fbpx
Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

Buka Semuanya Aja

2 min read

positif dan negatif buka semuanya aja

‘Udah, gak usah pusing, buka semuanya aja.’ Kira-kira gitu kata seorang pria kepada temannya. Kalau kamu mendengar yang seperti itu apa yang terlintas dalam benak kalian? Kalau ini adegan sinetron saya tambahkan background suasana gang yang agak gelap dan jarang dilintasi orang.

Ayo… yang berpikir jorok siapa? Acungkan jari kalian. Hehehehe.Β Pemikiran orang itu bisa beda-beda akan situasi yang didengarnya. Bahkan kadang untuk situasi yang dilihatnya sendiri, pemikiran bisa membawanya ke berbagai kondisi.

buka semuanya aja
Jatuh tapi tetap cantik

Misalnya saja melihat seorang pria sedang menepuk-nepuk pantas seorang anak. Anak itu menangis. Ini terjadi di hadapan kita. Apa yang terlintas. Mungkin dalam benak kita, pria itu sedang memukuli anak kecil itu hingga menangis.

Padahal, bisa saja terjadi kalau anak itu terjatuh karena tadi lari tidak lihat ada lobang. Terus pria ini menghampiri dan membantunya berdiri. Melihat celana anak itu kotor, ditepuknya kotoran dari celana anak itu. Tapi anak itu sendiri masih sakit karena terjatuh. Jadi masih nangis.

Bisa terjadi kan? Memang hebat kok pikiran itu. Segala macam skenario dari satu kejadian sederhana bisa dikembangkan menjadi berbagai alternatif cerita. Saya pernah membaca buku, kayaknya pernah cerita sih, yang mana buku ini mengajak pembacanya berinteraksi.

Interaksi dengan buku? Caranya adalah memberi pertanyaan dengan dua pilihan jawaban. Setiap pilihan itu akan membawa pembaca ke halaman tertentu yang berlanjut terus hingga ending kisah. Kebayang gak, berapa banyak alternatif kisah yang tertuang di sana. Dari 1 menjadi 2 (pilihan) kemudian masing-masing menjadi 2 (pilihan lagi) artinya ada kemungkinan 2^2 kan. Terus hingga ending.

Power of Mind

Menurut saya itu bentuk nyata dari kekuatan pikiran. Nah kemarin, Dani agak kesal dengan saya di whatsapp. Akhir-akhir ini memang pikiran saya agak jelek nih. Negative. Pas dia bahas theme, saya bilang pusing ah. Ribet. Banyak ini itunya.

buka aja semuanya
Harus bisa seperti Lennox. Bangkit lagi dan menjadi yang teratas.

Pas bicara soal yang lain, saya cenderung bilang yang memang bikin malas dengarnya. Bangga? Gak banget. Pengen jitakin diri sendiri malah. Untungnya Dani nyadarin. Dia bilang kesel dengar saya ngomongnya kayak gitu. Belum apa-apa dah bilang malas.

Sama halnya dengan si dia. Dia juga sempat kesal dengan saya karena suka bilang malas. Capek. Pokoknya ngeluh. Gak banget deh – bertolak belakang sama tulisan-tulisan di TGFTD saya. Tapi ya itu kenyataan saya beberapa waktu belakangan.

Memang kondisi diri saya lagi gak fit plus beberapa keadaan lainnya bikin makin down. Tapi mereka menyadarkan saya kalau gak cuma saya doang kali yang seperti itu. Masing-masing menghadapinya. Tinggal gimana reaksi kita.

KEPLAK

Yup serasa dijitak aja kepala saya ini. Saya sering bilang MESTAKUNG. Power of mind itu ada tapi kok saya malah seperti itu ya. Saya memutuskan mengambil reaksi negatif dibandingkan reaksi positif atas apa yang saya alami.

Ya berpikir negatif itu efeknya bahaya. Bikin kita semakin down. Seriusan. Kayak pernah bilang males ngutak ngatik itu tools webmaster. Habisnya banyak banget. Dan hasilnya memang seperti yang saya bilang. Malesnya semakin menjadi. Sampai akhirnya gak menghasilkan apa-apa kecuali tabungan kemalasan dalam hidup saya.

Ah untungnya masih dikelilingi oleh orang-orang penuh semangat dan cinta seperti mereka. Mama semangat buka bazar membuat saya ikutan semangat buka bazar. Sekarang saya jadi kepikir kalau saya harus berubah.

Putar tangan ke atas sambil teriak BERUBAH – emangnya Kotaro.

Masalah dalam hidup memang ada, dan semua orang ngalamin. Tapi perbedaan reaksi menghasilkan hasil yang berbeda. Mau bereaksi positif atau negatif? Your choice.

Ini curhatan random dikit ya. Gpp kan? Ada yang pernah alami gak? Pikiran negatif dan juga tips menghadapinya gimana? Sharing dong. Biar jadi penyelamat saya juga nih.

NB: Ada yang berhasil nebak dua orang di awal itu ngapain sampai buka semuanya aja gitu?

Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

63 Replies to “Buka Semuanya Aja”

  1. Eh itu buku cerita jadi favorit aku tuuuuh yang tebak2 pilihan lanjut buka ke halaman berapa.. Seruy.. *eh fokusnya beda*

    Sering banget atuh negatif thinking. Apalagi jd IRT.. Tp belajar banyak ni dr suamik klo negatif thinking larinya ke sakit. Jd skg ya syukuri dan jalani hari ini dan saat ini..

    Jgn lupa bersyukur ya mas Ryan

  2. Human being deh, pasti ada masa2 down n random. πŸ˜‰ seneng ya punya tmn yg selalu ngingetin, yuk bangkit lg.

    Eh, buka semuanua? Maksudnua mgkin klo curhat jgn random, buka semua aja masalahmu apa sih, sampe mbikin seorang febriyan random πŸ˜‰

  3. pas aku baca “Buka ajah semuanya” yang terlintas langsung kata “Ngebeberin” menceritakan semua yang harus diceritakan gituhh hehehee… aku termasuk positif yah Kohh *ngaku sendiri*

  4. Pengalaman saya juga demikian mas? Hidup saya dulu sempat berantakan gara-gara pola pikirnya negative terus. Namun, suatu hari, saya bangkit dan pelan-pelan mencoba untuk berfikir positif. Alhamdulilah, sekarang badan agak lumayan gemuk. Saya juga percaya bahwa fikiran negative sangat mempengaruhi pola hidup kita. Meksi demikian, sepertinya memang saya belum menguasai betul cara menyingkirkan fikiran negatif. Dalam beberapa tulisan di blog saya, saya juga terkadang mencurahkan fikiran negative tersebut. Tapi setidaknya, saya selalu berusaha untuk tetap berfikir postif.

    Demikian, salam…

    1. Wah. Makasih mas sharingnya. Efek pikiran bisa sampai seperti itu ya.
      Menurut saya sih wajar mas kalau masih punya pikiran negatif. Hahaha.
      Makasih ya mas sekali lagi. Salam.

  5. Betul-betul…yg penting adalah how we react to the condition ya. SEMANGAT TPA ITU MUDAH! *ngomongsendiri haha
    hmm..kalo menurut saya sih 2 orang itu nemu kado, trus mereka sobek bungkusnya karena takut itu bom. Setelah dinyatakan aman, baru deh temennya bilang “udah, buka semuanya aja” untuk ngeliat isi kadonya lebih jelas πŸ˜›

    1. TPA – Positive Attitude. Tnya apa Nad? *garuk pala*
      Kalau dirimu gmn Nad ngatasi reaksi negative selama ini?

      Bisa jadi tuh. Buka kado.

      1. Bukan, tes TPA -Tes Potensi Akademik. Aku lg belajar itu belakangan, rencana mo lanjut d4 tahun ini semoga keterima. Titip doa ya Mas hehe
        Kalo aku biasanya ngatasinnya dgn mengingat magic spell kemarin dl, br stelah tenang lakukan apa yg bisa kita lakukan^^

  6. pernah banget ngalaminnya…
    terus dikeplak sama orang terdekat juga dengan kata-kata: “daripada capek-capek nguras energi buat mikir negatif, mending kerjain apa yang bisa dikerjain aja. Fokus ke beresin masalahnya”

    bener kata Gara, berpikiran negatif jg bisa ngaruh ke kesehatan mas Ryan…

    tetap semangat \m/

    1. Beruntung ya Ra masih ada yang ngeplak mengingatkan. Masih disayang kitanya. Hehehe.
      Iya Ra. Memang efek pikiran ke badan itu berasa banget.
      Btw apa yang dibicaran saat buka semuanya mnrtmu?

      1. kebayangnya, teman si pria ini tahu soal kkn di perusahaannya, terus dipaksa temennya buat ngebongkar masalah kkn itu πŸ˜€

  7. Mungkin lagi mau makan jagung rebus tapi orang yang satu lagi kepingin buka sedikit-sedikit saja supaya bisa disimpan lagi. Makanya disuruh buka semua :haha.
    Ya, itulah uniknya perspektif. Satu kejadian yang dipandang oleh beberapa orang bisa punya makna yang berbeda-beda banget :hehe. Yah, semua memang terserah pada pilihan kita, mau percaya yang mana, tapi mau percaya yang mana pun, semua punya plus dan minusnya masing-masing, punya konsekuensinya masing-masing, dalam takaran yang sama :)).

    Iya jangan berpikiran negatif! Pokoknya jangan. Kalau kebiasaan, bisa fatal dengan kesehatan. Soalnya dampaknya langsung ke hati *artikan juga secara harfiah ya Mas :haha*.

    1. *artikan harafiah* kayaknya perlu cek hati nih saya. Ah kamu bikin saya khawatir nih Gara.
      Seru cara pikirmu dengan jagung. Hahhaa. Bisa bisa.
      Gmn dong Gar biar gak mikir negatif?

      1. Saya cuma mengingatkan Mas :hehe :peace.
        Biar gak mikir negatif? Mikir positif, Mas. :haha *sangat tidak memecahkan masalah*.

      1. kok buka kartu sih? ini kan juga bisa menimbulkan persepsi yang berbeda. Kartu beneran apa suatu rahasia?
        enakan buka kado ajah
        *maksa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *