fbpx
menyingkap keindahan pantai bandengan di jepara

[Travel] Menyingkap Tabir Keindahan Pantai Bandengan di Jepara

Guest post kali ini agak berbeda dari biasanya yang sering membahas tentang blogging ataupun menulis. Saya mendapatkan artikel tentang travel yang memang belum terlalu banyak dibahas di sini. Tapi salah satu kategori di blog febriyanlukito ini sudah siap dengan Review Travel, yo wes, tulisan tentang keindahan Pantai Bandengan di Jepara ini pun saya terbitkan.

Sebenarnya, sudah beberapa kali juga saya mendengar tentang pantai di Jepara yang katanya bagus banget dari si dia. Dulu rencananya dia mau mengajak saya ke sana sebelum…. ah lupakan ntar jadi curhatan gak jelas. Kita simak aja yuk tulisan tamu kali ini.

***

Tahukah kamu kalau Jepara adalah salah satu wilayah di provinsi Jawa Tengah. Kabupaten ini berbatasan dengan Laut Jawa di sisi barat dan utara, serta dengan Kabupaten Demak di sisi selatan. Wilayah Jepara juga meliputi Kepulauan Karimanjuwa, yang berada di Laut Jawa. Jepara terkenal dengan sebutan Bumi Kartini, karena merupakan kota kelahiran pahlawan emansipasi perempuan Indonesia R.A Kartini.

Selain panorama yang asri dan nyaman, Jepara juga memiliki objek wisata yang beraneka ragam, misalnya: wisata alam, wisata sejarah, wisata ziarah, wisata keluarga, dan wisata belanja. Jepara bisa menjadi alternatif pilihan untuk liburan atau berwisata bersama keluarga dan sahabat.
Ukiran kayu Jepara dan kain tenunnya terkenal sampai ke mancanegara. Selain itu, kota ini memiliki keindahan panorama alam yang memikat, gunung yang menjulang tinggi, dan pantai yang menghampar luas.

Menyingkap Tabir Keindahan Pantai Bandengan Di Jepara

Yang kali ini kita bahas adalah wisata alam yaitu wisata pantai yang sangat indah dan nyaman buat liburan keluarga.
Pantai manakah yang menjadi pantai terindah di Jepara ? Langsung saja kita Mulai !

Jepara memiliki 2 (dua) pantai yang sangat terkenal yaitu Pantai Bandengan dan Pantai Karimunjawa.

Jika kamu ingin melihat Pantai Karimunjawa, kamu bisa baca inilah Rahasia Keindahan Pantai Karimunjawa yang ada di Jepara.

Berkenalan Dengan Pantai Bandengan di Jepara

Apa sih Pantai Bandengan?

Pantai Bandengan memang tak terkenal seperti pantai-pantai di Pulau Dewata. Meski begitu, keindahannya mampu mencuri hati wisatawan yang datang. Pantai ini cukup terkenal di Jawa Tengah. Pengunjung datang dari dalam kota, luar kota, bahkan luar negeri.

Pantai yang terkenal dengan pasir pantainya ini terletak 7 km ke utara dari pusat kota Jepara, Jawa Tengah. Objek wisata pantai Bandengan ini mudah dijangkau, karena letaknya strategis dan dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua, maupun roda empat.

keindahan pantai bandengan di jepara
Pas pertama melihat foto ini, saya pikir di Bali loh. Ternyata keindahan Pantai Bandengan di Jepara ini memang gak kalah dengan yang di Bali (red: febriyanlukito)

​Tepatnya Pantai Bandengan berada di desa Bandengan, Kecamtan Kota Jepara, Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.

Pada tahun 1987 pengelolaan Pantai Bandengan ini diambil alih oleh pemerintah Kabupaten Jepara. Meskipun begitu, pengelolaannya tetap memberdayakan masyarakat setempat. Kebanyakan pedagang dan petugas parkir adalah warga setempat.

Konon nama yang unik ini diperoleh saat Sunan Muria berkunjung ke desa ini dan melihat banyak ikan bandeng bertebaran di pesisir pantai. Sejak saat itu, pantai yang indah ini dinamakan Pantai Bandengan.

Setiap liburan sekolah atau lebaran pantai ini sangat ramai. Puncak keramaiannya terjadi pada saat Lebaran Ketupat, seminggu setelah Lebaran Idul Fitri. Pengunjung pantai Bandengan biasanya membludak, bukan hanya wisatawan lokal, tapi juga wisatawan mancanegara. Jika sedang masa puncak kunjungan, Kepadatan bisa terjadi sejak pintu gerbang Pantai Bandengan. Untuk mencegah antrian mobil yang panjang, biasanya petugas menghampiri wisatawan untuk memungut tiket masuk.

Untuk tiket masuknya juga sangat terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat, yaitu berkisar Rp. 3.000 hingga Rp. 5.000 saat musim liburan atau lebaran ketupat.

Yang Menarik, Selain Keindahan Pantai Bandengan di Jepara Ini Adalah…

Pasir Putih

Pantai Bandengan sangat terkenal dengan hamparan pasir putih yang menawan, dan debur ombak yang bersahabat. Semua terlihat asri, dan disana kita bisa bermain sepeda, voli pantai, atau bermain pasir.

Di sini juga banyak hamparan kerang-kerang dan batu karang yang kecil-kecil, yang bisa diambil seperlunya. Udaranya sangat sejuk dan bebas polusi. Kamu pasti betah berlama-lama di Pantai Bandengan. Airnya yang jernih membuat banyak pengunjung mandi di sana, atau hanya sekedar berenang di tepian.

Selain itu, batu karang yang menghampar luas juga menjadi daya tarik tersendiri. Lokasinya masih asri. Hijau dan biru adalah dua warna yang menghiasi pantai ini. Sungguh mempesona.

Sunset

Wah, menikmati matahari tenggelam di pantai Bandengan sungguh memanjakan mata. Begitu indahnya sehingga banyak yang berkunjung kesini, bahkan banyak yang menginap hanya untuk melihat matahari tenggelam alias Sunset.

keindahan pantai bandengan di jepara
Alamakkk… sunset di Pantai Bandengan ini….

Event

Di Pantai Bandengan juga diselenggarakan perlombaan motor cross dan festival layang-layang, baik berskala regional, nasional, maupun internasional. Jadi, pantai ini tidak hanya nyaman untuk berwisata tetapi juga cocokuntuk berolahraga dan berprestasi. Saat festival layang-layang, kamu bisa menyaksikan aneka jenis layang – layng dengan berbagai ukuran dan variasi.

Olahraga Air

Saat ini keindahan Pantai Bandengan di Jepara ini sudah dilengkapi dengan olahraga air yang sangat menantang seperti jetski, perahu wisata, banana boat, dan aneka water sport lainnya dengan harga yang sangat terjangkau.

Untuk naik perahu wisata, dengan membayar Rp. 10.000 per orang, dan kita akan megelilingi wilayah Pantai Bandengan. Menikmati laut yang indah dan air yang jernih dengan harga yang sangat terjangkau.

Fasilitas yang ada di Pantai Bandengan

Bagi pengunjung dari luar kota yang ingin bermalam di pantai ini, jangan khawatir. Banyak penginapan dengan harga yang sangat terjangkau. Selain itu, banyak fasilitas seperti shelter, musala, tempat pemandian umum, tempat aneka jajanan seperti bakso dan mie ayam. Tak ketinggalan rumah makan ala seafood yang menjajakan kepiting bakar, maupun rajungan, juga aneka minuman yang ada di setiap sudut Pantai Bandengan.

Bagaimana Menuju Lokasi?

Untuk mencapai tempat ini dibutuhkan waktu kurang lebih satu jam perjalanan dengan kendaraan bermotor dari kota Jepara. Secara umum jalannya beraspal hotmix dan halus.

Namun setelah melewati kota Bangsri, jalannya menyempit dan hanya cukup untuk dua mobil, berkelok – kelok dan turun naik. Kita dituntut untuk waspada dan hati – hati ketika melintasi jalur ini.

Lokasinya terletak sekitar 45 Km sebelah utara kota Jepara. Tepatnya di desa Banyumanis, Kecamatan Keling, kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.

Gimana pendapat kamu tentang Pantai Bandengan ini? Menarik bukan? So, buat kamu yang ingin liburan, keindahan Pantai Bandengan di Jepara ini bisa menjadi salah satu destinasi tujuan wisata yang menarik. Atau bisa juga membaca: “Inilah 10 Pantai Terindah di Indonesia! Adakah yang bisa Mengalahkan keindahan nya?

***

Itu dia, tulisan tamu dari Mas Arya tentang keindahan Pantai Bandengan di Jepara. Jujur saya sendiri sih udah mupeng banget. Karena sudah lama juga gak liburan, apalagi ke pantai. Terakhir itu ya liburan setahun lalu ke Bali. Apalagi pas baca dan lihat foto sunset di Pantai Bandengan di atas. Alamakkk mupeng sangat.

42 Comments

  1. HRD Training 54 28 September 2017
  2. Anas Pelatihan SDM 7 Februari 2017
  3. Satriyo Widagdo 21 Juni 2016
    • Satriyo Widagdo 21 Juni 2016
      • Febriyan 21 Juni 2016
    • Febriyan 21 Juni 2016
  4. Abdul Cholik 24 Januari 2016
    • Febriyan 24 Januari 2016
  5. prih 23 Januari 2016
    • Febriyan 23 Januari 2016
  6. febridwicahya 22 Januari 2016
    • Febriyan 23 Januari 2016
  7. Nuno 22 Januari 2016
    • Febriyan 22 Januari 2016
  8. Santi Dewi 22 Januari 2016
    • Febriyan 22 Januari 2016
  9. puputs 21 Januari 2016
    • Febriyan 21 Januari 2016
  10. jampang 21 Januari 2016
    • Febriyan 21 Januari 2016
  11. Lia Harahap 21 Januari 2016
    • Febriyan 21 Januari 2016
  12. Ira 21 Januari 2016
    • Febriyan 21 Januari 2016
  13. Sandi Iswahyudi 21 Januari 2016
    • Febriyan 21 Januari 2016
  14. Adelina 21 Januari 2016
    • Febriyan 21 Januari 2016
  15. Yeye 21 Januari 2016
    • Febriyan 21 Januari 2016
  16. @danirachmat 21 Januari 2016
    • Febriyan 21 Januari 2016
  17. ria angelina 21 Januari 2016
    • Febriyan 21 Januari 2016
  18. Deny 21 Januari 2016
    • Febriyan 21 Januari 2016
  19. Nanik 21 Januari 2016
    • Febriyan 21 Januari 2016
  20. Ihwan hariyanto 21 Januari 2016
    • Febriyan 21 Januari 2016

Leave a Reply