fbpx
Weekly Photo Challenge: Beauty in the morning

290212 – Artikel – Berat Euy

Saya tidak membicarakan berat badan ataupun angkat berat kok. 🙂 Saya hanya ingin share tentang betapa beratnya menggapai sesuatu.Punya impian dong? Apa yang ingin diraih/dicapai oleh kita dalam waktu dekat ataupun jangka panjang. Bagaimana? Sudah mewujudkannya belum?

Beberapa hari belakangan saya memulai ‘puasa’ makan sejak jam setengah 7 malam hingga setengah 7 pagi. Tidak makan makanan yang berat. Bahkan kalau bisa hanya minum air putih.

And… Ternyata berat banget. Karena sudah terbiasa untuk makan malam, sekarang, merasa sangat lapar kalau tidak makan. Sekarang memasuki hari ke-10 dan masih saja perut terasa keroncongan menjelang malam. Bagi yang berpuasa mungkin hal ini biasa tapi di awal-awal puasa, rasanya lebih berat.

CHALLENGE

Yah.. Itu yang saya rasakan. Tantangan untuk menjalaninya berat sekali rasanya dan juga godaan yang muncul dari waktu ke waktu.

Seperti itu pulalah keadaan saat kita ingin meraih impian kita. Impian sejak kecil yang diidam-idamkan terasa sulit untuk dipenuhi. Untuk diraih.

Sepertinya saat kita ingin meraihnya, ada saja yang menghadang/menghalangi kita. Entah dari masalah keuangan, keluarga tak mendukung, dan lain-lain. Hingga akhirnya, terkadang kita menyerah dan melepaskan impian kita.

Tantangan (baca: hambatan) ini hadir terkadang untuk mengetes kita. Seberapa kuat keinginan kita untuk meraih impian kita itu. Dan apakah kita memang pantas untuk mendapatkan impian itu. Inilah yang seringkali dilupakan oleh kita hingga kita memutuskan untuk menyerah.

‘Jika bermimpi besar, tantangan akan semakin besar, tapi saat mendapatkannya, rasa bahagia akan lebih besar pula.’

HOW BIG

How big is your dream? Bukan itu sebenarnya pertanyaan sentralnya. Tapi… How bad do you want it? Seberapa besar keinginanmu menggapai mimpi itu sendiri.

Semakin besar keinginanmu menggapainya, seberat apapun tantangan yang ada, kamu akan mampu melewatinya. Itulah yang diajarkan oleh para orang-orang sukses dulu.

Tapi memang demikian adanya menurut saya. Kalau kita menginginkannya, sangat menginginkannya, tekad kita dan semangat kita takkan hilang, walau ada tantangan di hadapan.

Kita akan terus dan terus berusaha. Mewujudkannya, apapun motivasi di baliknya, keadaan ini adalah nyata adanya.

Jadi.. Cobalah tanyakan sekarang pada diri sendiri. ‘How bad do I want it?’

ROAD BLOCK

Tantangan-tantangan yang ada di hadapan kita saat menggapai impian sebenarnya tidaklah sulit dilalui. Tapi ada satu tantangan terbesar dan menjadi musuh utama yang sulit diatasi. Yaitu diri sendiri.

Yep… Diri sendirilah yang menjadi ROAD BLOCK terberat yang harus diatasi oleh kita saat menggapai mimpi.

Pernah dengar kisah 7up kan? Si penemu formula awal bukanlah yang sekarang dikenal sebagai penemunya. Tapi orang lain.

Orang ini menemukan formula minuman soda dan mencobanya. Hingga 6x. Tapi dia merasa gagal sehingga akhirnya menyerah dan menjual formulanya itu. Dan saat itulah formula yang dibeli direvisi dan tercipta 7up yang sekarang ini.

Coba bayangkan orang yang menemukannya pertama kali. Kalau dia tak menyerah, mungkin di percobaan berikutnya, dia akan menemukan formula yang tepat itu. Tapi dia menyerah. Dia melepaskannya.

Itulah road block terberat. Diri kita. Saat kita ingin berkata: ‘I give up’ saat itulah kita menjadi road block untuk menggapai mimpi kita.

Tantangan dari luar, seperti omongan orang lain yang menjatuhkan saat kita ingin menggapai mimpi, dapat kita atasi selama kita yakin bahwa kita akan bisa! Tapi jika kita sendiri tak yakin, bagaimana kita bisa meyakinkan orang lain bahwa kita akan berhasil.

Ingat saja hal ini: bahkan Einstein, Thomas A. Edison dianggap gila oleh orang-orang di sekitarnya dulu. Tapi mereka bertahan. Karena mereka yakin akan diri mereka sendiri. Bahwa mereka mampu dan mereka membuktikannya.

KNOWING

Kenali diri sendiri. Kelebihan dan kekurangan. Itu kunci dari segala kesuksesan. Pertajam kelebihan dan perbaiki kekurangan.

Jangan takut kalau banyak kekurangan, karena tak ada manusia yang sempurna. Dan kekurangan bisa diperbaiki jika kita memang INGIN.

Jadi…. Kenapa tidak raih mimpi kita? Walaupun berat… Tapi pasti bisa.

Memang berat, makanya Artikel – Berat Euy ini muncul, tapi pasti kita bisa kalau kita ingin.

Leave a Reply