye 1 September 2015
      • Febriyan 1 September 2015
  5. Arman 1 September 2015
    • Febriyan 1 September 2015
  6. adi pradana 1 September 2015
    • Febriyan 1 September 2015
  7. bemzkyyeye 1 September 2015
    • Febriyan 1 September 2015
  8. Uniek Kaswarganti 1 September 2015
    • Febriyan 1 September 2015

Leave a Reply