fbpx
Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

Bakti Sosial di Cengkareng

1 min read

bakti sosial di cengkareng

Duh, jangan pada bete ya kalau saya sering post soal ini. Bakti sosial. Sebelumnya saya pernah post soal program Helping di Manggrove – ini minggu kemarin dah jalan dan sukses. Makasih ya para donatur. Nah kali ini, ada satu kelompok anak muda yang akan mengadakan Bakti Sosial di Cengkareng nih.

Nama mereka adalah Batavia Young Philanthropist (BYP). Bakti Sosial ini akan diadakan pada tanggal 6 Juni 2015 besok. Rencananya akan melakukan bakti sosial ke Panti Werdha di Cengkareng. Ada yang mau ikutan? Ayo… Masih bisa kok ikutan.

Batavia Young Philanthropist

bakti sosial di cengkareng oleh byp
Batavia Young Philanthropist

Sebelum bahas detail mengenai bakti sosial di Cengkareng itu nanti, kita kenalan dulu ya dengan para orang hebat di balik BYP. BYP ini adalah kumpulan dari energi anak muda yang berasal dari berbagai macam profesi di Jakarta. Mereka memiliki kesamaan, yaitu ingin meringankan kesulitan Warga Jakarta dan sekitarnya.

Pada tahun 2013, tepatnya tanggal 14 Desember, mereka mengadakan bakti sosial pertama. Kala itu mereka mengambil tema “Berbagi Paket Senyum Kepada Petugas Kebersihan”. Dibagikan 194 paket sembako langsung kepada petugas kebersihan ibukota Jakarta ini. Sweet yak.

Saya sendiri berkenalan dengan kelompok ini akhir tahun lalu. Melalui postingan di path teman saya, ada kegiatan untuk berbagi bersama orang difabel. Ingat gak? Saya juga pernah post di sini. Yup… Yang ke Taman Safari. Pertama kali berkenalan dengan anak muda penuh energik. Energi mereka seakan membuat saya jadi muda kembali (maklum dah kakek-kakek).

Kegiatan kala itu adalah untuk edukasi masyarakat mengenai berbagai kondisi yang dihadapi para penyandang cacat sehari-hari. Dan benar-benar pengalaman luar biasa. Bahwa banyak fasilitas yang tidak mendukung, tapi semangat para sahabat difabel ini justru tidak menyerah. Mereka tidak sudah dikasihani. Perlakukan mereka sebagaimana biasa. Itu permintaan mereka.

Baca juga: Inspired By

Nah ternyata kegiatan yang saya ikuti tahun lalu itu adalah kegiatan ke-6. Bayangkan. Ke-6. Sayanya telat kenal dengan mereka.

Berbagi Senyum dan Bahagia Bersama PSTW Budi Mulia IV

Itu tema kegiatan ke-7 Batavia Young Philanthropist kali ini. Yup. Berbagi senyum dan bahagia bersama Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulia IV yang terletak di Cengkareng. Tujuan kegiatan kali ini adalah untuk berbagi dengan para penghuni panti.

Total penghuni di panti ini adalah 170 lansia. Dan pada saat survey, mereka melihat banyak di antara lansia ini dalam keadaan sakit. Kali ini BYP ingin mengajak untuk meringankan kebutuhan mereka yang banyak banget. Di antaranya adalah alat kebersihan, obat-obatan, juga ingin menghibur di sana.

bakti sosial di cengkareng
Seperti ini nih gambaran pantinya

Senyum itu kan simpel dan mudah dilakukan ya. Seperti yang sering dikatakan teman saya, cukup tarik bibir dua centi ke atas bersamaan kedua sisi aja dah cukup. Tapi berbagi senyum yang tulus dan berbagi kebahagiaan bersama itu…

Gak mudah kawan… beneran deh. Coba aja kalau lihat kondisi mereka. Mungkin akan ikutan terbawa sedih dengan kondisi mereka. Inilah yang diajak oleh BYP agar bisa mengajak mereka setidaknya merasakan bahwa mereka tidak sendiri.

Bagi yang ingin ikutan, bisa baca proposalnya di sini, sudah saya upload di google document saya. Kalau ada kesulitan membukanya, bisa kontak saya langsung ya.

O iya sebelum saya lupa…

Saya juga ingin bilang sekali lagi: Terima Kasih banyak untuk dukungan dan doa kalian. Acara tanggal 24 Mei 2015 kemarin di Mangrove berjalan lancar. Makasih ya sekali lagi.

 

Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

38 Replies to “Bakti Sosial di Cengkareng”

  1. Beberapa kali aku ketemu lansia, mereka tuh seneng bangett klo ada yg ngajak ngobrol.
    Kitanya ga usah ngomong banyak, hanya sediakan kuping hehe ..
    lansianya yg cerita2 melulu, senang mereka. Menurutku sih keinginan utama lansia ada teman ngobrol 😀 .

  2. Nggak apa Mas, kalau aku malah senang Mas Ryan sering post beginian, soalnya aku juga cuma ikut kontribusi kegiatan seperti ini di sekitar lingkunganku aja. Postingan seperti ini bisa menginspirasi buat para penggiat kegiatan sosial supaya terus semangat, selain itu pembaca blognya Mas Ryan jd bisa ikut daftar voluntary nih kalau pas waktunya senggang, bisa ikut nyumbang seikhlasnya dan paling nggak membantu mendoakan 🙂

  3. It’s very nice to see your participating in voluntary work helping those with disability and the elderly. A few years ago, I volunteered in community radio, producing and presenting programs for the youth community in Australia. Loved it when listeners told me they liked my radio shows. Sharing, yes, that’s the essence of volunteering.

    1. Ah I think I read about it on your profile. That’s the first time I knew you Mabel. And that’s what made me impress. Not many wants to do something like you do.

      1. Thanks, Ryan. I volunteered at the youth radio station for five years. Then I decided it was time to move on but it’s a time I will always remember. I wish I had more time to do volunteer work these days, but with a full time job and blogging on the side and writing my book, time is tight. I don’t know how you do it. You’re amazing.

      2. Wow. You are writing a book now? What is it about?
        I only coming when it is time to do the charity. Not all the time. When it is needed only.

      3. My book is about being an Asian person in Australia and finding confidence to be an artist. Fun and challenging times ahead. I’m sure if you had more time, you’d be doing more voluntary and charity work 🙂

  4. Haduh, saya tidak membantu apa-apa di acara di hutan bakau kemarin, jadi usah berterima kasih padaku, Mas :halah.
    Ya, saya pun terkesan dengan orang difabel. Mereka jauh lebih hebat daripada saya yang normal ini. Dan saya jadi berpikir, kalau mereka saja bisa demikian positifnya menatap hidup dengan semua keterbatasan itu, kok ya kita yang normal ini kadang sering mengeluh…

    1. Iya Gar. Mereka memang sangat hebat. Makanya kadang suka malu sendiri.

      kan dirimu bantu doa dalam hati – saya yakin Gara kan orangnya baik. Jadi pasti mendoakan.

  5. wah saya jadi keinget salah satu acara yang tayang tadi pagi. sama membahas tentang lansia juga. ada seorang fotografer wanita yang mencoba “menyamar” menjadi wanita lansia selama dua tahun yang hidup sendiri. dari hasil penyamaranya itu, ternyata orang-orang sama sekali tidak peduli dengan mereka (para lansia).
    kegiatanya mulia banget gan, sukses ya! dan semoga banyak orang yang terinspirasi dan turut berpartisipasi.

    1. Makasih mas doanya.

      Kayaknya saya pernah deh nonton. Di baratkah mas? Pernah nonton yang cowok jadi gembel gitu. Dicuekin juga gitu.

      1. hihihi.. pengen, boleh jg.. asal waktunya pas aja nih. masih ada balita 3 thn ini msh pilih2 acara dan waktu. rempong soale ga ada yg bs gantian jagain. kecuali papanya bs ikutan, kyk kopdar bec yg lalu hehe..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *