fbpx
Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

TongSis

1 min read

TongSis 1

Tongsis atau tongkat narsis mang ramai banget ya belakangan. Di mana-mana banyak yang pakai untuk selfie atau wefie atau apalah itu istilahnya lagi. 

Beberapa kali lihat di web juga banyak yang sampai ekstrim selfie an gitu. Ada yang di puncak gedung atau di puncak gunung yang terjal. Ya gak tahu juga sih bener apa editan itu fotonya. 

Saya bukan ahli buat cek edit apa gaknya. Tapi bicara soal tongsis ini ternyata juga jadi keyword paling banyak dicari di blog ini. Memang saya pernah nulis. Fiksi sih soal tongsis ini. Waktu itu ditantang sama anak MFF. 

Nulis kritik sosial. Kebetulan saat itu ramai soal selfie di pemakaman salah satu artis ternama. Jujur saya gak tahu sih apa maksud mereka gitu. Dan gak mau mikirin juga. Tapi agak jengah aja lihatnya. 

Narsisme memang kondisi yang sudah ada dari dulu. Adalah kondisi di mana seseorang mencintai dirinya sendiri secara berlebihan. BERLEBIHAN. Namun saya sendiri agak rancu dengan kata berlebihan di sini. Berlebih antara satu orang dengan yang lain kan beda-beda ya. 

 

tongsis dan narsisme
Pengertian Narsisme (sumber: Wikipedia)
 Narsisme itu dikenalkan oleh Sigmund Freud dengan mengambil nama seorang tokoh mitos Yunani – Narkissos. Bahasa latinnya Narcissus. Narkissos ini mencintai dirinya sendiri yang dilihat di pantulan kolam. Hingga dia menenggelamkan dirinya sendiri ke kolam. Ini saya ambil dari Wikipedia

Menurut saya sih kuncinya memang di kata berlebih. Mencintai diri sendiri kayaknya sih wajar. Tapi kalau dah mencintai dirinya sendiri dengan berlebihan. Kayak Narkissos atau seperti Mike bisa sangat berbahaya. Mungkin ini juga salah satu bentuk atau menghasilkan depresi dalam diri seseorang. 

Hmmm. Entahlah. Saya bukan psikolog euy. Cuma yang saya suka ingatkan ke diri saya sih selalu sedang-sedang saja. jogedangdut. Kadang saya mang suka keras sama diri sendiri. Cenderung memaksa diri saya to do more

Tapi ujungnya ya bikin stress juga. Hahaha. Jadi belakangan saya lebih berpikir seperti ini. Give yourself a break – don’t push it too hard. Enjoy every steps. Ya setidaknya kalau sudah berusaha, apapun hasilnya saya terima. Review ulang. Dan lakukan perbaikan untuk berikutnya. 

Less stress. Less depression (jadi ingat training soal depresi. Ada yang mau baca gak ya kalau saya share?). 

Nah balik lagi soal tongsis. Jujur sih saya bukan orang yang suka selfie. Jarang deh menemukan saya dalam foto – termasuk dalam kegiatan yang saya ikuti. Saya lebih suka di belakang layar. Atau kalau ada yang candidly took my picture. Saya suka yang gitu hahaha. 

Mungkin ya karena gak pede juga kali yak dikeplak karena low esteem lagi. Ya gak juga sih. Memang gak terlalu suka aja. Makanya kadang penasaran. Kenapa sampai suka selfie dan tongsis itu ramai dicari. Saya aja baru tahu tipe tongsis macam-macam. Sampai ada yang self timer juga katanya. 

Barusan sambil nulis browsing pakai tongsis self timer dan ada dong di Lazzada. Hahahaha. Eh seriusan. Kalau kalian suka selfie gak? Kenapa? 

Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

82 Replies to “TongSis”

  1. Saya lebih suka selfie rame-rame… di hapeku ngga ada selfie sendiri kecuali memang lagi jalan-jalan dan ada begron yang oke. Kalau yang daily selfie, ga pernah. Kalau pun iya langsung di hapus, cuma mau liat jerawat ada di mana aja =))

  2. waahhh aku mah Selfienisasi banget Koh hahahaaa, nggak perlu dibuktiin lagi kan 😛
    Tapi kl pake tongsis sih udah jarang, hits nya itu kan dulu yah. Jamannya harga tongsis masih 135.000 dan sekarang sudah ada yg harganya 35.000, sakitnya tuh disini Koh,, disini *nunjuk dompet*

  3. Suka selfie juga, tapi sekarang secukupnya aja buat dokumentasi pribadi. Sebisanya ditahan biar gak gw upload, takut bikin orang2 skit mata saking narsisnya. Tapi kalo lagi kumat gejenya ya upload2 aja selfiannya itu, hehe.

    1. Hahahaha. Masa mata sakit sih lihat selfiemu Zi? Atau jgn2 maksudnya sakit karena melihat kecantikan seorang bidadari turun dari surga #tsahhh.

      Uploadnya biasanya dmn Zi?

      1. Sumpeh gw sering ngerasa nyampah pake selfian gw Ry. Soalnya gw pikir pasti ada yg ngebatin “mukanya gitu2 aja dibangga2in”?. Tapi kalo pas geje ya wes lanjut, walopun habis itu banyak yg dihapus juga.
        Paling banyak ya di blog Ry, hihi
        #maluuuw

  4. Aku suka selfie sih Ko, tapi ngga sampai beli tongsis wkwkwk. Oh iya, sepertinya menarik yang less stress less depression tu Ko

      1. karena mungkin asik ngelakuinnya.. jadi bisa ngetren,, gaul lah istilahnya mas..

        gampang kok motoinya,,, tinggal jepret doang..
        paling minta berulang-ulang 😀

  5. Saya juga lagi low self esteem nih akhir-akhir ini, Mas :haha. Yah tapi sekarang saya mulai memperbanyak foto sih (eh kemarin kita tidak foto ya? :haha).
    Iya banget! Don’t push yourself too hard. Dibikin enjoy saja. Kalau enjoy pasti hasilnya bagus, kalau terbebani malah malas dan ujung-ujungnya gagal. Terima kasih sudah mengingatkan ya Mas :hehe.

    1. Iya nih. Kemarin gak foto bareng. 😀
      Low esteem napa coba Gara? Belakangan memang sering lihat foto selfie or wefie kamu di post.

      1. Lagi low self esteem aja, Mas :haha.
        Ups :hihi. Yah, kebetulan lagi ada beberapa stok foto narsis. Ini masih banyak dan ada satu postingan tersendiri sih tentang itu :haha.

  6. saya suka banget selfie 🙂 tapi sekarang nemu selfie yang agak kerenan dikit. kkkk

    instagram dan blog saya akhir akhir penuh dgn selfie …

    share dong ttg training less depression nya .. pengen belajar juga ….

      1. saya lagi kecanduan selfie kekinian dan agak kerenan ini 😀

        instagram.com/eggimaru

        saya sempet belajar tentang depresi yg berujung ke masalah diet (saya pernah diet dan nafsu makan jadi hilang, gawat). jadi pengen tau begimana trainingnya ..

      2. saya ngikut para user IG di Jakarta loooh … semua pede sama kaki dan tangan mereka .. bersih2 pula… 😀

        siapa tau dilirik Lifebuoy ato jam tangan .. tangan dengan Apple Watch oke juga 😀

  7. Lebih baik narsis daripada minder. Hahaha

    Narsis itu kan artinya mensyukuri apa yg udah Tuhan berikan ke kita ya. Jd bagus asal ya jgn sampe menenggelamkan diri. Itu sih kebangetan :p

  8. Kalau mengunjungi tempat wisata atau hangout, selfie sekali sama wefie beberapa kali udah cukup lah. Biar kekinian. Lanjutin foto-foto buat blog. Sisanya, enjoy the moment 🙂

      1. Iya betul itu mas. Modalnya bener2 cuma kamera. Saya sih jarang-jarang. Tapi kalo yang sudah ahli bisa memperkirakan sudut selfie biar pencahayaan dan efek wajahnya paling oke 😀

  9. Nikmatin prosesnya ya Mas Ryan, ndak terlalu ngoyo 🙂
    Aku sih ga suka selfie, sukanya difoto rame-rame 😆
    btw aku sempet kepikiran mau nulis soal selfie ini.

      1. udah lama kepikiran mau share soal kata “selfie”nya itu mas Ryan. Pikiran random aku itu sih.
        Sebenernya banyak bahan tulisan, cuma badan aku masih rontok efek Jumat kemarin dan sekarang mas Ryan 😀 *postingan buat EF aja masih ketunda #curhat*

  10. Klo jalan2 mendingan selfie lah, drpd minta tolong org lain eh kamera dibawa kabur repot kan, atau dimintain duit krn sdh potretin kita D . Btw klo selfie itu kita potret sendiri kan?, klo minta org lain bukan selfi dong?, byk org bilang “selfi sendiri, selfie berdua” tp ko yg potretin org lain, klo gitu selfi bukan sih? *bingung 😆 .

    1. Aku ikutan bingung jadinya Mbak. *cari tiang* soal kamera dibawa kabur sih iya juga ya Mbak. sayang juga kalau pakai kamera yang dslr.

  11. nggak suka foto sendiri

    malah dulu2 kalau ke mana2 jarang foto
    eh sekarang nyesel mau cerita udah pernah ke sini ke sana nggak ada bukti foto wk..wk..

  12. menurut saya sih karena semakin kesini kita semakin individualis, sehingga untuk sekedar berkomunikasi dengan orang sekitar untuk minta tolong difotin aja udah nggak mau..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *