fbpx
Jangan Ketawa Lo....  1

Jangan Ketawa Lo…. 

Disclaimer: post ini bukan untuk menyindir suku atau ras tertentu yang sama seperti saya ataupun yang tidak seperti saya. Hanyalah tulisan pengingat saja. 

I’m Indonesian Chinesse, yup. Saya warga negara Indonesia asli yang dilahirkan di Jakarta – 33 tahun lalu tepatnya, dan dibesarkan di Indonesia. Tapi mata saya sipit karena saya keturunan Cina. 

Kalau saya lepas kacamata saya, semua pasti bisa lihat banget kesipitan saya. Sejak dulu kami, warga keturunan, memang sering dibully karena kami minoritas. Gak kok. Saya gak marah karena digitukan. Itu hak mereka untuk bully apa gak. 

Toh kenyataannya banyak juga yang gak ngebully saya dan yang benar-benar welcome. Sekali lagi post ini bukan mau membahas masalah ras dan yang mirip itu lah. Saya paling gak suka bahas yang kayak gitu. 

Nah yang saya mau bahas adalah dulu pernah seorang teman bilang gini ke saya: “Jangan ketawa lo Feb. Ntar pada ngumpet.” 

Digitukan saya sih malah makin ngakak bukannya marah. Ya entah napa, statement gitu bikin saya ngakak aja. Eh tapi jangan samakan semua yang seperti saya samanya akan ngakak juga ya. 

Beda orang beda nanggepinnya loh. Kalau nanti hasilnya beda 180 derajat saya gak tanggung jawab. 

Tapi emang bener sih. Kalau saya ketawa bebas banget. Mata saya bakal sampe nutup. Hampir gak kelihatan sama sekali. 

Terus satu lagi. Saya suka nyebut saya ini Hitachi. Hitam tapi cina. Ya memang saya paling hitam di keluarga. Entah keturunan dari siapa sih. Kalau kata mama sih karena salahnya mama. 

 

jangan ketawa lo
narsis sekali2 gpp kan
 Jadi katanya dia pas mengandung saya benci banget sama almarhumah nenek saya dari almarhum papa. Nenek memang agak gelap. Nah percaya gak percaya sih. 

Kalau saya sendiri sering berpikir kayaknya ini karena sayanya terlalu suka sama kecap nih. Jadi hitamnya keluar di kulit. Saya memang suka banget kecap manis. Kalau bikin nasi goreng harus yang gelap banget. 

Mama pun sering komennya gini: “masakan sama yang masak sama warnanya” saya pun hanya nyengir aja. Hehehehe. 

Tulisan random banget yak kayaknya. Bukan pula curcol. Entah napa tiba-tiba pengen nulis seperti ini aja sih.

Lalu ada juga pengalaman buruk karena urusan keturunan ini. Pas di bus 213 (ini bus kesukaaan saya), ada pengamen. Saya sedang sama cici saya. Kami diri karena penuh. Nah pengamennya itu di kiri saya. Cici saya di kanan. 

Sambil ngamen dia ngelihatin kita berdua aja. Pas selesai, saya sudah siapkan receh buat kasih dia. Saya sodorin eh dia ngomong: “gak usah. Duitnya lo pake aja tuh buat operasi gedein mata” 

Saya sama cici pun melongo aja. Entah kenapa sih kitanya malah bengong. Sakit hati? Jujur iya sih pas awal. Abis itu ya ketawa aja. Abisnya saya bilang ke cici, emang bisa ya operasi beloin mata? 

Ya mungkin orang lain akan anggap joke teman saya sebagai bullyan. Yang dibilang pengamen sebagai hinaan. Tapi ya saya sekarang sadar sih. Mungkin ya ini memang sudah jalan buat kami sekeluarga yang memang dilahirkan sebagai warga keturunan. 

Gak guna juga membenci orang. Lagipula saya bertemu lebih banyak orang yang lebih baik dan welcome dibanding yang seperti itu. 

Pesan mama dari kecil yang saya ingat adalah: 

Jangan pernah beda-bedain teman. Semua sama

 

I am Indonesian and I love Indonesia. 

98 Comments

  1. Andik Taufiq 30 April 2015
    • Febriyan 30 April 2015
  2. fee 29 April 2015
  3. zaki19482 29 April 2015
    • Febriyan 29 April 2015
  4. araaminoe 29 April 2015
  5. monda 28 April 2015
    • Febriyan 28 April 2015
  6. kutubuku 28 April 2015
    • Febriyan 28 April 2015
  7. Ria Angelina 28 April 2015
    • Febriyan 28 April 2015
  8. Dila 28 April 2015
    • Febriyan 28 April 2015
      • Dila 28 April 2015
      • Febriyan 28 April 2015
      • Dila 28 April 2015
      • Febriyan 28 April 2015
  9. Wien 28 April 2015
    • Febriyan 28 April 2015
      • Wien 28 April 2015
      • Febriyan 28 April 2015
      • Wien 28 April 2015
  10. jampang 28 April 2015
    • Febriyan 28 April 2015
  11. Ie 28 April 2015
    • Febriyan 28 April 2015
    • Febriyan 28 April 2015
      • Ie 28 April 2015
      • Febriyan 28 April 2015
      • Ie 28 April 2015
      • Febriyan 28 April 2015
  12. Puji 28 April 2015
    • Febriyan 28 April 2015
      • Puji 28 April 2015
      • Febriyan 28 April 2015
      • Puji 28 April 2015
      • Febriyan 28 April 2015
      • Puji 28 April 2015
    • Febriyan 28 April 2015
  13. ichasyahfa 28 April 2015
    • Febriyan 28 April 2015
  14. Nadia Khaerunnisa 28 April 2015
    • Febriyan 28 April 2015
  15. nola 28 April 2015
    • Febriyan 28 April 2015
      • nola 28 April 2015
      • Febriyan 28 April 2015
  16. bemzkyyeye 28 April 2015
    • Febriyan 28 April 2015
  17. Gara 27 April 2015
    • Febriyan 27 April 2015
      • Gara 29 April 2015
      • Febriyan 29 April 2015
      • Gara 29 April 2015
      • Febriyan 29 April 2015
      • Gara 29 April 2015
      • Febriyan 29 April 2015
      • Gara 29 April 2015
  18. nia nastiti 27 April 2015
    • Febriyan 27 April 2015
  19. zizadesita 27 April 2015
    • Febriyan 27 April 2015
      • zizadesita 27 April 2015
      • Febriyan 27 April 2015
    • Andik Taufiq 30 April 2015
      • Febriyan 30 April 2015
      • zizadesita 30 April 2015
      • Febriyan 30 April 2015
      • Andik Taufiq 30 April 2015
      • Febriyan 30 April 2015
      • zizadesita 30 April 2015
  20. riemikan 27 April 2015
    • Febriyan 27 April 2015
      • riemikan 28 April 2015
      • Febriyan 28 April 2015
  21. Firsty Chrysant 27 April 2015
    • Febriyan 27 April 2015
      • Firsty Chrysant 27 April 2015
      • Febriyan 27 April 2015
      • Firsty Chrysant 27 April 2015
      • Febriyan 27 April 2015
      • Firsty Chrysant 27 April 2015
  22. Atabelle 27 April 2015
    • Febriyan 27 April 2015
      • Atabelle 27 April 2015
      • Febriyan 27 April 2015
  23. Aan 27 April 2015
    • Febriyan 27 April 2015
      • Aan 27 April 2015
      • Febriyan 27 April 2015
      • Aan 27 April 2015
      • Febriyan 27 April 2015
      • Aan 27 April 2015
      • Febriyan 27 April 2015

Leave a Reply