fbpx
5 Makanan Bulan Puasa Yang Dirindukan 1

5 Makanan Bulan Puasa Yang Dirindukan

Welcome Ramadhan – bulan Puasa dah tiba. Walau saya gak ikutan puasa, tapi suasana bulan Ramadhan tetap berasa. Jadi ingat makanan bulan puasa yang dirindukan nih. Dulu pas di rumah yang sebelumnya (daerah Matraman), setiap bulan puasa tuh saya seneng banget.

Senengnya karena ada satu pedagang gorengan di deket rumah pasti bakal bikin makanan khas bulan puasa. Makanan kayak gitu yang bikin saya merindu kayak Cici Paramida (langsung nyanyi sendiri jadinya nih).

Ini dia 5 Makanan Bulan Puasa Yang Dirindukan sampai sekarang:

1. Krupuk Mie dengan sambalnya

“Feb, lo yakin makan ginian? Pedes kan.” Itu kira-kira yang mungkin terlintas. Tapi beneran. Gak akan saya lewatkan namanya Krupuk Mie ini dengan sambalnya. Sambal kacang pedes manis asem. Uihhhhh.

makanan bulan puasa yang dirindukan
krupuk mie

Kan dulu saya tuh sekolah siang ya. Jadi pas pulang itu pasti satu yang saya tanya ke kakak. Tukang gorengan dah lewat belum. Terus beliin krupuk mie gak? Biasanya mereka dah beli tapi dihabiskan sama mereka sendiri. Huaaaa ? sayanya cuma gigit jari.

Entah napa sambal krupuk mie yang ini tuh bikin saya benar-benar lupa soal gak suka pedes. Ah kan ngeces sayah sekarang bayanginnya.

2. Macam-macam Gorengan

Gorengan sebenarnya sih memang tiap hari dia jualan. Tapi enaknya kalau pas bulan Ramadhan alias bulan puasa adalah dia keliling nawarin gorengannya dan masih hangat semua.

Yang paling saya suka adalah tahu goreng tepungnya dia. Gak ada isi tapi enak banget. Terus pisang gorengnya. Dia pakai pisang nangka buat pisang gorengnya. Uihhh. Saya paling suka pisang nangka dijadiin pisang goreng. Dan entah napa saya suka pisang diolah apapun kecuali satu: pisang rebus. Hahaha.

Terus kalau dia lewat depan rumah dah agak sore, saya beli biasanya 1000 dapat 3 (murah banget ya dulu….) dan suka dikasih tambahan. Tambahannya banyak kakakkkk. Kenyang deh.

3. Kolak Ubi dan Singkong

Nah yang ini dia memang khusus pas Ramadhan. Kolak ubi dan singkong. Saya suka banget karena ubinya itu lembut. Kadang suka beli yang lain tapi ubinya keras.

Dan singkongnya keras. Yang dia bikin gak keras sama sekali. Beneran. Enak banget. Pas. Gulanya juga gak terlalu manis. Santennya juga pas. Kadang dicampur sama kolang kaling dan pisang. Makin asik deh.

4. Pacar Cina

Kalau ini saya sebenarnya sih bingung napa dinamain Pacar Cina. Tapi dari dulu saya tahunya itu. Ada yang bilang sih biji mutiara gitu tapi saya lebih suka sebut Pacar Cina. Hahahaha. <jangan sampai ada yang salah mampir ke sini karena keyword nih>

Sebenarnya sih sama aja. Ini hanya variasi aja dari kolaknya dia. Yang ini isinya memang cuma Pacar Cina aja. Kuah santan. Gak terlalu manis tapi juga gak tanpa rasa. Jadi enak aja makannya.

5. Kolak Biji Salak

 

makanan di bulan puasa yang dirindukan
Kolakkkk. yummy

Di antara semua kolak, yang paling saya suka Kolak Biji Salak. Ini pun gak tahu kenapa dinamakan kayak gitu. Beneran. Dulu pas denger biji salak, saya tuh mikirnya cuma satu.

Jadi dia ngumpulin biji buah salak. Terus dibikin kolak. Hehehe. Maafkan ya karena suka aneh mikirnya. Namanya juga masih kecil sayahnya. Hahaha. Pas makan?

Masa biji salak bisa seempuk ini sih dimasaknya. Sampai sempet coba kumpulin biji salak yang saya makan terus rebus loh dulu. Sampai mama saya bilang: itu mah bukan dari biji buah salak. Tapi dari ubi merah.

Oalahhhh. Gak lama mama pun bikin deh. Jadi tahu deh saya. Hahahaha.

Nah itu sih 5 makanan bulan Puasa yang saya rindukan banget. Kapan lagi ya bisa makan lagi semua ntu. Eh iyaaa. Kan mama mau ikutana. Bazaar Buka Puasa di Legenda Wisata nih. Minta bikinin kolak biji salak dan kawan-kawannya ah.

Dan hari ini saya jalan-jalan keliling komplek dan ketemu beberapa yang saya rindukan dong. Kalaplah saya. Belanja semua. Ini yang puasa siapa. Yang belanja siapa. Ini belum termasuk yang jenis-jenis es pas bulan puasa.

Kalau kalian merindu makanan buka puasa apa aja?

49 Comments

  1. TATI SUHERMAN 31 Mei 2018
    • Febriyan 4 Juni 2018
  2. dani 26 Juni 2015
    • Febriyan 26 Juni 2015
  3. Dila 20 Juni 2015
    • Febriyan 20 Juni 2015
      • Dila 20 Juni 2015
      • Febriyan 20 Juni 2015
      • Dila 20 Juni 2015
      • Febriyan 20 Juni 2015
  4. Ira 19 Juni 2015
    • Febriyan 19 Juni 2015
  5. kekekenanga 19 Juni 2015
    • Febriyan 19 Juni 2015
      • kekekenanga 19 Juni 2015
      • Febriyan 19 Juni 2015
      • kekekenanga 19 Juni 2015
      • Febriyan 19 Juni 2015
  6. ichasyahfa 19 Juni 2015
    • Febriyan 19 Juni 2015
      • ichasyahfa 19 Juni 2015
      • Febriyan 19 Juni 2015
      • ichasyahfa 19 Juni 2015
      • Febriyan 19 Juni 2015
  7. Binibule.com [Tjetje] 19 Juni 2015
    • Febriyan 19 Juni 2015
      • Binibule.com [Tjetje] 19 Juni 2015
      • Febriyan 19 Juni 2015
      • Binibule.com [Tjetje] 19 Juni 2015
      • Febriyan 19 Juni 2015
  8. Christa 18 Juni 2015
  9. Gara 18 Juni 2015
    • Febriyan 18 Juni 2015
      • Gara 19 Juni 2015
      • Febriyan 19 Juni 2015
      • Gara 20 Juni 2015
  10. Lia Harahap 18 Juni 2015
    • Febriyan 18 Juni 2015
      • Lia Harahap 19 Juni 2015
      • Febriyan 19 Juni 2015
  11. arip 18 Juni 2015
    • Febriyan 18 Juni 2015
  12. Dian Rustya 18 Juni 2015
    • Febriyan 18 Juni 2015
      • Dian Rustya 18 Juni 2015
      • Febriyan 18 Juni 2015
  13. Dita 18 Juni 2015
    • Febriyan 18 Juni 2015

Leave a Reply