fbpx
menikmati hidup dan skripsi kehidupan

Menikmati Hidup

Kalau kata orang dulu, hidup itu paling asik kalau kita bisa menikmati hidup kita. Setidaknya sih orang sekitar saya sering ngomong gitu.

Saya pun juga meyakininya. Kalau kita memang menikmati hidup, semua sepertinya akan jadi lebih woles aja.

Galau sih tetep aja masih ada – tapi setidaknya gak akan sampai galau maksimal yang bikin stress.

Menikmati Hidup dengan Bersyukur

Ah teori banget sih lo… Bersyukur.

Ya habis gimana? Emang gitu kok kenyataannya. Kalau kita bersyukur, hidup itu rasanya menyenangkan.

Mungkin ini karena kitanya fokus pada apa yang ada di kita.

Merasa terberkati gitu deh.

Memang sih, bersyukur itu mudah diucap tapi susah banget dilakukan.

Apalagi kalau kitanya sendiri lagi dalam kondisi yang gak banget. Kayak lagi gak punya uang misalnya. Hehehe.

Ini nih tantangannya. Gimana kita bisa menyikapi kondisi di mana kita lagi gak banget dengan sesuatu yang bikin kita bisa tetap semangat dan bersyukur.

Hidup itu Tantangan

Ya memang gitu kan? Tantangan kecil hingga besar akan muncul dalam hidup kita. Dan seringnya, ketika hal ini datang, kita pun lupa untuk menikmati hidup kita.

Padahal…

Kalau saja kita melihat dari sudut pandang lain, kita mungkin akan sangat bisa menikmati apa yang dilemparkan dalam hidup kita.

Contoh ya… Ini pengalaman sendiri.

menikmati hidup dan skripsi kehidupan

Ketika lagi dirundung masalah duit (apalagi pas kemarin itu sempet gak kerja kantoran), sering banget saya kesel dan emosi.

Padahal… kalau saja saya melihat masalah ini sebagai tantangan yang perlu saya atasi, hasilnya beda.

Ini juga yang saya lakukan ketika masalah ini datang lagi.

Saya coba untuk tenang dan berpikir ulang. Perlahan. Gak melihatnya sebagai masalah doang.

Tapi sebagai peluang.

Akhirnya perlahan, muncul deh ide-ide untuk mengatasi masalah itu. Memang sih butuh pengorbanan pastinya (curhatan di memilih rumah itu mewakili masalah saya saat itu).

Setidaknya… masalah itu bisa saya lewati.

Berpikir Di Luar Kotak

Think outside the box

Sering banget denger yang seperti itu. Namun kalau masalah atau tantangan itu datang, mana kita kepikir langsung untuk seperti itu. Yang terpikir adalah:

Masalah! Masalah! Masalah!

Kalau sudah gini, saran saya sih cuma satu:

Berhenti! Gak usah ngapa-ngapain dulu. Diam aja. Tenangkan diri.

Setelah agak tenang, baru pikirkan lagi.

Perlahan, namun pasti, akan muncul solusi dan yang disebut think outside the box. Ini sendiri sudah saya lakukan.

Termasuk dalam hal ngeblog.

Dikasih topik A…

Jangan langsung pusing. SEOnya apa. Gimana nulisnya dan lainnya.

Diem aja dulu. Tenangkan diri.

Terus perlahan… coba cek sudut pandang lainnya.

Seperti tulisan “Tips Beli Produk Erha Online yang Akan Bikin Kamu Hemat” di sebelah.

Ini muncul setelah pusing beberapa hari. Namun setelah menenangkan diri, ide itu muncul dan mengalir aja.

Itu Tuh Cara Menikmati Hidup ala Saya

Gak pernah menganggap masalah sebagai masalah. Namun sebagai tantangan yang harus dihadapi.

Menghadapinya juga gak harus dibereskan segera. Perlahan. Kadang kita perlu berdiam sejenak memang sebelum reaksi terhadap apa yang kita hadapi.

Ini pun juga harus didukung dengan sikap penuh syukur tiap hari bahwa kita masih hidup.

Kalau kamu sendiri, ada cara menikmati hidup lainnya gak?

2 Comments

  1. Lia Harahap 9 Maret 2019
    • Febriyan 11 Maret 2019

Leave a Reply