Review UberPool Jakarta – Cara Hemat Menikmati Layanan UberX

Suatu hari di kawasan Thamrin, seorang pria yang bekerja keras menjual Bacang, sedang sibuk memainkan hapenya. Yang dibuka oleh pria itu adalah sebuah aplikasi bernama Uber. UberX menjadi pilihan karena saat itu hujan deras. Tapi ternyata, yang muncul adalah UberPool.

Karena kepepet (baca: hujan deras dan waktu terbatas), dia pun tetap lanjut dan memesan. Padahal dia sendiri tak paham apa itu UberPool. Berikut ini kisah lanjutan si pria dan review uberpool ala pria yang menggunakan kacamata itu.

Apa itu Uber dan UberPool?

Sebelum review UberPool – yang merupakan layanan terbaru Uber, ada baiknya kenalan dulu dengan Ubernya.

Uber adalah aplikasi penyedia transportasi yang menghubungkan penumpang dengan supir kendaraan. Uber ini sendiri merupakan perusahaan jaringan transportasi asal San Fransisco, California. (Sumber: Wikipedia)

Pengalaman tahun 2009 di Paris itulah yang membuat keduanya terpikir membuat aplikasi dengan satu sentuhan dan mobil pun datang. Di tahun 2010, Uber pun berdiri. Dan kini, Uber pun seakan sudah menjadi bagian dari gaya hidup kota modern.

Jenis Layanan dan Layanan Terbaru Yang Unik dari Uber

Layanan yang disediakan dari aplikasi Uber adalah Uber Bike, UberX dan juga Uber Black. Uber Bike adalah penyedia layanan transportasi berupa motor alias ojek. Sedangkan UberX dan Uber Black menggunakan mobil. Beda antara UberX dan Uber Black ini adalah di tarif dan juga di jenis mobil yang disediakan.

Nah, perbedaan antara Uber dengan jenis layanan penyedia transportasi lainnya yang sudah beredar ada di tarif. Namun kini muncul lagi layanan terbaru dari Uber yang juga menjadi pembeda dari layanan lainnya sejenis (Gojek dan Grab), yaitu UberPool.

Yes, UberPool ini adalah layanan terbaru yang menggunakan sistem Ride Sharing. Layanan ini resmi dihadir di Jakarta pada bulan Mei 2016 lalu. Dan kini sudah memiliki cakupan wilayah hampir seluruh Jakarta. Lihat peta berikut:

review uberpool - peta layanan uberpool jakarta

Peta layanan Uberpool Jakarta dan sekitarnya. Sumber: UberNews

Dengan UberPool, kita akan dipasangkan dengan pengguna Uber lain yang memang searah tujuan. Memang ada yang harus diperhatikan dari layanan terbaru ini, berdasarkan pengalaman pengguna, sebagaimana dituangkan dalam review UberPool di bawah nanti.

Langkah Penggunaan UberPool

Menggunakan layanan UberPool dari Uber ini pun sebenarnya sama seperti dengan menggunakan layanan lainnya, terutama UberX. Karena sebenarnya UberPool ini akan muncul di layanan UberX ketika kita memesan kendaraan. Berikut ini langkah mudah memesan layanan UberPool:

cara menggunakan uberpool

Langkah memesan uberpool

Pada prinsipnya, pemesanan UberPool ini sama seperti kita memesan UberX. Bedanya adalah ketika kita konfirmasi pemesanan di aplikasi, akan muncul pilihan seperti berikut:

review uberpool jakarta

Pilih UberPool atau UberX ayo????

Tinggal tap untuk memilih UberPool dan jumlah penumpang (1 user Uber hanya bisa 2 penumpang). Nanti akan ada konfirmasi di aplikasi kita.

Review UberPool – Alternatif Transportasi Murah dari Uber

Back to the man mentioned above. Kala itu, sang pria penyayang keluarga itu #ceile gak paham sama sekali tentang UberPool dan fungsinya kecuali bahwa harga UberPool lebih murah. Tapi kemudian setelah mengobrol dengan driver UberPool kala itu dan mencoba kembali layanan terbaru dari Uber ini, akhirnya pria itu paham.

UberPool – Lebih Murah Dan Peduli Lingkungan

Point pertama yang dipelajari – tanpa bertanya pun, si pria dah tahu bahwa UberPool ini memang lebih murah dalam hal biaya. Dan ternyata, memang benar. Jika biasanya kita akan tahu berapa yang akan kita bayar di UberX itu setelah selesai layanan, kalau di UberPool ini berbeda.

Jadi kalau di aplikasi kita munculnya Rp 20rb (misalnya), ya itu yang akan kita bayar nanti, tak peduli kita akhirnya ride sharing apa gak.

Dan sebenarnya dengan sistem Ride Sharing ini, UberPool ini peduli lingkungan. Uber membuat layanan ini dengan tujuan membantu mengurangi jumlah kendaraan di Jakarta. Jadi daripada 1 mobil digunakan hanya untuk 1 penumpang, Uber mengajak kita untuk berbagi tumpangan (bukan berbagi suami ya) dengan penumpang lain yang satu arah tujuan.

Jadi polusi akibat asap sisa kendaraan kan jadi berkurang – ini harapan Uber. Gimana? Kamu juga peduli lingkungan dan mau berbagi gak?

Pakai UberPool Ribet?

Menurut sang pria di atas sih gak, apalagi ketika mencoba untuk ketiga kalinya. Semuanya gampang. Tinggal tap tap tap dan beres. Tapi…

Iyes, ada tapinya.

#1. Gak Bisa Ganti Lokasi

Berhubung ini review UberPool ala sang pria, dia titip pesan untuk menyampaikan ini. Jadi salah satu keunggulan Uber (Uber Bike, UberX maupun Uber Black) adalah bisa ganti lokasi tujuan.

Di UberPool ini gak bisa. Kenapa?

Jadi gak mungkin rubah. Karena tujuan itulah yang jadi patokan sharingnya sama siapa saja.

#2. Butuh Waktu Lebih Lama

Yes, mungkin saja terjadi. Misalnya kejadian seperti ini

review uber pool jakarta

Ilustrasi perjalanan dengan UberPool

Dari ilustrasi di atas, terlihat, kalau menggunakan UberPool, B bersama temannya akan membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan kalau dia memesan UberX saja.

Nah, untuk masalah waktu ini, si pria berkacamata di pengantar mengatakan:

Kalau misalnya sedang dalam kondisi terburu-buru, ada baiknya jangan menggunakan UberPool ini. Baca juga: Berapa Harga Waktumu?

#3. Gak Cocok Untuk….

Yes… layanan UberPool ini mungkin ada yang akan merasa tidak cocok untuk dipakai. Terutama oleh mereka yang memang tidak suka satu kendaraan dengan orang asing.

Mungkin karena memang dirinya sendiri kurang PD sampai enggan berkendara dengan orang asing tak dikenal ataupun karena takut.

Saya sih tidak masalah kok berbagi. Apalagi kalau pas lambang petir muncul – lumayan potongan harganya. Soal takut dengan orang asing satu mobil dengan saya? Gak masalahlah. Kan bisa ditrack di aplikasi sendiri. Saya biasanya capture dan kemudian kirim ke teman saya.

Itu ungkap salah satu pengguna layanan UberPool, yang kebetulan satu mobil dengan si pria beberapa waktu lalu. Memang ketakutan itu akan ada – jangan – jangan….

Tapi ya kembali ke bagaimana kita sendiri kan? Setidaknya itu yang saya tangkap dari narsum #tsah.

Semua ya dikembalikan ke tujuan awal menggunakan layanan Uber ini sendiri. Kalau si pria itu mengatakan bahwa dia puas dengan layanan Uber termasuk UberPool ini.

Kesimpulan

Pada akhirnya, review UberPool ini adalah berdasarkan pengalaman si pengguna UberPool. Bisa jadi yang dialami akan berbeda. Pria berkacamata itu, sekali lagi merasa layanan UberPool ini bermanfaat dan memberikan dirinya kesempatan merasakan layanan Uber dengan harga lebih hemat.

Namun, beberapa hal yang harus diperhatikan di atas tetap harus dipertimbangkan ya. Misalnya kalau memang dalam keadaan buru-buru, pertimbangkan waktu yang akan ditempuh.

Menutup review UberPool ini, pengguna yang disebutkan di atas memberikan 4,5 dari 5 bintang. Kendala waktu yang menjadi faktor pengurang. Tapi selebihnya? Layanan UberPool cocok untuk Jakarta nan macet ini. Kalau kamu belum pernah pakai Uber, pakai link FebriyanLue ini buat dapatkan kredit Rp50rb.

Advertisements

27 Comments

  1. Parjo 28 Juli 2016
    • Febriyan 28 Juli 2016
  2. Gio | Disgiovery 17 Juli 2016
    • Febriyan 17 Juli 2016
  3. Rizky Satrio 15 Juli 2016
    • Febriyan 15 Juli 2016
  4. Liberto Amin 10 Juli 2016
    • Febriyan 10 Juli 2016
  5. April Hamsa 3 Juli 2016
    • Febriyan 5 Juli 2016
  6. Lia Harahap 2 Juli 2016
  7. Dita 2 Juli 2016
    • Febriyan 2 Juli 2016
  8. Witri prasetyo aji 1 Juli 2016
    • Febriyan 1 Juli 2016
  9. Arni 1 Juli 2016
    • Febriyan 1 Juli 2016
  10. @danirachmat 1 Juli 2016
    • Febriyan 1 Juli 2016
  11. Nia Nastiti 1 Juli 2016
    • Febriyan 1 Juli 2016
  12. Uniek Kaswarganti 1 Juli 2016
    • Febriyan 1 Juli 2016
  13. Julian Sukrisna 1 Juli 2016
  14. Nadia Khaerunnisa 1 Juli 2016
    • Febriyan 1 Juli 2016

Leave a Reply

Dapatkan kredit Uber senilai Rp50rb Daftar Uber
+
%d blogger menyukai ini: