fbpx

Jaga Bicara

Sebuah perkataan dapat menjadi senjata yang sangat tajam kawan. Sangat tajam bahkan jika kita tidak dapat mengendalikannya.

Satu kesalahan kecil dalam berucap dapat mengarahkan seseorang dalam perangkap yang lebih besar, yaitu ‘pembunuhan’.

Banyak ‘pembunuhan’ terjadi hanya karena salah ucap. Baik ‘pembunuhan’ raga maupun karakter. sering kan baca di surat kabar, bagaimana seseorang membunuh tetangga/teman/saudara karena terlibat perkelahian – yang kalau ditelusuri berawal dari salah ucapan.

Satu kata juga bisa membunuh karakter. Seseorang dengan kekuasaan dapat dengan mudah, semudah mengatakan A, dalam membuat hidup orang yang tidak disukainya celaka.

Kita tentu tidak ingin semua terjadi bukan?

Tidak pada kita.

Karena itulah…..
Jaga bicara. Semua berawal dari sana.

Setiap kata yang keluar dari mulut kita adalah pilihan. Karena itu, pilihlah yang terbaik, tanpa tendensi apapun dan membawa hasil positif bagi yang mendengarnya.

Walaupun yang ingin kita sampaikan adalah hal yang buruk sekalipun, kita harus mampu menyampaikannya dengan baik agar tidak menyinggung perasaannya.

Seburuk apapun jika kita menyampaikannya dengan baik pasti…. Sekali lagi PASTI…. akan diterima dengan baik dan tidak akan mengakibatkan sesuatu yang buruk.

Jadi Jaga Bicara dengan mengatur apa yang terlontar dari mulutmu.

Jika kau tak ingin terluka karena satu kata…. yakinlah, orang lain pun mengharapkan yang sama.

Posted with WordPress for BlackBerry.

Leave a Reply