fbpx
Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

5 Coffee Shop di Jakarta dan Bandung

2 min read

5 coffee shop di jakarta dan bandung

5 Coffee Shop di Jakarta dan Bandung yang saya ingin kunjungi, ini adalah hasil berandai-andainya saya ya. Daripada stress mikirin macam-macam, mending berandai sejenak aja, hilangkan penat seperti yang dianjurkan teman di post kemarin ah.

Untuk hilangkan stress, saya selalu merasa paling cocok dengan menikmati secangkir kopi. Tapi jangan langsung diminum, dinikmati dulu aromanya yang memabukkan baru deh pelan-pelan sambil memandangi orang lalu lalang. Berhubung saya lagi berandai, saya ingin berandai yang agak beda ah.

Pertama saya berandai dulu ingin punya mobil yang bisa saya pakai bareng teman saya yang juga suka kopi dan sama-sama tukang galau di coffee shop, apalagi kalau denger lagu penuh kenangan. Berhubung saya gak terlalu suka mobil gede, saya berandai punya Toyota Agya aja ah.

Toh mobil ini kan gak mahal-mahal banget ya. Jadi berandainya gak bikin stress juga, siapa tahu kesampaian punya (amin). Terus kalau keliling Jakarta dan Bandung (JakBan) bersama teman galau saya itu kayaknya sih pas aja. Interiornya gak aneh, pas banget deh rasanya. Apalagi dah LCGC (Low Cost Green Car) jadi hemat bahan bakar buat keliling JakBan, tul gak? Macet gak masalah lagilah, tinggal dengerin lagu atau radio yang ada.

Setelah berandai punya mobil yang cocok buat aktivitas, mudah-mudah teman saya sih mau nyetir, jadi saya bisa tidur di bagian belakang yang luas itu, mari berandai tentang 5 Coffee Shop di Jakarta dan Bandung yang ingin dikunjungi ah….

  1. Kopikina di Tebet, Jakarta

Kalau bicara soal kopi, saya paling suka menjelajah kopi yang menawarkan keistimewaan kopi Indonesia. Nah, Coffee shop Kopikina ini menyediakan aneka kopi nusantara. Lebih dari 60 kopi asli Indonesia diolah di sini dengan harga yang cukup masuk akal menurut saya. Dari akun resminya di twitter, terkadang tersiar promo harga tertentu yang diumumkan pada hari bersangkutan. Makanya ingin sekali ke sana dan menjadi pencicip kopi di sana, mudah-mudahan gak mabok dengan banyaknya jenis kopi itu.

coffee shop di jakarta dan bandung
Kopikina – vintage coffee?

Lokasi:

KopiKina – Home Roastery Kopi Seluruh Indonesia

Jl. Abdullah Syafi’ie (Jl. Casablanca) No. 1, Tebet.

Jakarta Selatan

  1. Tanamera di Thamrin City Office Park, Jakarta

Yang kedua ini, rekomendasi teman galau saya. Tanamera, Coffee Indonesia – Fresh Roast Artisans, ini juga mengolah kopi Arabika dari daerah Indonesia. Saya jadi berandai menjadi pengolah kopi atau barista pas baca prestasi yang satu ini yang sudah go-international. Menjadi “Champion International Roaster” di Melbourne International Coffee Exhibition pada bulan Maret 2015 lalu sebagai buktinya. Dari akun twitternya pun kita bisa melihat variasi makanan yang disajikan di coffee shop ini.

Lokasinya ada tiga, tapi yang ingin saya kunjungi adalah outlet pertamanya di:

Thamrin City Office Park AA 07

Jalan Kebon Kacang Raya

Jakarta Pusat

  1. Cups & Coffee – Trunojoyo, Bandung

Yang berikutnya saya ingin kunjungi adalah Cups, Coffee & Kitchen yang ada di Bandung. Dikenalkan oleh salah satu member BEC yang pakar psikologi ini dalam tulisannya dia mengenai Hujan dan Kopi. Siapa coba yang gak galau baca kata-kata Hujan dan Kopi, teman sempurna kan? Dah gitu dia pasang foto-foto lokasinya yang sepertinya cozy banget. Jadi penasaran kan mau ke sana. Kalau menurutnya, makanan di sini pun juga enak-enak dan harganya pun masih wajar, pas dengan rasanya.

Lokasi:

Jalan Trunojoyo 25

Bandung

  1. Blue Doors Coffee – Bandung
coffee shop di jakarta dan bandung
Blue Doors Coffee Bandung

Rekomendasi dari yang lagi galau sama thesisnya itu adalah Blue Doors Coffee ini.  Tak lama mendapatkan rekomendasi ini, saat saya browsing FB, Mba Evi Sri Rezeki ternyata post secangkir kopi yang membuat saya ngiler. Dan ternyata itu di Blue Doors ini dong, seakan alam lagi konspirasi mengajak saya ke sana nih. Akhirnya saya tetapkan hati juga ke sana, apalagi setelah lihat postingan di instagram. Ah, melow-nya saya langsung deh keluar.

Lokasi:

Jalan Gandapura 61

Bandung – Jawa Barat

 

  1. Kopi Ireng – Bandung

Kalau yang ini sebagai penutup aja. Abis letak Kopi Ireng ini di Dago Pakar, jadi bisa menikmati kopi sambil lihat view kota Bandung. Kopi Luwak menjadi salah satu kopi terbaru dalam menu mereka. Terakhir menikmati kopi Luwak asli itu pas ke Bali tahun 2012, jadi penasaran ingin coba kopi luwaknya lagi deh. Hawa dingin Bandung kala malam plus secangkir kopi dan teman yang galau. Bisa galau bersama nih saya.

Lokasi:

Jl. Bukit Pakar Timur Ciburial No. 1 Bandung.

Telp. (022) 91156299, (022) 253 1074

Ah berandai keliling JakBan dan menikmati kopi membuat saya pengen ngopi nih sekarang. Mudah-mudahan aja pas menikmati kopi nanti keluar lagi inspirasi-inspirasi nulis kayak cerita Cappuccino ataupun fiksi kopi bersama teman galau saya itu. Jangan tanya ya gimana ceritanya bisa dapat kayak gitu, saya pun bingung sekarang. Daripada ikutan bingung atau galau sama saya, kalau punya Toyota Agya, apa yang mau lakukan? Coba share dong, sapa tahu ada coffee shop di Jakarta dan Bandung yang keren yang bisa saya kunjungi juga – eh yang luar Jakarta dan Bandung juga gak apa kok.

Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

102 Replies to “5 Coffee Shop di Jakarta dan Bandung”

  1. *tiba-tiba datang*
    Mas, kalau mau jalan ke Bandung, saya boleh ikut tidak? Please? Saya akan jadi anak baik :huhu.
    Wow, kopi. Berhubung saya sukanya susu kopi jadi saya kurang paham dengan enaknya kopi itu sebenarnya ada berapa macam. Tapi sesuai pengalaman di Aceh dulu, katanya memang beda-beda sih yak. Keasaman, after taste, dan tekstur cairan kopinya itu sendiri (terus jadi ahli perasa kopi).
    Tapi nanti saya pesannya es teh manis ya, Mas. Terima kasih!

    1. Ke Bandung. Surabaya. *nyanyi*

      Iya. Kopi itu memang beda2. Kopi yang sama tp dg cara berbeda penyajian juga akan berbeda rasanya Gar.

      Es teh manis? Bisa dtg ke Bazzar Legenda Wisata besok Gar.

  2. Kalau suka kopi, coba deh ke Giyanti… Di Jalan Surabaya No.20… Jakarta…. Kopinya enak banget…. hanya sayang pemiliknya agak arogan….. 🙁

    1. Iya mbak. Saya baca di IG n Twitternya KopiKina gitu. Jadi pengen ke sana karena itu juga. Hehe.
      Lebih suka kopikina atau tanamera Mbak?

  3. Tempat tongkrongannya boleh juga. Bisa saya jadikan sebagai referensi tempat nongkrong jika berlibur ke Jakarta atau Bandung lagi.
    Terima kasih telah berbagi.

  4. kalau ke kedai kopi aku cuma nikmati hidangan selingannya, kopinya cuma ikut icip2 he..he..
    nggak gitu kuat dengan kopi, prefer teh

  5. haaai mas riyan.. *dadahdadah.. hahahah…
    ini eikeh —-> momylicious. gaya dah kafe semua, da aku mah apa atuh paling ajjan jajannya diwarung aja 🙁
    gudluck ya mas….:)

    1. Momy Ayu *blh manggil gini gak ya*
      Makasih Momy.
      Ah tapi jajanan warung juga ngangenin kok. Pengen yang pienya momy. Hehehe.
      Goodluck juga buat momy.

  6. Semuanya asyik untuk dikunjungi nih mas. Kalau suka kopi, terutama seduh manual saya sarankan kejar Kopikina di Jakarta atau Blue Doors di Bandung (dari daftar ini). Sementara itu, kedai yang lain yang keren-keren juga makin banyak 🙂 http://goo.gl/U2tleR

  7. Wah.. baru tau kalo ada coffee shop di bandung yang namanya blue doors *kudet*
    makaasih buat informasi coffee shop. skrg jadi pnya tambahan rekomendasi coffee shop di Bandung ^.^

    1. Hahahaha. Kalau cm minum doang trs berharap skripsinya selesai sih gak bisa. Hahahaha.
      Tapi kalau minum kopi trs byr org ngerjain skripsinya bisa tuh. Hahahaha.

  8. siapa itu mas Ryan yang lagi galau Thesisnya?
    ayo ayo ke Bandung, kita ngopi di blue doors. Sayang kemarin baru sekali ke sana dan ga sempet moto-moto buat review di blog ><

      1. eh tapi aku itung-itung…kok 4 huruf mas Ryan? bukannya 5 ya? 😕 apa beda jangan-jangan yang aku dan dirimu maksud? *dibahas lah di kolom komen*

      1. apa seh :p kapal gw masih di pelabuhan ini, belum berlayar…ahahaha! aniwey, gw suka ngupi pas sarapan di rumah sama afternoon coffee di tempat kerja aja. i personally don’t do ngafe2/ngupi2 in regular basis, so i don’t have favorite place. do you have any?

      2. Huahahahahaha. Ada plank lokasinya gak Rin? Sapa tahu kurang diketahui pelabuhannya. Hehehe *dikeplak abis*
        Skrg ini sih lbh sering di starbuck or jco. Tp belakangan ngupi di alfa midi deket rumah aja cukup. Hehehe.

      3. Hadeuh, kurang gede apa tulisan di kening gw…come sail with me! 😀 btw, gw br tau di alfa midi bs ngupi2. gw beberapa kali ngupi di Djournal yg di Citos (kopinya enak, tapi tempatnya terlalu berisik jd ga okay bwt ngobrol), di Bakoel Koffie yg di Cikini (tmpatnya lumayan bwt ngbrol, kopinya jg okay). tp to be honest, paling enak ngupi di rmh gw! murah meriah. ahahaha.

      4. Bakoel Coffie Cikini bagus interiornya tuh buat foto2. Kalau Djournal biasanya yang di GI.
        Hahaha. Yuk ngupi. Di rumah masing2.

      5. mau ngupi, Mas..bukan mau poto2! sigh. hahaha. kok lo tau seh kalo gw br aja mau nyeduh kopi. okay lah..here’s to good coffee (and good company to drink with). cheers!

      6. Sip your own coffee, bro.. :p and imagine you’re in one of the above 5 mentioned places. sadly, no company at the moment. just my coffee mug and my not-so-smart phone to read online some cheesy romance novel. i might as well enjoy the moment, right.

      7. O come on, you gotta give a girl some credit here. my kind of romance novel is far from tears. now..off you go and buzz someone else, will you :p

  9. Gak salah Indonesia punya banyak outlet minum kopi yang keren seperti ini Mas Ryan. Dengan beragam asal kopi, kita bisa mencicipi kekayaan dari alam ini dengan lebih mudah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *