fbpx
Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

Kenapa Blogger Perlu Guest Posting?

44 sec read

blogger perlu guest posting

Pertanyaan ini sebenarnya sudah cukup lama di otak, kenapa blogger perlu guest posting. Saya sendiri membuka kesempatan guest posting di blog ini. Tapi memang saya belum pernah menjelaskan kenapanya. Selain itu, saya juga sudah beberapa kali menulis di blog lain, seperti di Mbak Carra dan Dani.

Lalu… apa dong jawabannya?

Kenapa Blogger Perlu Guest Posting

Sebenarnya postingan kali ini bukan post penjelasan, untuk awal postingan ini lebih ke survey aja sih. Menurut kalian, blogger Indonesia, perlu gak lakukan guest posting ini?

Guest posting adalah aktivitas menulis artikel lengkap untuk situs atau blog lain – dengan tujuan tertentu.

Kira-kira itu sih pemahaman saya mengenai Guest Posting ini.

Kalau menurut saya sendiri Guest Post ini penting banget dan berguna banget buat blogger dalam 1 hal utama yang sering jadi beban pikiran:

Itu… salah satu alasan utama saya ikutan guest posting di beberapa blog lain.

O iya,… kalau perlu referensi soal Guest Posting ini, bisa baca tulisan Mbak Carra dan Dani ini.

Survey Blogger Indonesia

blogger perlu guest posting

Kalau kalian sendiri, pernah guest posting di mana gak? Kalau pernah, kenapa dan apa yang kamu dapatkan dari guest posting ini? Kalau belum, kenapa gak mau ikutan guest post ini? Tulis di komen ya…

 

Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

31 Replies to “Kenapa Blogger Perlu Guest Posting?”

  1. Mas, saya sekarang masih berfikir seperti ini : “Capek-capek nulis, kok tulisannya buat blog orang lain.”

    Kalau sebenarnya guestblog itu ada sesuatu yang wow, mohon kasi penjelasannya mas. ?

    1. Wah… mungkin harus satu post lagi nih. hihih.

      Guest Blogging itu sebenarnya untuk menebarkan portfolio mas sebagai blogger. Siapa sih seorang Mirwan ini? Biar dikenal orang lain.

      Gini pembaca blog mas dengan pembaca blogku kan pastinya beda. Jadi ini kesempatan untuk memperkenalkan diri ke pembaca yang baru. Siapa tahu ada yang tertarik dengan topik tulisan mas dan selama ini tidak tahu tentang blog mas.

      Kalau teman bilangnya: “Digital Breadcrumbs for myself”

  2. Saya belum karna saya masih pemula. Tapi Guest posting itu mendandakan kita tidak pelit ilmu. Orang yang tidak pelit ilmu, biasanya kehidupan dan kegiatannya berkah.
    Salam kenal
    Deco

  3. pernah jadi guest posting di blonya dunia ely… yg jelas kita harus standy by tgl sekian jam sekian untuk balas komen2nya. jadi benar2 harus luangkan waktu. kalo ada komen yg belum kita tanggapi, mba ely ngemail saya”itu ada komen yg belum dijawab, mas” 🙂

  4. Ryam.., boleh lho jadi guest writer di tempatku lagi..
    pengen juga buat guest post di sini, tapi belum mampu nulis panjang berkualitas nih, ..
    latihan dulu deh

  5. Guest post buat ndongkrak pengunjung. Cuman ya itu, di indonesia belum ada pemimpin pasar yang jelas. Kwbanyakkan di dominasi perusahaan besar. Coba klo ada blog yg ramai dan terkenal, pasti saya sering2 jadi guest post.

  6. Sudah pernah guest posting dua kali. Pertama untuk blog mamarantau waktu acara frankfurt book fair. Kemudian yang kedua menulis tentang rekomendasi tempat wisata di Belanda untuk blog jalan2liburan. Sudah lama diminta untuk jadi guest posting di blog Dani dan food blog nya Mbak Yo, tapi belum dikerjain *sembunyi :))) Manfaatnya apa ya, senang aja sih menulis, bagi2 informasi.

  7. Aku barangkali termasuk yang suka bikin guest blogging di tempat lain ya. Hihihi.
    Pernah nulis untuk blog ini (mau kirim lagi boleh? :D), untuk blognya Mas Dani, blognya Ranny, terus ke blog Kumpulan Emak Blogger (kalau di sana kontributor tetap sih), terus ke beberapa UGC.

    Kenapa?
    Seneng aja gitu, tulisannya nongol di banyak tempat. Pembaca blognya Mas Ry, pasti kan beda sama pembaca blogku, begitu juga di blog Ranny, begitu juga pembaca webnya KEB, juga di Medium. Beda-beda. Jadi semacam branding terselubung. Mengenalkan diriku sendiri sebagai penulis 😀

    Keuntungannya?
    Ya itu tadi, mengenalkan diri sendiri. Kalau boleh narul link, ya berarti dapat backlink berkualitas, nggak cuma yang ada di komen 😀 hehe. Terus, ya nambah ilmu juga, karena biasanya terus terjadi diskusi panjang. Jadi tuker-tukeran info deh.
    Buatku sih banyak banget manfaatnya.

    Demikian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *