fbpx
Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

How Old Are You

3 min read

how old are you

Kalian pasti tahu dongย how-old.net. Itu loh. Web yang ngecek umur buatannya microsoft. Lagi rame kan beberapa minggu lalu, eh apa bulan lalu ya. Udah coba belum?

Saya…. Belum. Hehehe. Bukannya gak suka sih, untuk fun memang seru sih web ini. Tapi kasihan kalau melihat wajah saya. Dan yang terpenting, saya takut shock melihat umur saya sendiri hasil evaluasi wajah. Kan tampang saya melebihi usia saya yang cuma 17 tahun.

Terus napa nulis ini coba kalau gak mau sharing umur saya berapa. Sabar. Sabar. Habis baca soal deteksi umur ini, saya malah teringat pas saya kerja di Cirebon.

how old are you

Di rumah sakit saya bekerja itu dulu pernah dikenalkan alat untuk cek umur. Lah cek umur kan gampang ya. Cuma perlu kurangin tahun sekarang ke tahun lahir. Tul gak? Napa sampai bikin alat segala.

Nah yang dicek bukan umur fisik (yang pakai tahun lahir). Melainkan umur biologis. Yup. Umur biologis kita.ย Maksudnya adalah umur badan kita dengan menganalisa organ tubuh kita. Alat ini mengecek dan analisa organ kita dan fungsinya saat alat itu kita pakai.

Setiap orang punya umur biologis yang berbeda-beda karena tiap orang punya kebiasaan berbeda kan. Ya sama seperti fisiklah ya. Umur biologis ini kalau makin tua berarti makin “bahaya”. Artinya organ tubuh kita itu kerjanya berat banget sampai-sampai umurnya tua – kadang melebihi umur fisik. Seperti saya.

Yup. Saat itu umur saya 26/27 tahun – muda kan ya (masih tergolong brondong gak ya?). Nah mau tahu gak umur biologis saya berapa. 45 euy. Hampir dua kali lipat. Hahaha.

Berhubung waktu itu lagi pengenalan oleh si empunya alat, dikasih tahulah saya beberapa penyebabnya. Kenapa umur saya bisa 45 gitu.

Menurut petugas yang waktu itu ada beberapa penyebab umur biologis melebihi umur fisik, yaitu:

1. Asupan gizi yang masuk kurang

Menurut sang petugas, saya tuh kurang konsumsi makanan yang tergolong dalam 4 Sehat 5 Sempurna. Ya iya juga sih. Saya paling jarang minum susu – jadi dah coret dah tuh sempurnanya. Tapi yang lainnya makan kok. Sayur – saya makan kok. Sumber protein – makan telor kok saya. Eh telor sumber protein bukan ya? Mungkin memang jarang makan daging. Maklumlah di sana kan saya jadi anak kost. Hemat-hemat dikit.

2. Kurang serat jadi organ kita, terutama lambung kerja berat

Kurang serat katanya sih karena kurang sayuran ya. Tapi saya banyak makan sayuran kok. Apalagi kan di Cirebon ada Nasi Lengko yang saya suka banget. Nasi ini kan isinya sayur – toge, ketimun ada tempe juga jadi lapar nulis ini. Ya menurut dia sih sayur aja gak cukup, perlu juga penunjang lainnya. Seperti minum voucher dan lainnya gitu – mungkin ini bagian dari iklan dia kali ya.

3. Kurang minum air putih

Nah salah satu penyebab kurang bagusnya kinerja organ saya tuh katanya karena kurang minum air putih. Memang sih sejak kerja di bank itu saya memang masalah dalam minum. Kadang suka lupa minum air putih. Padahal katanya harus 8 gelas sehari ya.

Ini juga yang dialami sama teman saya sih sebelumnya. Dia itu sampai pernah dirawat gara-gara ginjalnya masalah. Pas diteliti lagi karena kurang minum. Akhirnya setelah itu dia bawa botol gede untuk taruh di meja kerja. Jadi setidaknya satu botol itu harus dia habiskan seharian.

Saat di Cirebon saya masih belum addict terhadap kopi seperti sekarang. Tapi tetap memang kurang minum karena malas jalan ambil minum. Kalau dah di depan meja itu ya udah saya kerja aja. Ini nih salah satu kesalahan saya. Jangan ditiru yakkkk…

4. Kurang istirahat

Nah penyebab lainnya kata si petugas adalah saya kurang istirahat. Saat itu memang saya sedang dalam program implementasi sistem baru di kantor yang itu. Nah dengan jadwal implementasi yang padat, saya pun akhirnya sering tidur malam. Bahkan pernah pulang kost jam 3 pagi dan jam 6 sudah di kantor lagi.

Itu pas implementasi modul inventory. Capek… tapi gak mungkin kan saya kasih tahu ke bos kalau saya kurang tidur jadinya umur biologis saya berlebih. Bisa di-3-huruf-kan saya saat itu juga. Hehehe. Jadi menurut petugasnya jangan lupakan istirahat.

Menurut dia pas jam istirahat ya benar-benar istirahat saja. Jangan kerja. Sejam itu berarti. Dan jangan suka begadang kalau gak perlu. Harusnya saya minta petugasnya bilang ke bos saya – yang waktu itu ada di event ya. Hahahaha. Setidaknya 8 jam lah agar metabolisme tubuh berfungsi dengan baik.

5. Kurang olahraga

Nah yang ini juga jadi penyebab. Pas waktu itu sih saya masih olahraga rutin. Seminggu itu pasti saya renang sekali dan juga gym minimal dua kali. Tapi waktu itu ya. Gak lama setelahnya gara-gara urusan kerjaan makin banyak, jadi makin jarang olahraga deh. Jangan-jangan kalau cek umur lagi, bisa umur 55 tahun kali ya saya.

Olahraga ini katanya meningkatkan metabolisme organ tubuh kita. Jadi semua bekerja lebih baik lagi. Makanya harus rajin olahraga. Minimal jalan kaki santai setiap hari untuk 30 menit juga cukup menurut dia. Ini sih yang saya lagi jalanin setiap sore.

Itu dia penyebab umur biologis saya melebihi usia asli saya. Gak tahu sih sekarang gimana nih kalau dicek lagi. Masih ada juga gak ya untuk alatnya. Saya sendiri gak tahu sih.

Ya intinya sih jalani pola hidup sehat. Seimbang olah raganya juga. Ini kata si petugas, yang sampai sekarang sepertinya saya masih belum seimbang deh. O iya. Satu lagi yang dia bilang. Perbanyak olahraga wajah. Menurut dia olahraga wajah ini membuat wajah awet muda.

Mungkin saya olahraga wajah dulu ya – senyum rutin tiap 5 menit sebelum cek umur di how-old.net itu ya. Kalau kalian gimana? Ada pengalaman hasil cek how old are you di web di atas gak?

Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

68 Replies to “How Old Are You”

  1. Kalau bisa sih jangan sampe ikut situs mikocok itu …soalnya nanti foto bisa disalah gunakan utk iklan mereka tanpa bayar lagi … eniwei, emang penting tuh cek umur tubuh kita ke dokter .. bos ane yg 35 thn krn gaya hidup urakan pas di cek ternyata berumur 50thn wkwkwkwk .. langsung menjalankan hidup sehat deh ,,,,

    1. Setuju mas. Gak ikut juga sih yang foto ntu setelah baca ada maksud terselubungnya itu.
      Di semua dokter bisa yak cek umur biologisnya?
      Memang harus jalani pola hidup sehat ya

  2. aku ga pernah coba deteksi umur biologis yg kmrin sempat nge hits itu. tp kk ipar aku nyoba, katanya aku di ramal usia 24. wkwkwkwkw.. rugi ah.. aku kan masih abegeh kok jadi 24. wkwkwkwkwkwkw.. ngaco bgt.. malu dah sm umur :p hihihi..

  3. Oalah, kalau saya cek pakai alat di rumah sakit itu, kira-kira umurnya berapa ya… habisnya jarang olahraga, udahnya makanannya berantakan :huhu. Mari olahraga, makan seimbang, sama jangan banyak pikiran :hoho, supaya tetap sehat senantiasa :)).

    1. Bukan di RSnya sih Nad. Tapi event yg diadakan RS. Alatnya sendiri milik PBF doang yg di show pas event.
      Barusan Puji blg di tempat gym dia ada tuh. Cm kalau aku mau hrs ganti kelamin dulu. Hahaha.

      Memang seru sih Nad kalau cari tahu berapa umur kita secara biologis.

  4. boleh nambahin satu lagiiii ?!
    overthinking
    sekali2 kayaknya emang perlu cuek gitu, kebanyakan mikir atau stress juga bikin tambah tua lho ๐Ÿ˜€

  5. Belom coba foto – foto itu Mas, males juga hehee.. Nah, kalo badan aku memang sedihnya 10 tahun lebih tua dari umur sebetulnya ๐Ÿ™ padahal udah olahraga juga, hehe.. Mesti jaga makanan dan atur aktifitas fisik si supaya ga terlalu cape ๐Ÿ˜€

  6. huuwaaaw, kenapa penyebab nya itu ada di aku semua?
    oya, kalo di produk kecantikan, ada deteksi usia kulit juga. itu tuh, produk yg klaimnya bisa memudakan usia kulit jd lebih muda 10 tahun

  7. Kalau kurang asupan cinta yg adekuat masuk pemeriksaan ga tuh bang? Hehe. :mrgreen:
    Buat ngakalin yg app itu mah kalau mau foto harus diimut-imutin, pasti lebih muda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *