fbpx

Menjadi Pribadi Sukses – Success is Yours

 Menjadi Pribadi Yang Sukses

Saya bersyukur dapat menghadiri seminar yang diselenggarakan oleh BEM FE UnTar pada tanggal 12 Maret 2011 kemarin.

Seminar yang diselenggarakan dalam rangka National Seminar and Career Development Day 2011 dengan tema: ” Success is Yours” ini menghadirkan  motivator wanita no. 1 Merry Riana dan juga talk show dengan beberapa tokoh besar seperti Tantowi Yahya, Imelda Fransisca, Rizna Nyctagina yang dimoderatori oleh Ronal Surapradja.

Seminar Merry Riana yang berjudul“Reach Your Success in Globalization” ini menggambarkan bagaimana cara kita meraih kesuksesan dalam hidup. Sukses adalah hak dari setiap orang. Dan setiap orang memiliki definisi kesuksesan berbeda-beda. Hal inilah yang ditanamkan oleh Merry Riana.
Untuk menjadi sukses, rahasianya dimulai dengan bermimpi. Ini yang dilakukan Merry Riana di hari ulang tahunnya yang ke-20. Dia bermimpi untuk meraih yang lebih besar dalam waktu 10 tahun ke depan.

VISI – inilah yang dibutuhkan untuk menjadi sukses. Memiliki pandangan ke mana arah kita nantinya… itulah yang menjadikan kita sukses. Kenapa? Dengan memiliki gambaran atas apa yang diinginkan dan langkah demi langkah yang diperlukan dalam menggapainya.

Namun bermimpi besar saja tidaklah cukup. Banyak yang bermimpi besar dan tidak sukses. Kenapa? Karena mereka hanyalah bermimpi. Only DREAMING… laiknya bermimpi di siang bolong dan bagaikan pungguk merindukan bulan.

Tak pernah melakukan realisasi atas apa yang telah dimimpikan. Itulah yang terjadi dan itulah yang salah.

Karena itulah diperlukan hal kedua dalam menggapai kesuksesan ini….
ACTION.
Jadi setelah memiliki Visi/Mimpi tadi, kita harus LAKUKAN. Do it. Just Do It. Setelah kita memiliki langkah demi langkah yang perlu kita lakukan dalam hidup kita ini, kita perlu lakukan langkah demi langkah tersebut. Itulah satu yang membuat kita sukses. Jangan hanya OMDO.

Kita perlu melakukannya agar semua kita impikan tercapai, kita perlu lakukan semua yang kita impikan itu. Berikan dalam bentuk nyata. Dan biasanya dalam perjalanannya akan ada masalah, ada hambatan dalam memenuhinya. Baik dari diri sendiri maupun dari luar. Jika kita tidak kuat, hambatan ini dapat membawa kita jauh terperosok lebih dalam dibandingkan kita sebelum bermimpi. Karena itulah perlu dimiliki hal ketiga ini.
Hal ketiga itu adalah

PASSION. Hasrat dan kemauan keras dalam melakukannya. Dengan passion, tindakan yang dilakukan adalah tindakan dari hati dan dengan penuh kemauan keras. Karena itulah hambatan sekeras apapun dapat kita lewati dengan baik. Pegang teguh hati kita dan yakinlah bahwa apa yang kita lakukan adalah untuk masa depan yang lebih baik ke depannya. Karena itulah saya harus mampu melakukannya dengan baik.

Yup… 3 things you need to do to be success according Merry Riana – hal ini dimasukkan dalam Personal Competence.

Selain seminar itu, saya berkesempatan mengikuti Talk Show yang dimoderatori oleh Ronal Surapradja. Talk Show ini mengambil tema “Achieving Goals into the Actions” menghadirkan tokoh-tokoh yang terbilang sukses dalam hidup mereka, yaitu
Tantowi Yahya, seorang wakil DPR, Imelda Fransisca, seorang Miss Indonesia 2005, dan Rizna Nyctagina, seorang aktriss yang dikenal sebagai Jeng Kelin.
Talk show ini diawali dengan apa arti sukses bagi masing-masing. Yang mana memang memiliki arti yang berbeda-beda. Antara Rizna dan Imelda memiliki arti kesuksesan yang hampir mirip yaitu keseimbangan antara Lahir dan Batin, antara karir dan keluarga.

Sedangkan bagi Tantowi adalah bagaimana untuk hidup dengan tujuan, jadi dia membuat tujuan demi tujuan dalam hidupnya dan menggapainya. Jika hampir semua tujuan itu tercapai… dia sudah sukses.

Kemudian dilanjutkan dengan bagaimana perjalanan hidup mereka sehingga menggapai posisi mereka sekarang ini. Bagaimana seorang Tantowi mengalami kehidupan yang serba kekurangan saat masih kecil dan beranjak mulai dari resepsionis di hotel hingga menjadi wakil rakyat seperti sekarang ini.

Bagaimana seorang Imelda ternyata dulunya adalah seorang anak yang mengalami kekerasan dalam rumah tangga oleh ibu asuhnya dan berbobot 85 kg dan berbalik arah sehingga menjadi seorang Miss Indonesia.

Bagaimana juga seorang Rizna yang seorang pendiam menjadi seorang artis seperti sekarang.
Acara talk show ini berjalan sangat ringan dan menghibur. Namun pesan demi pesan tersampaikan. Bagaimana cara kita agar sukses dalam hidup. Ada satu kesamaan dari semuanya. Yaitu semua berjuang. Yup…. Berjuang menggapai apa yang sekarang mereka dapatkan.

Walaupun dari background yang berbeda, mereka semua berjuang agar menjadi seperti sekarang ini. Ada yang dimulai dengan mimpi (Tantowi), ada yang tidak tahu apa tujuan hidupnya (Imelda) dan ada yang biasa-biasa saja (Rizna) tapi kesemuanya dilanjutkan dengan satu hal yang sama.

TINDAKAN dan TIDAK PUTUS ASA.Tanpa tindakan, mimpi sebesar apapun akan hanya menjadi mimpi. Dan jika kita memiliki semangat tidak putus asa, seberat apapun yang dihadapi dalam menggapai mimpi, kita pasti akan dapat meraihnya. Dan ditambahkan oleh Tantowi adalah berani. Berani keluar dari comfort zone. Jangan biarkan comfort zone itu mengekangmu semakin dalam dan membawamu terlena. Itulah yang disampaikan.
Baik Merry Riana, Tantowi Yahya, Imelda Fransisca, Rizna Nyctagina dan juga Ronal Surapradja memiliki kesamaan dalam meraih kesuksesan mereka.

Yaitu berani bermimpi. Dan melakukannya. Serta tidak pernah putus asa. Selalu berusaha dan berusaha dengan perbaikan demi perbaikan atas apa yang dilakukan jika tidak berhasil.Sebenarnya apa yang dikatakan dalam seminar maupun talk show itu adalah sesuatu yang sudah sering kita dengar. Sering kita ucapkan juga mungkin. Namun terkadang kita tidak melaksanakannya. Seminar/talk show dan juga even-even lainnya adalah salah satu cara untuk menguatkan kita. Mengingatkan kita atas apa yang baik dalam hidup kita. Bagaimana seharusnya mengisi hari kita.

Dan saya pribadi sangat senang mengikutinya. Mengingatkan saya untuk terus dan terus berusaha. Serta mengingatkan saya untuk terus berjuang bahkan di saat tersulit, kita dapat menjadi bintang yang bersinar. Bintang yang menyinari jalan saya sendiri dan juga jalan orang lain di sekitar saya. Saya yakin. Kesuksesan ada di tangan saya. Semoga saja sharing ini member manfaat bagi kita semua.

 Success is YOURS.

 

6 Comments

  1. Pingback: First-Rate | The Foot Steps... 20 Januari 2014
  2. Ilham 9 Mei 2013
    • ryan 10 Mei 2013
  3. bemfeevents 2 Februari 2012
  4. Daniel 7 April 2011
    • ry24 7 April 2011

Leave a Reply