lomba foto astra dan anugerah pewarta astra 2017

[Partner Info] Lomba Foto Astra dan Anugerah Pewarta Astra 2017

Saya masih ingat, di tahun 2016 lalu saya baru tahu tentang adanya Lomba Foto dan Anugerah Pewarta Astra (LFA-APA) pas saya datang ke event yang diselenggarakan Astra di SMESCO. Hadiahnya itu wow banget. Ikutan sih, tapi hanya mengirimkan 1 (satu) artikel dan ternyata…. Gak menang!

Bulan lalu, teman saya, yang juga kontributor di sini, Mas Takdir, menghadiri acara di Candi Bentar Convention Hall, Putri Duyung Ancol – Jakarta Utara. Di acara tersebut, diumumkan bahwa di tahun 2017 ini, LFA-APA kembali hadir.

Jadi, kalau kamu termasuk yang suka fotografi ataupun suka menulis (boleh jurnalis ataupun masyarakat umum), bolehlah ikutan lomba Astra 2017 kali ini. Hadiahnya? Tentunya lebih wow. Simak lengkapnya tentang LFA-APA 2017, tema, periode dan hadiah lomba di sini ya…

lomba foto astra dan anugerah pewarta astra 2017

Lomba Astra 2017: Inspirasi Perjalanan 60 tahun Astra

Perjalanan Astra sebagai salah satu perusahaan terbesar di Indonesia, bukanlah perjalanan yang main-main. Sudah pasti banyak asam garam yang sudah dicicipi. Sejak tahun 1957, Astra sudah mengalami semua yang mungkin baru dialami oleh para start-up muda sekarang ini.

Astra, sepanjang perjalanan hidupnya, memahami bahwa kontribusi terhadap bangsa Indonesia adalah salah satu hal yang perlu dilakukan selain mengembangkan bisnisnya. Hal ini diungkapkan oleh Presiden Direktur PT Astra International Tbk, Bapak Prijono Sugiarto di acara peluncuran lomba Astra 2017 itu.

kick off lomba astra 2017

(kiri-kanan) Head of Security Division PT Astra International Tbk Karim Suwandono, Deputy Head of Public Relations PT Astra International Tbk Boy Kelana Soebroto, Head of Environment & Social Responsibility PT Astra International Tbk Riza Deliansyah, Ketua Pengurus Yayasan Karya Bhakti United Tractors (YKB UT) Endang T Handajani, Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Astra-Michael D Ruslim (YPA-MDR) Arietta Adrianti, Head of Public Relations PT Astra International Tbk Yulian Warman, Fotografer dan Juara Pertama Lomba Foto Astra 2015 Kategori Umum Sandy Wijaya, Blogger Arif Rahman, dan Ketua Pengurus Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) Henry C. Widjaja pada peluncuran Lomba Foto Astra & Anugerah Pewarta Astra 2017 di Jakarta (23/8).

Astra senantiasa mendedikasikan karyanya untuk kemajuan bangsa Indonesia – sejalan dengan filosofi perusahaan yang tertera dalam Catur Dharma.

Karena itulah, pada lomba foto dan pewarta Astra 2017 kali ini, diambil tema perjalanan menginspirasi negeri – sama dengan tema ulang tahun Astra yang diusung sepanjang tahun ini.

Baca juga: Inspirasi dari Penerima SATU Indonesia Awards

Hadiah Lomba Foto dan Anugerah Pewarta Astra

Hadiah perlombaan kali ini gak tanggung-tanggung, untuk setiap kategori Astra menyediakan hadiah utama berupa 4 mobil Astra Daihatsu Ayla Type M AT, adapun untuk pemenang lainnya tersedia hadiah 4 buah motor, 4 kamera Fuji Film XA10, 8 Samsung Gear 360 2017 serta 40 Xiaomi Redmi 4X.

Memasuki tahun pelaksanan ke-3, ini adalah apresiasi Astra pada jurnalis dan blogger atas karya tulis dan foto tentang kontribusi sosial Astra bagi bangsa.

Bukan main kan hadiahnya? Yakin gak tertarik untuk ikutan?

Buat yang ingin ikutan, dan penasaran seperti apa pemenang tahun lalu, bisa dicek di Pemenang LFA2016 dan Pemenang APA2016 ini.

Tema Lomba

Sekali lagi ingat temanya ya… Untuk Lomba Foto Astra (LFA), temanya kali ini adalah Perjalanan Penuh Inspirasi. Jadi pewarta foto bisa mengabadikan momen traveling menikmati keindahan Indonesia. Sementara untuk tulisan yang dilombakan Astra ingin mengajak para penulis Indonesia menuliskan mengenai inspirasi perjalanan 60 tahun Astra yang dilandasi oleh filosofi Catur Dharma.

Dateline pengiriman gambar dan artikel: 31 Desember 2017.

Sekilas Acara Kick Off

Dalam acara kick-off ini juga ada sesi sharing dari travel photographer Sandy Wijaya dan penulis Arif Rahman yang dipandu oleh Shahnaz Soehartono, news anchor Kompas TV.

Fotografer dan Juara Pertama Lomba Foto Astra 2015 Kategori Umum Sandy Wijaya berbagi pengalamannya kepada lebih dari 200 peserta acara peluncuran Lomba Foto Astra & Anugerah Pewarta Astra 2017 di Jakarta (23/8).

Mas Sandy dan Mas Arif memberikan sharing terkait bagaimana foto dan cara menulis artikel perjalanan yang menarik. Apakah perlu kamera yang kelas atas untuk bisa foto yang bagus ataukah yang diperlukan justru bakat fotografernya?

Terus gimana caranya membuat tulisan perjalanan yang menarik untuk dibaca orang. Sekarang ini kan banyak sekali artikel di dunia maya – apakah tulisan kita bisa bersaing dengan mereka? Share-nya di post terpisah aja ya, gimana?

Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA)

Selain itu di sesi diskusi dipaparkan pula apa saja kiprah dan manfaat Astra sejauh ini oleh Ketua Pengurus Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) YDBA Henry Widjaya.

Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) didirikan tahun 1980 oleh pendiri Astra William Soeryadjaya dengan mengemban misi pembinaan dan pengembangan UMKM di tanah air, juga sekaligus sebagai penguatan value chain usaha Astra melalui program pemberdayaan masyarakat di sekitar operasional Astra.

Program pembinaan yang diberikan antara lain di bidang HR, Produksi, Pemasaran, Keuangan dan EHS & CSR serta fasilitasi akses pemasaran dan pembiayaan dengan memaksimalkan sinergi pada jaringan value chain Astra secara terintegrasi.

ydba dan ukm indonesia

Pemberian penghargaan pada UKM yang menjadi Mitra Astra adalah salah satu program YDBA (foto: dok pribadi)

Salah satu hasil dari YDBA adalah 16 cabang lembaga bengkel umum roda empat dan roda dua serta untuk pengrajin dan petani. Di sisi pengembangan bisnis, Astra hadir dengan Lembaga Pengembangan Bisnis (LPB) yang membantu UMKM di daerah, khususnya daerah pra sejahtera dengan 10 koperasi yang sudah ada.

Hingga akhir tahun lalu YDBA sendiri telah memberikan pelatihan dan pembinaan pada 9.000an UMKM, 700 warga putus sekolah serta membina pendidikan di Jogjakarta dan Lampung Selatan.

Inspiratif Kan? Jadi Kamu Ikutan Gak?

Jadi gimana? Sudah ada ide untuk share inspirasi 60 tahun perjalanan Astra versi kamu? Untuk info lengkap Lomba Foto dan Anugrah Pewarta Astra (LFA-APA 2017), bisa cek di web ini.

Saya sendiri lagi “dorong” temen saya untuk ikutan lomba fotonya. Dan kalau saya lihat, yang ikut lomba fotonya banyak nih.

Advertisements
5

6 Responses

  1. Inayah
    23 Oktober 2017
    • Febriyan
      23 Oktober 2017
  2. Rudi G. Aswan
    16 Oktober 2017
    • Febriyan
      16 Oktober 2017
  3. nia nastiti
    15 Oktober 2017
    • Febriyan
      15 Oktober 2017

Write a response

%d blogger menyukai ini: