fbpx
Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

Tips Menggunakan Online Ticketing

1 min read

Tips Menggunakan Online Ticketing 1

bloggingTahun 2013 akhir, tepatnya November 23, saya akhirnya menginjakkan kaki ke Liberia, Afrika Barat untuk kerja. Setelah 6 bulan lebih bekerja di sana tanpa liburan, rasanya kok kangen berat sama Bali dan pantai-pantainya di sana ya (ada yang gak kangen sama Bali gak?).

Akhirnya saya pun mengontak teman sesama penyuka pantai dan ngobrol panjang lebar hingga akhirnya memutuskan untuk liburan bareng ke Bali (saya terakhir ke Bali adalah 2012 bersama keluarga). Dan saya yang mendapatkan tugas mengurus masalah tiketnya. Berpikir dong, gimana caranya booking tiket dari Liberia gitu?

Tips Menggunakan Online Ticketing
Online Ticket – image dari sini

Lalu saya teringat, sebagai pengguna online – untuk blogging, masa gak manfaatkan media online sih buat memesan tiket secara online juga? Akhirnya mulailah saya browsing website untuk tiket online, seperti traveloka, nusatrip, tiket dan website online lainnya.

Setelah browsing beberapa kali, akhirnya ketemulah jodoh, eh… maksudnya jadwal dan tiket yang cocok untuk liburan. Pilihan saya waktu itu jatuh ke Traveloka.com karena memang setelah dibanding-bandingkan harganya memang lebih murah. Cara pesannya juga mudah, hanya isi data saat sudah memastikan jadwal yang diinginkan, terus lanjut ke pembayaran, tak lama kemudian email konfirmasi pun sudah masuk ke email saya. Sudah gitu, nama saya akan tetap terdaftar kok sebagai member di sana.

Tips Menggunakan Online Ticketing
Contoh web online tiket

Memanfaatkan dunia online seperti ini memang memudahkan kita ya. Apalagi saat itu saya sedang sibuk-sibuknya dengan kerjaan yang gak henti-hentinya dari hari ke hari. Namun harus ada persiapan kalau mau online ticketing.

Tips Menggunakan Online Ticketing

Nah… berikut ada beberapa Tips Menggunakan Online Ticketing seperti ini:

  1. Tetapkan dulu tujuannya. Jangan sampai sudah siap depan laptop tapi masih bingung mau ke mana, seperti teman saya sekarang ini, kalau ditanya mau pesan ke mana, dia masih bingung. Hanya bilang: “yang penting pantai”, lah kan pantai di Indonesia banyak.
  2. Tetapkan juga tanggal keberangkatan dan kepulangan. Kok sampai pulang juga? Karena biasanya kalau booking lebih awal kan dapat promo lebih murah. Hehehe. Kecuali kalau kamu berencana menetap di sana ya.
  3. Siap dengan modem/koneksi internet yang kencang dan stabil. Karena ini kan online booking, jangan sampai deh putus di tengah jalan. Ulang lagi dari awal. Harus kayak si pemburu ini nih kalau mau online booking.
  4. Kalau dalam jaman mobile kayak gini, aplikasi di hape untuk pesan tiket dan booking hotel juga sangat mudah kok, contohnya Traveloka app untuk tiket pesawat, Tiket app, dll.
  5. Baca-baca testimoni dari para pengguna website online ticketing itu. Banyak testimoni yang bisa dicari. Saya tanya teman blog dan mereka akan rujuk ke link mereka sendiri soal pengalaman menggunakan layanan ini. Jangan remehkan kekuatan blogger loh.
  6. Coba tanya-tanya juga teman sekitar, siapa tahu ada yang bergerak dalam bidang ini. Gak ada salahnya kan membantu teman juga. Saya juga memesan hotel menggunakan travel agen pas ke Bali tahun 2012 dulu. Tinggal bbm dia dan dah beres deh.

Nah, setelah membaca tips menggunakan online ticketing di atas, saya harap sih bisa menemukan layanan online travel agents yang memang sesuai dengan kalian, ingat, memilih yang cocok layaknya mencari jodoh loh, gak mudah.

Tapi kalau ketemu yang pas… wuidih. Seneng bener deh rasanya. Kayaknya sayang juga kalau sampai dilepaskan kan? Semoga sih layanannya semakin maju bukannya mundur ya karena lupa diri.

Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

60 Replies to “Tips Menggunakan Online Ticketing”

  1. Teteh eh kangmas tepatnya mah, apapun selalu lewat internet… belanja, beli barang, beli tiket, booking Hotel, pokoknya tinggal banding2in trs klik deal hehee

    Jd sebelum ke Indonesia, hotel sudah jauh hari dipesan, nyampe Indonesia tinggal masuk2 saja..dan jauh lebih murah pastinya 🙂

  2. Ihikkk… Traveloka ihikk…
    Iya sih, bertahun-tahun terakhir ini kalo pesen tiket ya pasti online. Apalagi ada situs yang bantu bandingin harga tiket, langsung deh dapat yang paling murah *tapi gak mau Li*n air

      1. Hahahah makan kecil2 trus photo2 alay kali ya.. ! Ngakk kok emang suka jalan, dan lebih suka tanpa agent travell. So, menikmati perjalanan, khususnya nyasar itu seni yg sangat luar biasa. Iya nihh mklum sedikit ada perubahan di struktur management ktr. Takut cuti habis brohh :d

      1. Oiya maksudnya di counter ticket sales office nya gitu lho. Contohnya baru aja nih beli tiket GA rute sama tapi di sales office lebih mahal drpd beli online di webnya GA.. Hmmm kenapa gitu ya?

  3. Baru coba sekali booking hotel via online nih untuk liburan beberapa bulan ke depan. Well, semoga baik-baik saja :hehe. Tapi memang harganya lebih murah sih kalau dibandingkan pesan langsung/lewat agen fisik. Kalau pesan tiket jarang via situs agen seperti itu, mesti langsung ke situs resmi maskapainya. Mungkin di pemesanan buat Juli nanti saya mau lewat agen online deh…

    Kapan ke Bali lagi? :haha.

  4. sebagai traveler kere hore, emang online ticketing untuk urusan akomodasi dan transportasi sangat membantu sekaleeeee ya 😀 😀

    ps: sekaleeee (adj): ditengarai penulisnya anak lamak gilak 😀

      1. Banyakin minum kopi! Biar kuat melek pas rebutan tiket promo, mas 😀 😀
        trus kemudian anaknya cedih gegara tiket murah mau diapus 🙁 🙁

      2. Dari awal taun belum nemu si tiket murah domestik, mas.. Kesian anaknya 🙁
        Demikian dan terima kiriman tiket. Tiket ya jangan smp typo. i sama o deket soalnya 😀

  5. kemaren seh sempet lihat2 web itu juga buat cek hotel waktu di semarang. cuma nggak jadi via web, padahal harganya bisa lebih murah.

    koq bisa yah tarif hotel yang semalamnya 550 ribuan tapi via web itu jadi 600 ribuan per dua malam?

    1. Kalau namanya tour n travel agent kan ada komisi dan biaya admin mas. Di situlah kenapa bisa naik. Namun di sisi lain, kalau ada promo-promo tertentu, bisa lebih murah loh mas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *