fbpx
Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

Susahnya Cari Oleh-oleh

1 min read

Jangan lupa ya oleh-oleh… 

Setiap orang, siapapun dia, saat mendengar ada orang yang sedang jalan-jalan ataupun dinas ke tempat lain, satu hal yang diingatkan sebelum orang itu pulang adalah “jangan lupa oleh-oleh”. Walau terkadang bercanda, tapi bagi orang yang dicandai seperti itu, sebenarnya bisa jadi beban loh. 

Eh ini bukan berarti saya merasa jadi mendapatkan beban kalau ada yang meminta oleh-oleh. Saya biasanya selalu membawa pulang oleh-oleh jika berpergian ke manapun dan saya senang membawanya. Tapi… 

Eh tapi… dari Liberia… apa ya oleh-olehnya? 

Beberapa teman yang tahu saya sudah akan kembali ke Indonesia untuk cuti, mulai berkata seperti itu. Tapi yang ada saya jadi bingung. Kenapa? Apa yang saya jadikan oleh-oleh di sini???

Biasanya sih memang oleh-oleh berupa kerajinan tangan khas daerah setempat ataupun makanan khas. 

Nah di sinilah… 

Kalau kerajinan tangan khas sih sebenarnya ada. Tapi saya belum sempat beli banyak. Ada beberapa saja. Kenapa? Karena waktu dulu menemani teman belanja kerajinan tangan ini, saya berpikir masih lama saya untuk pulang. Jadi tidak saya beli banyak-banyak. Eh ternyata ada krisis seperti saat ini. Saya lebih mengunci diri di rumah daripada keluar. Akhirnya ya tidak belanja lagi deh. 

Kemudian untuk makanan khas… apa makanan khas di sini? Itu adalah Palm Butter, makanan sehari-hari mereka sebenarnya tapi khas karena memang unik. Makanan ini sebenarnya masakan daging biasa dimasak dengan minyak sawit liar yang ada di sekitar. Iya… di sini banyak sekali kelapa sawit liar, yang ditinggalkan oleh perusahaan-perusahaan selama perang saudara terjadi di sini. 

Dan yang uniknya lagi adalah cara makannya. Mereka akan makan beramai-ramai. Loh apa bedanya, kita di Indonesia juga sering gitu kan? Bedanya adalah menggunakan satu wadah besar bersama-sama langsung makan dari wadah itu. Semuanya dicampur. Terkadang makan dengan nasi atau dengan singkong. Cara masak singkong di sini juga agak beda. Digiling halus kemudian dibentuk hingga agak kenyal. Kalau di kita mungkin lebih seperti getuk ya. Tapi ini jauh lebih kenyal dari getuk. 

Nah… jadi apa oleh-oleh saya dari sini ya? Ada kok… akan saya post di berikutnya… nantikan ya. Tidak banyak. Siapa cepat dia dapat. Dan kalau kalian gimana? Oleh-oleh apa sih yang biasa diberikan? 

Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

36 Replies to “Susahnya Cari Oleh-oleh”

  1. Bener banget bang, cuma bilang ‘jangan lupa oleh-oleh’, yang dimintain walaupun sepertinya bercanda, terasa beban dan harus ditepati. Bener.

  2. biasanya sih makanan kalo diindonesiamah, kalo kerajinanmah yang dari luar jawa yah, ato kaos,baju kalo dari bali ato yogya

    kalo dari luar negri paling ga suka dapet gantungan kunci :D*jujur

    mending yang unik unik aja yang khas negri sana 🙂

  3. Mau doong…cinderamatanyaa?? hehe.. *ngareep…
    Etapi saya penasaran dg Palb Butter nya ituuu… sdh pernah ditulis / dipajang fotonya kah?

  4. Kemarin saya juga sempat dikasih oleh2 sama teman. Tapi karena yang khas sana udah abis, dia bawain oleh2nya makanan dari Indomaret. Gak papa, saya tetep bahagia, gratis soalnya. 😀 *pesan moral: selama oleh2nya gratis, pasti yang dikasih akan tetep seneng kok, apapun bentuknya, darimana belinya* hehe :p

  5. Setuju Ryan, kadang pertanyaan soal oleh-oleh memang jadi nambah pikiran, apalagi kalau ditambahin “oleh-olehnya yang khas sana ya”. Nah kalau Ryan bingung bawa apa, bawa aja orang Liberia ke sini, kan di sini gak ada 😆

      1. Ha ha ha . . . kalau aku terus terang paling jarang bawa oleh-oleh, apalagi yang bawanya jadi nyusahin diri sendiri, cuma memang aku sering beli banyak gantungan kunci sama tempelan kulkas, Ryan. Kalau ada yang minta ya dikasih itu, kalau gak ada yang minta ya dipakai sendiri 😀

  6. dulu waktu di mp sampai ada teman yang ngebahas soal oleh-oleh ini. intinya sih jangan suka ngeberatin teman yang jalan-jalan dengan minta oleh-oleh. selain bikin berat nyarinya juga bikin bingung. belum lagi kalau ternyata setelah dibawain nggak senang2 amat ekspresinya atau yang lebih parah bilang cuma iseng aja mintanya

  7. kalo jalan jalan kere tapi keren trus ad yg minta oleh oleh ya oleh2nya foto ajaa la wong g ada anggaran ;(
    plus gatau knapa koq aku gak jago ya soal oleh2. dr huntingnya, nawar2 beli nya, sampe packingnya. duh banget.
    padahal aku suka banget kalo dikasi oleh2.
    *dikeplak pke bakiak

      1. plus juga belum tentu yg dioleh2in cocok sama yg kita bawain. entah dia nya gak butuh trus malah ditelantarkan (barang), atau gak doyan akhirnya jd gak kemakan. sayang aja kan. jd lebih suka beliin oleh2nya yg jelas request nya aja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *