fbpx
Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

Jangan Panik! Ini Langkah Mengatasi ID PLN Prabayar yang Diblokir Tiba Tiba

2 min read

cara mengatasi pln prepaid prabayar diblokir tiba tiba

Beberapa minggu lalu, saya pulang ke kos dengan kesadaran penuh kalau listrik di kos sudah mau habis, tinggal 5 point. Karena itulah saya pun mampir ke Alfamart untuk mengisi ulang – biasa juga di sana. Tapi ada yang beda malam itu.

Saat ingin mengisi ulang, mas petugas bilang kalau nomor pelanggan saya diblokir. Iya… ID PLN Prepaid diblokir tiba-tiba gitu aja. Jadi saya gak bisa isi ulang. Panik? Pasti – kayak pas iphone mati, lah wong tinggal 5 point. Gak ada pemberitahuan sama sekali pula. Kenapa diblokir dan gimana cara mengatasi pln prabayar diblokir gini? Udah malam pula.

Yang bikin keselnya itu ya emang kondisinya udah malam – saya waktu itu baru pulang sekitar jam 11 malam. Teman kos – si PejalanSenjaID sedang dinas luar kota. Capek dan harus beresin masalah ini.

cara mengatasi pln prepaid prabayar diblokir tiba tiba
PLN Prepaid diblokir tiba tiba? Ini cara mengatasinya

Alasan ID PLN Prepaid Diblokir Tiba-Tiba

Usut punya usut, setelah panik dikit di depan mas-mas counter Alfamart, saya pun menghubungi kontak layanan PLN (021-123 untuk Jakarta dan sekitarnya – inget pakai 021). Ternyata oh ternyata…. alasan pemblokiran ID PLN Prabayar kos saya itu adalah karena:

Ada tagihan belum dilunasi saat perpindahan dari PLN pasca bayar ke prabayar ini. Katanya sih sudah diinfokan saat perpindahan dari pascabayar.

Kesel? Banget. Lah wong saya sudah tinggal di kosan ini hampir 5 tahunan. Dan selama ini gak ada pemberitahuan soal ini. Bahkan sejak awal masuk pun sudah berupa prabayar.

Kalaupun memang ada tagihan saat pindahan itu, kenapa baru sekarang diurus? Setelah sekian lamanya?

Saya pun coba memanggil Bapak induk semang kos saya. Tapi tidak berhasil – lah iyalah, wong udah malam banget kan. Akhirnya saya pun lanjut teleponan dengan si dia si layanan PLN ini dan dikasih tahu cara mengatasi PLN Prepaid yang diblokir kayak gini.

NB: rupanya saya gak sendirian yang mengalami. Karena info dari si mas layanan telepon PLN itu, sudah banyak yang menelpon dan menanyakan hal yang sama.

pikiran random - situs bicara random tentang hidup, cinta dan karir
Baca Randomers di sini

Cara Mengatasi ID PLN Prepaid/Prabayar yang Diblokir Tiba-tiba

Kalau kamu termasuk yang mengalaminya – pln prabayar diblokir, lakukan langkah ini segera:

  1. Telepon ke Call Center PLN (021-123). Jangan coba kontak PLN via twitter – gak dibalas.
  2. Tanyakan ke petugas call center kenapa ID PLN kamu terblokir. Sebut saja ID pelanggan kamu.
  3. Petugas akan memberitahu alasannya – biasanya ya karena masalah tagihan itu. Gak peduli itu tagihan tahun kapan ya.
  4. Minta nomor tagihan yang perlu dilunasi – 13 digit nomor. Catat!!!
  5. Bayar via ATM ataupun pos-pos pembayaran: Pilihnya pembayaran Non Tag-Lis.
  6. Tunggu 1 jam an – nanti ID PLN Prabayar kamu bisa dipakai lagi.

Pas kemarin itu saya agak ribetnya karena awalnya saya tidak bilang kalau saya ingin bayar Non Tag Lis di Alfamart. Jadi sempat agak lama. Tapi saat bilang mau bayar non tag lis, petugas langsung cepat paham dan urus pembayarannya.

Baca juga: Inspirasi Hidup untuk Sukses Muda

Tanggung Jawab?

Setelah menunggu sejam – nunggu di warung kopi dekat alfa akhirnya, saya pun bisa mengisi kembali PLN Prabayar kos saya. Masih agak kesel sih. Sampai kos langsung tidur. Besok paginya pun mencari bapak kos dulu. Menceritakan semuanya.

Bon tagihan yang saya bayarkan saya kasih ke dia sama langkah-langkah kalau ID PLN Prepaid diblokir kayak gitu. Walau gimana kan, sejak saya kos pertama sudah prepaid. Jadi tagihan itu harusnya bukan tagihan saya kan? Kalau dialami sama temen kosan yang lain gimana coba?

Moga sih teman-teman gak ada yang alami ini. Seperti yang saya bilang di atas, kejadian ini rupanya lagi banyak. Semua yang melakukan pindahan dari pascabayar, harus siap kalau ID PLN Prepaid diblokir tiba-tiba gitu.

Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

28 Replies to “Jangan Panik! Ini Langkah Mengatasi ID PLN Prabayar yang Diblokir Tiba Tiba”

  1. Kejadian ini juga yang saya alami tp bedanya setelah saya bagarkan tunggakkan itu dan diminta untuk menunggu selama 1 jam tp dr jam 12 siang sampai jam 16.30 saat ini masih belum bisa beli token listrik karena masih di blokir. Saya sudah melapor ke 123 berkali kali tp jawabannya hanya akan dibuatkan laporan lagi dan sempat ada petugas PLN yang datang, tp hanya berkata mohon tunggu karena sistem bermasalah sedangkan setalh itu saya tlp ke 123 lg mereka tidak blg bahwa ada gangguan sistem. Bagaimana ini pelayanan PLN yang sangat mengecewakn??? Kami masyarakat seperti di oper oper dan tidak di tindaklanjuti dengan benar..

    1. Wah saya barusan terjadi rencana mau ngisi tapibko tdk terdaftar udh 5lp 123 dan nomor kontrak udh di minta dan sudh dapat nomor pelaporan katnya akan di h7b sampai malam ini belm di hub..syukur listrik blm habis pulsanya..bahkan ri meteran tulisan call..hadu id gimana ya…

      1. kalau sudah calling dan ikutin langkahnya, ditunggu aja mas. biasa gak lama sih. waktu itu memang dibilang 7 hari tapi ternyata gak lama lgs kok.

  2. Kenapa ya udh byr tunggakany lwt atm ikutin dr pihak call centerny katany nunggu 30 menit udh bisa ini udh 1 jam lbh ttep di blokir kenapa ya?

  3. Benar-benar membantuuuuu,,,, makasiiiiih buanyak infonya,,, moga lancar rizkinya, panjang umurnya, sehat lahir bathin,,,, aamiiiiiiiiin aamiiiiiiiiin aamiiiiiiiiin

  4. Listrik saya jg gitu mas.
    Masak pas saya ikutin langkah2 nya yang d tunjukin d atas.
    Orang pln nya bilang kalau ada tunggakan 461.000.
    Lah sebelum perpindahan saya udah bayar semua.
    Malahan udah d lunasin semua utang piutang sebelum perpindahan ke token.
    Tp pihak pln nya bilang masih nunggak 461.000.
    Tunggakan yang mana lagi itu.
    Jd kesal d bikin nya.

    1. Iya mas. Kondisi ini akan sangat normal terjadi. Karena proses tagihan di PLN saat perubahan dari pasca bayar ke prabayar itu belum yang terupdate. Jadi masih ada tagihan belum terbayarkan.

      1. Lalu kalau ternyata tagihan tersebut bukan tanggung jawab kita bagaimana (misal beli rumah second)? Masa kita yang harus bayar apa yang tidak pernah kita pakai?
        Kejadian ini sedang sy alami saat ini, dan sudah hub 123 dari kemarin, Kamis 28 Feb 2019 sampai 3 kali dapat nomor pengaduan namun sampai siang ini Jumat, 01 Maret 2019 belum ada tanggapan sama sekali dari PLN. Bagaimana mau membandingkan kenaikan tarif PLN dengan pelayanan yang kami dapatkan?

      2. Biasanya kalau jual beli rumah second ada perjanjian bahwa semua tagihan sudah dilunasi kan? Bisa coba untuk koordinasi dengan pemilik lama sih harusnya. Itikad baik dari dia gimana. Karena ini kondisinya kan dah dijual. Moga lekas beres ya masalahnya.

  5. Tettangga saya ngalamiin..
    Mau beli token d blokir mlulu katanya
    Saya bilang tanya pihak pLN ..
    Tlpon gih.. Eh bener ada tagihan ktika ada masalah listrik prbayar nya

  6. Susah kan org saja kerja pln.prepaid tapi blokir alasan habis pulsa denda 9000 aduhhh …knpa telkomsel ga ada denda knpa yg lain2 ga ada denda.. Kol pln habis pulsa aku 10rb itu pun nomor yang dia kasih salah.. Kol lgi hbs lagi 10rb …

    1. kena denda spt yang saya alami mas Imran? Memang agak repot kalau ngalaminya spt yang saya. Mau gak mau ya harus bayar.

      Tp kl udah beres sih gak repot. isi ulang pun gampang.

    2. Saya beli rumah baru dan sudah 6 thun jln..dri awal pemakaian listrik pra bayar tpi kasusny sama tiba2 saya tidak bisa isi ulang pulsa ..nomer id salah katany..mohon pencerahanya

  7. oalahhh…malam-malam, urusan 5 tahun yg lalu pula…

    jadi ingat bulik saya. dapat tagihan sejak tahun 1998 sampai thn ini. dianggap nunggak. gara-gara tulisan di meteran dan yg tercatat di kantor pln beda. 😐

    nice info mas. semoga ga terulang lagi ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *