fbpx

Hanya ini????

Dalam serial Glee, Will, sang guru musik yang mengelola Glee, dikisahkan kebingungan. Dalam season ketiga, Glee dikisahkan berhasil menjadi juara nasional. Hal yang diimpikan sejak awal.

Nah, Will bingung karena apa lagi yang diinginkannya? Apa yang diimpikannya telah diraihnya. Membawa Glee Club juara nasional.

DREAM

Awalnya adalah dari sebuah mimpi seorang mantan Glee Club, Will, untuk menghidupkan kembali klub itu dan membawanya menjadi juara nasional. 3 tahun bukanlah perjalanan singkat. Apalagi banyak rintangan dalam mencapainya.

Kita semua diajak untuk berani bermimpi akan masa depan kita. Apa yang kita inginkan untuk hidup kita. Pertanyaan untuk mimpi ini: ‘untuk apakah kita ADA di dunia ini?’

Setiap orang akan memiliki jawaban berbeda-beda. Namun itulah yang menjadi ‘drive’ bagi hidup setiap orang yang ada. Akan menjadi passion kita dalam melakukan apapun di dunia ini.

Apakah kita sudah bermimpi hari ini? Jika belum, mulailah sekarang. Tak ada kata terlambat kok.

MAKE IT HAPPEN

Kalau sudah mengerti mimpi kita apa, selanjutnya ya, lakukan. Wujudkan! Terkadang perlu rencana matang. Terkadang tidak. Tapi ya… Akan lebih baik dengan rencana ya.

Kenapa?
Karena akan banyak hambatan dalam mencapainya. Hambatan ini bisa dari mana saja. External maupun internal.

Contohnya adalah lingkungan sekitar kita ‘mempertanyakan’ mimpi kita. ‘Mentertawakan’ mimpi itu. Kalau kita tak kuat, pasti mimpi kita akan mati saat itu juga.

Saya saat SMEA dulu sudah ‘memantek’ di hati tentang beasiswa PPA BCA. Pokoknya saya harus dapatkan. Dan dalam perjalanannya, saya menemukan orang di sekitar saya yang ‘mentertawakan’ mimpi saya itu. Dia berusaha mematikannya tanpa dia sadari. Kalau saja dulu tak kuat, saya sudah tinggalkan mimpi saya dan mungkin saya takkan seperti sekarang. Tapi karena sudah menjadi ‘harga mati’ saya saat itu, saya perjuangkan dan tekadkan. ‘Akan saya buktikan kebalikan dari yang dikatakan oleh orang itu.’

Sama seperti Will. Dalam usahanya mewujudkan mimpinya, dia mengalami hambatan. Mulai dari istrinya (yang nantinya jadi ex) hingga guru lain di sekolah itu. Mereka berusaha mencegah Will mewujudkannya. Jika saja internal Will tak kuat (walau sempat goyang), mimpi itu takkan tercapai.

Itulah sebabnya, hambatan paling besar adalah diri sendiri. Jika kita tak ‘kuat’ dalam bermimpi, kita akan mudah digoyahkan dan runtuh.

Tentukan mimpi. Yakinkan diri. Lakukan!

IT HAPPEN

Nah… ‘Masalah’ baru akan muncul setelah IT HAPPEN – mimpi tercapai. Hanya itu??? What next???

Jangan takut untuk bermimpi lagi. Sama seperti Will. Setelah mencapai mimpinya membawa Glee Club menjadi juara nasional, dia sempat merasa: ‘hanya ini??? Lantas…..’

Dia bingung. Karena sepertinya sudah tak ada lagi yang ‘diinginkan’. Sebenarnya mempertahankan gelar sudah pasti akan menjadi target berikutnya. Namun bagi dirinya sendiri, apa lagi yang dia ingin capai dalam hidupnya. Setelah mendapat gelar juara, dia merasakan hidupnya seakan kosong.

Rekan guru – yang sering berseteru dengannya – mengatakan bahwa, kau kehilangan passionmu. Apalagi yang kauinginkan? Apakah kau ingin seperti mereka – sambil menunjuk deretan guru lainnya yang asik dengan hidupnya mereka. Tapi Will tak menginginkan seperti itu. He WANTS MORE.

Itulah yang sering terjadi pada kita yang memiliki mimpi dalam hidup ini untuk menjadi ‘sesuatu’. Nah setelah kita menggapainya, rasanya sudah lega. Tapi di saat yang sama, kita akan merasakan kehampaan. Karena apa yang menjadi target kita sudah di tangan kita.

Kalau itu terjadi…

JANGAN RAGU untuk BERMIMPI kembali. Tetapkan mimpi-mimpimu berikutnya. DARE to DREAM again. Capai mimpi barumu. Tujuan hidupmu kembali. Karena apa yang menjadi mimpimu saat ini (yang telah tercapai atau belum) adalah bagian kecil dari MIMPI besarmu untuk menjadi “SESUATU” dalam hidup.

TUJUAN HIDUPmu jauh lebih besar dari itu. Dan bermimpilah setiap saat untuk menggapainya terus. Seperti kita dalam perjalanan dengan kereta api. Stasiun akhir kita masih jauh di depan, walau kini sudah berada di satu stasiun yang membuatmu tersenyum, masih panjang jalan yang harus ditempuh untuk menggapai stasiun akhirmu.

So…

JANGAN berhenti BERMIMPI… Coz it all started from a DREAM.

Ryan

051112 0712

Leave a Reply