fbpx

Hal Kecil Untuk Jadi Besar

“Enjoy the little things, for one day you may look back and realize they were the big things.”-

Robert Brault

Pernahkah kita melewatkan hal-hal kecil dan setelahnya kita mulai menyadari bahwa hal-hal itu sangat indah tapi kita tak dapat mengulangnya kembali?

Seperti yang ditulis dalam quote itu… Sebaiknya kita menikmati semua.. Termasuk hal-hal kecil yang mungkin dianggap tak penting. Tapi siapa tahu hal itu akan menjadi hal besar.

Saya yakin banyak wirausahawan yang sukses karena hal ini. Mereka melihat hal-hal kecil yang mungkin tak diperhatikan oleh orang lain. Dan mereka mengamati serta mendalaminya dan sukses.

Awareness. Mulailah kita perhatikan sekitar kita. Apa yang mungkin kita pikirkan tidak penting sekarang, bisa jadi sangat penting nantinya.

—————————————————
Kesadaran dan efeknya

Persepsi kita membentuk mana yang kecil mana yang besar. Mana yang perlu dilihat mana yang tak perlu diperhatikan.
Dari sekian banyak hal di hidup kita, secara otomatis otak kita mensortir apa yang menarik untuk diperhatikan, mana yang tidak.

Tapi…
Kita harus selalu sadar atas proses itu. Agar apa yang tak kita perhatikan (menurut kita ga penting) benar-benar sudah kita sadari. Sehingga saat nanti yang ga penting jadi penting, kita sadar bahwa itu adalah pilihan kita.

Menyadari hal ini tidak mudah.

Saya juga masih belajar. Saat kita memutuskan sesuatu, termasuk mana hal kecil dan bukan inilah, hendaknya kesadaran kita dipastikan. Karena.. Saat itulah.. Titik balik dalam setiap jalan kehidupan kita ke depannya (tak mungkin kita ulang – seberapapun kerasnya mencoba).

Menyadari hal ini akan membantu kita dalam mengurangi rasa sesal di dada di kemudian hari. Yup.. Mengurangi. Saya tidak mengatakan menghilangkan… Karena sesal pasti ada. Tapi… Menyadari bahwa saat pilihan itu ada di hadapan, kita dengan sadar memutuskan A daripada B atau sebaliknya, membuat kita legowo.. karena pilihan kita sendiri, hasilnya – tanggung jawab kita sendiri.

Sulitkah menanam kesadaran ini?

Sulit tapi tidak mustahil.
Sulit tapi dapat dicapai.
Karena… Semua tergantung pada diri sendiri.

Posted with WordPress for BlackBerry.

2 Comments

  1. adi jaya pratama 5 Maret 2016

Leave a Reply