fbpx
gubug makan mang engking bsd

Kumpul Makan di Gubug Mang Engking BSD

gubug makan mang engking bsd
Ketemu banyak blogger

Seperti yang saya bilang dalam post sebelumnya tentang BukBer, orang Indonesia itu suka sekali kumpul. Mangan Ora Mangan Sing Penting Ngumpul. Sering banget saya mendengar kata-kata itu. Memang nikmat sih kalau makan ramai-ramai, dari pada makan sendirian. Dua minggu lalu, saya diajak Dani untuk buka puasa bersama di Gubug Mang Engking di The Breeze BSD. Akhirnya setelah sekian lama, nongol lagi saya di The Breeze ini dan review kuliner di BSD: Gubug Makan Mang Engking pun bisa saya buat.

Memang bukan pertama kali kok makan di The Breeze ini. Si dia dah beberapa kali ngajakin buat makan di sana, katanya tempatnya asik buat nongkrong cantik *napa femus ya nongkrong… benar saya lari ke jamban kalau nongkrong*. Dan beberapa bulan lalu pun ke The Breeze di BSD, mall tanpa tembok ini dan makan di salah satu resto bebek yang femus tapi mahalnya minta ampun. Kami berdua sepakat gak pernah balik ke sana lagi. 😀

Soal Gubug Makan Mang Engking, saya pernah mendengarnya dari seorang teman yang tinggal di Depok. Jadi selama ini saya berpikir hanya ada di sana saja, tepatnya di Universitas Indonesia, Depok. Tapi ternyata, Gubug Makan Mang Engking ini cabangnya banyak banget, termasuk yang di The Breeze BSD ini dan juga di Cibubur. Cibubur cuyy… daerah rumah saya dan selama ini gak tahu *keplak aja dah kepala ini*. Memang yang di Cibubur namanya Telaga Arwarna Cibubur di Jambore Cibubur.

Lokasi Gubug Makan Mang Engking BSD

Seperti yang saya bilang di atas, lokasi Gubug Makan Mang Engking ini tepatnya di The Breeze. Saya juga kurang tahu sih kalau naik umum gimana. Kemarin itu saya naik kereta arah Serpong turun di Stasiun Rawa Buntu, terus dijemput Dani. Tapi Dita sih bilang naik ojek dari stasiun ke The Breezenya cuma Rp 20ribuan. Sayangnya Gara gak jadi dateng, dia balik lagi dong, padahal dah di kereta coba.

gubug makan mang engking bsd
Pemandangan dari gubuk nih

Nah kalau udah di depan The Breeze, kamu jalan terus sampai ke ujung. Dulu saya sih gak ngeh ada Mang Engking ini di The Breeze ternyata letaknya jauh banget di belakang sana. Memang khusus dan gede banget ternyata (infonya sih 6.000 m2). Tapi walau tempatnya luas gitu, antrian tetap ada loh, Gubug Makan Mang Engking ini laris banget. Jadi kalau ke sana book dulu aja – cuma jangan sampai gak dateng kalau udah book. Kasihan yang antri dan juga restonya. Ini nomor telepon Gubug Makan Mang Engking The Breeze BSD: 021 5038 5385 (saya dapat dari twitter, moga masih sama sih).

Tempat yang luas ini terdiri dari beberapa bagian, ada aula makan yang besar banget, yang mana pengunjung duduk di meja kayak di resto biasa. Ada juga gubuk-gubuk gitu. Pemandangannya pun wokehlah. Ciri restoran sunda gitu, dengan kolam di sekitaran gubuk dan juga ada sawah… yoi ada sawah sebagai view. Asik kan – bagi saya sih asik, secara jarang lihat sawah *norak dikit kalau lihat sawah*. Terus ada tempat bermain anak, kalau bawa anak ke sini juga gak pusing jadinya. Sambil nunggu makanan atau sesudah makan, bisa biarkan anak-anak main di sana.

gubug makan mang engking bsd

Makanan dan Minuman di Gubug Makan Mang Engking The Breeze BSD

Gak afdol kalau bahas restoran tanpa menyebutkan makanan dan minuman di restorannya kan? Jadi maaf bagi yang berpuasa kalau postingannya bikin ngiler ya. 😀 Pada awalnya, Mang Engking ini memang dikonsepkan sebagai restoran Sunda. Namun seiring berjalannya waktu #tsah, berubah jadi makanan nusantara. Semua makanan di sini gak terbatas sama masakan Sunda aja, ada banyak masakan daerah lain, walau namanya tidak mencantumkannya.

Makanan paling jawara di Gubug Makan Mang Engking ini (gak cuma yang di The Breeze ya, tapi seluruh cabang katanya), Udang Bakar Madu dan Gurame Cobek. Kebetulan banget kemarin nyobain dua-duanya. Satu kata yang mewakili: Maknyusssss. Udang Bakar Madunya itu manis tapi gak terlalu manis kalau Gurame Cobek kayaknya cocoknya buat si dia, yang suka pedes. Bagi saya Gurame Cobeknya ini bener-bener pedes. Makan secuil aja dah berasa banget.

Soal minuman sebenernya saya gak bisa komen banyak soal rasanya. Abis kemarin itu gak dapet minumannya, mbaknya pusing ngurusin rombongan blogger yang dateng. Tapi ada banyak yang bilang enak kok itu Es Kelapa Jeruk *ngeces sayahhh*. Tapi berhubung menikmati makan, gak apalah minum dengan air putih juga. Beneran sampai lupa urusan minum. Apalagi ditemenin sama Mbak Diana *mudah-mudahan gak ada yang marah abis baca ini*.

gubug makan mang engking bsd
Ayo yang mana yang kamu mau?

Selain makanan berat, ternyata Gubug Makan Mang Engking ini juga ada dessert. Yang saya paling suka itu Galunggung Kabeuleum *harap baca dengan logat Sunda abiezzz*. Bentuknya memang kayak gunung sih. Sebenernya tuh luarnya whip cream yang dibentuk sedemikian rupa agar kayak gunung terus dibakar pakai torch gitu – ala-ala meringue gitu. Pas makan? Uenak abisss.

Dessert lain yang disodorkan ke kita adalah puding yang juga enak, cuma kayaknya masih kalah sama pudingnya Yeye yang masih belum mencicipi sampai sekarang dan juga Lava Cake. Sayangnya untuk Lava Cake ini agak kurang dari ekspetasi kita, yang mana gak ada lavanya….

Tips Makan di Gubug Makan Mang Engking The Breeze

Bagi yang penasaran terus mau makan atau mungkin buka puasa bersama di sana, ada beberapa tips nih buat makan di Gubug Makan Mang Engking BSD ala saya:

1. Dateng jangan sendiri. Sayang banget kalau makan di tempat seindah ini sendirian. Paling gak sama pasangan lah datengnya. Tapi ingat, jangan mojok mentang-mentang sama pasangan. Ntar yang jomblo ngiri. O iya kalau masih jomblo, ya dateng bareng temenlah. Gak punya temen? Ajak saya aja… siap kok asal akomodasi ditanggung *dikeplak*

2. Booking dulu. Pas dateng kemarin itu memang masih gak terlalu ramai, tapi pas saya perhatiin gubuknya, banyak yang dah ada tulisan reserved. Jangan sampai ke sana terus gak dapet, apalagi kalau mau buka puasa bersama. Total gubuknya emang banyak sih, ada 16, tapi lebih baik booking tempat dulu. Cuma ya kalau udah booking, jangan sampai batal tiba-tiba yak. Nomor telepon Gubug Makan Mang Engking yang lengkap ada nih.

3. Harus pesan yang namanya Udang Bakar Madu dan Gurame Cobek. Gak akan nyesel kalau pesen dua ini. Plus Galunggung Kabeuleum itu. Selebihnya? Ya sok atuh pilih lagi menu lainnya sendiri, ada nasi bakar, ada ayam, ada burung dara, banyaklah.

4. Jangan lupa untuk: doa sama cuci tangan, sebelum makan dan sesudah makan.

Udah ah… makin jayus gak jelas saya. Intinya dari review kuliner di bsd gubug makan mang engking ini sangat direkomendasikan buat dicoba bersama teman dan keluarga. Apalagi kalau kamu penyuka masakan Indonesia seperti sayah.

Ada yang pernah makan di sini? Apa masakan kesukaan kamu?

NB: Makasih Dan atas undangannya dan salim satu-satu sama blogger yang datang.

gubug makan mang engking bsd
Alamat Gubug Makan Mang Engking

41 Comments

  1. helmy family 16 Desember 2015
    • Febriyan 16 Desember 2015
  2. EasyTour 7 September 2015
    • Febriyan 7 September 2015
    • Febriyan 23 Juli 2015
  3. cumilebay.com 10 Juli 2015
  4. riabuchari 9 Juli 2015
  5. monda 9 Juli 2015
    • Febriyan 9 Juli 2015
  6. Gara 8 Juli 2015
    • Febriyan 8 Juli 2015
      • Gara 8 Juli 2015
  7. Desi 8 Juli 2015
    • Febriyan 8 Juli 2015
  8. bukanbocahbiasa 8 Juli 2015
    • Febriyan 8 Juli 2015
      • bukanbocahbiasa 8 Juli 2015
      • Febriyan 8 Juli 2015
      • bukanbocahbiasa 8 Juli 2015
      • Febriyan 8 Juli 2015
  9. Titis Ayuningsih 8 Juli 2015
    • Febriyan 8 Juli 2015
  10. dani 8 Juli 2015
    • Febriyan 8 Juli 2015
  11. nyonyasepatu 8 Juli 2015
    • Febriyan 8 Juli 2015
  12. Ophi Ziadah 8 Juli 2015
    • Febriyan 8 Juli 2015
  13. myra anastasia 8 Juli 2015
    • Febriyan 8 Juli 2015
  14. Nadia Khaerunnisa 8 Juli 2015
    • Febriyan 8 Juli 2015
      • Nadia Khaerunnisa 8 Juli 2015
      • Febriyan 8 Juli 2015
      • Nadia Khaerunnisa 8 Juli 2015
      • Febriyan 8 Juli 2015
  15. Puji 8 Juli 2015
    • Febriyan 8 Juli 2015

Leave a Reply