fbpx

Inspirasi Hidup – Kick Andy Show… Orang Indonesia yang Hebat

Hari Jumat kemarin saya diberitahu oleh salah seorang kawan saya (Ari Iswantoro) mengenai acara Kick Andy – yang sudah lama ga ditonton – yang mengetengahkan para finalis Eagle Award Metro TV.

Finalis tersebut adalah:
1. Beasiswa dari Bajo – kisah tentang Rustam.

Kisah Rustam yang sangat ingin kuliah di saat ekonomi keluarga benar-benar menyentuh karena saya tahu apa yang dirasakannya. Bagaimana semangat belajar saya juga terkendala oleh ekonomi keluarga. Namun akhirnya semua teratasi dengan beasiswa yang didapatkan.

2. Sekolah MASTER Anak Jalanan – kisah tentang Nurrohim

Kisah sang empunya warteg yang berniat membantu anak-anak jalanan agar lebih baik dengan membuka sekolah Masjid Terminal (MASTER) juga sangat menyentuh. Bagaimana Nurrohim yang dulunya juga pernah merasakan menjadi anak jalanan dan mengalami masa sulit saat membuka sekolah ini sampai akhirnya mampu memberikan bantuan beasiswa ke ratusan mahasiswa dan salah satu muridnya masuk UI.

3. Dongeng Ajaib – kisah Aryo Farid

Menariknya kisah ini adalah bagaimana melalui sebuah dongeng, Aryo mampu membuat seorang anak yang fobia dengan hujan, petir menjadi anak yang suka hujan-hujanan. Keluguan sang anak dan keindahan bercerita yang dilakukan oleh sang pendongeng menjadikannya sangat indah.

4. Hong – Kisah Zaini Alif

Kebanggaan atas budaya sendiri… Itulah yang menjadi dasar seorang Zaini Alif membentuk komunitas Hong. Komunitas yang peduli dengan mainan-mainan khas daerah. Dan menyebarkannya… Lebih kepada nilai-nilai yang ada di balik permainan itulah, seoran Zaini ingin memperkenalkan keindahan permainan-permainan tradisional seperti congklak…

5. Habibie Dari Mataram – Kisah Muhammad Toha

Dari hobi menjadi terkenal. Tak perlu pendidikan tinggi untuk berhasil. Inilah yang ditunjukkan oleh M. Toha dalam kisah ini. Tanpa mengecap kuliah, dia menciptakan pesawat-pesawat dengan remote yang simpel tapi menakjubkan karena menggunakan bahan-bahan dari sekitarnya.

Dan ternyata….. Dari awal saya sudah mulai menitikkan air mata. Kisah-kisah yang ditampilkan memang kisah pilihan. No wonder mereka menjadi finalis Eagle Award tersebut.

Kehidupan orang-orang dalam film dokumentasi ini sangat menginspirasi. Kalau mau lihat lebih jelasnya dapat dibaca lebih detail di:
http://kickandy.com/theshow/1/1/2009/read/CERDAS-INDONESIAKU

MIMPI

Inspirasi pertama adalah mengenai mimpi. Mimpi menjadi lebih dari orang tuanya mendorong Rustam berusaha keras menggapainya. Untuk kuliah.

Mimpi juga mendasari Nurrohim membuat sekolah itu. Mimpi agar anak-anak jalanan dapat merasakan bangku sekolah dan menjadi orang yang lebih baik.

Mimpi demi mimpi dituangkan dalam kisah-kisah itu. Semua menggapai mimpinya dengan caranya masing-masing. Melepaskan fobia hujan. Menciptakan pesawat. Membentuk komunitas.

Kawan…. Jangan takut bermimpi karena mereka juga mulai dari mimpi kan? Kenapa kita tidak bermimpi???

TEKAD

Dari mimpi mereka wujudkan. Dan untuk itu mereka membutuhkan tekad. Mereka bertekad mewujudkannya.

Tekad mereka sangat kuat dan mereka buktikan dengan berbagai cara.

Lihat bagaimana Nurrohim membuka sekolah saat terjadi kegagalan dalam usaha wartegnya. Sulit…. Tapi dia tetap bertekad membentuknya. Halangan membentuk sekolah hadir tapi semua dilaluinya.

Lihat juga tekad Toha menciptakan pesawat sampai browse dari internet dan menciptakan bahan-bahannya sendiri.

Tekad… Tekad kuat akan mampu membuat kita berjalan maju di kala halangan akan hadir.

LAWAN RASA TAKUTMU

Dalam kisah Dongeng Ajaib, kita diajak melihat bagaimana Arya mampu melawan ketakutannya terhadap hujan dan petir.

Ketakutan akan selalu ada dalam diri kita. Saya pun juga merasakannya. Namun ketakutan ada bukan untuk dipenuhi…. Kita harus melawannya agar kita jadi lebih baik.

Ketakutan adalah hal lumrah dalam tingkat tertentu. Tapi tentunya kita tak akan maju jika selalu hidup dalam ketakutan itu.

Dalam kisah ini Arya mendapatkan bantuan dari Aryo untuk melawannya. Kita pun tak perlu segan mencari bantuan mengatasi ketakutan kita. Saat kita meng-aksep ketakutan kita, sebenarnya saat itu kita menerima diri kita dan berani maju.

Jangan takut kawan. Berjuanglah. Cari bantuan jika memang tak dapat melakukannya sendiri.
Jangan takut meminta bantuan.

JATI DIRI

Nilai ini saya dapatkan dari kisah Arya dan juga Zaini Alif dengan komunitas Hong.

Mencintai budaya sendiri dan memahaminya adalah bagian dari jati diri kita.

Dengan memahami diri kita sendiri. Kita akan menjadi pribadi yang jauh lebih baik. Itulah yang dibawa oleh Arya dan Zaini.

Carilah jati dirimu dan jadi lebih baik lagi.

—————————————————–

Itu beberapa nilai yang saya dapatkan dari acara ini. Hanya beberapa di antara nilai-nilai lainnya. Saya yakin yang telah menonton juga akan dapat nilai-nilai lainnya.

Yang terpenting adalah bagaimana mengambil nilai itu dan membawanya dalam hidup kita.

Sebarkan nilai-nilai ini dalam kehidupanmu dan berbagilah….

Posted with WordPress for BlackBerry.

Leave a Reply