24 Kutipan tentang Berbuat Salah dalam Hidup. Kata Siapa Kita Tak Boleh Melakukan Kesalahan?

Namanya juga manusia, wajarlah kalau berbuat salah. Nobody’s perfect kan? Terus gimana kalau sudah buat salah? Apa lagi yang harus dilakukan?

Saya pribadi memang setuju kalau manusia itu gak ada yang sempurna, termasuk saya sendiri. Semua pasti pernah berbuat salah. Tapi bukan berarti, setiap manusia itu boleh berbuat salah. Berbuat salah karena tidak disengaja itu wajar. Tapi kalau berbuat salah dengan sengaja? Hmmm…

Tulisan kali ini, saya ingin menyampaikan beberapa kutipan tentang berbuat salah dalam hidup. Kutipan-kutipan ini saya ambil dari berbagai sumber (cek di akhir tulisan ya).

24 Kutipan tentang Berbuat Salah dalam Hidup

Kutipan-kutipan ini saya suka karena menjelaskan tentang kesalahan dalam hidup itu sebenarnya apa dan kenapa ada. Kita juga diajak untuk merenungkan bagaimana menghadapi kesalahan. Saya bagi dalam beberapa bagian ya.

kutipan tentang berbuat salah kesalahan dalam hidup

24 Kutipan tentang Kesalahan – atau berbuat salah dalam hidup

Berbuat Salah dalam Hidup itu adalah Bagian Kehidupan

Yes… memang semua itu sudah menjadi bagian dari kehidupan itu sendiri. Kesalahan itu membuat kita belajar – Seperti yang ditulis di bawah ini.

  1. Of course I make mistakes. I’m human. If I didn’t make mistakes, I’d never learn. You can only go forward by making mistakes – Alexander McQueen
  2. Making mistakes is part of life. The only things I would feel ashamed of would be if I had said things I hadn’t believed in order to get on. Some politicians do do that –  Tony Benn
  3. A life spent making mistakes is not only more honorable, but more useful than a life spent doing nothing – George Bernard Shaw
  4. Mistakes are a fact of life.It is the response to error that counts – Nikki Giovanni
  5. Nobody lives without making mistakes – Michael Cimino

Dengan kesalahan-kesalahan yang pernah terjadi dalam hidup kita, kita belajar tentang beragam hal. Well, setidaknya itulah yang saya rasakan. Walau terkadang ada kesalahan yang membuat kita saya down banget – sehingga hidup berasa kayak roller coaster – satu hal yang dipelajari:

Kesalahan Berarti Kamu Melakukan Sesuatu

Kata Confucius, rencana matang tidak ada artinya kalau tidak pernah dimulai dengan sebuah langkah. Demikian juga beberapa kutipan tentang berbuat salah dalam hidup ini. Mereka mengajarkan bahwa melakukan kesalahan berarti kita melakukan sesuatu. Tidak berdiam diri.

kutipan tentang berbuat salah - kesalahan dalam hidup

Kutipan dari Billy Joe Armstrong

  1. The man who makes no mistakes does not usually make anything- Edward J. Phelps
  2. An expert is a man who has made all the mistakes which can be made, in a narrow field – Niels Henrik David Bohr
  3. Making mistakes is a lot better than not doing anything – Billie Joe Armstrong
  4. The sooner you make your first five thousand mistakes the sooner you will be able to correct them – Kimon Nicolaides
  5. If you’re cooking and not making mistakes, you’re not playing outside your safety zone. I don’t expect it all to be good. I have fat dogs because I scrap that stuff out the back door – Guy Fieri
  6. If you don’t make mistakes, you aren’t really trying – Coleman Hawking

Mana yang lebih baik? Melakukan kesalahan atau hanya berdiam diri? Well, lebih baik kalau tidak melakukan kesalahan apapun sih ketika kita bertindak.

Berbuat Salah adalah Bagian dari Pengalaman

Guru terbaik adalah pengalaman – benarkah? Belajar dan belajar dan belajar. Itulah yang diajarkan kepada kita ketika kita melakukan kesalahan. Mungkin tidak saat itu juga, tapi nantinya – ketika semua kenangan muncul kembali, kita akan mengingatnya.

  1. Mistakes are painful when they happen, but years later a collection of mistakes is what is called experience – Dennis Waltley
  2. I always say the minute I stop making mistakes is the minute I stop learning and I’ve definitely learned a lot. Miley Cyrus
  3. I’m very good at making mistakes, so I realized that I should embrace mistakes and learn from them – Mark Frauenfelder

Lagipula, hidup ini adalah rangkaian dari belajar kan?

kutipan tentang berbuat salah - kesalahan dalam hidup

Kesuksesan tidak serta merta tanpa kesalahan atau berbuat salah dalam hidup.

Semua Kesalahan Adalah Perjalanan Menuju Yang Lebih Baik

Banyak orang sukses yang selalu mengatakan – do it. Belajar dari yang kamu alami nanti. Seperti tokoh inspirasi itulah, kita hendaknya belajar karena kesalahan membawa kita ke diri kita yang lebih baik lagi.

  1. Success seems to be connected with action. Successful men keep moving. They make mistakes, but they don’t quit – Conrad Hilton
  2. Mistakes are merely steps up the ladder – Paul J. Meyer
  3. Mistakes are the usual bridge between inexperience and wisdom – Phyllis Theroux
  4. Mistakes, obviously, show us what needs improving. Without mistakes, how would we know what we had to work on? – Peter McWilliams
  5. Success does not consist in never making mistakes but in never making the same one a second time – George Bernard Shaw
  6. Mistakes are the portals of discovery – James Joyce
  7. One must be a GOD to be able to tell successes from failures without making a mistake – Anton Chekhov
Baca juga: 23 Kutipan Sukses dari Orang Terkenal

Tapi Walau Gimana Pun, Kesalahan Haruslah

Melakukan kesalahan sering membuat kita tertegun dan berakhir dalam lingkaran. Tapi… kesalahan hadir agar kita bisa belajar dan tidak mengulanginya lagi nanti – kita harus move on dari semua itu.

  1. After making a mistake or suffering a misfortune, the man of genius always gets back on his feet – Napoleon Bonaparte
  2. Life isn’t about algebra and geometry. Learning by making mistakes and not duplicating them is what life is about –  Lindsay Fox

Karena Pada Akhirnya…

  1. Your best teacher is your last mistake – Ralph Nader

Pengalaman karena pernah membuat kesalahan itulah… kita mendapatkan pelajaran berharga dan menikmati hidup. Dan semua itu pada akhirnya membuat kita menjadi manusia yang lebih dewasa dari waktu ke waktu.

Wajar – Manusiawi Tapi…

Namanya juga manusia, wajar kalau berbuat salah. Tapi jangan bikin salah mulu dan minta maaf mulu. Dan juga jangan mengulang kesalahan yang sama terus-terusan.

24 kutipan tentang berbuat salah atau kesalahan dalam hidup di atas saya kumpulkan dari Finestquotes dan Brainyquotes. Kedua situs ini punya banyak kutipan yang keren.

Mungkin di antara kalian ada yang mau menambahkan kutipan tentang berbuat salah dalam hidup yang menurut kalian menginspirasi juga? Share dong…

Advertisements

6 Comments

  1. farida 15 Juli 2017
    • Febriyan 18 Juli 2017
  2. abahadil 12 Juli 2017
  3. Inayah 6 Juli 2017

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: