fbpx

280212 – Artikel – I Want To Be RICH

280212 – Artikel – I Want To Be RICH

‘Aku ingin kaya!!!!’

Setuju gak?
Pasti banyak yang ingin kaya dalam hidup mereka. Siapa sih yang tak ingin kaya? Kalau orang kaya kan enak ya? Mau apa-apa tinggal beli. Banyak uangnya. Tapi, bukan itu yang ingin saya bahas di sini.

I want to be RICH – Respectful, Integrity, Committed and Honest. Kekayaan yang seharusnya dimiliki oleh setiap pribadi.

RESPECTFUL

Respect – setiap orang ingin dihargai. Semua ingin ‘diakui’ oleh orang lain. Bahkan ‘menuntut’ untuk dihargai oleh yang lainnya.

Bukanlah hal aneh kok. Tapi… Sebelum dihargai oleh orang lain, kita harus: 1. Menghargai diri kita sendiri.

Banyak orang yang ingin dihargai, tapi tak tahu bagaimana menghargai diri sendiri. Setiap manusia itu unik. Diciptakan dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Terimalah diri kita. Bersyukur atas hidup kita. Dan menerima kekurangan kita namun terus mengembangkan diri untuk lebih baik.

  1. Menghargai orang lain layaknya menghargai diri sendiri.

Jika sudah menghargai diri sendiri, mulailah dengan menghargai orang lain di sekitar kita. Treat them as you want them to treat you. Perlakukan mereka sebagaimana kau ingin mereka bersikap padamu. Jika ingin dihargai, hargailah mereka. Mereka juga manusia, dengan kelebihan dan kekurangan mereka masing-masing. Hargailah itu juga.

Cobalah untuk memenuhi kewajiban kita terlebih dahulu, baru meminta hak kita. Cobalah RESPECT to others first, dan saya yakin, orang akan RESPECT pada Anda.

INTEGRITY

Berintegritas dalam hidup. Baik perkataan maupun perbuatan. Junjung tinggi integritas. Bertanggung jawab atas perkataan dan perbuatan masing-masing.

Memang, lebih enak bila mengkambinghitamkan orang lain jika ada kesalahan dalam perkataan atau perbuatan kita. Tapi… Jangan keseringan, kasihan kambingnya #ehh?!? Maksud saya, nilai diri kita di hadapan orang lain akan menurun jika kita lakukan itu.

Dan menjaga kepercayaan yang telah diberikan kepada kita sebaik-baiknya. Jangan memanfaatkan apa yang diberikan untuk kepentingan-kepentingan diri sendiri (jangan seperti para koruptor – integritas mereka sudah ‘red alert’ semua).

COMMITTED

Berkomitmen…. Saat kita mengatakan akan lakukan A, lakukanlah sesuai janji. Jalankan semua rencana hidup yang telah disusun sedemikian rupa untuk masa depan.

Hambatan dalam hidup akan selalu ada. Saat itulah kemampuan kita sedang diuji. Seberapa mampu sebenarnya diri kita untuk mendapatkan yang jauh lebih besar dari yang sekarang. Untuk mengatasinya ya diperlukan komitmen yang kuat.

Sejak awal berkomitmen untuk mencapainya, masalah/hambatan yang dihadapi akan terasa mudah, karena akan terlihat jalan yang harus ditempuh.

HONEST

Kejujuran terkait erat dengan integritas diri. Jujur pada diri sendiri. Jujur pada sesama. Jujur kepada Yang Kuasa.

Kejujuran menjadi fondasi utama dalam membangun hubungan dengan siapapun. Dan menjadi salah satu ukuran kualitas pribadi seseorang.

Satu ketidakjujuran kecil, dapat merusak reputasi hingga selamanya. Orang akan sulit mempercayainya kembali sehingga enggan berhubungan dengan orang itu lagi.

Selalulah membawa kejujuran dalam perkataan dan perbuatan kita dalam hidup dan menjadi pribadi super (kalau kata Mario Teguh).

RICH

Keempat hal di atas adalah kekayaan yang dapat dikembangkan seseorang dalam hidup mereka dan memiliki bunga yang sangat indah.

Jadi…. Siapa yang ingin RICH?

‘We are RICH…. Full of Respect, Integrity, Commitment and Honesty. We are RICH.’

Ryan
280212 2002
Best Regards,
Febriyan Lukito

Leave a Reply