fbpx
Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

Guilty….

1 min read

Salah satu episode Glee season 4 kemarin mengangkat tema Guilty Pleasure (GP). Apa sih lagu yang menjadi kesukaanmu tapi agak memalukan. Maklum, Glee ini memang berkutat pada menyanyi dan lagu-lagu, jadi mengkaitkannya dengan lagu. Nah… kalau GPnya saya… adalah BUKU. Kalau mau tahu arti Guilty Pleasure… baca ini.

Belanjaan malam ini... termasuk book set Agustinus Wibowo
Belanjaan malam ini… termasuk book set Agustinus Wibowo

Saya kalau sudah ke toko buku, suka lupa daratan. Banyak buku yang saya akhirnya saya beli dan overbudget. Contohnya malam ini. Ke toko buku dengan tanpa ide sama sekali buku apa yang ingin dibeli. Akhirnya? Ngeborong… again padahal tumpukan buku di rumah juga masih banyak yang belum dibaca.

Apa sih yang membuat saya membeli sebuah buku?

1. Cover

Ok… untuk yang ini sebenarnya impulse banget. Jadi kalau saya melihat cover buku yang agak ‘eh’ saya langsung suka beli. Contohnya ya buku yang ini.

Tertarik karena covernya simple and black is my color
Tertarik karena covernya simple and black is my color

Beberapa akhirnya puas dengan pilihan. Walau terkadang ada juga yang covernya ok. Tapi setelah baca, isinya so-solah.

2. Resensi

Resensi yang saya maksudkan di sini adalah isi buku yang ada di belakang itu loh… termasuk juga tulisan para pembaca yang ditampilkan di buku. Nah salah satu yang bisa membuat saya tertarik adalah kalau buku ini ada di recommended corner. Dari sana kemudian saya baca resensinya. Dan akhirnya beli. Contohnya buku berikut ini.

Ini nih... buku recommended corner..
Ini nih… buku recommended corner..

3. Pengarang

Ada beberapa pengarang yang memang saya suka gaya tulisnya. Seperti Sendutu Maitulan, Tere Liye, atau buku keluaran Kick Andy, Andrie Wongso. Karena memang suka penulisnya ini… ya saya beli kalau melihat ada buku baru dari mereka.

Nah kalau ini... saya dah sering baca blognya Mas Jamil.
Nah kalau ini… saya dah sering baca blognya Mas Jamil.

4. Lagi Butuh

Maksudnya… saya gak kepikiran beli buku apapun. Tapi pas lihat di toko buku, ada buku dengan tema yang saya sedang perlu, ya saya beli deh.

5. Serial

Maksudnya ini sih spesifik ke komik Detektif Conan yang malah belum terbit yang terbarunya… 🙁

Malam ini agak spesial karena saya beli booksetnya Agustinus Wibowo… itu loh yang nulis Titik Nol. Tadinya mau cari buku sebelumnya sih. Karena gak ada dan yang ada cuma book set aja… so ya beli aja deh. Eh dapat kartu pos pula… asikkkk (bisa jadi buat giveaway yang lagi dalam pikiran nih… siap2 aja ya).

Kalau kalian? 

Suka belanja buku ga? Kalau iya, buku apa yang dibeli dan kenapa?

Terus sebenarnya apa sih guilty pleasure kalian?

Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

53 Replies to “Guilty….”

  1. Alias ???

    setahu saya Darwisdarwis seperti yg digunakan di buku senja bersama rosie, yg sekarang jd sunset bersama rosie.
    kemudian Sendutu Meitulan yg digunakan di buku mimpi2 si patah hati yg sekarang jd Berjuta rasanya 🙂

    selain itu gk tau Mas… 🙁

  2. jadi bukubuku yang udah dibaca mo di GA nih? apa mo tukeran kartupos?
    daku ga pernah berasa salah sih kalu beli buku.. buku yang baru beli? apa ya kemaren?

  3. kalo ke toko buku saya palingan beli satu atau dua buku mas. tapi sebenernya kalo ada duitnya bisa gelap mata juga. beli buku juga salah satu guilty pleasure saya karena suka beli buku karena penasaran tapi belum tentu isinya benar2 pas sesuai selera dan nggak langsung habis dibaca.

  4. Jarang beli buku, tapi dapat banyak buku, via download. kalau kenapanya, biasanya cek dulu, bagaimana review-nya di amazon. apakah memang layak dibaca atau tidak. khan ada pro-kontra. GP ku sih biasanya kalau lagi ngebet pingin main Warcraft

    1. wah… penggemar Warcraft ya mas. saya gak pernah main sih tapi katanya seru.

      untuk ebook saya masih belum nemu yang bagus untuk download mas. ada info gak?

  5. Suka sekali baca buku. Sampai menikah pun, lebih sering baca buku daripada bercinta.
    😀

    Semua genre suka, ada selemari yg kebanyakan adalah novel.
    Biasanya baca review teman2, kalau bagus masukkan list. Tapi seringnya beli yg kena diskon. Haha…

    1. BBM ya? jadi ingat… pertama kali BBM ada tuh… antri setengah harian rame2 sama temen… kalap juga. tapi masih kalah sama yang dari Jogja, mereka beli sekarung.

      Gawat tuh kalau sampai pasangan dilupakan karena buku.

  6. Sama Mas, saya juga betah banget kl udah masuk toko buku, pernah ampe kaki pegel karena muter2 eee gak taunya udah 3 jam muter di gramed 🙂

    Wah ternyata suka Tere ya Mas, punya bukunya yg Gogon gak Mas ? 🙁

    1. hahaha. sama tuh. tapi susahnya kalau baca di GM langsung sih suka ngantuk gak tahan. hehehehe.

      Gogon? belum punya sepertinya. Penggemar juga ya?
      btw… tahu gak kalau Tere Liye itu punya nama alias? penasaran saya.

  7. Kalo buku sih sekarang lebih ke yang direkomen ama temen-temen aja Mase. Trus habis itu juga suka ama penulis tertentu. Jadinya ya, akhir-akhir ini jarang beli buku. Loh?! Hehehehe.

  8. Selalu belanja buku dan punya anggaran khusus untuk belanja, salam kenal juga ya…. 🙂

  9. My GP? food food and more food, bisa menghabiskan 1/4 salary dalam sebulan, tapi kenapa kok gak bisa membuat gemuk ya? ini nikmat atau bencana? hmmmm… entahlah.. 😆

  10. Alasan pertama karena butuh. Jadi jika ada kebutuhan untuk tema tertentu (semacam how to book) pasti bakalan beli buku yg sesuai.
    Alasan kedua, penulisnya 😀 Contoh Yoris Sebastian Nisiho. Setiap dia mengeluarkan buku baru pasti kubeli, tanpa peduli cover atau review orang2 yg sudah baca.
    Alasan Ketiga Review. Biasanya ini berlaku kalau mau berbelanja novel 😀
    Kalau untuk cover, jika ada yg covernya menarik, biasanya akan disempet2in baca resume di bagian belakang buku. Kalau tertarik ya beli, kalau enggak ya diletakkan kembali. Dan kalau ada buku yg covernya tidak menarik, biasanya akan dilewati begitu saja pas di toko buku

      1. Dia orangnya kreatif. Ide2nya segar dan sering ada kejutan dibukunya juga blognya.
        Dan isi2 bukunya Yoris bisa diaplikasikan dlm kehidupan sehari2 😀

        Kalau ke tokbuk tidak selalu saat ada yg ingin dicari, biasanya kalau galau akut perginya juga ke toko buku kok hihihihihihi

      2. wah… kalau lagi galau akut sampai lupa daratan gak belanja bukunya?

        Yoris memang kreatif ya. Dah baca yang 101 notes dong?

  11. suka dooong. belinya kadang random aja sih. kadang drama kadang fantasi. tapi saya suka buku yang settingnya luar negeri, lebih asik dibaca.
    kalau guilty pleasure-nya saat ini adalah kebiasaan beli baju tiap bulan. haha

      1. dulu-dulu saya nggak terlalu sering beli baju. nggak tau kenapa sekarang jadi kayak kewajiban gitu beli baju tiap bulan. lucunya pas liat tumpukan baju saya selalu bilang baju saya kebanyakan, tapi pas giliran mau kerja selalu bilang kehabisan baju :))

        soal buku luar negeri, bener banget tuh. kalaupun saya nggak bisa pergi ke sana, setidaknya saya sudah merasa ke sana lewat buku yang dibaca 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *