fbpx
furniture indonesia dan mozaik indonesia

Event: Furniture Indonesia – Kreativitas Design Bersama Mozaik Indonesia

Adakah yang tahu berapa banyak peminat furniture Indonesia di mancanegara? Ternyata banyak banget loh. Ini yang saya dapatkan dari acara kemarin, Furniture Indonesia 2016 yang berkolaborasi dengan Mozaik Indonesia di Jakarta Convention Center. Dalam pembukaan acara ini, disebutkan bahwa di tahun 2015 sendiri, ekspor Furniture Indonesia sendiri mencapai 2,6 juta dollar.

furniture indonesia dan mozaik indonesia
Pameran Furniture Indonesia dan Mozaik Indonesia – 10 – 13 Maret 2016 di JCC

Bukan angka kecil kalau menurut saya dan sangat keren. Karena itulah untuk acara tahun ini, Furniture Indonesia berkolaborasi dengan Mozaik Indonesia dalam event yang dahulu dikenal dengan Indonesia International Furniture and Craft Fair (IFFINA). Event yang diselenggarakan oleh Asosiasi Industri Pemebelan dan Kerajinan Indonesia serta PT Traya Eksibisi International (Traya Indonesia) kali ini mengangkat tema:

Kolaborasi Untuk Meningkatkan Kreativitas Furniture

Seperti yang saya sebutkan di atas bahwa dalam acara tahun ini, Furniture Indonesia berkolaborasi dengan Mozaik Indonesia dalam hal design dan inovasi dalam dunia furniture Indonesia ini. Kolaborasi timbal balik dalam antara Mozaik Indonesia dan Furniture Indonesia diharapkan mampu menaikkan kualitas dan inovasi, seperti yang dikatakan oleh Ernst K. Remboen, Presdir Traya Indonesia:

furniture dan mozaik indonesia
Pembukaan Event Furniture Indonesia

Dengan total peserta Furniture Indonesia 200 exhibitor, baik domestik dan asing, serta peserta Mozaik Indonesia 100 exhibitor, diharapkan industri kreatif furniture Indonesia mampu menarik lebih banyak pasar di luar. Potensi dunia furnitur Indonesia saat ini masih sangat besar.

Pada dasarnya, furniture Indonesia memang sudah punya pasar di luar negeri selama ini. Antara lain pasar di Amerika, Jepang, Perancis, Inggris dan Belanda sudah menyerap 50% ekspor produk kreatif Indonesia. Dengan kehadiran Mozaik Indonesia, diharapkan potensi ini semakin dikenal, apalagi jika disertai dengan desain yang super handal seperti yang ditampilkan di Hall A JCC selama ini.

Beberapa Peserta Pameran Furniture Indonesia dan Mozaik Indonesia 2016

Dalam kesempatan kemarin, saya berkesempatan berbicara dengan beberapa peserta pameran. Rata-rata peserta pameran datang dari daerah, terutama daerah penghasil kerajinan kayu ternama, yaitu Jepara. Di daerah ini memang pengrajin furniture bisa ditemukan di setiap sudut.

Madero International

Madero International adalah UKM dari daerah Jepara yang sudah melanglang buana di dunia ini cukup lama. Fokus utamanya memang di import sawn timber, veneer and logs. Pak Kuswidiarso, sang Direktur, mengatakan bahwa dirinya sudah sering mengikuti acara seperti ini.

Namun selain itu, dia juga mengikuti acara seperti ini untuk menjalin networking dengan para pengusaha di bidang yang sama lainnya serta berusaha menjaring potensi baru lainnya. Dari acara seperti ini, dia banyak mendapatkan inspirasi baru setiap tahunnya.

madero furniture indonesia
Art Work dari kayu Indonesia

Seperti dalam produk barunya, Art Wood, menampilkan banyak profil orang-orang ternama, seperti Presiden RI – Jokowi di bawah ini. Art Wood ini dibuat menggunakan 100% kayu. Memanfaatkan alur dari kayu yang ada, sosok Pak Jokowi tampil dengan sangat indah menurut saya.

Kanindotama dan Bouteak – Central Java

Peserta yang juga dari Jepara ini menggabungkan konsep furnitur menggunakan kayu jati asli dan juga bisa berdasarkan pesanan. Saat ini, jumlah ekspor dan juga penjualan dalam negeri masih seimbang, yaiut 50-50. Namun tujuan mengikuti pameran kali ini adalah memperkenalkan produk mereka.

Dalam pelaksanaan mempromosikan produk mereka, sudah menggunakan website sebagai katalog online dan sangat bermanfaat. Tapi pada akhirnya saat ingin mengikuti pameran seperti ini, mereka masih harus menggunakan banyak modal sendiri.

Pemerintah memang sudah mendukung UKM namun masih dirasakan kurang, terutama dalam hal perijinan untuk impor dan ekspor. Hal ini yang diharapkan oleh pelaksana UKM Furniture dari pemerintah.

Pori Keramik – Design Keramik Yang Unik

furniture indonesia
Lucu kan ya…

Pernah melihat rice cooker dari keramik? Saya kaget pas kemarin mendengar penjelasan dari Mas Fauzi Adhika. Pori Keramik dari Bandung ini ternyata memiliki produk seperti ini. Sayangnya kemarin tidak dibawa saat pameran. Tapi saya suka banget dengan desain keramik yang dipasangnya.

Terinspirasi dari kelinci paskah, booth Pori Keramik diramaikan oleh kelinci-kelinci kecil yang lucu. Keramik ternyata bisa dibuat macam-macam. Selama ini memang customer dari mereka ini adalah restoran ataupun hotel di Jakarta, Bandung dan beberapa kota lainnya.

Kreativitas Bandung memang keren ya…. Saat ini mereka juga menggunakan sosial media untuk promosi, terutama di instagram.

Creative Design dan Dukungan Pemerintah

Dari semua yang saya tanya selama acara berlangsung, mereka sangat mensyukuri diadakannya pameran seperti ini. Furniture Indonesia ini memang sangat berguna untuk mengenalkan produk furniture dari Indonesia yang memang bagus.

Sedangkan Mozaik Indonesia hadir dengan creative design yang membuat furniture Indonesia menjadi lebih menarik lagi dan mampu memikat lebih banyak orang, terutama B2B – Business to Business. Di samping itu, para peserta juga berharap dukungan pemerintah untuk para UKM Indonesia, terutama Furniture Indonesia lebih merata.

Informasi acara pameran seperti ini dan juga dukungan-dukungan lainnya seperti kemudahan dalam mengimport bahan baku (yang biasanya diminta khusus oleh konsumen) atau eksport barang jadi, sangat diharapkan oleh para pelaku UKM ini. Semoga Industri Furniture Indonesia lebih maju ke depannya.

10 Comments

  1. nia nastiti 15 Maret 2016
    • Febriyan 15 Maret 2016
  2. Ria Handayani 13 Maret 2016
  3. dani 13 Maret 2016
    • Febriyan 13 Maret 2016
  4. Sari Novita 12 Maret 2016
    • Febriyan 12 Maret 2016
  5. Eni Martini 12 Maret 2016
    • Febriyan 12 Maret 2016

Leave a Reply