Febriyan Lukito

Pentingnya Kesehatan dan Minum Air Putih

“Kamu harus jaga kesehatanmu, minum air putih yang banyak!” Gak sedikit sih yang bilang seperti itu ke saya. Apalagi ketika saya beberapa kali gak enak badan. Saya, mungkin sama seperti sebagian besar orang lainnya, bukannya tidak paham pentingnya kesehatan dan minum air putih. Tapi kenyataannya masih saja suka lupa menjaga kesehatan itu sendiri.

Kesehatan Itu Penting

Banget… banget banget banget deh itu saya yakin kalau kesehatan itu penting dan juga kesehatan itu mahal. Gimana gak mahal coba, terakhir saya fully check up buat tahu ada apa dengan kondisi tubuh saya yang sering drop belakangan ini, harganya bikin muntah dan makin sakit.

Saya itu cek lab, ke dokter spesialis dan juga rontgen – itu loh ngambil foto bagian dalam tubuh. Totalnya itu hampir 1,5 juta doang (doang!!!). Hikss kalau sudah kayak gitu, baru deh bener-bener ngerasa betapa sehat itu mahal bok. Apalagi kemarin itu asuransi kesehatan saya di kantor belum aktif – jadi gak ada reimburse deh tuh biayanya.

Baca juga: Tips Memilih Asuransi Kesehatan

Terus saya teringat lagi sama teman kantor di bank yang memberi saya beasiswa, dia juga mengingatkan saya pentingnya kesehatan dan minum air putih. Karena dia pernah mengalami sendiri yang namanya gangguan ginjal karena kurang minum air putih. Biaya pemeriksaan dan pengobatannya pun gak murah.

Pentingnya Kesehatan Dan Minum Air Putih

pentingnya kesehatan dan minum air putih
Kalau makan salad kayak gini gimana? Sehat gak?

Kalau dulu pas sekolah, saya inget banget pelajaran yang bilang: “Dalam sehari, seorang manusia harus minum setidaknya 8 liter air putih”. Itu masih berlaku gak sih? Kalau masih, sepertinya penyebab saya merasa sering down banget belakangan ini ya karena kurang minum air putih kali ya.

Saya, seperti yang disebutkan di atas, bukannya gak tahu atau gak paham pentingnya kesehatan dan minum air putih ini. Tahu kok. Cuma ya kalau sudah di kantor itu, apalagi pas kerjaan lagi banyak-banyaknya, seringkali lupa untuk minum air putih. Sehari palingan habis dua tumblr doang.

Udah gitu, weekend juga dah jarang banget jalan keliling komplek, apalagi lari – yang sering cuma lari dari kenyataan hidup yang berat doang #ehhhh. Makanya pas kemarin sakit itu dan melihat bisa pesan buah secara online, saya tuh seneng banget. Lumayan kan bisa mengimbangi dikit yak.

Baca juga: Review: Pesan Buah Secara Online Pakai Go Jek

Pentingnya kesehatan dan minum air putih ini mungkin sederhana dan sering diremehkan orang, termasuk saya, tapi pas udah kejadian (baca: jatuh sakit), baru deh kita menyadarinya dan merubah gaya hidup kita lagi akhirnya.

Olahraga Teratur

Salah satu yang membuat saya terpikir belakangan ini ya ingin berolahraga teratur lagi nih. Dulu saya rajin nge-gym. Bahkan sempat tuh ikutan program penurunan berat badan dan berhasil menurunkan 5 kg dalam 2 minggu karena rajin dan ingin hidup sehat. Sekarang? Gak ke gym, jarang jalan dan jarang olahraga. Bahkan jarang juga olah tubuh kesukaan saya.

Sedia Air Putih Yang Banyak

Minum Infused Water termasuk minum air putih gak?

Ini juga harus saya rubah nih. Kayaknya harus beli tumblr yang lebih gede lagi ya. Biar pas kerja pun ketaker deh berapa banyak air putih yang sudah saya minum untuk hari itu. Etapai, saya sendiri lebih suka ngopi sih di kantor karena sering merasa ngantuk sayanya.

Tapi pas saya browsing tips kesehatan, katanya sering merasa ngantuk itu tanda penurunan metabolisme tubuh juga (ini nih perlu inget lagi makanya pentingnya kesehatan dan minum air putih). Nah biar tetap tampil awet muda dan juga meningkatkan metabolisme tubuh, kita dianjurkan minum air putih.

Baca juga: 15 Manfaat Air Putih

Diet Itu Perlu Gak?

Nah satu sih pertanyaan saya, perlu gak sih saya diet? Kalau dari cara perhitungan massa tubuh, saya ini sih memang termasuk yang gemuk. Tapi kalau disuruh diet itu rasanya berat banget deh buat saya. Apa saya diet buah aja ya?

Ada saran gak diet yang gampang – please jangan bilang food combining. Memang saya tahu sih kalau food combining bagus buat tubuh juga, tapi susah dengan posisi saya yang masih jadi anak kos ini. Lebih sering beli makan di luar saya daripada masak.

Intinya Sih…

Ya intinya sih saya paham pentingnya kesehatan dan minum air putih bagi tubuh saya tapi memang masih kurang melakukan yang harus dilakukan. Kalau kalian gimana? Menurut kalian pentingnya kesehatan dan minum air putih bagi tubuh itu seperti apa?

Exit mobile version